Cara Cek sinyal TV Digital Tanpa Aplikasi/Manual

Cara Cek sinyal TV Digital Tanpa Aplikasi/Manual – Biasanya, tidak sedikit yang mengalami hilangnya sinyal, alias tv digitalnya tidak bisa digunakan ketika akan beralih atau migrasi. Dari tv analog ke tv digital. Apakah anda mengalami hal ini juga?

Jika iya, maka tidak perlu khawatir, karena ini sangat terjadi saat proses migrasi atau peralihan. Dan cara cek sinyalnya juga sangat mudah. Sebab bisa dilakukan meski tanpa menggunakan aplikasi, alias secara manual.

Dan yang disayangkan, masih cukup banyak orang orang yang belum tahu bagaimana sih cara cek sinyal tv digital tanpa aplikasi, iya kan? Meski sebenarnya, cara yang dilakukan cukup sederhana. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir lagi, karena masalah tersebut bisa tuntas dengan mengikuti beberapa cara berikut. 

Penyebab sinyal hilang atau lemah

Sebelum lebih jauh kita membahas cara cek sinyal tv digital tanpa aplikasi, maka kita meski bahas dulu tentang penyebabnya. Ya, kenapa sebenarnya sinyal tv digital bisa hilang atau melemah? Secara umum memang ada beberapa alasan yang membuat sinyal tv hilang alias susah menangkap sinyal.

Sehingga bisa membuat gambarnya tidak jelas, begitupun dengan suaranya. Dan mungkin, nyaris semua pengguna televisi pernah mengalami dan menemukan hal tersebut. Nah, hilangnya tv digital tentu bisa saja dikarenakan antena digital yang anda gunakan.

Maka dari itu, untuk mengatasinya, pastikan bahwa anda memasangnya dengan baik. Cobalah untuk memperbaiki antenanya, dan melakukan pemasangan kabel yang baik dan benar. Dan pastikan, bahwa kabel, dan juga antena yang digunakan merupakan kabel dan antena yang berkualitas tinggi.

Karena jika anda masih menggunakan kabel dan antena yang kualitasnya biasa biasa saja, maka ini bisa membuat kualitas gambarnya tetap buruk, terlebih lagi ketika ada angin kencang dan juga cuaca buruk.

Hal ini karena posisi antenanya yang mudah bergeser, sehingga membuat penerimaan frekuensi bermasalah atau mengalami kegagalan. Adapun alasan lain, ialah kabel antena yang mungkin sudah rusak atau sudah rapuh. Jika sudah demikian, maka anda membutuhkan yang baru ya.

Kemudian, ada juga faktor ketinggian antena. Siapa sangka jika ternyata ketinggian pemasangan antena juga sangat berpengaruh terhadap tv anda. Jika antenanya dipasang dengan ketinggian yang bagus dan tepat, maka hal ini akan membuat kualitas gambar dan suara menjadi bagus, karena siaran yang ditangkap juga baik.

Sementara jika ternyata ketinggiannya kurang tepat, sudah pasti akan terjadi sebaliknya. Maka, cobalah untuk memasang dengan ketinggian yang pas. 

Cek Sinyal TV Digital Tanpa aplikasi

Oke, setelah mengetahui apa saja penyebab sinyal hilang atau melemah, sekarang baru kita lakukan pengecekan. Gimana sih cara cek sinyal tv digital tanpa aplikasi? Perlu dipahami, bahwasanya yang namanya tv digital, sudah pasti harus menggunakan antena digital pula.

Dan siapa sangka, jika tetap masih banyak yang bertanya tanya, apakah para pengguna tv digital masih membutuhkan antena? Tentu saja iya. Karena dengan antena, maka sinyal bisa ditangkap dan disalurkan ke tv yang digunakan.

Adapun cara cek sinyal tv digital tanpa aplikasi yang paling sederhana ialah dengan memastikan, bahwasanya kabel pada antena anda sudah dipasang secara baik dan benar di bagian lubang atau port yang sudah ada.

Kemudian, jangan lupa juga memastikan bahwasanya kebalnya meski masih bagus, sementara portnya dalam keadaan bersih.  Ketika cuaca di sekitar anda memang masih buruk, misal ada angin kencang dan juga cuaca buruk, maka yang perlu dilakukan ialah memperhatikan antena UHF nya.

