Cara Mudah Download Aplikasi Sinyal TV Digital

Cara Mudah Download Aplikasi Sinyal TV Digital – Belakangan, masyarakat tanah air sedang dihebohkan dengan beredarnya informasi mengenai aplikasi sinyal tv digital.

Di mana, aplikasi ini hadir untuk membantu masyarakat dalam mendeteksi, apakah di lokasinya sudah bisa menggunakan tv digital atau belum, yang notabenenya merupakan program dari pemerintah. Tentu, adanya informasi ini memicu pro dan kontra.

Ada pihak pihak yang mendukung, dan ada pula yang sebaliknya. Dan hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat wajar. Meskipun demikian, semua pihak memang dipaksa untuk ikut migrasi dari tv analog ke tv digital. Karena pihak pemerintah akan secara berangsur angsur memberhentikan tv analog.

Yang menjadi pertanyaannya adalah, apa saja sih manfaat melakukan perpindahan dari tv analog ke tv digital? Bagaimana cara download aplikasi sinyal tv digitalnya?

Bagaimana cara migrasinya? Apa saja yang harus dipersiapkan, dan yang lainnya. Maka dari itu, pada artikel ini kami mencoba memaparkan beberapa informasi yang mungkin berguna untuk anda dan sekeluarga. 

Apa yang dimaksud dengan aplikasi sinyal tv digital? 

Untuk yang sudah mengikuti perkembangan informasi mengenai aplikasi ini pasti sudah paham betul apa itu aplikasi sinyal tv digital.

Hal ini tentu berbeda sekali dengan mereka yang justru baru mendengar kata dan informasi ini. So, mari kita bahas. Adapun yang dimaksud dengan aplikasi sinyal tv digital adalah sebuah aplikasi atau software yang berguna untuk mendeteksi atau melakukan peninjauan terkait sinyal tv di sekitar tempat tinggal anda. 

Profil aplikasi 

So , aplikasi yang satu ini merupakan besutan atau keluaran dari pihak pemerintah, lebih tepatnya, pihak kominfo. Tujuan diadakannya migrasi adalah untuk membantu para masyarakat agar bisa mendapatkan tontonan yang lebih beragam dengan kualitas terbaik.

Sementara adanya aplikasi ialah untuk membantu siapapun dalam melakukan pengecekan. Apakah di sekitarnya ada jaringan untuk proses migrasi nantinya. Dan hadirnya aplikasi ini merupakan sebuah program yang cukup menarik ya.

Karena pihak pemerintah bakalan memberhentikan siaran pada tv analog. Dan menggantinya ke siaran tv digital. Adapun yang digunakan oleh pihak pemerintah dalam mensukseskan program ini adalah dengan menggunakan analog switch off.

Dan dalam melancarkan program, pihak pemerintah memberikan 1 juta unit kepada keluarga yang dianggap kurang mampu.

Manfaat aplikasi

Untuk manfaatnya sendiri cukup beragam ya. Karena memang, aplikasi ini sudah dibekali dengan berbagai macam fitur fitur canggih yang sangat keren. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari aplikasi sinyal tv digital yang meski dipahami: 

  • Gambar dan suara pada tv menjadi lebih jernih, dan sudah pasti lebih berkualitas.
  • Banyak sekali fitur fitur keren dan menariknya.
  • Teknologi yang digunakan adalah teknologi terbaru dan tercanggih.
  • Ada early warning system yang berguna untuk memberikan siaran mengenai bencana yang tengah terjadi di sekitaran tempat tinggal anda.
  • Sinyal pada tv akan lebih baik dan lebih stabil. Karena menggunakan dvb t2.
  • Dapat membatasi program program, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki anak kecil. Ini karena sudah ada fitur berupa parental locknya.
  • Tersedia pula fitur electronic program guide yang berisi banyak informasi. Mulai dari kategori, kemudian deskripsi acara, hingga jadwal tayangan.
  • Bisa diakses gratis oleh siapapun.

Cara download dan menggunakan

Lantas, bagaimanakah cara download aplikasi sinyal TV digital nya? Tenang saja. Karena pada dasarnya, proses atau cara download aplikasi sinyal tv digital bisa dilakukan dengan sangat sangat mudah. Bahkan, tidak kalah mudahnya dengan proses download aplikasi aplikasi pada umumnya.

