Berikut Cara Download Aplikasi Sinyal TV Digital

Berikut Cara Download Aplikasi Sinyal TV Digital – Beberapa waktu terakhir, sedang booming beberapa aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi sinyal TV terbaik. Dan siapa sangka jika ternyata aplikasi ini menarik perhatian dan minat banyak masyarakat tanah air.

Nah, apakah anda juga sudah mengetahui informasinya? Jika belum, bisa simak penjelasan singkat berikut ya. Karena kami akan menjelaskan sedikit mengenai aplikasi sinyal tv digital. Mulai dari pengertiannya, sampai dengan cara downloadnya. Cekidot. 

Pengertian aplikasi sinyal tv digital

Adapun penjelasan pertama yang akan kita bahas adalah mengenai pengertian. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan aplikasi sinyal tv digital?

Jadi, sebagaimana namanya, yang dimaksud dengan aplikasi sinyal tv digital adalah sebuah aplikasi  yang bisa digunakan untuk melakukan peninjauan terkait dengan sinyal tv digital yang ada di sekitaran anda. 

Nah kira kira, apa sih manfaatnya migrasi dari tv analog ke tv digital? Salah satu manfaatnya adalah memungkinkan para masyarakat untuk mengikuti siaran siaran yang lebih baik, karena kualitas gambarnya lebih bagus, begitupun dengan suaranya.

Bukan hanya itu saja, karena ternyata, tv digital juga sudah dibekali dengan beberapa teknologi yang cukup canggih. Seperti sistem peringatan dini, atau yang biasa disebut dengan sistem early warning system. Yang mana, sistem satu ini akan menyalurkan berita yang berkaitan dengan bencana yang terjadi sekitaran anda.

Selain itu, dengan menggunakan tv digital, maka sinyalnya bakalan lebih stabil. Hal ini dikarenakan adanya dvb t2, bisa membatasi program program yang akan ditonton, dalam hal ini bisa mengaturnya sesuai dengan usia anak anak di rumah ya.

Adapun fitur yang bisa digunakan untuk membatasi tontonan adalah parental lock. Ada juga fitur canggih lainnya, misalnya adalah fitur electronic program guide. Fitur satu ini memungkinkan para penggunanya buat ngeliat kategori yang ada, deskripsi acara, sampai dengan jadwal.

Kabar baiknya, siaran siaran pada tv digital bisa diakses secara cuma cuma kok, alias secara gratis. Bagaimana, cukup menarik bukan? Jika ada yang tertarik, tapi masih bingung gimana sih cara downloadnya, tenang saja, silahkan simak penjelasan selanjutnya. 

Profil aplikasi 

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi besutan dari pihak kominfo, sehingga kalau masalah kualitas, tidak perlu diragukan lagi. Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi tentu untuk membantu para masyarakat dalam melakukan pengecekan sinyal tv digital mereka masing masing.

Mengapa demikian? Karena ternyata, ada kebijakan pemerintah, yang isinya adalah mematikan siaran tv analog secara berkala loh. Sehingga masyarakat mau tidak mau meski mulai beralih, atau melakukan migrasi dari siaran tv analog ke tb digital.

Caranya bagaimana? Yakni dengan menggunakan ASO.  Aso sendiri adalah kependekan dari analog switch off. Yang memiliki sistem kerja melakukan suntik mati siaran tv analog, dan dilakukan secara berkala, dan rutin, alias secara teru menerus, sampai dengan batas akhir yang sudah ditetapkan oleh pihak pemerintah.

Dalam hal ini, pihak pemerintah memberikan bantuan berupa set top box, agar dapat migrasi dengan mudah dan cepat. Adapun jumlah yang diberikan oleh pihak pemerintah adalah 1 juta unit, sementara dari mux sebesar 5.7 unit.

Yang mana, semuanya akan diberikan kepada masyarakat yang memang kurang mampu dari berbagai daerah. 

Cara download dan menggunakan

Setelah kita bahas rinci mengenai pengertian dari aplikasi sinyal tv digital, kemudian juga ada sedikit pembahasan terkait profill dan fungsinya, maka berikutnya yang akan kita bahas adalah bagaimana sih cara mendownload aplikasi sinyal tv digital itu sendiri?

Baca Juga :  Profil Pendiri Grab dan Sejarahnya

Karena sebagian besar di antara anda pasti ada yang penasaran kan? Secara umum, mendownload aplikasinya sangat mudah. Karena bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan google play store ataupun appstore. Buka aplikasi google play store ataupun app store pada ponsel.

Lalu klik pada menu pencarian, ketikkan tulisan ‘aplikasi sinyal tv digital’. Jika hasilnya sudah muncul, klik pada aplikasi, dan klik di tulisan download atau install.

Kalau sudah terinstall, sekarang kita bahas cara menggunakannya. Yang perlu dilakukan sebelumnya ialah dengan mengaktifkan dahulu fitur lokasi pada ponsel. Kemudian, buka aplikasi yang sudah diinstal tadi, klik pada tulisan get started. Kemudian, pilih yang ikon bidik.

Letaknya ada di bagian bawah sebelah tengah. Input nama daerah anda di kolom yang sudah tersedia. Dengan demikian maka bakalan muncul informasi lembaga penyiaran multipleksing yang bisa menjangkau lokasi tv anda. Kemudian, klik pada tombol see mux detail agar anda memperoleh informasi lengkap.

Mulai dari informasi kekuatan sinyal, atau yang lainnya. Berikutnya, lanjutkan dengan mengklik pada ikon gambar galeri. Hal ini supaya anda bisa ngeliat konten konten siaran tv nya.

Jika anda sudah memastikan ada sinyal tv digital di sekitar tempat tinggal anda, maka silahkan mengubah siaran tv yang awalnya adalah siaran tv analog menjadi siaran tv digital. Tentang, cara yang perlu dilakukan juga masih tergolong mudah kok.

Adapun cara yang bisa dilakukan ialah memastikan dahulu bahwa sinyal tv digitalnya memang ada di sekitaran anda, dan pastikan juga sudah ada antena uhf ya, baik itu di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.  Agar sinyalnya bisa diterima, anda perlu menambahkan perangkat berupa set of box.

Lalu, hubungkan keduanya, yakni tv analog anda yang awal, ke perangkat set top box yang ada. Berikutnya, hidupkan perangkat TB nya, ubah ke AV. Kemudian pergi ke menu pengaturan, auto scan, agar bisa memindahkan program program yang ada pada siaran tv analog ke tv digital.

Penutup

Nah bagaimana, tergolong sangat mudah sekali bukan? Oke, itulah dia sekilas mengenai cara download aplikasi sinyal tv digital yang bisa dipahami.

Bahkan, dalam artikel di atas kami juga sudah membahas bagaimana cara beralih dari tv analog ke tv digital juga, lengkap dengan bagaimana cara menggunakan aplikasi saat akan mencari apakah lokasi anda sudah bisa dipasangi oleh tv digital atau tidak.

Oleh karena itu, dengan penjelasan di atas, anda sudah bisa beralih sendiri ya. Dari penggunaan tv analog, ke tv digital, dengan bermodalkan artikel tersebut. Demikian beberapa penjelasan singkat dari kami. Selamat mencoba, selamat mendownload dan menggunakan tv digital.

Semoga bermanfaat dan selamat membantu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang orang di sekitaran anda ya. Hal ini agar mereka juga bisa beralih ke tv digital dengan mudah, tanpa harus bingung lagi.