Cara Cek Sinyal dengan Aplikasi Cek Sinyal TV Digital

Cara Cek Sinyal dengan Aplikasi Cek Sinyal TV Digital – Kini, masyarakat mulai berbondong bondong mengganti siaran tv mereka. Yang awalnya menggunakan tv analog, menjadi tv digital.

Dan tiap masyarakat bisa banget melakukan pengecekan sinyal yang ada di sekitar tempat tinggalnya dengan menggunakan aplikasi cek sinyal tv digital. Di mana, aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi besutan dari pihak kementerian komunikasi dan informatika atau kominfo.

Dengan tujuan, agar masyarakat tanah air mempunyai tayangan yang lebih berkualitas. Karena tidak dipungkiri, bahwasanya tv digital ini memiliki segudang keunggulan yang menarik. Mulai dari gambar dan suaranya yang sangat berkualitas tinggi, teknologi yang digunakan adalah teknologi canggih, dan yang lainnya.

Dan yang perlu diperhatikan ialah, pihak kementrian sudah menetapkan bahwasanya tv analog bakalan dicabut, mulai dari awal bulan november kemarin. Yakni beberapa waktu lalu. Adanya program peralihan antara tv analog dengan tv digital tentu menuai pro dan kontra.

Dan setelah mengalami banyak penundaan, akhirnya teralisasi juga. Dengan menggunakan tv digital, masyarakat juga tetap bisa menyaksikan siaran siaran tv yang ada di tv analog pada umumnya. Sehingga, masyarakat meski mengubah tangkapan sinyal antena yang ada di rumahnya dengan menggunakan yang digital.

Dan dalam proses peralihan, masyarakat tetap dapat menyaksikan tayangan tayangan kesayangan mereka yang tersedia di tv analog. Adapun prosesnya, membutuhkan yang namanya set top box. Fungsi dari perangkat yang satu ini adalah sebagai jembatan sinyal tv. 

Kabar baiknya, penggunaan tv digital ini tidak berbayar, alias gratis. TV analog sendiri, merupakan tv yang mendapatkan sumber sinyal dari antena ya. Sehingga sangat bergantung pada antena. Inilah yang membuat, masyarakat yang tinggalnya di daerah pegunungan sulit mendapatkan sinyal.

Tentu hasilnya berbeda halnya dengan tv digital yang notabenenya punya jangkauan daerah yang lebih luas, dan lebih mudah dijangkau.

Nah untuk memastikan bahwasanya di tempat tinggal anda tersedia sinyal buat mengakses tv digital, anda bisa mengeceknya dengan menggunakan aplikasi cek sinyal tv digital yang dibuat oleh pihak pemerintah terlebih dahulu. Dan ini bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan ponsel yang ada di tangan saja. 

Cara cek sinyal dengan aplikasi cek sinyal tv digital

Nah, setelah selesai membahas sekilas mengenai aplikasi cek sinyal tv digital, sekarang kita bakalan membahas bagaimana cara menggunakannya. Karena mungkin, masih banyak diantara anda yang masih belum tahu bagaimana cara menggunakannya. 

Download aplikasi

Sebelum menggunakan aplikasi, pastikan kalau anda sudah mendownloadnya terlebih dahulu. Untuk download aplikasinya sendiri bisa dilakukan dengan mengandalkan aplikasi google play store dengan app store ya.

Tinggal sesuaikan saja dengan perangkat yang digunakan. Silahkan download, dengan membuka aplikasi google play store atau app store, dan ketikkan tulisan cek sinyal tv digital pada kolom pencarian. Dan klik tulisan install. 

Pastikan sudah mengaktifkan lokasi

Untuk yang kedua, anda meski memastikan bahwasanya anda sudah mengaktifkan lokasi di ponsel. Hal ini agar bisa mendeteksi daerahnya. Kalau sudah, klik pada tulisan atau menu bidik.

Buka aplikasi

Lanjutkan dengan membuka aplikasi yang sudah terinstall, dan klik pada tulisan sinyal. Dan pilih nama stasiun tv, lalu klik see mux detail. Dengan demikian, anda bakalan mendapatkan informasi mengenai banyak hal. Mulai dari operator mux, kemudian jenis layanan, kekuatan sinyal, frekuensi ataupun channel, dan yang lainnya.

