Cara Edit Video Menggunakan Filmora dengan Mudah

Cara Edit Video Menggunakan Filmora dengan mudah –  Beberapa tahun belakangan, tampaknya makin banyak orang orang yang sadar akan pentingnya memiliki kemampuan editing. Terlebih lagi editing video. Iya kan?

Karena ternyata, kemampuan tersebut bukan hanya membuat kita bisa mengunggah postingan video yang keren saja, tapi juga bisa digunakan untuk menjadi ladang keuangan. Apalagi mengingat semakin besarnya peluang para editor di tanah air.

Sebab banyak orang yang mau menggunakan jasa mereka. Nah sebelum menjadi seorang editor handal, tentu anda perlu belajar bagaimana sih cara edit video.

Maka dari itu, kali ini kami akan memberikan cara yang bisa dipelajari nantinya. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara edit video menggunakan filmora. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini. 

Mengapa harus filmora?

Yes, mungkin ada beberapa di antara anda yang bertanya tanya demikian, di tengah banyaknya aplikasi editing video yang lain. Tentu, ada banyak sekali alasan mengapa kita membahas aplikasi filmora.

Mulai dari tampilannya yang sederhana, banyak fitur fitur keren, ada beberapa template yang bisa digunakan, alat editingnya yang tergolong lengkap, bisa digunakan secara gratis, banyak elemen elemen kerennya, dan lain sebagainya.

Di mana, dengan semua hal yang ditawarkan oleh pihak filmora, siapapun bisa menciptakan sebuah video yang keren dan menarik. Bahkan sangat wajar jika banyak sekali para content creator yang juga menggunakan aplikasi filmora dalam mengedit video video mereka, yang kemudian diunggah ke akun media sosial mereka.

Maka dari itu, jika anda memiliki keinginan untuk belajar mengedit video dari sekarang, hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat baik. Mengingat peluang yang besar tersebut. 

Cara edit video menggunakan filmora

Setelah mengetahui alasan mengapa memilih filmora, sekarang kita akan bahas cara edit video menggunakan filmora nya. So, kita tidak bisa memungkiri bahwasanya belajar mengedit video adalah sesuatu yang gampang gampang susah.

Yang perlu diperhatikan adalah, semakin sering anda belajar dan mencoba, maka anda akan semakin mahir. Berikut ini merupakan beberapa cara edit video menggunakan filmora. 

Download dan install aplikasi

Yang pertama kali mesti dilakukan adalah dengan mendownload dan menginstall aplikasi. Dalam hal ini, anda bisa mendownload aplikasinya dengan mudah. Karena kini aplikasi filmora sudah tersedia di google play store. Jika ingin mendownloadnya, bisa langsung saja buka aplikasi google play store yang terinstall di ponsel.

Kemudian cari menu pencarian, ketikkan nama aplikasi. Jika hasilnya sudah muncul, maka anda dapat mengklik pada aplikasi filmora yang paling atas, dan klik pada menu install di sebelah kanan anda.

Tunggu proses download dan installnya selesai. Dan proses ini biasanya tidak memakan waktu lama ya. Tergantung kualitas jaringan yang digunakan. 

Buka aplikasi

Jika sudah selesai menginstall aplikasi, sekarang buka aplikasi tersebut. Ketika aplikasinya sudah terbuka, maka anda akan ada di halaman pengaturan resolusi.

Yes, setiap pengguna bisa memilih dan mengatur sendiri resolusi video yang akan dibuat atau diedit. Dalam hal ini, anda bisa banget memilih yang ukuran standar. Lanjutkan dengan mengklik full feature mode. 

Tambahkan file video yang mau diedit

Setelah masuk ke bagian full feature mode, maka anda bakalan ada di bagian halaman lembar kerja. Yang isinya adalah lembaran untuk mengedit mengedit video sesuai kebutuhan dan keinginan.

Karena kali ini kita akan ngedit video, maka langkah yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan memasukkan beberapa file yang mau diedit. Caranya adalah dengan mengklik pada bagian menu import media file.

Atau, anda juga dapat memanfaatkan menu file, pilih yang import media, kemudian pilih lagi yang import media file. Namun sejauh ini, cara yang pertama jauh lebih cepat dan lebih mudah ya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Pencari Hadits Terbaik

Maka kami sarankan anda buat menggunakan cara yang pertama saja. Jika sudah mengklik menu import media file, anda akan dibawa ke bagian galeri ponsel. Dan di sana, silahkan pilih mana saja video video atau foto yang akan diedit atau yang dibutuhkan dalam proses editing.

