Aplikasi Edit Video PC Ringan

Aplikasi Edit Video PC

Hallo para konten kreator! Gak usah bingung. Ini daftar rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Ringan yang bisa anda gunakan. Pilih yang terbaik menurut anda sendiri.

Apapun profesi anda, saat berencana mengedit video, tentunya membutuhkan aplikasi edit video yang mumpuni. Hal ini agar video yang dihasilkan memiliki kualitas bagus dan menarik.

Sebenarnya tidak hanya aplikasinya saja. Selain menyesuaikan dengan kapasitas PC atau laptop, kemampuan dalam mengedit video juga harus dimiliki.

Oleh karena itu, jika belum memiliki kemampuan yang mumpuni. Anda harus belajar secara secara terpisah terkait penggunaannya.

Dan setiap aplikasi yang disebutkan di sini nanti akan diarahkan langsung ke situs resminya agar bisa langsung anda download.

1. Adobe Premiere Pro

adobe premiere pro

Adobe adalah perusahaan besar yang bergerak di bidang perangkat lunak. Salah satu yang terkenal untuk edit video adalah Adobe Premiere Pro.

Aplikasi yang satu ini sudah sangat tidak bisa diragukan lagi kemampuannya untuk edit video. Mangkannya banyak orang yang menggunakan aplikasi ini keperluan edit video.

Aplikasi ini menyediakan fitur yang sangat lengkap. Banyak fitur berguna ada di aplikasi ini. Kalau hanya untuk keperluan sederhana seperti capture, titler, dan trim sudah jelas pasti ada.

Aplikasi ini juga sanggup untuk editing video dengan kualitas tinggi dan bahkan yang beresolusi 4K. Aplikasi ini juga mendukung banyak format karena sudah dibekali dengan codec yang lengkap.

Berbeda dari kebanyakan aplikasi edit video PC lainnya, Adobe Premiere Pro memiliki tampilan yang sangat keren. Aplikasi ini juga dapat bisa digunakan untuk editing efek.

Namun, jika Anda masih awam dengan editing video, mungkin Anda masih harus belajar banyak jika ingin menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sangat rumit untuk dioperasikan.

Pastikan spesifikasi komputer/laptop Anda tinggi jika ingin menggunakan aplikasi ini. Kalau tidak, pasti akan terasa sangat berat atau bahkan tidak bisa bekerja sama sekali.

File instalasinya juga terbilang sangat besar, maka Anda harus menyiapkan ruang yang besar juga untuk aplikasi ini.

Sudah pasti, dengan fitur-fitur keren yang ditawarkan, aplikasi ini jelas tidak gratis. Namun anda bisa mencoba paket Free Trial nya secara gratis sebelum membeli.

2. AVS Video Editor

AVS Video Editor

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah AVS Video Editor. AVS Video Editor merupakan salah satu aplikasi edit video PC yang sangat ringan.

Oleh sebab itu, aplikasi ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anda. Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah dilengkapi dengan video cache.

Yaitu fitur yang dapat dengan mudah digunakan untuk mengedit video dengan resolusi Full-HD serta kecepatan yang tinggi.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah dapat memisahkan video, memotong, menyematkan audio, memberikan teks dan masih banyak lagi.

Selain itu, di aplikasi ini juga sudah tersedia 300 efek transisi yang akan membuat video menjadi lebih kreatif.

3. VirtualDub

VirtualDub

Jika Anda membutuhkan aplikasi edit video yang gratis dan ringan, maka VirtualDub ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Aplikasi ini dapat diunduh pada Windows.

Selain itu, VirtualDub ini juga tergolong dalam kategori aplikasi simple dan tidak ribet saat digunakan. Anda bisa menghapus dan mengganti video dengan aplikasi ini.

Selain berfungsi sebagai editor video, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merekam layar PC anda.

4. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro

Aplikasi besutan Sony ini lebih diperuntukkan untuk orang yang sudah ahli dalam editing video karena fitur yang disediakan cukup kompleks.

Kalau Anda sudah familiar dengan hal-hal menyangkut editing video, Anda pasti bisa menghasilkan video yang keren serta menarik dengan menggunakan Sony Vegas Pro.

Walupun dikatakan untuk para profesional, Anda tetap bisa menjumpai tampilan yang mudah dimengeti. Misalnya, timeline yang ditampilkan cukup simpel.

