Apakah Ada Cara Nonton TV Digital Tanpa STB Terbaik 2023? Berikut Ulasannya

Apakah Ada Cara Nonton TV Digital Tanpa STB Terbaik 2023? Berikut Ulasannya – Setelah pemerintah resmi memberhentikan TV analog secara berkala sejak awal November yang lalu, tampaknya sudah mulai banyak di antara anda yang menggunakan TV digital.

Karena mau tidak mau, anda memang harus beralih, dari TV analog ke TV digital agar tetap bisa menyaksikan berbagai macam tayangan yang anda sukai setiap harinya. Untuk nonton TV digital sendiri, anda membutuhkan yang namanya STB, atau set top box.

Selain itu, ada beberapa hal juga yang meski dilakukan. Namun mungkin, ada beberapa di antara anda yang bertanya tanya, apakah ada cara nonton TV digital tanpa STB?

Pasti nih, beberapa di antara sudah ada yang penasaran dan selama ini sudah mencari cari informasi tentang cara menonton TV digital tanpa STB, mengingat harga STB yang dibandrol lumayan mahal untuk beberapa kalangan.

Nah tenang saja, karena nantinya akan kami bahas apakah memang ada cara nonton TV digital tanpa STB, atau ternyata tidak ada.

Terutama kalangan mereka yang angka ekonomi menengah ke bawah.  So, buat anda yang juga membutuhkan informasi jawaban apakah ada cara nonton TV digital tanpa STB dari dulu, bisa simak ulasan singkatnya berikut ini ya. 

Alasan Peralihan TV Analog ke TV Digital

Sebelum memberikan jawaban apakah ada cara nonton TV digital tanpa STB, kita bahas dulu sekilas tentang peralihan dari TV analog ke TV digital. Mungkin, masih banyak nih beberapa di antara anda yang belum tahu. Jadi, peralihan ini merupakan salah satu program yang ditawarkan dan dibuat oleh pihak pemerintah.

Dan ini adalah program lama sebenarnya, namun baru terealisasi sejak awal November kemarin, itupun dengan sistem pemberhentian secara berkala, dari satu daerah ke daerah yang lainnya.

Karena adanya peralihan ini, siapa sangka jika seluruh masyarakat digemparkan, dan menjadikan topik ini sebagai buah bibir yang menarik untuk dibahas. Baik itu di kalangan masyarakat pada umumnya, ataupun di dunia digital.

Bahkan saking viralnya, anda bisa menemukan segudang informasi peralihan TV analog ke TV digital dengan menggunakan media sosial. Gampang banget kan? Ya karena memang ser viral itu. Kabar yang paling menariknya, TV adalah salah satu alternatif hiburan bagi orang tua kita.

Karena mereka lebih nyaman menyaksikan tayangan tayangan yang ada di TV analog dibandingkan dengan tayangan yang bisa diakses dari berbagai aplikasi. Hal ini mungkin karena memang TV analog sudah menjadi media hiburan selama 60 tahunan, dan dilakukan secara turun temurun.

Berbeda halnya dengan anak anak generasi sekarang yang justru lebih suka jika mengakses tayangan menggunakan aplikasi aplikasi yang ada, karena tayangan yang nyaris tak terbatas. Setelah beroperasi selama 60 tahun di tanah air, akhirnya TV analog resmi diberhentikan, dan digantikan dengan TV digital.

Untuk pemberlakuannya sudah dilakukan dari permulaan November 2023, tepatnya di tanggal 2. Dengan adanya pemberlakukan dan pemindahan siaran ini, tentu pihak pemerintah sudah memiliki segudang argumen atau alasan mengapa diberlakukan demikian.

Karena sangat tidak mungkin jika pihak pemerintah asal asalan membuat peraturan, tanpa adanya tujuan yang jelas. Nah kira kira, apa saja sih alasan pihak pemerintah akhirnya mengganti TV analog menjadi TV digital? Secara umum, memang ada beberapa alasan kenapa pihak pemerintah mengganti TV analog menjadi TV digital.

Dan menurut penulis, alasan alasan tersebut sangat realistis, namun tetap kurang bijak. Karena bagi orang orang yang kesulitan dari segi ekonomi akan sangat sulit membeli STB, sehingga membuat mereka kehilangan hiburannya.

Kali ini kita hanya akan bahas beberapa alasan pemerintah mengganti siaran TV dari analog menjadi digital ya. Yang menjadi alasan pertama ialah kualitas gambar TV analog yang buram, atau yang biasa disebut dengan bersemut.

Bagi anda yang sudah menggunakan TV analog sejak lama pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah gambar TV bersemut kan? Nah istilah bersemut ini menggambarkan bahwasanya gambar di layar buram, alias jelek. Sehingga kurang nyaman ketika ditatap secara lama.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Memindai  Dokumen Terbaik

Maka dengan adanya peralihan, dari TV analog ke TV digital, diharapkan akan memberikan kenyamanan kepada semua masyarakat saat mereka menonton TV. Hal ini karena kualitas gambar pada TV digital sudah sangat sangat berkualitas, dan nggak ada yang namanya semut lagi.

Selain itu, kualitas suara pada TV digital juga lebih berkualitas, sebagaimana gambarnya. Selain itu, TV analog juga ternyata rentan akan gangguan yang ada di sekitarnya.

