10 Rekomendasi Aplikasi Penunjang Pekerjaan Arsitek

Aplikasi penunjang pekerjaan arsitek – Bagi seorang arsitektur, mempertimbangkan aplikasi yang akan digunakan menjadi hal yang benar benar sangat penting untuk dilakukan. Karena bagaimanapun, pemilihan aplikasi akan menentukan hasilnya loh. Tapi harus diimbangi pula dengan yang namanya skill dan latihan ya.

Nah, jika anda merupakan seorang arsitektur, dan masih bingung nih mau menggunakan aplikasi yang mana lagi, mungkin artikel ini cocok untuk anda. Karena di dalamnya kami akan mengulas 10 aplikasi penunjang pekerjaan arsitek yang mungkin cocok untuk anda pertimbangkan dan gunakan nantinya.

Yang mana, aplikasi aplikasi berikut merupakan aplikasi terkenal dan cukup ramai digunakan oleh masyarakat luas. Terutama oleh para arsitek profesional. 

Aplikasi penunjang pekerjaan arsitek terbaik

SketchUp

Tahu nggak sih, bahwa ternyata aplikasi satu ini dulunya sempat dibeli oleh pihak Google. Hal ini tentu menjadi salah satu indikasi akan bagusnya aplikasi sketchup ini. Dan sampai kini ada banyak sekali para desainer bangunan profesional yang menggunakannya. Terutama saat membuat gambar bangunan yang tiga dimensi.

Kalau untuk fitur fitur yang ditawarkan mungkin tergolong nggak terlalu wah, alias nggak terlalu canggih ya. Tapi, ada banyak keunggulan yang membuatnya unggul dibandingkan aplikasi yang lain.

Adapun salah satu keunggulan tersebut ialah bisa anda padukan dengan vray. Yang mana, perpaduan inilah yang dapat membuat gambar desainnya menjadi lebih realistis, nyaris seperti yang asli.

Microstation

Aplikasi penunjang pekerjaan arsitek yang kami rekomendasikan berikutnya adalah microstation. Sebagian besar di antara anda mungkin sudah ada yang tidak asing lagi dengan microstation. Ya, tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang wajar, mengingat tingkat popularitas aplikasi yang memang tergolong sangat baik.

Ia merupakan sebuah aplikasi yang dikelola oleh bentley system, yang nantinya siap membantu anda ketika akan membuat desain bangunan. Baik itu desain bangunan yang hanya dua dimensi ataupun yang tiga dimensi. Aplikasi ini dibuat dengan basis CAD dengan stabilitasnya yang sangat tinggi.

Wajar sekali kalau akhirnya banyak orang yang menggunakannya. Kalau untuk hasilnya sendiri dapat anda simpan ke dalam berbagai macam jenis format, sesuai kebutuhan deh. Bisa obj, kemudian skp, cad, atau yang lainnya. Penggunaan aplikasinya juga tergolong mudah dan sederhana.

Dan kalau diperhatikan, aplikasi ini masuk ke dalam kategori aplikasi yang cocok banget untuk para arsitek yang profesional, kemudian engineer profesional, dan yang lainnya.

Baca Juga :  Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik

Aplikasinya berbayar loh ya. Tapi untuk melihat apakah aplikasi ini cocok dengan anda atau tidak, maka tinggal gunakan saja yang versi trialnya terlebih dahulu yang sudah tersedia pada situs mereka.

Oleh karena itu, dari berbagai macam keunggulan yang ditawarkan oleh pihak pengembang, rasanya sangat sayang jika anda melewatkan penggunaan aplikasi satu ini deh. Karena dijamin bakalan ngebantu banget deh. Menariknya, microstation memungkinkan buat digunakan pada perangkat komputer ataupun laptop. 

Vectorworks architecture

Adapun rekomendasi yang berikutnya adalah aplikasi vectorworks architecture. Kalau aplikasi ini sih sudah ketebak dari awal ya. Karena memang pihak developnya memberikan nama dengan embel-embel arsitektur. Sebagaimana aplikasi sebelumnya, vectorworks architecture ini juga sangat recomended bagi yang sudah profesional.

Karena banyaknya fitur fitur agak rumit yang ditawarkan, yang hanya dapat digunakan oleh mereka yang sudah profesional. Bagi yang masih pemula, akan lebih baik kalau anda mempelajari fitur fitur menarik yang ada di dalamnya terlebih dahulu. Kalau sudah merasa paham, barulah mulai menggunakannya.

Aplikasi ini mampu memberikan hasil yang optimal jika anda sudah mahir menggunakannya loh. Dengan bantuan, anda dapat membuat gambar bangunan dengan sangat praktis, secara presisi, kemudian algorithmic design, dan yang lainnya.

Jika tertarik dengan vectorworks architecture, anda bisa mencoba jalan-jalan ke situs mereka. Kalau mau mendownloadnya bisa langsung lewat situs tersebut ya.

Softplan

Adapun rekomendasi yang lainnya adalah softplan. Pernah mendengar namanya? Jadi, aplikasi penunjang pekerjaan arsitek yang satu ini juga dibekali dengan yang namanya cost estimator yang nantinya dapat menghitung anggaran pembangunan rancangan rumah yang sudah anda buat loh.

Menarik banget kan? Bahkan yang nggak kalah menariknya lagi, fitur fitur yang tersedia di dalamnya mampu berjalan secara real time. Nggak hanya sampai disitu saja, ia bahkan dapat membuat dokumentasi project yang tengah dikerjakan. Aplikasi ini cocok buat siapapun.

Baik itu bagi yang sudah profesional ataupun yang masih pemula.  Seperti kedua aplikasi sebelumnya, anda juga bisa menggunakan softplan dengan sangat mudah dan praktis. 

Punch! Home design

Untuk rekomendasi aplikasi penunjang pekerjaan arsitek yang berikutnya adalah punch! home design. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang juga sangat recomended buat anda pertimbangkan. Ia merupakan aplikasi yang asalnya dari Amerika loh.

Yang mana, ia adalah kombinasi antara nexgen dengan lightworks.Wah, dijamin keren banget kan? Keberadaan lightworksnya membuat aplikasi dapat membantu anda mendesain dengan cukup mudah dan cepat. Bahkan ketika sedang membuat project arsitektur yang jumlahnya mungkin tergolong besar.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Android Tercanggih

Menarik sekali bukan? Kalau untuk yang keberadaan nex gennya sendiri dapat membuat hasil desainnya menjadi sempurna dan terlihat realistis loh. Di dalamnya sudah tersedia berbagai macam fitur menarik yang dapat digunakan. Keduanya siap membantu anda menciptakan sebuah template desain yang bagus, keren, dan tepat tentunya.

Menariknya lagi, di aplikasi ini juga sudah ada cost estimatornya loh. Yang memungkinkan nada buat memperhitungkan anggaran dari rancangan yang sudah dibuat. Sayangnya, harga yang ditawarkan oleh pihak pengembangnya lumayan mahal loh.

Tapi tetap sebanding kok dengan keunggulan yang ditawarkan. Kalau tertarik dengan fitur menariknya, bisa langsung coba saja kunjungi situs mereka, dan dapatkan aplikasinya dari sana.

Chief architect

Sesuai namanya, chief architect merupakan aplikasi penunjang arsitek terbaik yang juga bisa menjadi pilihan anda ke depannya. Aplikasi ini siap membantu anda ketika akan membuat gambar atau desain dua dimensi dengan tiga dimensi.

Mulai dari membuat desain rumah, kemudian interior rumah, sampai dengan desain dapur dan kamar mandinya loh. Di dalam aplikasi juga sudah tersedia berbagai macam fitur menarik yang akan menunjang proses pembuatannya. Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan cukup mudah dan sederhana.

Pihak aplikasi sudah menyediakan versi trial atau uji coba gratisnya  yang dapat dicoba terlebih dahulu. Ketika sedang berada di masa uji coba gratis dan anda merasa cocok, maka tinggal gunakan yang versi berbayarnya saja kan?

Archicad

Untuk yang masih bingung mau menggunakan aplikasi penunjang pekerjaan arsitek terbaik yang mana, bisa coba pertimbangkan aplikasi satu ini deh. Nah menariknya, ia dibuat dengan konsep all in one yang benar benar akan memudahkan. Baik saat anda mau membuat desain yang formatnya dua dimensi maupun tiga dimensi.

