10 Aplikasi Rekam Suara PC Jernih dan Berkualitas

Selain video, media atau konten hiburan berbasis audio kini menjadi salah satu favorit banyak orang. Untuk membuat konten seperti ini, salah satu yang diperlukan adalah software untuk merekam suara. Dari sekian banyaknya aplikasi tersebut, mana aplikasi rekam suara PC yang wajib dicoba?

Selain untuk membuat konten audio, aplikasi rekam suara juga banyak digunakan orang-orang  untuk membuat lagu. Ini sebabnya, kini ada banyak software dan aplikasi yang menyediakan fitur untuk editing.

Bagi Anda yang berminat untuk membuat konten berbentuk audio, membuat lagu,  atau sekadar ingin merekam suara untuk kebutuhan lain melalui PC, tenang saja. Dalam artikel ini sudah kami kumpulkan beberapa rekomendasi aplikasi rekam suara PC berkualitas yang bisa Anda coba.

Rekomendasi Aplikasi Rekaman Suara di PC

Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi rekam suara untuk PC dengan fitur keren, berikut rekomendasinya.

1. FL Studio

FL Studio

Bila menyebut FL Studio, tentu sudah banyak yang tahu. Bisa dibilang, software FL Studio adalah salah satu aplikasi rekam suara PC terbaik. Bahkan, para musisi papan atas banyak yang menggunakan FL Studio. Selain punya fitur sangat lengkap, software ini pun dapat Anda pakai untuk editing serta mixing audio. 

Karena alasan tersebut,  kualitas dari FL Studio pastinya sudah sangat bagus sekali Hanya saja untuk menggunakannya tidaklah gratis. Anda harus membayar untuk menikmati aplikasi ini. Namun bila Anda tertarik, ada pula opsi untuk  menggunakan versi gratis nya sebagai uji coba untuk beberapa hari.

Baca Juga :  Profil Pendiri Grab dan Sejarahnya

2. Garageband

audio recorder for pc

Anda pengguna MacBook, iMac, atau perangkat Apple lain, namun butuh software untuk audio recorder? Maka Garageband merupakan solusinya. Bagi Anda yang tertarik menciptakan konten seperti podcast maupun musik, software satu ini akan sangat membantu.

Tak hanyalah rekaman suara, aplikasi ini juga sudah mendukung untuk editing suara dan mixing. Selain kaya akan fitur, Anda tidak perlu membayar untuk menjadi pengguna software ini. Ini sebabnya Garageband memang sangat populer di kalangan pengguna Mac OS. Cukup menarik, bukan?

3. Sound Forge

aplikasi rekam suara pc jernih

Rekomendasi yang ketiga adalah aplikasi Sound Forge, yang sudah sangat familiar di kalangan musisi terkenal. Fitur-fitur yang tersedia juga kurang lebih serupa dengan FL Studio. Di sini, selain bisa melakukan record, Anda juga bisa langsung menyuntingnya.  

Target pasar dari aplikasi Sound Forge ini memang bukan masyarakat umum, tapi para profesional dalam bidang audio. Aplikasi ini dibanderol dengan harga US$400. Tapi kalau Anda memang ingin serius berkecimpung di bidang audio, menggunakan Sound Forge adalah pilihan yang sangat pas.

4. Adobe Audition

Adobe Audition

Selanjutnya, untuk rekomendasi keempat ada Adobe Audition. Mungkin Anda sudah sangat familier dengan salah satu aplikasi buatan perusahaan software besar dunia ini. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan aplikasi buatan Adobe, maka Adobe Audition ini adalah pilihan yang tepat.

Dengan gaya user interface khas Adobe, Anda bisa beradaptasi dengan cepat. Fitur editing audio yang ada di aplikasi juga termasuk lengkap dan kerap diperbarui. Baik untuk pemula atau profesional, Adobe Audition cocok digunakan untuk berbagai konten audio. Usahakan beli aplikasinya secara legal, ya!

5. Audacity

Audacity

Aplikasi rekam suara komputer selanjutnya bernama Audacity. Software satu ini kerap para audio editor gunakan untuk sound recording. Untuk user interface-nya cukup sederhana jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi sebelumnya, sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Facebook yang Lemot dan Nge-lag

Walaupun begitu, fiitur penyuntingan suara yang ada di aplikasi sudah cukup mumpuni untuk pembuatan konten audio sederhana. Input suara yang aplikasi ini hasilkan juga terdengar jernih. Bagi Anda yang pemula namun butuh aplikasi yang benar-benar mumpuni, coba gunakan Audacity.

