10 Rekomendasi Aplikasi Sketsa Terbaik yang Bisa Dicoba

Aplikasi sketsa terbaik 0- Bagi seorang desain grafis, aplikasi sketsa terbaik merupakan sebuah alat yang sangat penting diperhatikan. Ia kan? Karena dengan aplikasi yang terbaik, sketsa yang dihasilkan juga pasti akan semakin baik kualitasnya.

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak aplikasi sketsa terbaik yang memungkinkan buat anda gunakan lewat perangkat komputer atau laptop. Sehingga lebih mudah dan lebih cepat tentunya. Penasaran? Simak daftarnya berikut. 

Aplikasi sketsa terbaik

Mengapa sih harus digunakan lewat perangkat laptop atau komputer? Tentu jawabannya sederhana. Karena pembuatan lewat perangkat tersebut akan menghasilkan sebuah sketsa yang maksimal. Karena layarnya lebih luas, sehingga membuat sang desainer lebih leluasa dalam menciptakan sebuah sketsa.

Dan berdasarkan pengalaman banyak desainer, memang tidak bisa dipungkiri, bahwasanya membuat sketsa lewat perangkat laptop atau komputer jauh lebih mudah dan memuaskan loh. Baik itu terhadap hasil maupun prosesnya. Oke daripada penasaran, langsung saja simak 10 aplikasinya berikut. 

Sumopaint

Aplikasi sketsa terbaik pertama adalah sumopaint. Kalau kita perhatikan sekilas saja, maka aplikasi ini hampir mirip loh dengan adobe photoshop. Menarik sekali bukan? Aplikasi ini ditawarkan dengan berbagai macam alat alat yang menarik yang siap membuat sketsa anda menjadi lebih keren dan kece.

Selain bisa digunakan untuk membuat sketsa dari awal, anda juga bisa banget menggunakannya ketika mau mengedit gambar ataupun sketsa yang sudah final loh. Di dalamnya sudah tersedia banyak sekali warna warna keren yang bisa digunakan, kemudian ada tingkat kecerahan yang bisa disesuaikan, dan lain sebagainya.

Bahkan, dengan aplikasi ini anda juga bisa banget mengatur kontrasnya sesuai dengan kebutuhan. Gimana, tertarik dengan sumopaint? Kalau penasaran bisa langsung coba download aja aplikasinya. Kemudian memanfaatkan berbagai macam fitur menarik dan keren yang sudah tersedia di dalamnya. 

Krita

Rekomendasi aplikasi sketsa terbaik yang berikutnya adalah krita. Beberapa di antara anda pasti sudah nggak asing lagi kan dengan aplikasi ini? Ya, karena ia termasuk ke dalam salah satu aplikasi terbaik yang pernah ada. Sehingga wajib banget masuk ke dalam list aplikasi yang akan anda gunakan nantinya. 

Tampilan aplikasinya juga sangat elegan, mudah digunakan, dan siap membuat anda betah berlama lama ketika sedang membuat sketsa. Aplikasi ini bahkan nggak hanya bisa anda manfaatkan saat mau membuat sketsa yang baru.

Tapi juga bisa banget digunakan saat anda mau mengembangkan sketsa yang sudah ada menjadi sebuah gambar utuh yang menarik. Aplikasi ini cocok digunakan untuk berbagai kepentingan. Termasuk untuk anda yang tengah membuat ux design loh.

Menarik sekali bukan? Kabar baiknya lagi, aplikasi ini nggak cuma bisa digunakan lewat komputer. Tapi juga bisa banget digunakan lewat tablet.

Karena ada fitur ux designnya loh. Sudah cukup banyak sistem operasi yang kompatibel dengannya. Mulai dari windows, kemudian linux, sampai dengan mac os. Jadi buat yang tertarik bisa langsung cobain deh. Anda dapat mendownloadnya secara gratis lewat situs mereka ya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Komik Terbaik

Drawisland

Rekomendasi aplikasi yang lainnya adalah aplikasi draw island. Aplikasi ini juga reocmended baget buat anda gunakan. Dan kabar baiknya, ketika ingin membuat sketsa lewat aplikasi, anda nggak perlu lagi deh repot repot untuk mendownloadnya, apalagi sampai menyediakan ruang penyimpanan khusus hanya untuk mendownloadnya.

Karena anda bisa membuat sketsa langsung lewat situs mereka. Menarik banget sih ini. Dengan bantuan aplikasi draw island, anda dapat dengan mudahnya membuat sketsa dengan menggunakan kanvas yang ukurannya beragam, alias bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Dan yang nggak kalah menariknya lagi, pihak aplikasi bahkan sudah nyediain template yang dapat digunakan loh. Keren banget sih ini. Untuk yang suka membuat animasi dengan format gif, juga bisa membuatnya lewat situs mereka. Karena basisnya yang situs, aplikasi ini sangat pas untuk anda yang ruang penyimpanan laptopnya bener bener limit. 