Hal ini karena aplikasi sinyal tv digital sudah tersedia di google play store dan juga app store. Sehingga, ketika akan mendownload, anda memang hanya perlu melakukan cara download seperti biasanya.

Secara sederhana, cara download aplikasi sinyal TV digital hanya meminta anda buat membuka aplikasi google play store ataupun app store yang sudah tersedia pada ponsel masing masing. Jika sudah, silahkan pergi ke menu pencarian, lalu masukkan nama aplikasi.

Dalam hal ini, anda bisa menuliskan huruf ‘ sinyal tv digital’. Dengan demikian, maka aplikasi yang dikembangkan oleh pihak kominfo ini bakalan muncul. Dan anda bisa melanjutkannya dengan mengklik tombol download atau install.

Tunggu proses downloadnya sampai selesai. Gampangkan? Adapun durasi yang butuhkan dalam proses ini tentu tergantung dengan jaringan internet yang anda miliki. Apakah kualitasnya bagus, atau biasa saja. Semakin bagus kualitas jaringannya, maka akan semakin cepat pula proses downloadnya.

Atau, anda juga bisa kok mendownloadnya lewat berbagai situs yang tersebar. Mulai dari situs https://apkcombo.com/id/sinyaltvdigital/com.btjdashboard.ppi/,  atau yang lainnya. Karena kini, tidak sedikit situs situs yang memberikan link download aplikasi sinyal tv digital.

Jika menggunakan situs situs yang ada, maka anda tinggal mengikuti instruksi pada situs yang digunakan saja. Sesederhana itu kok. 

Cara menggunakannya

Jika sudah selesai menginstalnya, maka kita bakalan bahas gimana sih cara menggunakan aplikasi yang satu ini? Kabar baiknya, proses penggunaan aplikasi, tidak kalah mudahnya dengan proses download aplikasi sinyal tv digitalnya.

Yang perlu anda lakukan terlebih dahulu adalah mengaktifkan lokasi di ponsel. Dan ini tergantung pada ponsel yang digunakan. Lalu, bisa buka aplikasinya, klik di tulisan get started, atau ayo kita mulai. Dan klik di bagian ikon bidik yang terletak di tengah bawah.

Masukkan daerah tempat tinggal anda tepat di kolom yang ada. Kalau sudah, maka anda akan mendapatkan informasi mengenai lembaga penyiaran multipleksingnya yang dapat dijangkau oleh tv anda nantinya.

Berikutnya, klik di bagian see mux. Jika ternyata di sekitar anda ada jaringannya, maka anda bisa beralih ke tv digital ya. 

Perlengkapan yang mesti disiapkan dan cara migrasi

Untuk beralih ke tv digital, ada satu perangkat yang mesti anda miliki. Yakni set of box. Karena perangkat inilah yang akan memberikan sinyal pada tv. Adapun cara migrasinya, pastikan dulu jaringan atau sinyal tv digital ada di sekitar tempat tinggal, kemudian pastikan kalau sudah ada antena uhfnya.

Boleh di dalam ruangan, atau di luar ruangan juga. Kemudian, tambahkan perangkat set of box. Hubungkan set of box ke tv analog yang anda miliki. Dan hidupkan perangkat TB, ubah ke AV. Kemudian bisa pergi ke bagian pengaturan, pilih auto scan. Proses inilah yang akan mengubah tv analog anda ke tv digital.

Penutup

Bagaimana, sangat mudah bukan? Maka sekarang, nggak ada kata susah lagi ketika diminta untuk download aplikasi sinyal tv digital ya. Sebab caranya bahkan tidak kalah mudahnya dengan cara mendownload aplikasi aplikasi lain yang tersedia di google play store ataupun di app store.

Dan anda bisa banget nih memberikan informasi ini ke orang orang yang ada di sekitar. Hal ini agar mereka juga bisa mendownload aplikasinya sendiri, kemudian memasangnya, dan mulai migrasi sendiri dengan mudah. Demikian penjelasan singkat dari kami.

Anda bisa mulai mendownload aplikasinya sekarang, dan mulai mencobanya di rumah. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan semoga membantu ya. Semoga berhasil pastinya.