Cara Verifikasi Domain ke Google Search Console

Cara Verifikasi Domain ke Google Search Console – Sebagai seorang blogger, pengetahuan seputar cara verifikasi domain ke google search console merupakan hal yang sangat penting. Bagi yang sudah lama bergelut di dunia blogger pasti sudah tidak asing lagi, atau bahkan sudah sangat lihai dan ahli dalam hal tersebut.

Berbeda halnya dengan mereka yang masih pemula. Yang sudah pasti masih belum tahu bagaimana cara verifikasi domain ke google search console. Jangankan cara verifikasi domain, bahkan kadang, tidak sedikit pula para blogger pemula yang masih asing atau awam dengan google search console.

Tapi tenang saja, karena begitu selesai membaca artikel ini sampai tuntas, anda bukan hanya bisa memverifikasi domain ke google search console saja, tapi juga tahu apa itu google search console, lengkap dengan fungsinya. Bagaimana, tertarik? Jika tertarik, yuk simak penjelasannya berikut ini. 

Fungsi google search console

Sebelum kita membahas bagaimana cara verifikasi domain ke google search console, kita akan bahas dulu apa saja fungsi dari google search console.

Nah pada umumnya, google search console ini biasa disingkat dengan GCS ya. Agar lebih simpel dan sederhana. Secara umum GCS punya banyak kegunaan. Namun kali ini, kita hanya akan membahas beberapa manfaat saja. 

Identifikasi Performa Website

Jadi, GCS ini merupakan alat atau tools khusus para webmaster dalam mengetahui performa websitenya. Yang mana, di dalamnya tersedia banyak sekali menu menu yang berguna buat mengidentifikasi performa website anda.

Itu artinya, dengan bantuan GCS, maka anda bisa banget mendapatkan informasi terkait dengan apa saja keyword yang sedang populer, kemudian trafiknya berapa, page rank, dan lain sebagainya. Di mana, semua informasi tersebut merupakan informasi yang sangat penting bagi seorang blogger. 

Mengetahui Internal dan Eksternal Link

Fungsi yang kedua adalah untuk mengetahui eksternal dengan internal link. Selain itu, anda juga dapat mengetahui backlink yang ada pada website anda. Sehingga akan memudahkan dalam memonitor dan mengelolanya. 

Inspeksi URL

Dengan bantuan GCS jugala anda dapat menginspeksi ulr baru. Hal ini berguna jika ada postingan yang baru, tapi agak lama di indeksnya. 

Dan masih banyak manfaat google search console yang lainnya. Tapi yang pasti, dengan menggunakannya, anda bisa mendapatkan segudang informasi terkait dengan website yang anda kelola. 

Menghapus Index Google

Fungsi lainnya ialah untuk menghapus index google. Ini akan sangat bermanfaat ketika anda baru menghapus salah satu postingan yang ada di website. Dan karena sudah dihapus, maka biasanya, pada bagian hasil pencarian masih ada tulisan lamat not found, atau halaman tidak ditemukan.

Nah, tidak mungkin jika hal tersebut dibiarkan saja kan? Maka, untuk mengatasinya, anda dapat menghapus indeksnya lewat google search console ini. Menarik sekali bukan?

Submit Sitemap Website

Sitemap mempunyai fungsi buat mengetahui url mana yang terdaftar pada sebuah web. Untuk bagian sitemap web, mungkin dapat anda pelajari lebih dalam lewat situs situs lain ya. 

Cara verifikasi domain ke google search console

Terdapat beberapa cara untuk verifikasi domain ya. Yakni dengan dengan menggunakan file HTML atau yang lainnya. Dan kali ini, kita akan membahas beberapa cara saja. Kalau diperhatikan, masing masing cara verifikasi memiliki tingkat kemudahan yang tidak berbeda jauh.

Dan biasanya, orang orang akan berbeda pendapat terkait mana cara yang lebih mudah. Padahal intinya ada pada pembiasaan.

Jika anda terbiasa menggunakan beberapa cara cara tersebut, pasti akan beranggapan bahwasanya kedua cara tersebut mudah. Oke daripada penasaran, berikut ini merupakan cara verifikasi domain ke google search console yang meski dipahami. 

Melalui file HTML

Untuk yang pertama kali akan kita bahas ialah, bagaimana cara verifikasi domain ke google search console melalui file HTML. Berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan. 

Pergi ke google search console

Cara yang pertama, silahkan pergi ke google search console. Anda bisa mengetikkan saja tulisan ‘google search console’ di menu pencarian google. Kemudian, klik yang hasil pencarian paling atas. Lalu silahkan masuk dengan menggunakan akun gmail. 

Tambahkan properti

Ketika sudah berhasil masuk, anda dapat mengklik tulisan tambahkan properti. Lanjutkan dengan memilih jenis properti, dan tambahkan domain. Sekarang, pilih jenis properti awalan url. Lalu, masukkan domainnya sesuai dengan link web atau blog yang anda miliki. 

Download file HTML

Berikutnya, download file HTML nya. Filenya diawali dengan google35xxxx.html. Dan yang perlu diperhatikan, bahwasanya tiap web akan diberikan kode yang unik. Dan setiap web punya kode unik yang berbeda. 

Login ke cPanel

Jika sudah selesai mendownload file HTML, selanjutnya silahkan login ke cpanel, login ke akun anda, masuk ke bagian folder public_html. Lanjutkan dengan mengklik tombol upload. 

Upload

Adapun cara verifikasi domain ke google search console yang berikutnya ialah dengan mengupload file HTML nya. Anda bisa mengupload file yang tadi sudah didownload. Dan pastikan dahulu, bahwasanya proses uploadnya sudah berhasil. Adapun tanda bahwa proses uploadnya berhasil ialah terdapat tulisan completenya. 

Verifikasi Kepemilikan

Dan yang terakhir, ialah tinggal verifikasi saja. Caranya, kembali ke bagian google search console, dan klik tulisan verifikasi. Selesai deh. 

Memanfaatkan domain name provider

Cara verifikasi domain ke google search console yang kedua adalah dengan menggunakan domain name provider. Namun sebelumnya, anda bisa login dahulu ke domain name provider ya. Kemudian, bisa slain bagian txt record, lalu tambahkan ke bagian domain.

Adapun cara untuk menambahkan txt recordnya, bisa anda lakukan dengan menggunakan cpanel, dengan membuka cpanel, kemudian masuk ke bagian menu zone editor. Kemudian, pergi ke bagian domain yang digunakan, pilih menu manage.

Klik di bagian add record, pilih txt record. Kemudian tempelkan ke kolom, dan klik kembali pada tulisan add record. Atau, anda juga dapat menambahkan txt recordnya lewat member area, dengan cara yang tidak kalah mudahnya.

Yakni dengan pilih menu layanan anda, klik kelola domain. Berikutnya klik DNS Management, memasukkan txt record, caranya adalah dengan memilih yang tulisan add record. Terakhir, klik save record, dan tinggal konfirmasi saja di bagian google search console, dengan cara mengklik tulisan verify. 

Selesai deh. Gimana, gampang banget kan? Sebagaimana sudah kami sebutkan sebelumnya, bahwa untuk memverifikasi domain ke google search console ada beberapa cara. Maka anda bisa menggunakan kedua cara di atas, atau bisa juga dengan cara yang lainnya.

Pilih saja mana cara yang anda anggap paling mudah dan cepat. Namun pada umumnya, lebih banyak orang orang yang lebih suka menggunakan cara pertama, yakni dengan menggunakan file HTML. Tentu saja, anda juga bisa kok mencobanya. Oke demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.