10 Aplikasi Pembuat Musik PC Ringan, Gratis dan Berbayar

Ingin menjadi seorang musisi atau komposer? Anda bisa belajar dan berlatih menggunakan aplikasi pembuat musik PC.

Belajar menjadi musisi atau komposer sekarang ini sudah sangat mudah. Anda tidak harus mempunyai studio musik karena Anda bisa membuat musik melalui aplikasi khusus.

Ada beragam pilihan aplikasi pembuat musik di PC dengan fitur yang menarik. Ada yang bisa merekam sekaligus memberikan efek, ada juga yang menyediakan berbagai efek suara alat musik. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat musik yang bisa Anda jalankan di PC atau laptop.

1. Music Maker Jam

aplikasi pembuat musik di PC

Rekomendasi aplikasi pembuat musik PC gratis untuk Windows adalah Music Maker Jam. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat musik Anda sendiri dengan memadukan berbagai alat musik.

Dalam aplikasi ini Anda bisa memilih style musik yang akan Anda buat. Anda bisa mengaransemen banyak musik dengan 8 pilihan track. Termasuk melakukan remix musik yang sudah Anda buat agar menjadi musik yang lebih menyenangkan.

Aplikasi Music Maker Jam ini juga sangat mudah untuk Anda gunakan. Tools yang ada di dalam aplikasi ini sangat sederhana dan mudah untuk ditemukan. Ukuran aplikasinya sekitar 300 MB.

2. LMMS

Ingin membuat musik dengan cepat dan mudah? Anda bisa memilih menggunakan LMMS. Aplikasi ini cocok digunakan untuk para musisi yang ingin menciptakan musik dengan cepat dan praktis. LMMS hadir untuk semua jenis OS termasuk OS Windows, MacOS, dan Linux, dengan ukuran sekitar 30 MB.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa membuat musik dengan menggunakan papan ketik yang berfungsi sebagai not MIDI. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur editor beat dan bassline untuk membuat musik Anda lebih bagus.

Baca Juga :  Download FmWhatsApp

Anda juga bisa mempercantik nada, pola, melodi, dan chord dengan editor piano roll. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini sangat mendukung Anda untuk membuat musik yang bagus. Keunggulan lainnya adalah aplikasi ini bisa Anda download secara gratis.

3. Magix Music Maker

Aplikasi pembuat musik PC terbaik

Aplikasi pembuat musik PC terbaik selanjutnya adalah Magix Music Maker. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat musik Anda sendiri dengan perpaduan berbagai instrumen musik. Selain membuat musik, Anda juga bisa mengedit musik dengan memberikan tambahan efek suara.

Magix Music Maker ini tersedia secara gratis dalam versi trial, namun dengan fitur yang sangat terbatas. Untuk mendapatkan fitur lengkapnya Anda bisa melakukan pembayaran terlebih dahulu. Ukuran download aplikasi ini hanya 5 MB.

4. Mixcraft 9

Ingin membuat musik dengan mudah dan cepat? Anda bisa menggunakan aplikasi Mixcraft ini. Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk membuat musik bagi pemula. Anda tidak membutuhkan keahlian khusus untuk membuat musik yang menarik.

Dalam aplikasi ini tidak ada teknik detail yang mengikat. Anda bisa bebas membuat musik sesuai dengan keinginan Anda. Aplikasi ini juga sudah tersedia dalam 20 bahasa, jadi siapa saja bisa menggunakannya.

Namun sayangnya aplikasi ini hanya memberikan trial selama 14 hari saja. Ukuran dari aplikasi ini sekitar 250 MB. Walaupun demikian aplikasi ini bisa digunakan hampir di semua tipe OS Windows.

5. Propellerhead Reason

Aplikasi pembuat aransemen musik PC

Aplikasi pembuat aransemen musik PC selanjutnya adalah Propellerhead Reason. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat musik yang kreatif dan menggabungkannya dalam software lainnya. Artinya Anda bisa menggunakan aplikasi ini bersama dengan aplikasi pembuat musik lainnya.