Klik pada video video yang akan diedit, dan klik oke. Dengan demikian, maka anda akan berada lagi di halaman kerja filmora, dengan video video yang tersusun rapi. Yakni video video yang sudah dipilih tadi. 

Susun video

Cara edit video menggunakan filmora yang berikutnya adalah dengan menyusun video. Ya, anda bisa dengan bebasnya mengurutkan video sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana cara menyusunnya? Pertama, perhatikan dahulu bagian video video yang sudah tersusun.

Kemudian, pilih video yang akan diurutkan di nomor satu, lalu tarik ke bagian bawah, yakni ke bagian timeline. Di mana, bagian timeline ini berisi banyak hal ya. Mulai dari video, foto, musik, atau yang lainnya. Lakukan hingga semua video dan foto yang akan diedit habis. 

Potong video

Dalam proses editing, anda pasti membutuhkan yang namanya fitur cutting, atau fitur untuk memotong video kan?

Nah jika ada bagian yang hendak dipotong, anda bisa mengklik pada bagian yang akan dipotong, kemudian arahkan yang warna putih sampai batas video yang akan dipotong, lanjutkan dengan mengklik ikon gunting yang ada di bagian atas timeline. 

Tambahkan efek transisi

Langkah berikutnya adalah dengan menambahkan efek transisi. Tujuannya agar video menjadi lebih keren dan menarik. Transisi sendiri merupakan sebuah efek yang akan memperlihatkan perpindahan antara bagian video yang satu ke bagian yang lain.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu pergi saja ke bagian menu transition yang terletak di bagian atas bagian timeline. Dengan demikian, anda bakalan menemukan banyak sekali efek transisi yang ditawarkan oleh pihak filmoranya. Pilih mana yang mau digunakan.

Sebelum menerapkan sebuah transisi yang mau digunakan, anda bisa banget kok melihat hasilnya seperti apa. Alias, sebuah trailer dari transisinya deh.

Caranya hanya dengan mengklik pada bagian transisi yang ingin anda lihat. Maka dengan demikian, hasil atau gambaran transisinya akan diputar pada sebelah kanan.

Pilih saja mana transisi yang kiranya akan digunakan. Dengan cara mengklik pada transisi yang akan digunakan, kemudian tarik ke bagian video yang diberikan transisi. 

Tambahkan judul

Dalam sebuah video, kurang afdhal rasanya jika tidak ada judul. Iya kan? Maka dalam proses atau cara edit video menggunakan filmora kali ini, anda juga meski menambahkan judul nih. Yakni dengan pergi ke bagian text, masuk ke title, pilih mana model yang sesuai.

Klik saja pada yang dipilih, lalu tarik ke bagian video yang mau diberikan judul. Berikutnya, tinggal mengganti judulnya saja. Adapun cara mengganti tulisannya, adalah dengan mengklik dua kali pada tulisan yang ada di format title. Kemudian, bisa banget disesuaikan dengan selera.

Mulai dari jenis font, warna, style, dan yang lainnya. Misalnya sudah selesai, langkah berikutnya klik pada menu ok. Hal ini agar perubahan yang dilakukan tersimpan sempurna. 

Menambahkan musik atau audio

Sementara untuk cara edit video menggunakan filmora yang selanjutnya adalah dengan menambahkan musik atau audio. Sebagaimana halnya elemen sebelumnya, musik juga punya peranan yang sangat penting dalam sebuah video.

Untuk cara menambahkan musiknya gampang. Anda bisa memanfaatkan menu musik yang ada di bagian timeline, dengan demikian bakalan muncul banyak musik bawaan yang disediakan oleh pihak aplikasi.

Namun, jika ingin menggunakan musik sendiri, bisa banget pergi ke menu file, pilih yang import media, pilih lagi import media files, lalu cari musik yang mau digunakan.

Klik OK. Dan lanjutkan dengan mengklik musik tersebut, klik sambil ditarik ke halaman timeline. Nah nantinya, musik tersebut juga dapat dipotong sesuai kebutuhan. Adapun cara memotong audionya, tidak berbeda dengan cara memotong video ya. 

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Pengolah Kata Terbaik yang Bisa Digunakan 

Atur audio

Dan yang terakhir, adalah dengan mengatur audio. Untuk proses pengaturan audio memang tergolong agak rumit ya. Namun bisa dipelajari sendiri nantinya. 

Nah itulah dia cara edit video menggunakan filmora yang bisa dicoba. Anda bisa mempraktekkannya di rumah, dengan mencoba semua fitur yang tersedia di dalamnya.

Sebagaimana kami sebutkan di atas, bahwa semakin sering anda mencoba dan berlatih, maka kemampuan editing anda pasti akan semakin bagus. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.