Selain itu, Anda hanya perlu drag Video yang akan diedit dan aplikasi ini akan secara langsung membaginya menjadi 2 kolom. Yakni kolom video dan kolom sound.

Anda juga akan diberikan fitur animasi yang sudah disediakan tanpa harus perlu membuat animasi sendiri. Selain itu, masih banyak fitur-fitur keren yang juga terdapat pada aplikasi ini.

Namun sayangnya, Sony Vegas Pro bukanlah aplikasi gratisan yang bisa Anda gunakan. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, maka Anda harus memiliki lisensinya.

5. Corel Video Studio

Corel Video Studio

Corel, sebagai sebuah perusahaan yang tak kalah besar dari Adobe, juga menyediakan aplikasi edit video PC yang tangguh. Aplikasi dari Corel bernama Corel Video Studio.

Jika Anda masih awam dalam editing video atau pemula, aplikasi ini sangat cocok Anda gunakan karena tampilannya sederhana dan mudah dimengerti.

Walaupun tampilannya sederhana, fitur-fitur yang disediakan tidak bisa dibilang sederhana juga. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang canggih.

Fitur-fitur yang dimiliki Corel Video Studio meliputi fitur sederhana sampai dengan yang kompleks.

Fitur-fitur di aplikasi ini: celarer audio, XAVC S, creativity options, freeze frame, convert titles to alpha channel, efek, smart features, score fitter, screen capture, media library management, 4K hardware acceleration, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Namun Corel Video Studio bukanlah aplikasi gratis. Anda harus memiliki lisensi jika ingin menggunakan aplikasi ini.

6. Windows Movie Maker

windows movie maker

Sesuai dengan namanya, aplikasi jenis ini hanya dapat digunakan untuk PC yang berbasis Windows saja. Software ini memang sengaja dibuat untuk Anda yang memiliki hobi dalam mengedit video yang keren, bagus dan penuh dengan kreativitas.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat dikatakan mudah karena memiliki interface yang sederhana. Hal inilah yang membuat Windows Movie Maker sangat cocok digunakan untuk pemula.

Meskipun demikian, fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini juga sangat menarik. Jadi, dijamin hasilnya akan memuaskan. Tertarik untuk menjajalnya? Langsung saja download aplikasinya di PC Anda.

7. Avidemux

avidemux

Untuk Anda yang masih bingung mencari aplikasi edit video terbaik di PC, ada nih aplikasi yang keren banget bisa Anda gunakan yakni Avidemux.

Nah, si Avidemux ini ternyata bisa diunduh secara gratis di PC Anda. Selain gratis, keunggulan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah kemampuannya yang cukup praktis dan mudah digunakan.

Sebab Avidemux memang dirancang sebagai aplikasi penyunting video yang sederhana dan mudah dalam penggunaannya.

Aplikasi ini juga tetap bisa digunakan untuk memotong, menyematkan filter, bahkan pengkodean juga bisa. Hal inilah yang menjadikan aplikasi ini cocok digunakan untuk pemula.

Namun, meski cocok untuk pemula, aplikasi ini juga bisa lo digunakan untuk penyuntingan video profesional dengan hasil yang berkualitas.

8. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio

Jika Anda adalah seorang pemula yang sedang belajar menyunting video dan bingung mencari aplikasi apa yang paling tepat, maka Pinnacle ini bisa Anda andalkan.

Jadi, Pinnacle Studio merupakan aplikasi penyunting video sederhana, murah namun memiliki banyak sekali fitur lengkap yang bisa Anda gunakan.

Di sini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur editing paling dasar untuk pemula. Dengan aplikasi ini, Anda. bisa mengedit video sekaligus belajar membuat video yang berkualitas.

Sebab, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengedit video dan mencurahkan semua kreativitas yang dimiliki di dalamnya.

Selain itu, untuk soal kualitas hasilnya, Pinnacle Studio sudah tidak diragukan lagi. Sebab, meskipun merupakan aplikasi edit video untuk pemula, namun kualitas video yang dihasilkan cukup baik.

9. HitFilm Express

HitFilm Express

Anda ingin aplikasi edit video PC yang benar-benar gratis? Beruntung sekali, selain aplikas-aplikasi yang telah disebutkan, HitFilm masuk jajaran aplikasi free gratis yang patut Anda coba.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk video editing dan VFX. HitFilm Express memberikan klaim bahwa aplikasi ini adalah aplikasi yang tepat jika Anda ingin membuat sesuatu yang keren.