Maka dari itu, jika saat ini TV analog di sekitar anda juga sudah dicabut, sudah waktunya beralih ke TV digital dengan mengikuti cara nonton TV digital tanpa STB yang bakalan kami bahas nantinya.

Dengan tujuan, supaya gambar dan juga suara yang anda saksikan lebih berkualitas. Sehingga menghadirkan sensasi nonton yang lebih nyaman.

Oh ya, sebagai tambahan, ternyata ada loh beberapa negara yang menerapkan Analog Switch Off, kayak Korea Selatan yang sudah menggunakannya dari 2023, kemudian ada Singapura dengan Malaysia yang menggunakannya di tahun 2019, Vietnam 2021, dan negara negara yang lainnya. 

Perbedaan TV Digital dan TV Analog

Selain membutuhkan informasi tentang alasan peralihan TV analog ke TV digital anda juga pasti membutuhkan informasi seputar perbedaan antara TV analog dengan TV digital. Jadi, TV analog sendiri merupakan siaran televisi yang memancarkan dengan siaran radio.

Untuk siaran radio nya sendiri bisa ditemukan dalam beberapa bentuk, ada yang audio, dan ada juga yang video. Atau, ada yang keduanya. Dan tv analog ini merupakan TV nya anak anak zaman dulu, yang sudah menemani kegiatan anak anak zaman dulu.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwasanya TV analog punya beberapa kekurangan, salah satunya adalah mengalami yang namanya noise. Sehingga, membuat anda kurang nyaman ketika menyaksikan tayangan ataupun siaran yang ada.

Selain itu, TV analog juga punya kinerja yang bisa dikatakan jadul ya. Sehingga makin ke sini, ia makin melemah, dan masih tergerus dengan yang lebih terbaru.

Sementara TV digital sendiri, merupakan tv yang diadopsi setelah siaran TV analog diberhentikan, atau dinonaktifkan oleh pihak pemerintah, alias yang akan menggantikan posisi TV analog.

Karena ia menggantikan posisi TV analog, maka sistem kerjanya akan jauh lebih baik, dan lebih canggih dibandingkan dengan tv analog pastinya. Tapi sangat disayangkan, kalau untuk saat ini jumlah siarannya masih sangat terbatas. Namun kalau dari segi kualitas gambar dan suara, TV digital lebih berkualitas.

Apakah Ada Cara Nonton TV Digital Tanpa STB?

Mungkin sudah banyak yang nggak sabar apakah memang ada cara nonton TV digital tanpa STB, ia kan? Maka secara sederhana, dan sampai saat ini, masih belum ada cara nonton TV digital tanpa STB ya. Mohon maaf. Itu artinya, jika ingin nonton TV digital, maka anda meski menggunakan STB.

Menyisihkan uang untuk membelinya, dan menabung selama beberapa bulan. Untuk harga STB nya sendiri sangat beragam, mulai dari 200 ribuan ya. Oke, sekarang jelas ya, bahwasanya belum ada cara nonton TV digital tanpa STB.

Lantas, kalau mau menyaksikannya dengan STB, gimana caranya? Buat anda yang belum paham bagaimana cara menggunakannya, maka bisa simak ulasan kami.

So, set top box sendiri merupakan alat atau perangkat yang bakalan berguna banget dalam mengkonversi sinyal digital ke TV analog anda ke dalam bentuk gambar dengan suara. Berikut ini merupakan cara memindai atau cara konversi dari TV analog ke TV digital.

Hal pertama yang mesti anda lakukan adalah mempersiapkan set top box nya terlebih dahulu. Dalam hal ini, kami rekomendasikan buat menggunakan yang set top box dengan kode DVB T2 ya. Kemudian, jangan lupa untuk mencabut kabel, dan juga mematikan TV nya terlebih dahulu.

Lalu, sambungkan antena ke port yang ada tulisannya ant in, yang letaknya ada di bagian punggung set top box anda. Berikutnya, anda dapat menyambungkan HDMI dari port yang ada di STB nya yang ada di analog. Kalau misalnya TV nya belum didukung dengan HDMI gimana?

Tenang, tinggal sambungkan saja kabel AV nya. Biasanya, kabel tersebut terdiri dari warna putih, kuning, dan juga merah.

Baca Juga :  10 Aplikasi untuk Berteman dengan Orang Korea Terbaik

Selanjutnya, silahkan hidupkan TV anda, kemudian STB nya dapat diubah ke mode AV saja. Apabila sudah muncul, maka silahkan cari yang pilihan pencarian saluran. Jika sudah, pilih simpan. Selesai deh. Dan sekarang anda sudah bisa menikmati TV digital di rumah, kapanpun. Gimana, gampang banget kan? 

Oke, itulah dia penjelasan mengenai apakah ada cara nonton TV digital tanpa STB? Maka dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan, bahwasanya masih belum bisa. Dalam artian, ketika ingin menyaksikan TV digital, maka anda perlu memiliki STB terlebih dahulu.

Dan STB nya bisa didapatkan dari toko toko terdekat, atau bisa juga dengan membelinya secara online di beberapa marketplace ternama di tanah air. Mungkin, itu dulu ulasan kita kali ini, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba.

Bagi anda yang berkenan, mungkin bisa membagikan tulisan ini ke teman teman anda yang juga penasaran dengan apakah ada cara nonton TV digital tanpa STB, atau ke mereka yang sedang mencari tahu gimana sih cara beralih menggunakan TV digital, karena di atas sudah sedikit kami jelaskan cara beralihnya ya.