Hal ini karena bisa saja antena tersebut bergeser dari posisi yang seharusnya. Kalau ternyata memang sudah bergeser, maka yang perlu dilakukan adalah dengan memutar tiang penyangganya dengan perlahan. Tujuannya, agar posisi antena tersebut bisa sesuai dengan posisinya yang awal.

Sebagai pengguna antena, anda juga meski memahami bahwasanya, antena itu punya banyak sekali model, dengan harga yang sudah pasti sangat bervariasi. Maka dari itu, kami rekomendasikan anda buat menggunakan yang aluminium saja, daripada harus menggunakan dan memilih yang plastik.

Adapun antena antena terbaik untuk saat ini, adalah PF HDU 25 yang memiliki ukuran panjang banget, sehingga akan sangat baik dalam urusan untuk menangkap sinyal, dengan jarak sampai 75 km an.

Kemudian, ada juga antena intra zeus. Yang memiliki dimensi panjang juga, sehingga punya potensi buat menerima dan menyalurkan sinyal dengan sangat baik, dengan jarak yang sama seperti pf hdu 25, yakni 75 km. Selain keduanya, ada juga antena PH HD 19, Intra 003, PF HD12, dan HES HS-879.

Cek Sinyal TV Digital lewat Setting STB

Untuk cara cek sinyal tv digital tanpa aplikasi yang berikutnya adalah dengan memperhatikan setting atau pengaturan set top box yang anda gunakan. Dalam hal ini, anda dapat melakukan pembelian set top box di mana saja. Kalau mau sederhana, tinggal beli saja lewat toko online.

Atau, kalau misalnya mau lebih pasti, dapat membelinya lewat toko offline di sekitaran rumah. Ketika sedang membeli, jangan lupa memastikan bahwasanya perangkat yang akan anda beli merupakan perangkat berkualitas. Bagaimana cara memastikannya?

Tinggal cek saja, apakah produknya sudah mendapatkan sertifikasi dari kominfo, apakah sudah resmi, dan yang lainnya. Mungkin masih ada yang bertanya tanya, apa sih set top box itu?

So, set top box ini merupakan lalat yang bisa mengubah sinyal  menjadi suara dan gambar, yang nantinya akan tampil pada tv.

Dan ternyata, ia juga bisa digunakan ketika anda akan melakukan pengecekan terhadap sinyal tv. Tentu cara penggunaannya tergantung pada merek atau produk mana yang anda pakai. Dan biasanya tiap produk sudah ada  buku panduan yang menjadi bahan pelajaran. 

Penutup

Bagaimana, sudah paham kan? Kabar baiknya, selain bisa melakukan cara cek sinyal tv digital tanpa aplikasi di atas, anda juga dapat melakukan pengecekan jaringan atau sinyal dengan menggunakan aplikasi. Dan tentu saja, cara cek sinyal tv digital menggunakan aplikasi jauh lebih disukai oleh banyak orang.

Hal ini karena bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tidak butuh waktu banyak. Dan nampaknya inilah yang membuat banyak orang lebih suka melakukan pengecekan dengan menggunakan aplikasi saja. Adapun aplikasi yang bisa anda gunakan ialah aplikasi yang merupakan keluaran  pihak kominfo.

Dan penggunaannya juga sangat mudah. Jika penasaran dan ingin mencobanya, bisa banget mendownload aplikasinya sekarang. Kabar baiknya aplikasi tersebut bisa di download lewat berbagai perangkat. Baik itu lewat android, ataupun lewat iphone. Menarik kan?

Kemudian, penggunaan aplikasinya juga mudah. Jika anda tertarik dan pengen tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi cek sinyal tv tersebut, silahkan cari di situs kami. Karena kami sudah membahas tutorialnya beberapa kali.

Oke, itulah dia pembahasan seputar cara cek sinyal tv digital tanpa aplikasi yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Pilih saja mana cara yang paling sesuai, dan ingin anda gunakan. Karena biasanya, setiap orang akan memilih cara yang berbeda beda. Karena tingkat kemudahan setiap orang juga berbeda kan? Demikian, semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan semoga berhasil ya.