Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi Perekam Layar PC

Di halaman ini kami akan mengulas beberapa Aplikasi Perekam Layar PC atau yang biasa disebut Screen Recorder PC terbaik di tahun 2020.

Setiap nama aplikasi terdapat link yang diarahkan langsung ke situs resminya sehingga langsung bisa anda download.

Kemajuan teknologi saat ini membuat bermunculan beberapa jenis profesi baru. Salah satunya adalah profesi sebagai seorang youtuber.

Mungkin timbul pertanyaan dalam benak anda, bagaimana cara merekam layar laptop? Misalnya merekam Live Streaming pertandingan bola.

Atau merekam game yang kita mainkan di PC atau laptop seperti para Youtuber Gamer. Nah, inilah jawabannya, mereka menggunakan aplikasi screen recorder atau aplikasi untuk merekam layar PC.

1. OBS Studio

OBS Studio

Aplikasi perekam layar yang pertama adalah OBS Studio. Open Broadcaster Software atau biasa disebut OBS merupakan software yang bersifat open source dan multi-platform.

Dengan adanya sifat ini OBS menjadi perangkat lunak yang bebas digunakan sistem operasi manapun. Dan juga OBS dapat dimiliki oleh siapapun tanpa membayar alias gratis.

Tampilannya yang sederhana, membuat aplikasi ini banyak digemari oleh para youtuber. Anda patut mencoba aplikasi ini untuk merekam layar pc anda.

Karena, aplikasi perekam layar pc yang satu ini memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya adalah:

  • Open Source
  • Banyak Pilihan Filter Video
  • Menu tema dapat diganti
  • Mendukung streaming/live broadcast.

Sebagai mana aplikasi lainnya, OBS Studio juga memiliki kekurangan. Kekeurangan tersebut adalah kurang lengkapnya panduan menggunakan aplikasi tersebut.

Sehingga anda harus mempelajari sendiri bagaimana cara untuk memanfaatkan aplikasi tersebut secara maksimal.

2. Atomi Active

Atomi Active

Aplikasi perekam layar komputer selanjutnya adalah Atomi Active. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang memiliki desain minimalis.

Namun jangan salah, meskipun dengan minimlais anda juga tetap dapat merekam layar pc anda dengan resolusi yang tinggi.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merekam seluruh layar atau hanya bagian tertentu dalam pc anda. Sehingga cocok untuk anda yang ingin membuat video durasi lama.

Sebagai salah satu aplikasi perekam layar terbaik ini memiliki beberapa kelebihan yang mereka tawarkan. Kelebihan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Tanpa watermark
  • Berbagai fitur efek
  • Fitur editing
  • Format yang beragam

Dan dibalik segudang kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini juga memiliki kekurangan.

Di antaranya adalah tidak adanya fitur untuk mengunggah secara langsung ke youtube atau facebook.

Sehingga hal ini cukup menyulitkan anda untuk mengungah video yang anda buat.

3. Screenpresso

Screenpresso

Aplikasi selanjutnya adalah Screenpresso. Aplikasi ini memiliki dua versi, yaitu berbayar dan gratis. Kedua versi ini jelas memiliki perbedaan.

Aplikasi ini tentu sangat berguna untuk anda yang ingin merekam layar pc secara standar. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Screenpresso ini.

Kelebihan ScreenPresso adalah sebagai berikut.

  1. Dapat merekam audio dan webcam secara bersamaan dengan layar.
  2. Dapat digunakan untuk penggunaan komersial.
  3. Hasil output tidak berat.
  4. Fitur Quick Access untuk meninjau rekaman video sebelumnya.
  5. Fitur share ke beberapa media sosial.

Berikut ini adalah Kekurangan Screenpresso:

  1. Durasi rekaman hanya bisa maksimal 3 menit di versi gratis.
  2. Tidak bisa menghapus watermark dalam video di versi gratis.
  3. Tidak terdapat dukungan dan panduan untuk android di versi gratis.

4. Icecream Screen Recorder

Icecream Screen Recorder

Aplikasi perekam layar pc selanjutnya adalah Icecream Screen Recorder. Aplikasi ini dapat merekam webinar yang sedang berlangsung, merekam video call ataupun game play.

