10 Rekomendasi Aplikasi Edit Audio PC Untuk Pemula dan Pro

Aplikasi edit audio PC saat ini menjadi salah satu aplikasi yang banyak dicari. Apalagi sekarang ini pembuatan podcast, voice over, dan konten audio lain sedang sangat meningkat. Banyak orang yang mulai gemar membuat konten audio untuk media sosial, ikut-ikutan tren, atau sekadar menyalurkan hobi.

Nah, untuk Anda yang sedang membutuhkan aplikasi edit audio di PC, ada baiknya menyimak rekomendasinya dulu sebelum mulai download. Mulai dari aplikasi dengan fitur dan tools yang mudah untuk pemula, hingga yang lebih kompleks untuk pro, semua ada di sini. 

1. WavePad

WavePad

Rekomendasi pertama aplikasi untuk edit audio di PC adalah WavePad. Aplikasi ini tersedia untuk Windows semua tipe, termasuk XP dan Vista. Anda pengguna Mac pun bisa menggunakan aplikasi ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengedit audio, termasuk memotong dan melakukan split. Selain itu, tersedia juga banyak efek audio yang bisa Anda gunakan. Termasuk fitur noise reduction yang bisa menghilangkan suara berisik.

Tampilan WavePad juga cukup sederhana dengan tools yang mudah, sehingga Anda yang mash pemula pun bisa dengan mudah menggunakan. Aplikasi ini juga support hampir semua jenis file musik termasuk FLAC, AAC, dan real audio. Sedangkan ukuran aplikasi ini hanya 3 MB saja.

2. Audacity

Audacity

Aplikasi audio PC yang cukup cukup recommended adalah Audacity. Dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan editing suara dan melakukan rekaman.

Audacity merupakan aplikasi open source yang support untuk semua jenis OS termasuk Linux. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk semua OS, dengan ukuran hanya 34 MB saja.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa melakukan editing pada audio Anda dan membuatnya lebih jernih. Tampilan dari aplikasi ini juga sederhana sehingga mudah untuk Anda gunakan. Aplikasi ini cocok untuk para pemula yang sedang belajar editing audio.

Baca Juga :  Cara Top Up Gopay

3. Ocenaudio

aplikasi edit audio pc gratis

Anda yang sedang belajar editing audio bisa mencoba aplikasi Ocenaudio. Aplikasi ini merupakan aplikasi editing audio khusus untuk Windows. Ocenaudio tersedia gratis dengan tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan dengan ukuran 53 MB.

Fitur di dalam aplikasi ini tergolong cukup lengkap, Anda bisa melakukan editing audio seperti menghapus, memotong, dan lain sebagainya. Salah satu kemudahan dari aplikasi ini adalah Anda bisa melakukan editing per bagian yang Anda inginkan.

Namun Anda harus terus mengecek update terbaru dari aplikasi ini. Aplikasi ini terus membenahi diri untuk memberikan pengalaman editing audio yang lebih menyenangkan.

4. Soundation

Soundation

Tidak ingin download aplikasi edit audio karena spesifikasi PC Anda masih rendah? Tenang saja, Anda bisa menggunakan Soundation yang merupakan aplikasi edit audio PC online

Dengan Soundation Anda tidak perlu mengunduh aplikasinya karena Anda bisa edit audio secara online. Anda hanya perlu memastikan jika jaringan internet Anda stabil agar bisa melakukan editing audio dengan lancar.
Aplikasi ini tidak hanya bisa memotong audio saja tapi juga bisa melakukan trim pada audio Anda. Anda juga bisa menambahkan efek fade in dan fade out pada audio, bahkan Anda bisa melakukan mixing di sini. Untuk melakukan editing audio di Soundation Anda bisa lakukan di sini.

5. Adobe Audition

Adobe Audition

Salah satu aplikasi edit video dan audio PC yang lengkap dan recommended adalah Adobe Audition. Adobe merupakan salah satu aplikasi terlengkap untuk editing termasuk edit audio dan video.

Dengan menggunakan Adobe Audition Anda bisa melakukan editing termasuk melakukan restore pada audio. Adobe juga sudah melengkapi aplikasinya dengan tools rekam yang bisa membantu Anda merekam audio secara langsung.

Baca Juga :  10 Aplikasi Download Lagu MP3 Online Gratis Terbaru

Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan mode trial yang ukurannya sekitar 200 MB. Namun untuk mendapatkan fitur yang lengkap Anda bisa melakukan pembelian aplikasi ini. Biaya berlangganan Adobe Audition sekitar 20 dolar per bulannya.

6. Qtractor

Qtractor

Adalagi aplikasi open source untuk edit audio yaitu Qtractor. Aplikasi ini merupakan aplikasi edit audio sekaligus bisa digunakan untuk membuat musik sederhana. Di dalam aplikasi ini tersedia MIDI controller untuk remix musik.

Dengan menggunakan Qtractor Anda bisa melakukan editing audio termasuk penambahan efek suara. Namun untuk menggunakan aplikasi ini Anda perlu mempelajarinya lebih detail karena cukup sulit untuk digunakan oleh para pemula.

Terlepas dari hal ini, aplikasi ini termasuk aplikasi terbaik yang menyediakan banyak fitur untuk melakukan edit audio. Anda yang ingin menjadi profesional dalam edit audio bisa mencoba menggunakannya. Ukuran aplikasi ini sekitar 200 MB.

7. Power Sound Editor Free

Power Sound Editor

Aplikasi edit audio terbaik di PC selanjutnya adalah Power Sound Editor Free. Sesuai dengan namanya aplikasi ini tersedia gratis untuk semua jenis OS.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah visualisasinya yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Dengan aplikasi ini Anda juga bisa merekam suara dengan kualitas tinggi. Aplikasi ini juga sudah mendukung untuk ekstraksi dan edit audio melalui video langsung.

Hal lain yang membuat aplikasi ini berbeda dengan yang lainnya adalah adanya fitur Rip and Burn Audio CD. Dengan fitur ini Anda bisa langsung memasukkan audio ke CD dengan berbagai format. Ukuran dari aplikasi ini hanya sekitar 3 MB saja.

8. Nero WaveEditor

software edit audio free

Nero lebih dikenal sebagai aplikasi untuk burning DVD atau CD bukan? Sekarang ini Nero sudah menghadirkan aplikasi edit audio PC gratis yaitu Nero WaveEditor.

Aplikasi ini dirancang untuk Anda para pemula yang baru belajar edit audio. Dengan tampilannya yang sederhana, aplikasi ini mudah untuk Anda gunakan. Anda bisa langsung menggunakan tools yang tersedia dengan mudah.

Baca Juga :  Aplikasi Edit Foto PC & Komputer Terbaik

Nero WaveEditor bisa Anda gunakan di semua tipe OS Windows. Bahkan aplikasi ini juga tersedia dalam 16 bahasa pilihan, termasuk bahasa Indonesia. Ukuran dari aplikasi ini juga tidak terlalu besar hanya 3 MB, tentu cocok untuk PC dengan spesifikasi yang masih rendah.

9. Audiotool

Audiotool

Aplikasi Audiotool ini termasuk aplikasi edit audio online tanpa harus melakukan instalasi. Audiotool adalah DAW atau Digital Audio Workstation yang bisa Anda akses secara gratis. Anda hanya perlu mendaftar dengan menggunakan alamat email untuk melakukan editing.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tidak hanya bisa edit audio saja tapi bisa terhubung dengan berbagai musisi di dunia. Bahkan audio editing Anda bisa langsung Anda upload dan mendapatkan banyak penggemar.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menggabungkan berbagai audio dari seluruh dunia, bahkan menggunakan audio orang lain untuk disisipkan ke dalam audio Anda. Keren, kan? Untuk menggunakan aplikasi ini Anda bisa langsung mendaftar di sini.

10. FL Studio

FL Studio

Aplikasi PC untuk edit audio FL Studio adalah aplikasi berbayar yang banyak peminatnya. Walaupun berbayar banyak orang mengunduh aplikasi ini karena fiturnya yang sangat lengkap. FL Studio juga biasa digunakan oleh para musisi untuk membuat musik.

Dengan FL Studio Anda bisa melakukan editing audio dengan menambahkan instrumen, efek, bahkan menggunakan playlist yang sudah tersedia untuk masuk ke dalam audio Anda.

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis dalam bentuk trial. FL Studio sudah support untuk Windows dan Mac dengan ukuran 800 MB.

Daftar rekomendasi aplikasi edit audio PC ini mempunyai fitur yang beragam. Anda bisa memilih salah satu atau mungkin menggunakan beberapa aplikasi ini untuk edit audio. Dalam pemilihannya Anda juga bisa menyesuaikan dengan kapasitas PC dan kebutuhan editing Anda.