Inkscape

Rekomendasi kami yang lainnya adalah aplikasi inkscape. Aplikasi sketsa terbaik yang satu ini merupakan salah satu aplikasi yang juga ramai digunakan oleh masyarakat luas. Termasuk para desainer terkenal ya. Sehingga sangat recomended nih buat anda cobain.

Selain cocok untuk yang sudah profesional, aplikasi ini juga sangat recomended kok buat yang masih pemula atau masih belajar.  Tampilannya yang sederhana membuat anda bisa mempelajari alat yang ada dengan sangat mudah dan cepat. Bahkan yang nggak kalah menariknya lagi, aplikasi ini mempunyai banyak keunggulan.

Salah satunya adalah pilihan bahasa yang tersedia. Yakni, sudah ada 66 an bahasa yang bisa anda gunakan. Wah, banyak sekali bukan? Kemudian, aplikasi ini juga sudah kompatibel dengan berbagai sistem operasi. Mulai dari yang mac os, kemudian windows, sampai dengan linux. Yakin nggak tertarik dengan inkscape? 

Artrage

Artrage merupakan aplikasi sketsa terbaik yang dikembangkan oleh ambient design ltd. Di dalamnya sudah tersedia banyak sekali tools yang bisa anda manfaatkan. Dan tentu saja, tools yang tersedia di dalamnya nggak beda jauh, alias mirip dengan tools yang dibutuhkan saat anda mau melukis.

Kayak air brush, kemudian cat minyak, dan cat air tentunya. Ketika menggunakan artrage maka anda akan dibuat seolah olah tengah membuat sketsa di atas kanvas sungguhan. Sensasi dan pengalaman seperti inilah yang tampaknya dibutuhkan oleh setiap desainer agar bisa menciptakan sebuah hasil yang maksimal.

Selain bisa digunakan pada perangkat yang sistem operasinya mac dengan windows, aplikasi ini juga sudah kompatibel gak dengan perangkat android dan juga ios. Jadi buat anda yang tertarik menggunakannya tapi belum punya laptop atau komputer, kami sarankan untuk mencoba yang versi ponselnya saja.

Kalau mau menggunakannya lewat komputer maka anda meski mendownload aplikasinya lewat situs resmi pihak aplikasi. Tapi kalau mau menggunakannya lewat ponsel, bisa banget download langsung lewat google play store ya. 

Baca Juga :  Download YoWhatsApp for iOS & Android

Corel painter

Kalau dilihat dari namanya, pasti banyak yang mengira kalau ini adalah aplikasi corel yang terkenal itu. Ia kan? Eis, jangan salah, karena ia bukan aplikasi corel.

Tapi masih saudaraan denganc orel. Menarik ya? Jadi, meskipun hanya kembaran atau sodaraan dengan corel, namun corel painter ini juga masuk ke dalam deretan aplikasi sketsa terbaik yang bisa anda gunakan kok. Karena didalamnya sudah disediakan banyak sekali fitur menarik.

Salah satunya adalah fitur kuasnya. Yang mana, dengan bantuan corel painter, anda dapat membuat sketsa dengan mudah dari pilihan kuas kuas yang ada. Aplikasi ini nggak cuma coock bagi yang sudah profesional kok, tapi juga sangat cocok untuk yang masih dalam proses belajar.

Hal yang paling menarik dari aplikasi saudaraan corel ini adalah dapat berkolaborasi dengan aplikasi yang lainnya loh. Agar mendapatkan hasil yang maksimal.  Untuk yang penasaran dengan banyaknya fitur menarik di dalamnya, kami sarankan untuk langsung mendownload aplikasinya sekarang juga. 

Autodesk sketchbook pro

Kita tidak dapat memungkiri, kalau yang namanya aplikasi dengan embel embel pro pasti merupakan aplikasi yang sangat bagus dan recomended untuk digunakan kan?  Dan hal tersebut bukan lagi rahasia umum kok. Ketika menggunakan autodesk sketchbook pro, ada beberapa tools menarik yang bisa anda gunakan.

Sebagaimana tools membuat sketsa pada umumnya. Mulai dari pensil, pulpen, dan yang lainnya. Selain bisa anda gunakan ketika akan membuat sketsa, aplikasi satu ini juga bisa banget digunakan saat anda mau membuat flipbook dan animasi loh. Wah keren banget kan?

Untuk penggunaannya bisa dimana saja. Dalam artian, para pengguna sistem operasi windows dengan mac os bisa menggunakannya dengan mudah.

Kalau yang belum mempunyai laptop bagaimana? Tenang saja, karena ternyata aplikasinya sudah ada yang versi ponselnya kok. Sehingga tetap bisa diakses lewat ponsel untuk anda yang ingin mencoba menggunakannya tapi belum mempunyai laptop atau komputer. 

