5 Fitur Menarik Aplikasi Sinyal TV Digital Terbaik

Fitur Menarik Aplikasi Sinyal Tv Digital Terbaik – Sebagaimana kita tahu, bahwasanya sejak November, pihak pemerintah sudah mulai memberhentikan TV analog di tanah air. Dan proses ini dilakukan secara bertahap. Dan tampaknya sudah cukup banyak daerah yang siaran tv analognya sudah tidak bisa diakses lagi ya.

Inovasi atau gebrakan yang dilakukan oleh pemerintah disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya kualitas gambar dan suara dari TV analog yang masih tergolong kurang memuaskan, sehingga membuat banyak masyarakat merasa bosan dan nggak nyaman ketika mengaksesnya.

Selain itu, jaringan pada TV analog ternyata terbilang nggak merata di seluruh tanah air. So, nggak semua masyarakat kita bisa menyaksikan berbagai macam channel channel yang ada di dalam TV analog. Adapun yang akan menggantikan TV analog ini adalah Aplikasi televisi digital.

Sehingga bisa diakses oleh siapapun dengan sangat mudah. Nah berikut ini merupakan link download aplikasi Sinyal TV digital mod apk untuk STB versi terbaru yang gratisan. 

Baca Juga : Download WhatsApp Mod APK Terbaru 2023 [Update Desember]

Mengapa Pemerintah Mengganti Televisi dari yang Analog ke Digital?

Pada bagian pembuka, kita memang sudah menyinggung sedikit alasan kenapa sih pihak pemerintah akhirnya memutuskan buat meminta rakyatnya migrasi, dari yang awalnya menggunakan TV analog, ke TV digital. Nah kali ini, kita akan rinci sedikit ya beberapa alasannya. Simak penjelasan berikut. 

Gangguan Sinyal yang Terlalu Sering

Untuk alasan yang pertama, ialah seringnya TV analog mengalami gangguan sinyal. Dan sebagai mantan pengguna TV analog anda pasti tidak menyangka hal ini. Sebab pernah atau bahkan sering mengalaminya? Hal ini karena TV analog akan sangat bergantung pada kondisi cuaca.

Dalam artian, ketika cuaca di luar sedang buruk, maka akan membuat sinyal yang diterimanya juga buruk, sehingga membuat siarannya tidak bisa diputar dengan baik.

Dan ini biasanya akan sangat terasa ketika sudah memasuki musim penghujan. Iya kan? Ini dikarenakan sinyal TV membutuhkan penguat sinyal dalam menangkap jaringan. 

Baca Juga : Aplikasi Perekam Layar PC

Kualitas Gambar dan Audio yang Kurang Baik

Selain karena sering mengalami gangguan sinyal, alasan lain mengapa pihak pemerintah akhirnya memilih mengganti TV analog menjadi digital adalah kualitas gambar dan juga audio.

Masyarakat masa kini sudah terbiasa menyaksikan gambar dan video yang berkualitas tinggi, begitu pula dengan audio. Ha ini karena mereka terbiasa menyaksikan berbagai macam tayangan di ponselnya. Sehingga, mereka mulai risih ketika menyaksikan kualitas gambar dan audio di TV yang kurang berkualitas.

Dan mungkin, inilah yang menjadi pertimbangan pihak pemerintah sehingga memilih untuk memigrasikan TV analog ke TV digital. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwasanya kualitas gambar dan audio dari TV digital jauh lebih berkualitas, jadi akan sangat memanjakan para penggunanya. 

Secara umum, kedua alasan itulah yang paling menonjol dibandingkan dengan alasan alasan lain yang sebenarnya masih ada beberapa lagi. 

Baca Juga : Cara Screenshot di Laptop dan PC

Download Aplikasi Sinyal TV Digital Mod Apk Untuk STB 

Nah sebelum migrasi ke TV digital, anda meski mengetahui dahulu apakah di sekitar tempat anda sudah ada jaringannya? Adapun cara mengetahuinya, bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital.

Untuk aplikasinya sendiri, dibuat dengan ukuran yang tergolong sangat sangat kecil, karena cuma butuh ruang 10 MB saja. Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh Bangunindo, dengan versi 3.1.5. Yang bisa menggunakan aplikasi ini paling tidak menggunakan smartphone 4.1. Jelly Bean atau yang di atasnya ya.

Nantinya aplikasi ini dapat anda gunakan saat akan mencari tahu apakah di sekitar anda sudah ada sinyal TV nya atau belum. Jika sudah ada maka anda sudah bisa mulai menggunakan televisi yang versi online, sementara jika belum ada, maka berarti daerah anda belum support atau belum ada jaringannya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Penunjang Pekerjaan Arsitek

Tenang saja, aplikasi ini hanya sebatas aplikasi mengecek kondisi jaringannya saja kok, sehingga dijamin gratis, nggak perlu repot repot buat berlangganan dahulu.

Menariknya, selain bisa digunakan oleh anda yang mau mencari tahu apakah di sekitaran anda sudah ada jaringannya atau belum, aplikasi ini juga bisa banget digunakan saat televisi di rumah anda mengalami kendala di jaringan.