Aplikasi ini bahkan nggak hanya cocok untuk mereka yang sudah profesional. Tapi juga cocok kok buat anda yang masih pemula.

Terutama untuk yang memang masih menjadi mahasiswa di jurusan arsitektur. Dan tahukah anda, kemampuannya untuk menghasilkan sebuah desain yang menarik telah membuatnya menjadi aplikasi yang sangat lazim digunakan oleh biro arsitek luar dan dalam negeri loh.

Apalagi dengan tampilan yang user friendly. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga bahkan dapat membuat anda bekerja pada lingkungan building information modelling or management.

  Bagi yang menggunakan sistem operasi windows dengan mac os bisa banget nih nyobain aplikasi ini. Karena memang kompatibel dengan kedua sistem operasi tersebut.

3D Studio max

Oke, rekomendasi yang lainnya adalah 3d studio max. Aplikasi ini juga siap membantu anda ketika akan membuat gambar yang tiga dimensi loh. Anda bisa menciptakan sebuah gambar tiga dimensi yang teliti, detail, dan keren tentunya. Nggak kalah keren dan bagusnya dengan aplikasi aplikasi lain.

Baca Juga :  10 Aplikasi Kasir Android, Bantu Kelola Bisnis Jadi Lebih Mudah

Dan kalau kita perhatikan, aplikasi ini hampir sama loh dengan aplikasi sketchup. Yang membedakan keduanya hanya pada penggunaannya saja. Kakal untuk aplikasi 3d studio max nggak cuma digunakan oleh para arsitek doang, tapi juga kerap digunakan oleh pihak lain.

Kayak animator, kemudian pembuat game, sampai dengan yang punya kepentingan buat rendering. Mengapa demikian? Hal ini tentu saja dikarenakan fitur editingnya yang super lengkap, sehingga memungkinkan buat digunakan kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun.

Untuk saat ini sudah tersedia versi terbarunya. Dan untuk yang penasaran, bisa cobain versi percobaan gratis yang sudah disediakan oleh pihak aplikasi ya. Kalau cocok baru deh menggunakan yang versi berbayarnya.

Revit architecture

Adapun rekomendasi aplikasi penunjang pekerjaan arsitektur yang lainnya adalah revit architecture. Ya, aplikasi ini merupakan aplikasi yang juga berkualitas tinggi, sebagaimana aplikasi aplikasi sebelumnya. Anda dapat membuat desain yang dua dimensi dan tiga dimensi dengan cukup mudah dan sederhana, serta detail tentunya.

Selain bisa digunakan untuk membuat hal hal yang berkaitan dengan arsitektur, aplikasi ini juga memungkinkan kok buat digunakan kepentingan yang lainnya. Salah satunya adalah desain grafis.  Jika tertarik dengan revit architecture, silahkan download aplikasinya lewat situs resmi mereka sekarang ya. 

Autocad architecture

Autocad architecture merupakan salah satu aplikasi yang sangat sering digunakan oleh mereka yang berprofesi arsitek, dan sudah masuk ke dalam status atau kemampuan ecpret alias profesional. Karena memang ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh pihak pengembang aplikasi.

Aplikasi ini juga memungkinkan anda buat menggambar yang detail dan berkualitas tinggi loh.  Jika ingin tahu lebih jauh tentang autocad architecture, silahkan buka langsung situs resmi mereka. 

Oke gimana, apakah anda sudah punya pilihan akan menggunakan aplikasi penunjang pekerjaan arsitek yang mana? Kalau bisa sih, coba manfaatkan versi trial mereka. Alias versi uji cobanya. Karena dengan memanfaatkan versi uji coba gratis tersebut anda dapat menilai dan menimbang apakah bakalan menggunakan aplikasi tersebut atau tidak. 

Atau bisa juga dengan membaca ulasan ulasan terhadap aplikasi tersebut di internet. Karena pasti banyak kan yang mengulas pengalamannya menggunakan aplikasi aplikasi keren di atas.

Demikian beberapa rekomendasi dari kami. Silahkan pilih saja mana yang kiranya cocok. Lalu download sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat, semoga membantu, dan semoga mencoba ya.