10 Aplikasi Kompres Video PC Recommended (Gratis & Berbayar)

Ingin kompres video dari PC? Anda bisa menggunakan aplikasi kompres video PC yang bisa mudah Anda temukan. Karena aplikasi kompres video di PC cukup banyak pilihannya, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar, mana yang recommended

Sebelumnya, Anda harus cek dulu apa saja fitur dan keunggulan masing-masing aplikasi. Lalu pastikan juga kebutuhan Anda, apakah hanya sekadar untuk kompres video atau juga untuk keperluan mengedit video sederhana?

Nah, untuk membantu Anda, berikut daftar aplikasi kompres video yang recommended, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

1. QwinFF

QwinFF

Ketika mengompres ukuran video, tentu Anda ingin kualitasnya tidak berkurang, bukan? Salah satu aplikasi kompres video PC tanpa mengurangi kualitas adalah QwinFF. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis dari GPLv3 yang bisa digunakan di semua PC yang menggunakan Windows.

Interface-nya sangat sederhana dan mudah untuk Anda gunakan. Tidak hanya bisa kompres video saja, namun dengan aplikasi ini Anda juga bisa mengompres file audio.

QwinFF sudah support semua jenis file video dan bisa mengompres tanpa mengurangi kualitasnya. Ukuran dari aplikasi ini juga termasuk ringan yaitu 21 MB, tentu cocok untuk PC atau laptop dengan spesifikasi yang masih rendah.

2. Format Factory

aplikasi kompres video pc offline

Ingin kompres video gratis dengan aplikasi yang ringan? Anda bisa menggunakan Format Factory. Aplikasi ini merupakan aplikasi paling banyak digunakan untuk kompres dan convert video. Ukuran dari aplikasi ini adalah 107 MB, cukup ringan untuk PC.

Dengan aplikasi ini Anda bisa mengubah ukuran video menjadi lebih kecil, bahkan mengganti formatnya. Tidak hanya kompres ukuran saja, dengan aplikasi ini Anda juga bisa menggabungkan beberapa video. Aplikasi ini juga sudah mendukung semua jenis tipe video dan audio.

Format Factory bisa digunakan di semua jenis tipe Windows termasuk Windows 7 dengan 32 bit. Interface dari aplikasi ini sederhana dan mudah untuk Anda gunakan, bahkan Anda bisa mengompres beberapa file sekaligus. Tentu hal ini bisa menghemat waktu Anda, bukan?

Baca Juga :  Cara Daftar Driver Gojek

3. Wondershare UniConverter

Wondershare UniConverter

Aplikasi ini merupakan aplikasi Video Converter Ultimate yang mampu melakukan convert sekaligus mengompres video. Hasil video yang dikompres dengan aplikasi ini juga masih tetap bagus.

Wondershare UniCorverter bisa Anda gunakan pada OS Windows 64 bit ke atas. Anda para pengguna Mac juga bisa menggunakan aplikasi ini. Ukuran downloadnya juga kecil hanya sekitar 5 MB.

Fitur dari aplikasi ini cukup lengkap, termasuk bisa memotong video, mengompres, dan convert video dalam jumlah banyak di satu waktu. Namun Anda harus menggunakan versi berbayarnya jika ingin menikmati fitur lengkapnya.

4. Freemake

aplikasi kompres video pc tanpa mengurangi kualitas

Jika Anda ingin aplikasi kompres video ringan di PC bisa memilih Freemake. Ukuran dari aplikasi ini hanya sekitar 50 MB dengan minimal RAM 256 MB. Aplikasi ini sudah ada sejak 10 tahun yang lalu dan menjadi salah satu aplikasi kompres sekaligus convert video yang cocok untuk pemula.

Dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan kompres video dan convert video dengan cepat dan mudah. Apalagi aplikasi ini juga sudah support banyak format video.

Freemake tidak hanya hadir untuk  kompres video saja, Anda juga bisa melakukan editing video dengan aplikasi ini. Anda bisa memotong dan menggabungkan beberapa video dengan aplikasi ini.

5. VideoPad

VideoPad

Aplikasi kompres video terbaik di PC dari NCH Software adalah VideoPad. VideoPad hadir untuk para pengguna OS Windows yang ingin melakukan kompres dan editing video dengan cepat. Ukuran aplikasi ini hanya sekitar 5 MB saja.

VideoPad tidak hanya bisa mengompres ukuran video saja tapi juga bisa export file video ke CD. Fitur di dalam aplikasi ini juga cukup lengkap karena Anda bisa menambahkan efek pada video. Anda juga bisa melakukan beberapa editing sederhana pada video Anda.