User interface pada aplikasi ini dapat dengan mudah dipahami, sehingga aplikasi ini menjadi primadona para pembuat video. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai cara screenshot di laptop.

Bukan tanpa alasan mengapa aplikasi ini menjadi pilihan utama sebagai aplikasi perekam layar di pc mereka, karena aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan.

Beberapa keungulan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Terdapat konfigurasi shorcut untuk Pause, Record, dan Stop.
  • Dapat melakukan perekam layar dan face cam di pc.
  • Merekam audio dan video secara bersamaan
  • Terdapat history project

Selain keunggulan yang ditawarkan, aplikasi ini juga memilki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah dalam versi gratis aplikasi ini hanya mengijinkan perekaman maksimal selama 10 menit.

Dan kemudian pilihan editing, sangat terbatas pada versi gratis. Sehingga untk menikmati fitur lengkap dari aplikasi ini anda harus membayarnya.

5. Windows 10 Game Bar

Windows 10 Game Bar

Aplikasi selanjutnya adalah Windows 10 Game bar. Aplikasi ini merupakan bawaan dari windows 10.

Cara untuk menjalankan program ini di windows 10 anda adalah dengan menekan windows + G dan nantinya jendela program akan terbuka.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur game dvr. Fitur ini memungkinkan seseorang untuk merekam layar pc dengan lebih smooth sehingga video yang dihasilkan akan lebih baik.

Dan juga hasil rekaman dari aplikasi ini meiliki size yang tidak terlalu besar, sehngga tidak membebankan memori penyimpanan anda.

6. ShadowPlay

ShadowPlay

Aplikasi ini merupakan hardware accelerated screen recording, artinya aplikasi ini akan menggunakan hardware dari GPU GeForce dari NvIDIA untuk membantu melakukan perekaman layar pc.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan, salah satu fitur tersebut adalah merekam mundur hingga 20 menit kebelakang.

Dengan adanya fitur ini anda dapat merekam momen-momen yang sudah anda lewatkan, anda cukup menekan shortcut untuk menandakan akhir dari video.

Dan secara otomatis aplikasi perekam layar yang satu ini akan merekam mundur ke belakang sampai 20 menit. Sehingga momen-momen berharga yang anda lewatkan dapat anda rekam.

7. WM Capture

WM Capture

WM Capture merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk merekam layar pc anda tanpa takut terkena watermark pada videonya.

Keunikan dari aplikasi ini adalah anda bisa menentukan kapan mulai merekam, dengan adanya fitur schedule recording. Dan tentunya anda bisa merekam dibagian layar tertentu saja.

Sebagai salah satu aplikasi perekam layar untuk pc terbaik, aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah memiliki output yang beragam.

Format output terhadap video yang dihasilkan terdiri dari berbagai macam seperti MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO. Dan hal ini tentu saja membantu anda dalam menentukan format rekaman.

8. Dxtory

Aplikasi perekam layar pc

Dxtory dikenal sebagai salah satu aplikasi untuk merekam pc yang ringan dan dengan tampilan dan pengaturan yang mudah dipahami.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki keunggulan untuk merekam dalam kualitas tinggi, sehingga sangat bermanfaat.

Fitur Dxtory:

  • Ukuran software sangat kecil, tidak sampai 10MB.
  • Merekam data dari surface memory buffer, sehingga tidak makan kinerja RAM besar.
  • Software sangat responsif, tidak membuat game lag.
  • Kualitas rekaman baik, tanpa adanya proses kompress.

9. XSplit Gamecaster

XSplit Gamecaster

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh XSplit Gamecaster adalah kemampuannya dalam merekam streaming yang sangat hebat.

Aplikasi ini dapat menayangkan berbagai macam streaming yang sedang Anda lakukan dengan stabil tanpa adanya hambatan.

Selain itu, Anda tidak perlu repot saat menggunakannya, sebab hanya dengan satu tombol saja, Anda sudah bisa mulai merekam.

Dan yang lebih hebatnya lagi, aplikasi ini berjalan dengan cara menyesuaikan konfigurasi setiap laptop yang digunakan. Wow, bukankah sangat keren dan patut untuk dicoba?