Visualisasi dari aplikasi ini cukup mudah sehingga bisa digunakan oleh para pemula. Anda juga bisa mengedit podcast dengan menggunakan aplikasi ini. Ukuran dari aplikasi ini sekitar 30 MB.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Nonton film Gratis Terbaik

6. Avoid Pro Tools

Ini merupakan aplikasi pembuat musik dengan banyak pilihan tipe. Setiap tipe aplikasi mempunyai fitur yang berbeda-beda.

Ada tiga pilihan tipe dalam aplikasi ini yaitu Pro Tools Artist, Pro Tools Studio, dan Pro Tools Flex. Dari tiga tipe ini, tipe yang paling sederhana adalah tipe Artist. Dengan tipe ini Anda sudah bisa membuat musik, namun masih terbatas.

Untuk Anda yang ingin membuat arasemen musik yang lebih banyak dan beragam bisa memilih yang Flex atau Studio. Aplikasi ini adalah aplikasi berbayar dengan harga sekitar 10 sampai 100 dolar. Anda bisa langsung mendapatkan aplikasi ini di sini.

7. Steinberg Nuendo

Aplikasi pembuat musik aransemen di PC yang selanjutnya adalah Steinberg Nuendo. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat aransemen musik untuk lagu, backsound, dan lain sebagainya.

Ada banyak fitur yang bisa Anda dapatkan dalam aplikasi ini seperti MIDI, pemberian efek suara, dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba versi trial-nya sebelum memutuskan berlangganan aplikasi ini.

Steinberg Nuendo sudah banyak digunakan oleh para profesional dalam membuat aransemen musik, termasuk musik pada film. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda hanya perlu daftar dengan email kemudian download aplikasinya. Ukuran dari aplikasi ini sekitar 50 MB.

8. Presonus Studio One

Aplikasi ini merupakan aplikasi studio musik untuk PC. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat aransemen musik dengan berbagai fitur. Salah satu fitur di dalam aplikasi ini adalah compose dan mix.

Di dalam aplikasi ini juga tersedia tools record yang bisa Anda gunakan untuk merekam suara Anda sendiri. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengaransemen sebuah musik.

Anda bisa mencoba versi trial-nya atau langsung membeli aplikasi ini di sini. Ukuran downloadnya cukup ringan sekitar 50 MB.

Baca Juga :  10 Aplikasi Edit Foto di Android Terbaik

9. Cakewalk Sonar

Software pembuat musik terbaik

Software pembuat musik terbaik yang selanjutnya adalah Cakewalk Sonar. Aplikasi ini merupakan aplikasi pembuat musik untuk Windows 10. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat aransemen musik, membuat mixing, bahkan melakukan rekaman.

Aplikasi ini tidak hanya bisa membuat lagu biasa saja, Anda bisa menggunakannya untuk membuat musik latar game maupun film. Anda bisa mencoba versi gratis aplikasi ini sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Jika Anda sudah tertarik bisa langsung download aplikasi ini di sini. Jangan lupa untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu. Ukuran download-nya sekitar 50 MB.

10. Bitwig Studio

Aplikasi pembuat musik di laptop yang terakhir adalah Bitwig Studio. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat musik yang menarik untuk apapun.

Tools yang ada di dalam aplikasi ini cukup lengkap untuk membuat aransemen musik yang keren. Anda bisa fokus pada musik yang Anda buat tanpa harus memperhatikan tools-nya. Hal ini karena tools yang ada dalam aplikasi ini sederhana dan mudah untuk Anda gunakan.

Di dalam aplikasi ini juga terdapat banyak pilihan efek yang bisa membuat musik Anda menjadi lebih keren. Namun untuk menggunakan aplikasi ini Anda perlu melakukan pembayaran terlebih dahulu. Jika ingin mencoba versi gratisnya bisa memilih versi trial dengan ukuran 200 MB.

Walaupun kebanyakan aplikasi ini berbayar tapi tentu lebih terjangkau daripada Anda membuat studio musik. Agar lebih yakin dalam memilih aplikasi-aplikasi ini Anda juga bisa mencoba versi trial-nya yang tersedia gratis.

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang terjun dalam dunia musik maupun entertainment. Anda bisa menghemat banyak biaya untuk belajar membuat musik dengan menggunakannya.

Jadi aplikasi pembuat musik PC mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda?