10 Format Gambar Digital Terbaik yang Terkenal di Dunia

10 Format Gambar Digital Terbaik yang Terkenal di Dunia – Gambar mampu menceritakan banyak hal. Ia dapat mengabadikan setiap momen manusia. Ia kan? Hal inilah yang membuat setiap orang berupaya untuk mengabadikan momen mereka dengan mengambil gambar.

Apalagi nih, setiap gambar juga bisa dijadikan sebagai bahan penjelasan saat anda mau menceritakan masa lalu anda kepada generasi berikutnya.

Nah kalau kita perhatikan, setiap gambar itu mempunyai format. Menariknya, format gambar itu ada lumayan banyak loh. Apa saja? Bagi yang penasaran berikut ini merupakan 10 format gambar terbaik yang mesti anda tahu. 

Format gambar terbaik

PCX

Format pertama adalah PCX. Ada yang pernah tahu format gambar terbaik satu ini? Tampaknya masih banyak sih yang belum tahu ya. Jadi, format satu ini merupakan format terbaik yang terkenal di seluruh dunia. Ia bahkan sudah ada dari tahun 1985 loh. Waw, sudah lama kan?

Untuk kepanjangannya sendiri adalah picture exchange. Format yang satu ini merupakan format yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan besar yang ada di Amerika Serikat. Penggunaannya akan membuat foto anda menjadi sangat berkualitas.

Ketika pertama kali diluncurkan, format ini cuma dapat digunakan indeks pale 256 warna saja. Tapi seiirng dengan perkembangan berikutnya sudah memunhkinkan kedalaman warna sampai ke true color.

Menarik sekali bukan? Sebagaimana sudah disebutkan di atas, kualitasnya sangat bagus. Tapi sayangnya kualitas bagus tersebut memakan ruang penyimpanan yang lumayan besar. Jadi bisa memakan ruang yang cukup besar pula. 

TIFF

Rekomendasi format gambar terbaik yang berikutnya adalah TIFF. Format yang satu ini juga sangat terkenal di seluruh dunia. Dan ia juga sudah ada sejak lama.

Baca Juga :  10 Aplikasi Perekam Layar Android Canggih

Tidak kalah lama dengan format yang sebelumnya. TIFF merupakan singkatan dari tag image file format, yang dikembangkan oleh pihak Aldus Corporation, kemudian dilanjutkan oleh Adobe. Karena sudah diakuisisi oleh Aldus. Format gambar satu ini mempunyai banyak keunggulan dan keutamaan.

Salah satunya adalah kualitasnya yang sangat tinggi, sangat baik ketika anda mencetak gambarnya. Nah hal ini yang telah membuat banyak scanner lebih memilih untuk menggunakan format TIFF.

Karena selain kualitasnya yang tinggi, format ini juga sangat fleksibel, karena dapat anda saksikan keterangan yang sesuai kebutuhan.

Baik itu keterangan ukurannya hingga data pengaturan. Fokusnya yang terlalu bagus, kualitasnya yang terjaga membuat gambar gambar berformat TIFF ini berukuran besar.  Bagi anda yang belum pernah mencoba format gambar ini, bisa cobain dulu deh. 

GIF 

Kalau GIF sih, kita sudah pasti kenal kan? Karena menjadi salah satu format gambar terbaik yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat kita. GIF sendiri merupakan kependekan dari graphics interchange format. Ia sudah ada dari 1987. 

Ketika pertama kali muncul. GIF langsung menarik perhatian banyak orang loh. Termasuk www, alias world wide website.

Sebuah teknologi persitusan internet. Yang mana, perusahaan tersebut membuat format. GIF ini memperlihatkan gambar yang bergerak, alias animasi.

Salah satu keunggulan dari GIF ini adalah kemampuannya untuk mengkompresi data. Sehingga mampu membuat kualitasnya yang sangat baik. Hanya saja, variasi warnanya tidak begitu kaya, layaknya format yang lain. 

BMP

BMP merupakan salah satu format gambar terbaik yang banyak digunakan di tanah air. Ia merupakan format yang dikembangkan oleh pihak microsoft. 

Untuk nama asli formatnya sendiri adalah standard windows bitmap. Penggunaannya sangat fleksibel. Ketika menggunakan format ini ke dalam warna 24 bit, kemudian 16, 8, dan juga 4 bit.  Kualitas gambarnya sangat bagus. Tapi ukurannya yang sangat besar. Sehingga dijamin memakan ruang yang sangat besar. 

Baca Juga :  Aplikasi Screenshot PC Terbaik

HEIF

Format gambar terbaik yang lainnya adalah HEIF. Pernah tahu format satu ini?  Format ini merupakan format yang masih tergolong baru. Karena baru hadir di abad yang ke 21. HEIF merupakan singkatan dari high efficiency image file format.  Ia dikenalkan dari tahun 2015.

Masih masih baru kan ya? Adapun tujuan utama dari penciptaan format ini adalah membuat sebuah gambar menjadi sangat berkualitas. Khususnya bagi para pengguna iphone, kemudian android, hingga kamera yang profesional. Ukurannya masih nggak terlalu besar kok.

Ada banyak sekali keunggulan dari format ini. Salah satunya adalah dapat disusupi dengan berbagai data layaknya metadata HDR  dan juga peta lokasi.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini bahkan dapat menampilkan gambar animasi loh. Untuk ini sudah lumayan banyak perangkat yang kompatibel dengan format satu ini. Mulai dari windows 10, kemudian mac os x high sierra ke atas, kemudian android pie ke atas, sampai dengan ios 11 ke atas.

RAW

Format berikutnya adalah RAW. Format gambar terbaik yang satu ini juga sangat populer di seluruh dunia. Ia merupakan sebuah format terbaik yang patut juga buat digunakan dan dipertimbangkan. Dan biasanya, kamera fotografi profesional menyediakan format yang satu ini loh.

Kalau untuk ponsel masih beberapa ya. Karena hanya tersedia pada ponsel yang kemampuan fotografinya sudah di atas rata-rata.  Hasilnya yang berkualitas membuat banyak orang berminat menggunakan format yang satu ini. 

PNG 

Kalau PNG sih kita sudah familiar ya. Kita sudah sangat paham dengan format gambar terbaik satu ini. Karena hampir semua perangkat sudah kompatibel dengan format gambar terbaik yang satu ini. PNG atau portable network graphic, menggunakan pendekatan kompresi yang nggak berbeda jauh kok dengan GIF.

Baca Juga :  10 Aplikasi Pembuat Musik PC Ringan, Gratis dan Berbayar

Yaitu memadatkan file gambar dengan tidak menghilangkan bagian dari citra yang dikandung. PNG mempunyai berbagai macam keunggulan dan juga kekurangan. Salah satu kekurangannya ialah filenya yang lebih besar, sehingga bisa memperlambat loadingnya.  Dan hal ini terjadi ketika ukurannya besar. 

PDF

Adapun yang lainnya adalah pdf.  Banyak kan yang sudah kenal dengan pdf? Karena sampai saat ini pdf memang menjadi salah satu format file atau dokumen yang sangat terkenal dan banyak digunakan banyak orang di tanah air. 

Tapi menariknya, di tahun 1993 pdf kemudian sudah hadir untuk format gambarnya.  Dan saat ini sudah banyak sekali pdf yang sudah didukung dengan berbagai macam aplikasi pengedit dokumen. Kalau penasaran dengan format ini bisa bantet nyobain format yang satu ini. 

WebP

Webp adalah format yang muncul di era millenium ke 3. Ia merupakan format yang basisnya adalah open source. Format ini merupakan format yang dikembangkan oleh pihak google. Dan mulai dikenalkan di tahun 2010.  

JPG 

Dan format gambar terbaik yang terakhir adalah JPG. Sebagaimana PNG, JPG juga masuk ke dalam salah satu format gambar terbaik yang sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia.

Kabar baiknya, JPG ini merupakan format yang populer se dunia. Jadi, nggak hanya terkenal di indo saja ya. Salah satu keunggulan dari format ini ialah kedalaman warnanya hingga ke tingkatan true color 24 bit.  Sehingga cocok banget buat digunakan banyak hal. 

Nah itulah dia 10 format gambar terbaik yang ada di dunia. Semoga bermanfaat.