Mengenal Sound Card Adalah, Beserta Fungsi dan Jenisnya

Pernahkah kamu mendengar tentang sound card atau sudah sering dengar tapi tidak tahu apa itu? Sound card adalah sebuah perangkat yang ada di dalam komputer atau laptop yang berfungsi untuk mengolah suara. Alat ini sangat penting dan harus ada dalam sebuah perangkat seperti komputer atau laptop.

Khusus untuk kamu, kami akan membahas secara lengkap apa itu sound card dan fungsinya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa tahu jenis-jenis sound card di sini.

Pengertian Sound Card

Secara bahasa pengertian sound card adalah kartu suara. Lengkapnya sound card merupakan hardware atau perangkat keras dalam komputer atau laptop untuk mengeluarkan dan merekam suara.

Suara yang bisa kamu dengarkan dari laptop atau komputer merupakan hasil olahan dari sound card. Biasanya ketika komputer atau laptop tidak bisa mengeluarkan suara berarti ada masalah dengan sound cardnya.

Sound card dalam komputer atau laptop langsung terhubung ke motherboard melalui slot PCI atau ISA. Namun seiring berkembangnya teknologi, kamu bisa memasangkan sound card tambahan melalui slot USB. Sound card ini biasanya disebut dengan sound card eksternal.

Sound card termasuk salah satu hardware penting dalam komputer atau laptop. Tanpa sound card maka kamu tidak akan bisa mendengar suara ketika menyalakan musik atau video di komputer atau laptop.

Biasanya sound card digunakan oleh para musisi untuk melakukan rekaman. Dengan sound card suara akan menjadi lebih jernih dan bisa ditambah dengan efek. Biasanya sound card yang digunakan adalah sound card eksternal yang lebih bagus dan mudah untuk digunakan. 

Komponen Utama dalam Sound Card

Komponen Sound Card

Perkembangan sound card sekarang ini memang cukup pesat. Namun di dalam sound card ada 4 komponen utama yang membuatnya bisa berfungsi dengan baik. Keempat komponen utama dari sound card yaitu:

  1. Interface  yang menghubungkan sound card dengan motherboard yang biasa disebut dengan PCI atau Peripheral Component Interconnect.
  2. Konektor input dan output untuk menghubungkan suara ke headset, headphone, mikrofon maupun speaker.
  3. DAC atau Digital to Analog Converter untuk mengkonversi data digital ke suara analog.
  4. ADC atau Analog to Digital Converter untuk membuat rekaman secara digital.

Jenis-Jenis Sound Card

Ada beberapa macam sound card yang bisa kamu temukan saat ini. Macam-macam sound card ini ada 3 jenis, yaitu:

1. Sound Card Onboard

Salah satu jenis sound card yang paling umum ditemukan di komputer atau laptop adalah sound card onboard. Sound card onboard adalah sound card yang langsung menempel di motherboard. Bentuk dari sound card ini adalah chipset yang sudah terpasang dan tidak bisa dilepaskan. 

Sound card jenis ini menggunakan tenaga processor untuk menjalankannya. Ketika sound card ini bekerja akan menyerap daya baterai laptop. Bisa dikatakan sound card ini merupakan sound card bawaan laptop. Kamu tidak perlu menambah sound card jika hanya untuk menggunakan aplikasi multimedia di laptop.

2. Sound Card Offboard

Nama lain dari sound card ini adalah sound card PCI karena dipasang di PCI laptop. Jenis sound card ini bisa kamu pasangkan sendiri di laptop untuk menambah sound card bawaan atau menggantinya.

Hasil suara dari sound card jenis ini lebih jernih dan bagus dari pada sound card onboard. Kamu yang sering melakukan rekaman sangat disarankan untuk menggunakan sound card jenis ini. Hasil rekaman menggunakan sound card ini lebih jernih dan berkualitas tinggi.

3. Sound Card USB atau Eksternal

USB Sound Card

USB sound card adalah jenis sound card eksternal yang bisa kamu pasang di port USB laptop atau komputer. Ini merupakan sound card model terbaru dan banyak digunakan.

Fungsi sound card USB adalah untuk mengolah suara menjadi lebih jernih dan lebih bagus. Biasanya sound card jenis ini banyak digunakan untuk melakukan rekaman. 

Cara menggunakannya juga sangat mudah, hanya plug and play. Jadi kamu hanya perlu memasukkan sound card ini kemudian memainkannya atau menggunakannya sesuai dengan keinginan.

Fungsi Sound Card

Berdasarkan pengertian dan jenisnya, sudah bisa kamu simpulkan bahwa fungsi sound card adalah untuk mengolah suara di laptop atau komputer. Dengan adanya sound card kamu bisa mendengarkan musik atau video dari laptop. Bahkan kamu bisa melakukan perekaman dengan menggunakan sound card.

Secara detail fungsi dari sound card adalah sebagai berikut:

1. Mengkonversi Sinyal Digital dan Analog

Fungsi utama dari sound card adalah untuk mengkonversikan sinyal digital ke analog atau sebaliknya. Dengan fungsi ini kamu bisa mendengarkan suara dari laptop atau komputer sekaligus bisa melakukan rekaman suara. 

2. Meningkatkan Kualitas Audio

Sound card juga mempunyai fungsi untuk meningkatkan kualitas audio. Karena fungsinya inilah sound card sangat diperlukan oleh para musisi. Dengan menggunakan sound card rekaman atau audio yang dihasilkan akan lebih bagus.

Tidak hanya para musisi, sound card juga diperlukan oleh bioskop untuk membuat suara menjadi lebih bagus.

3. Menambah Fitur Pengolahan Suara

Fungsi sound card yang lainnya adalah untuk menambah fitur pengolahan suara. Untuk menghasilkan musik yang enak didengar dan bagus para musisi sangat membutuhkan sound card. Dengan sound card musisi bisa mengolah suara dan memberikan efek agar hasilnya lebih bagus.

4. Mengatur Equalizer

Equalizer sangat penting dan mempunyai peran untuk membuat suara menjadi lebih bagus. Kamu bisa mengatur equalizer sesuai dengan kebutuhan menggunakan sound card. Dengan sound card kamu bisa mengatur volume dan echo yang pas pada saat melakukan rekaman.

5. Mengolah Data Rekaman Suara

Sound card recording

Pada saat kamu melakukan rekaman maka suara tidak akan terdengar jika tidak memprosesnya dengan menggunakan sound card. Alat ini sangat membantu untuk mengolah data rekaman dengan baik. Kamu bisa melakukan rekaman dengan menggunakan microphone atau headset yang sudah tersambung ke sound card.

6. Membantu Editing Suara dan Musik

Fungsi sound card untuk recording tidak hanya untuk merekam atau mengambil suara saja tapi juga membantu dalam proses editing. Dengan menggunakan sound card kamu bisa mengubah musik agar lebih baik. Kamu juga bisa menambahkan efek suara atau sejenisnya dengan menggunakan alat ini.

Cara Kerja Sound Card

Lalu bagaimana sebenarnya sound card ini bekerja untuk menghasilkan maupun mengolah suara? Ada 4 tahapan atau mekanisme kerja dari sound card yaitu:

  1. Konten audio akan terbaca oleh hardisk kemudian langsung diteruskan ke CPU atau motherboard.
  2. Selanjutnya CPU melanjutkan data ini ke DSP di sound card.
  3. Setelah itu DSP akan melakukan ekstrak data digital yang diperoleh.
  4. Terakhir data yang terekstrak oleh DSP akan diproses oleh DAC dan membuat sinyal analog yang bisa kamu dengarkan. Sinyal analog ini adalah suara.

Sekarang semakin paham bukan apa itu sound card? Sound card adalah sebuah hardware yang harus ada dalam laptop agar kamu bisa mendengarkan suara. Intinya sound card merupakan alat untuk menghasilkan dan mengolah suara di laptop atau komputer.

Tinggalkan komentar