Kemudian, anda juga bakalan melihat ada beberapa warna di bagian layar. Kalau misalnya di sekitar anda mempunyai warna yang abu abu ataupun biru, itu artinya sinyal di sekitar anda jelek, alias lemah.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Pengelolaan Stok Barang Terbaik

Jika warnanya adalah warna kuning, itu artinya sinyalnya sedang, jika berwarna merah, kaka ini menandakan jika sinyalnya bagus, atau kuat. 

Nah kalau misalnya anda ingin banget ngeliat konten konten yang ada di dalam tv, maka bisa klik menu galeri yang terletak di bagian bawah sebelah kanan layar. Gimana, gampang banget kan? 

Rekomendasi set of box yang bisa digunakan

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, bahwasanya untuk menyalurkan sinyal ke tv digital, anda membutuhkan perangkat yang bernama set of box kan? Dan kabar baiknya, saat ini sudah cukup banyak perangkat perangkat set of box yang tersedia di pasaran. Dan kali ini kami akan merekomendasikan beberapa. 

Matrix

Yang pertama adalah matrix. Yang merupakan salah satu merk atau brand set of box ternama dan terpopuler saat ini. Kabar baiknya, untuk mendapatkan set of box dari matrix, maka anda bisa banget memperolehnya secara online, dengan mudah dan cepat pula.

Untuk model yang terpopnya ada matrix apple dvb t2. Tenang saja, karena harga yang ditawarkan oleh pihak developer nya masih tergolong sangat terjangkau. Cuma sekitaran 200 ribuan saja. Dan siapa sangka, dengan harga yang terjangkau, perangkat satu ini punya segudang keunggulan yang menarik.

Salah satunya adalah sudah didukung dengan youtube loh. Bahkan yang menariknya lagi, perangkat satu ini juga sudah sesuai dengan standar nasional indonesia. Dan punay sertifikasi ews juga.

Polytron

Hingga kini, polytron memang menjadi salah satu brand alat alat elektronik yang ternama kan? Dan sangat tidak heran jika akhirnya mereka juga mengeluarkan produk berupa set of box juga. Tidak kalah menariknya dengan perangkat pertama, pihak polytron juga menawarkan produk mereka dengan harga yang sangat terjangkau.

Hanya sekitaran 200 ribuan saja. Dan dengan berbagai macam keunggulan. Salah satu keunggulan yang ditawarkan ialah memudahkan para pengguna dalam mencari saluran tv, dan bisa dilakukan secara otomatis loh. Maka, buat anda yang saat ini mengira bahwasanya set of box itu mahal semua, anda salah.

Karena nyatanya, ada kok beberapa brand yang justru menawarkannya dengan harga ramah kantong. Bahkan, harga tersebut masih sangat terjangkau bagi masyarakat kelas menengah. 

Dan yang penting, pihak pemerintah menyediakan set of box sebanyak 1 juta unit, bagi masyarakat yang kurang mampu, yang tersebar di seluruh tanah air. 

Nah yang tidak kalah menariknya lagi, sebenarnya masih cukup banyak perangkat atau produk set of box yang bisa digunakan. Dan setiap pengguna dapat memilih sendiri mana yang akan digunakan, dari brand mana, dan jenis apa.

Namun yang paling penting diperhatikan, jangan hanya mengejar harga yang murah atau ramah kantong. Karena tidak semua produk yang harganya ramah kantong itu berkualitas. Iya kan?

Maka dari itu, salah satu cara untuk memastikan bahwa produk yang akan digunakan bagus atau tidak adalah, apakah produknya dikeluarkan oleh brand ternama? Jika iya, maka ada baiknya jika anda menggunakan produk dari brand ternama tersebut.

Karena ini jauh lebih aman dibandingkan menggunakan produk dari brand yang masih belum begitu terkenal. Oke, itulah dia penjelasan mengenai aplikasi cek sinyal tv digital yang bisa dipahami. Lengkap dengan beberapa rekomendasi set of box yang bisa digunakan.

Oh ya, selain beberapa perangkat di atas, masih ada beberapa set of box lain yang juga kami rekomendasikan. Yakni set of box luby, kemudian akari, tanaka, dan juga evinix. Semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba.