10 Rekomendasi Aplikasi Recording Android Terbaik dan Ringan

Aplikasi recording Android terlihat sepele dan tidak penting, namun sebenarnya aplikasi ini sangat berguna bagi banyak orang. Dengan menggunakan aplikasi jenis ini, Anda bisa merekam suara ketika wawancara, meeting, atau bahkan untuk kebutuhan konten. 

Para pelajar dan mahasiswa juga kerap menggunakannya di kelas untuk merekam pembelajaran. Anda yang membutuhkan alat perekam yang canggih tentu tidak cukup jika hanya aplikasi bawaan HP saja. Bahkan untuk beberapa tipe HP tidak mempunyai aplikasi recording bawaan. 

Namun tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengunduh aplikasi rekaman di Play Store. Ada banyak aplikasi recording Android dengan fitur keren namun tidak banyak memakan memori. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya untuk Anda.

1. Perekam Suara by Splend Apps

Aplikasi recording android terbaik

Aplikasi recording Android terbaik yang pertama adalah Perekam Suara dari Splends App. Perekam suara ini mudah untuk Anda gunakan dan hasil rekamannya berkualitas tinggi.

Ada banyak fitur yang terdapat pada aplikasi ini. Salah satunya adalah bisa merekam dalam keadaan layar mati. Dengan fitur ini Anda bisa merekam tanpa harus terus-menerus membuka aplikasinya. Tentu saja ini bisa menghemat baterai HP Android Anda.

Aplikasi ini juga mendukung 4 format audio yaitu MP3, WAV, MP4, dan AMR. Anda juga bisa memilih sumber audio atau mikrofon yang akan digunakan, jadi Anda bisa menggunakan mikrofon eksternal. Ukuran dari aplikasi ini hanya 5,24 MB dengan minimal OS Android 4.4.

2. Dolby On: Record Audio & Music

aplikasi perekam suara dan musik di android

Selanjutnya ada Dolby On yang merupakan aplikasi perekam suara dan musik di Android. Aplikasi ini bisa Anda gunakan tidak hanya untuk merekam suara saja tapi juga merekam berbagai alat musik. Anda yang ingin merekam lagu dengan berbagai alat musik tanpa studio khusus, bisa menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Internet Gratis di HP Android Terbaru dan Terbaik

Di dalam aplikasi ini sudah tersedia fitur noise reduction yang bisa menghilangkan suara bising dan mengganggu. Tidak hanya itu, ada juga beberapa pilihan efek suara yang akan membuat hasil rekaman Anda semakin jelas dan bagus.

Untuk mengunduh aplikasi ini Anda membutuhkan ruang sekitar 48 MB. Sedangkan OS Android minimalnya adalah 8.0.

3. Perekam Suara by Quality Apps

 Aplikasi perekam suara android

Adalagi Perekam Suara by Quality Apps yang merupakan aplikasi recording Android gratis dengan hasil berkualitas tinggi. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa merekam suara dan melakukan penjedaan selama proses perekaman.

Fitur lainnya dalam aplikasi ini yaitu bisa menghapus langsung rekaman yang tidak terpakai langsung dari aplikasinya. Selain itu, Anda juga bisa langsung membagikan hasil rekaman langsung dari aplikasi.

Ukuran dari aplikasi ini tidak terlalu besar, hanya sekitar 4 MB saja. HP Anda juga cukup OS Android 4.1  saja untuk bisa menggunakannya.

4. Easy Voice Recorder

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Easy Voice Recorder untuk merekam suara dengan berbagai tujuan. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa merekam suara dengan jelas dan jernih. Bahkan aplikasi ini juga sudah mendukung perekaman dengan latar belakang mati.

Easy Voice Recorder juga bisa Anda gunakan untuk rekaman dengan alat musik. Fitur yang ada dalam aplikasi ini sudah mendukung untuk memberikan efek jernih dan jelas pada perekaman alat musik. Anda juga bisa menyimpan hasil rekaman dengan format MP4 untuk kualitas yang terbaik.

Meski ukuran aplikasi ini hanya sekitar 7 MB, namun HP Anda minimal sudah OS Android 8.0

Baca Juga :  Aplikasi Pemutar Video Terbaik untuk PC

5. Perekam Suara & Rekam Suara & Perekaman & Rekaman

aplikasi recording untuk HP android

Ini merupakan aplikasi recording untuk HP Android yang multifungsi. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa merekam suara kemudian menyalinnya ke dalam bentuk teks secara otomatis. Fitur ini tentu sangat cocok untuk para pelajar dan mahasiswa.

Selain itu, dengan aplikasi ini Anda juga bisa mengonversikan video ke dalam bentuk audio. Fitur lainnya dari aplikasi ini adalah pemilihan mikrofon ketika merekam, Anda bisa menggunakan mikrofon bawah maupun atas.

Dengan ukuran sekitar 33 MB, HP Anda minimal menggunakan harus OS Android 5.0 untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

6. Perekam Suara & Rekaman Audio

Aplikasi untuk merekam suara di Android yang selanjutnya adalah aplikasi Perekam Suara & Rekaman Audio. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini cocok untuk semua orang termasuk reporter dan siswa.

Fitur yang ada dalam aplikasi ini tergolong lengkap dan canggih. Anda bisa merekam suara dengan mengatur laju khusus kecepatannya. Bahkan Anda bisa menandai rekaman penting agar bisa didengarkan secara berulang kali.

Untuk aplikasi perekam yang lengkap ini ukurannya juga tidak terlalu besar hanya 10 MB saja. OS minimal HP Anda juga harus sudah Android 5.0.

7. Audio Recorder

Aplikasi perekam suara Android yang selanjutnya adalah Audio Recorder. Dengan aplikasi ini Anda bisa merekam suara dengan hasil yang jernih dan jelas. Apalagi dalam aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan playback recording.

Anda juga bisa merekam dan memainkan rekaman di layar utama atau keluar dari aplikasinya. Dengan aplikasi ini Anda juga bisa melakukan import suara ke dalam rekaman.

Ukuran dari aplikasinya juga sangat ringan hanya sekitar 1 MB saja, dengan OS Android minimal 5.0 untuk bisa menggunakannya.

8. AudioRec – Perekam Suara

Ini merupakan salah satu aplikasi perekam suara terbaik di Android. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur perekaman saat layar mati. Jadi Anda yang membutuhkan alat perekam dengan durasi yang lama bisa menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga :  Cara Membuat Stiker WhatsApp

Dengan aplikasi ini Anda juga bisa meningkatkan suara mic ketika merekam. Jadi suara akan tetap terdengar jelas walaupun sumber suara aslinya kecil. Ukuran dari aplikasi ini hanya 4 MB dengan minimal OS Android 4.2.

9. Aroundsound Audio Recorder

Rekomendasi aplikasi perekam Android terbaik selanjutnya adalah Aroundsound Audio Recorder. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa merekam sekaligus mengedit audio yang sudah Anda rekam. Sudah jutaan orang menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini juga mendukung Anda untuk membagikan rekaman secara langsung kepada orang lain. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lokasi pengambilan rekaman pada informasi file.

Fitur lainnya dari aplikasi ini adalah penyimpanan yang aman tanpa takut hilang. Anda bisa menyimpan hasil rekaman pada cloud yang sudah disediakan. Ukuran dari aplikasi ini juga cukup ringan hanya 9 MB dengan minimal OS Android 5.0.

10. Smart Recorder – Perekam Suara Bermutu Tinggi

Rekomendasi terakhir aplikasi recording untuk HP Android adalah Smart Recorder. Dengan aplikasi ini Anda bisa merekam suara dengan jelas karena sudah tersedia fitur penguat mikrofon. Selain itu, Anda juga bisa menjeda rekaman dan secara otomatis menghilangkan rekaman senyap.

Anda juga bisa mengaktifkan pengaturan rekaman saat panggilan. Namun secara default aplikasi akan menjeda rekaman pada saat ada panggilan masuk.

Ukuran dari aplikasi ini juga cukup ringan hanya 3 MB saja, namun OS HP Anda minimal harus sudah Android 5.0.

Dari kesepuluh aplikasi recording Android ini mana yang cocok dengan kebutuhan Anda? Anda bisa menggunakan salah satu atau beberapa aplikasi ini untuk menunjang pekerjaan maupun aktivitas Anda. Apalagi kebanyakan aplikasi ini ukurannya kecil sehingga tidak akan memberatkan kinerja HP Anda.