Baca Juga :  Download Instagram Plus

Tidak hanya video saja, dengan aplikasi ini Anda juga bisa mengedit audio. Bahkan Anda juga bisa menggabungkan video dengan suara. Suara yang dihasilkan dari penggabungan menggunakan aplikasi ini sangat jernih.

6. Free Convert

kompres video online

Ingin kompres video online tanpa harus mengunduh aplikasi? Anda bisa menggunakan Free Convert. Sesuai dengan namanya, platform ini bisa Anda gunakan untuk convert video.

Cara kerja kompres video dengan aplikasi ini adalah dengan mengubahnya ke format lainnya. Dengan cara ini video bisa berkurang ukurannya, namun kualitas video Anda juga tidak akan berubah.

Free Convert tidak perlu Anda install, Anda hanya perlu mengunjungi situsnya. Kemudian pilih file yang akan dikompres, lalu proses. Pastikan file video Anda berukuran kurang dari 1 GB dan koneksi internet Anda juga harus stabil agar proses kompresnya berjalan cepat dan lancar.

7. Wondershare Filmora

Wondershare Filmora

Aplikasi ini masih satu produk dengan yang sebelumnya, hanya saja Filmora tersedia secara gratis. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini juga terbilang tidak kalah dengan yang sebelumnya. Tidak hanya mengubah ukuran, Anda juga bisa melakukan editing video dengan aplikasi ini.

Wondershare Filmora tersedia untuk OS Windows 11 atau di bawahnya dengan minimal 64 bit. Aplikasi yang tergolong ringan karena hanya 5 MB saja ini juga tersedia untuk para pengguna Mac. 

Walaupun gratis, fitur di dalam aplikasi ini juga cukup lengkap. Anda tidak hanya bisa mengedit video saja tapi juga bisa menggabungkan beberapa gambar menjadi video. Bahkan Anda bisa mengubah kecepatan video dengan aplikasi ini.

8. AConvert

Aconvert

Cara kompres video di PC tanpa aplikasi juga bisa dilakukan dengan menggunakan AConvert. Aplikasi ini merupakan aplikasi kompres sekaligus pengubah format video. AConvert hadir secara online dan tidak mengharuskan Anda menginstal aplikasinya.

Dengan adanya aplikasi ini tentu sangat membantu laptop atau PC dengan memori kecil. Anda tidak perlu menyediakan ruang khusus untuk menginstal aplikasi ini. Apalagi hampir semua format video bisa dikompres dengan aplikasi ini, termasuk format MOV.

Baca Juga :  10 Aplikasi Karaoke PC Terbaik di MacOs dan Windows

Cara kompres dengan aplikasi ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengunjungi situs ini lalu pilih file video yang akan Anda kompres, dan klik convert now. Tunggu beberapa saat dan video Anda sudah berubah ukuran. 

9. Vidcoder

VidCoder

Aplikasi ini merupakan aplikasi open source yang bisa Anda install di semua jenis OS termasuk Linux. Ukuran dari aplikasi ini juga tidak terlalu besar yaitu 42 MB tentu ringan untuk semua jenis PC atau laptop.

Vidcoder hadir khusus untuk kompres video Anda menjadi ukuran yang lebih kecil, sekaligus tetap mempertahankan kualitasnya. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengompres berbagai format video.

Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda bisa pause proses kompres. Anda tidak perlu khawatir file rusak jika terjadi kesalahan dalam prosesnya.

Aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam menggunakannya.

10. Windows Movie Maker

Movie Maker

Rekomendasi aplikasi kompres video PC windows 7 yang terakhir adalah Windows Movie Maker atau Movavi. Aplikasi ini merupakan aplikasi termudah untuk para pemula yang ingin belajar editing video.

Tidak hanya bisa kompres ukuran, dengan aplikasi ini Anda juga bisa membuat video dari gambar yang Anda miliki. Ukuran aplikasi ini cukup ringan hanya 88 MB saja.

Windows Movie Maker tersedia dalam versi gratis dengan fitur yang lengkap. Namun dengan versi gratis akan muncul watermark pada video Anda. Jika Anda ingin menghilangkannya bisa langsung berlangganan.

Dari kesepuluh rekomendasi ini mana yang cocok dengan Anda? Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi bisa pilih yang online saja. Namun jika Anda ingin sekaligus sedikit mengeditnya sebaiknya pilih aplikasi dengan fitur tambahan untuk edit video.

Dengan aplikasi kompres video PC ini tidak hanya bisa mengubah ukuran saja tapi juga bisa melakukan editing video sederhana. Pastikan Anda memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.