Artweaver 6

Adapun aplikasi sketsa terbaik yang berikutnya adalah aplikasi artweaver 6. Namanya juga kedengaran agak aneh dan unik ya. Di balik namanya yang unik tersebut, aplikasi ini sudah dibekali dengan banyaknya fitur fitur menarik yang bisa anda gunakan nantinya.

Dan kabar baiknya, aplikasi sudah beroperasi alias sudah berusia lebih dari 10 tahunan loh. Wah, lama banget kan? Meskipun sudah cukup lama, namun ia tetap eksis sampai saat ini. Tentu, karena memang kemampuannya dalam menciptakan sketsa yang sangat baik yang telah membuatnya tetap banyak digunakan oleh banyak orang.

Aplikasi keren ini dikembangkan oleh boris eyrich. Pihak aplikasi memberikan penawaran berupa 6 set kuas dengan pensil yang nantinya bisa anda gunakan saat akan membuat sketsa. Tampilannya yang sederhana membuat anda dapat menggunakannya dengan sangat mudah.

Kabar baiknya lagi, aplikasi ini dapat berkolaborasi dengan aplikasi yang lainnya loh. Dengan syarat, anda meski dalam kondisi online. Untuk hasilnya sendiri bisa anda sesuaikan dengan ekstensi yang digunakan. Apakah akan menggunakan yang png atau jpeg.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Office Open Source Terbaik

Sayangnya, aplikasi keren ini hanya kompatibel dengan perangkat yang sistem operasinya adalah windows.  Kalau penasaran dengan set pensil dan kuas yang ada di dalamnya, silahkan kunjungi situs resmi mereka, kemudian coba download aplikasinya.

Kalau anda adalah sekolah desainer grafis pro, pakai aplikasi ini tergolong sangat membantu loh. Terlebih lagi ketika anda gunakan lewat laptop, pasti hasilnya akan sangat bagus.

Sketch.io

Ketika sedang membahas aplikasi sketsa terbaik memang kurang afdol jika tidak membahas sketch.io. Karena memang, ia masih  masuk ke dalam salah satu aplikasi yang sangat keren dan patut buat dipertimbangkan.  Aplikasi ini basisnya adalah html5 ya.

Dan di dalamnya disediakan fitur yang sederhana, namun akan sangat membantu anda ketika sedang membuat sketsa. Fitur sederhana tersebut dipadukan dengan interface aplikasi yang juga sederhana. Sehingga benar-benar bisa digunakan dengan mudah deh.

Bahkan, aplikasinya juga telah dilengkapi dengan berbagai macam tools menarik yang biasanya dibutuhkan dalam proses pembuatan sketsa. Misal, tools drag dengan drop. Kemudian, anda juga akan menemukan kuas, kemudian krayon, sampai dengan teks.

Aplikasi ini nggak cuma bisa digunakan untuk membuat sketsa kok. Tapi juga bisa banget digunakan ketika anda mau memasukkan file yang ekstensinya adalah pdf. 

Jika ingin menggunakannya, anda juga nggak harus download aplikasinya dulu. Cukup manfaatkan saja situs mereka. Bagi yang ruang penyimpanannya sudah limit, aplikasi ini adalah pilihan yang paling tepat tentunya. 

Clip studio paint pro

Adapun rekomendasi yang terakhir adalah aplikasi clip studio paint pro.  Yang mana, ia merupakan aplikasi yang berasal dari negeri sakura loh. Ada banyak sekali penawaran menarik yang ditawarkan oleh pihak pengembangnya. Salah satunya adalah, anda dapat memanfaatkannya ketika mau membuat sketsa tanpa bantuan mouse.

Sensibilitasnya yang sangat tinggi akan ngebantu banget. Terlebih lagi pada bagian brush dengan pennya. Ketika menggunakannya, maka anda akan merasa seperti tengah membuat sketsa di atas kertas sungguhan loh. Sensasi seperti ini merupakan sensasi yang sangat diharapkan oleh para desainer.

Saat menggunakannya, anda juga bakalan menemukan banyak sekali pilihan brushnya. Sehingga akan membuat efek yang menarik pada sketsa yang anda buat.

Terutama ketika mau mengembangkannya menjadi gambar yang utuh ya. Kemudian, aplikasi ini juga sangat cocok digunakan oleh anda yang ingin membuat gambar animasi loh. Dan masih banyak sekali keunggulan yang dimilikinya. Daripada penasaran dengan fitur terbaik mereka, mending langsung download aja aplikasinya sekarang juga. Simple kan? 

Oke, itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi sketsa terbaik yang bisa anda pertimbangkan penggunaannya. Beberapa aplikasi di atas masih ada kok yang bisa digunakan lewat ponsel. Itu artinya, untuk belajar membuat sketsa anda nggak harus punya laptop dahulu.

Meski pembuatan lewat laptop memang lebih baik. Tapi kalau masih belajar, nggak ada salahnya kok pakai ponsel dulu. Ia kan? Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba ya. Semoga membantu.