10. Action!

Action!

Mendengar namanya saja aplikasi ini sudah sangat menarik. Ya, ternyata nama dari aplikasi perekam layar ini sama dengan kualitasnya.

Jadi, aplikasi ini memiliki keunggulan dimana ia dapat melakukan streaming real time dan mereka berbagai macam video dengan kualitas baik yakni beresolusi HD.

Tidak sampai di situ saja, aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam fitur yang menarik untuk merekam sebuah video. Bahkan untuk kualitas suara yang dihasilkan juga sempurna.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan screenshoot dengan kecepatan yang tinggi. tidak heran jika Action juga sangat cocok dijadikan sebagai aplikasi untuk merekam tutorial.

Adapun setelah aktivitas layar direkam, nantinya hasil video tersebut berformat MP4 dan AVI. Jadi, sudah dipastikan bahwa aplikasi ini benar-benar sangat sempurna untuk Anda.

Bagaimana? Apakah Anda ingin menjajal kualitas dari aplikasi perekam layar PC ini? tunggu apa lagi?

Selain mudah untuk digunakan, aplikasi ini juga sangat sempurna sesuai dengan kebutuhan Anda.

11. Ezvid

Ezvid Screen Recorder

Aplikasi perekam layar selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Ezvid. Ezvid adalah salah satu software perekam layar yang bisa Anda unduh secara gratis tanpa adanya watermark.

Tidak sampai di situ saja, aplikasi ini juga memiliki banyak sekali fitur video editing yang langsung bisa digunakan setelah Anda selesai melakukan perekaman layar.

Dengan memanfaatkan aplikasi perekam layar PC ini, Anda dapat menghasilkan kualitas rekaman layaknya seorang profesional.

Sayangnya, aplikasi ini memiliki kekurangan dimana untuk menggunakan aplikasi ini Anda membutuhkan sebuah PC yang memiliki kapasitas 10 GB.

Hal inilah yang membuat aplikasi ini sangat tidak cocok jika digunakan pada PC dengan generasi yang lama. Sebab roses instalasi yang dilakukan juga akan berlangsung sangat lama.

Nah, untuk Anda yang memenuhi syarat, langsung sja download aplikasi ini pada PC Anda sekarang juga.

12. CamStudio

CamStudio

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda andalkan untuk merekam layar PC dengan kualitas dan resolusi yang bagus adalah camStudio.

Aplikasi ini adalah software open source yang dapat diunduh secara gratis. Bahkan aplikasi ini juga cukup populer dan memiliki banyak peminat.

Salah satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat mengubah hasil rekaman dari format AV ke SWF dimana ia dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan website.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat merekam gambar demi gambar dalam satu perekaman.

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah adanya bug pemasangan software dari pihak ke 3 yang langsung ter instalasi langsung dengan program.

13. TinyTake

TinyTake

Aplikasi terakhir yang bisa Anda andalkan untuk melakukan perekaman layar PC adalah TinyTake. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan, rutinitas, hobi membuat video rekaman dengan layar PC.

Nah, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mencurahkan semua kreativitas untuk menghasilkan sebuah video yang menarik untuk diunggah ke YouTube maupun media sosial lainnya.

Salah satu kemampuan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat merekam layar dan juga webcame secara bersamaan.

Sayangnya, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar dimana jika Anda menggunakannya dengan mode gratis, maka perekaman layar hanya dapat dilakukan 5 menit saja.

Meskipun demikian, untuk rekam layar yang dilakukan selama 5 menit dengan mode gratis ini tidak memiliki watermark. Itu membuat kualitas yang dihasilkan sangat memuaskan dengan resolusi gambar yang tinggi.

Adapun kelebihan lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat merekam hanya dengan satu kali klik saja.

Selanjutnya:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Aplikasi Edit Video PC

Aplikasi Edit Video PC Ringan

Hallo para konten kreator! Gak usah bingung. Ini daftar rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Ringan yang bisa anda gunakan. Pilih yang terbaik menurut anda sendiri. Apapun profesi anda, saat berencana…
Selengkapnya