Nantinya tinggal cek saja menggunakan aplikasi ini. Untuk mendownloadnya, silahakan akses link https://www.terabox.com/indonesian/sharing/init?surl=Cb9ajvA_XLTl7b-9r9RtfA

Baca Juga : Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik

5 Aplikasi Sinyal TV Digital Terbaik yang Cocok untuk Kamu

Aplikasi sinyal tv digital merupakan salah satu aplikasi yang lagi ngetrend banget di berbagai kalangan. Terlebih lagi setelah adanya edaran pemerintah di tanggal 2 November yang lalu ya.

Hal ini karena masyarakat pasti berbondong bondong untuk mulai beralih menggunakan tv digital, yang dari awalnya menggunakan tv analog. Nah berikut ini merupakan beberapa fitur aplikasi sinyal TV digital yang mesti diperhatikan: 

Ngecek Kekuatan Sinyal

Fitur pertama adalah fitur yang bisa digunakan saat anda mau mengecek kekuatan sinyal televisi digital yang ada di sekitar. Nah, fitur inilah yang menjadi fitur unggulan dari aplikasi.

Dan menariknya, hasil pengecekan yang dilakukan oleh pihak aplikasi tergolong super akurat. Inilah yang membuat banyak orang berbondong bondong menggunakannya. Nantinya, aplikasinya bisa kok disesuaikan dengan lokasi atau tempat tinggal anda. 

Memperkuat Penerimaan Sinyal

So, selain punya fitur buat mengecek kekuatan sinyal, siapa sangka jika ternyata aplikasi sinyal tv digital yang satu ini juga punya fitur menarik dan unggulan yang lainnya.

Salah satunya adalah fitur buat memperkuat penerimaan sinyal ke televisi digital yang digunakan. Ini bakalan membantu banget, terlebih lagi ketika sedang ada masalah atau gangguan. Tenang saja, gratis kok.

Auto Search Channel Televisi

Untuk fitur yang berikutnya, ialah fitur berupa auto search channel televisi. Yes, ketika menggunakan aplikasi ini, maka anda bakalan menemukan fitur tersebut. Sehingga bakalan ngebantu banget ketika anda sedang mencari channel yang sesuai dengan kebutuhan, secara otomatis. Gimana, keren banget kan fiturnya?

Banyak Channel

Sementara untuk fitur lainnya, ialah memngkinkan anda buat mendapatkan banyak channel televisi ke televisi digital yang sedang digunakan. 

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto PC & Komputer Terbaik

Kekurangan Menggunakan TV Digital

Untuk saat ini, sudah hampir semua masyarakat kita dapat mengakses TV digital dengan mudah ya. Namun tetap tidak bisa dipungkiri, di balik banyaknya keunggulan dari penggunaan TV digital, tetap ada kok beberapa kekurangannya.

Dan sebagai pengguna, anda meski tahu apa saja sih yang menjadi kekurangan dari TV digital sebenarnya. Kekurangan yang dimiliki atau kekurangan yang ada pada TV digital tentu merupakan sesuatu yang sangat biasa, dan lumrah terjadi.

Apalagi menginstal program ini adalah program yang masih sangat baru. Sehingga pihak pemerintah masih terus melakukan pembaruan pembaruan, demi kepuasan para penggunanya. Iya kan? Oke, berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari penggunaan TV digital. 

Siaran TV nya Masih Sedikit

Kekurangan pertama ialah masalah channel. Ye,s ketika menggunakan TV digital, maka anda bakalan mendapati bahwa siaran siaran yang ada di dalam nya masih tergolong sangat sedikit, alias nggak lengkap.

Dan biasanya, untuk mengatasi permasalahan ini, masyarakat kita mengatasinya dengan cara menggunakan aplikasi tambahan. Karena tidak bisa dipungkiri, ketika menggunakan aplikasi tambahan, maka akan lebih banyak channel yang bisa diakses dengan mudah.

Sehingga membuat proses nonton jadi lebih menyenangkan dan nggak membosankan. Adapun channel yang tersedia pada TV digital, biasanya ada RCTI, kemudian TVRI, Unila TV, ANTV, dan beberapa yang lainnya. 

Penerimaan Sinyal Masih Sering Terputus

Kekurangan yang kedua adalah penerimaan sinyal ke televisi masih sering terputus. Sangat disayangkan ya. Maka bagi anda yang sudah menggunakan TV digital, dan kerpa mendapati permasalahan ini, tidak perlu khawatir. Karena ini adalah permasalahan yang sangat biasa.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Catatan Terbaik

Dan biasanya, ini karena sinyal atau koneksi internet di tanah air masih belum stabil. Karena penerimaan sinyalnya masih sering terputus, maka itu artinya kegiatan nonton televisi anda mau nggak mau harus sedikit terganggu.

Biaya yang Agak Mahal

Ketika akan beralih menggunakan TV digital, masyarakat kita masih mikir berkali kali lipat. Pasalnya, mereka meski membeli yang namanya Set Top Box terlebih dahulu kan? Yang mana, biasanya sekitar 200 ribuan.

Di tengah ekonomi yang sedang melemah dan sulit, tentu tidak sedikit yang harus mikir berkali kali ketika akan membeli STB. Sangat tidak mungkin jika mereka memaksakan diri untuk membeli STB di tengah kebutuhan melonjak tajam, dan susahnya ekonomi. 

Nah, itulah dia sekilas tentang Aplikasi Sinyal TV Digital terbaik yang mesti diperhatikan. Bagi anda yang mau migrasi, bisa banget download aplikasinya, menggunakan semua fitur yang ada di dalamnya ya. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan semoga membantu.