6. Streaming Audio Recorder

Di kalangan content creator di berbagai media sosial, aplikasi Streaming Audio Recorder kerap menjadi pilihan untuk melakukan perekaman suara. Tampilan yang user friendly, aplikasi yang tidak terlalu berat, kelengkapan fitur, serta kompatibel untuk pengguna Windows 7 jadi alasan yang membuat aplikasi menarik.

Konten apa pun yang berkaitan dengan audio bisa Anda kerjakan dengan mudah melalui aplikasi ini, misalnya podcast, musik, audiobook, atau voice over. Ditambah lagi dengan adanya dukungan terhadap berbagai format rekaman, tentu Anda akan memudahkan Anda untuk menyimpan dan mengirim data di sini.

7. Online-voice-recorder.com

aplikasi rekam suara pc online

Rekomendasi yang ketujuh ini memang cukup berbeda dari yang sebelumnya, sebab berbasis online. Jadi, tentunya sangat memudahkan untuk para pemilik perangkat komputer yang spesifikasinya termasuk rendah atau tidak mau repot memasang aplikasi.

Namun jangan salah. Biarpun ini adalah aplikasi rekam suara PC online, bukan berarti tak punya fitur. Di situs ini, Anda bisa melakukan perekaman suara sekaligus melakukan penyuntingan. Gratis pula. Layak dicoba, kan?

8. iSound Recorder

iSound Recorder

Aplikasi iSound Recorder memang tergolong sebagai aplikasi dasar untuk audio. Oleh karena itu, aplikasi ini cocok untuk para pemula yang berminat memperdalam dunia audio. 

Penggunaanya mudah, tampilan sangat mudah dipahami, serta fitur lengkap adalah alasan untuk memilihnya. Termasuk fitur Help yang bisa sangat membantu pengguna.

ISound recorder ini punya converter yang terintegrasi langsung, bisa memisahkan audio dalam rentang waktu tertentu, juga timer yang bisa mengatur dan low pass dan high pass, menentukan jadwal rekaman, serta masih banyak fitur lainnya. Keunggulan lainnya, ini adalah aplikasi rekam suara PC gratis. 

Baca Juga :  10 Aplikasi Membuat Poster Terbaik Di Android

9. RecordPad

RecordPad

Aplikasi yang ada di urutan ke-9 ini adalah solusi bagi Anda yang menginginkan sesuatu yang sederhana. RecordPad memang hanya berguna untuk merekam audio saja, dengan fitur edit yang tidak terlalu kompleks. Walaupun sederhana, fitur untuk perekamannya sudah termasuk bagus.

Anda bisa melakukan pengubahan format, burn, rip, hingga audio filter. Kompatibilitas aplikasi ini juga tersedia untuk segala jenis sistem operasi. Mulai dari Windows, Mac OS, Linux, bahkan Android. tampilan dari aplikasinya juga bisa Anda kustomisasi senyaman mungkin.

10. Filmora Scrn

filmora scrn

Sampai di urutan ke-10, Filmora Scrn menjadi  aplikasi rekam audio PC gratis yang layak Anda coba. Bila mendengar nama aplikasi ini, mungkin Anda akan langsung teringat dengan aplikasi penyuntingan video. Memang, aplikasi ini juga masih ada dalam satu perusahaan yang sama. 

Yang jelas, software Filmora ini sangat cocok untuk pemula. Sebenarnya aplikasi ini berguna untuk merekam layar, namun bisa juga digunakan untuk perekaman audio. Kualitas dari suaranya juga sudah cukup baik.  Cocok untuk bagi Anda yang ingin sekedar merekam suara secara sederhana saja. 

Sebenarnya ada banyak fitur lain dalam aplikasi ini yang akan sangat membantu untuk membuat konten yang lebih pro. Namun untuk bisa mencobanya, Anda harus menggunakan versi yang berbayar.

Inilah 10 rekomendasi aplikasi rekam suara PC yang bisa Anda jadikan pilihan untuk pembuatan konten audio. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Dari kesepuluhnya, mana yang mau Anda coba? Semoga artikel ini bermanfaat.