Sangat cocok untuk pelajar, YouTubers, dan pembuat film pemula. Berbicara soal fitur, aplikasi ini mempunyai fitur yang banyak sekali. Anda juga bisa menambahkan add-on untuk aplikasi ini.

Selain itu, juga tidak diharuskan dengan komputer super canggih untuk menggunakan aplikasi ini. Namun, jika Anda mempunyai komputer dengan spesifikasi tinggi tentu akan lebih baik.

Memang HitFilm tersedia dalam versi gratis. Namun, Anda bisa mencoba fitur lainnya yang lebih keren lagi dengan versi yang berbayar.

Pada versi berbayar, tentunya Anda bisa mendapatkan fitur yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang edisi gratis.

10. Camtasia

Untuk Anda yang menggunakan Mac dan bingung mencari aplikasi edit video yang bisa digunakan, Camtasia ini dapat Anda coba.

Camtasia merupakan aplikasi penyunting video yang tidak hanya digunakan pada Windows namun juga pada Mac.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah ia sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan bagus untuk menciptakan video yang berkualitas.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengedit saja, namun Camtasia juga bisa digunakan sebagai aplikasi perekam layar PC.

11. Kate’s Video Toolkit

Kate’s Video Toolkit

Jika Anda membutuhkan sebuah aplikasi edit video yang memiliki format lengkap, maka Kate’s Video Toolkit adalah pilihan yang paling tepat.

Mengapa?Sebab aplikasi ini sudah didukung dengan format AVI, MOV, WMV, ASF, DIVX, MP4, 3GP, MPEG1, VCD-NTSC, MPEG2, VCD-PAL, SVCD-PAL, DVD-PAL, dan masih banyak format lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat convert atau mengubah video dengan mudah. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang keren dan menarik salah satunya ada efek 3D Transition.

Adapun aplikasi ini hanya dapat digunakan pada PC Windows 98, Vista dan XP saja. apakah Anda tertarik untuk mencoba menggunakan aplikasi ini?

12. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor

Dari namanya saja sudah langsung dapat ditebak. Iya, benar sekali. Aplikasi ini gratis, benar-benar gratis tanpa harus membayar apapun untuk menggunakannya.

Walaupun aplikasi ini gratis, kamu tetap bisa menjumpai beberapa fitur editing seperti yang ada pada aplikasi berbayar. Aplikasi ini bahkan juga mendukung banyak format file.

Mungkin, salah satu yang akan mengganggu Anda adalah penampilannya; apalagi untuk Anda yang baru belajar tentang video editing. Penyebabnya adalah tampilan dari aplikasi ini.

Bagi Anda yang masih pemula pasti akan bingung saat mengoperasikan aplikasi ini karena kerumitan tampilannya. Anda bisa download aplikasi ini di website resminya.

13. OpenShot

OpenShot

Aplikasi Edit Video PC yang berfitur lengkap tidak melulu yang berbayar, kok. Anda juga bisa merasakan fitur-fitur yang beragam di aplikasi editing gratis bernama OpenShot.

Anda tidak perlu membayar untuk menggunakan semua fitur yang disediakan aplikasi ini. Tidak perlu menyebutkan fitur-fitur sederhana, karena semua fitur sederhana sudah tersedia di video ini.

Fitur-fitur yang perlu dibahas adalah fitur-fitur tambahan seperti curve-based Key Frame animation yang bisa memberikan efek-efek animasi menarik.

Tampilan aplikasi ini juga sederhana, jadi Anda tidak perlu kebingungan menggunakan aplikasi ini. Sangat cocok Anda gunakan jika Anda baru belajar editing video atau seorang pemula.

Aplikasi ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang menggunakan sistem operasi Windows, namun juga tersedia di sistem operasi Mac dan Linux.

Baca selanjutnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi Perekam Layar PC

Di halaman ini kami akan mengulas beberapa Aplikasi Perekam Layar PC/Laptop Ringan atau yang biasa disebut Screen Recorder PC terbaik di tahun 2020. Setiap nama aplikasi terdapat link yang diarahkan…
Selengkapnya