Cara Membuat Website WordPress dengan Mudah

Cara Membuat Website WordPress dengan Mudah – Langkah awal untuk menjadi seorang blogger adalah membuat blog. Di mana, dalam proses pembuatannya, anda bisa memilih apakah akan menggunakan platform blogger ataupun website.

Namun sejauh ini, tampaknya platform wordpress masih menjadi primadona dan pilihan banyak orang. Tentu saja, hal ini dikarenakan banyak faktor yang mendasarinya. Untuk tujuan pembuatan website sendiri beragam ya.

Dan tiap orang berhak punya tujuannya masing masing. Ada yang ingin mendapatkan penghasilan dari google adsense, ada yang ingin melakukan personal branding, menjual dagangannya, dan lain sebagainya.

Karena tidak dapat dielakkan bahwasanya dengan membuat sebuah website, maka bisa berpengaruh terhadap citra atau pandangan masyarakat terhadap sebuah brand. Namun yang sangat disayangkan, masih lumayan banyak nih masyarakat kita yang belum tahu bagaimana cara membuat website wordpress dengan mudah.

Meski sebenarnya, proses pembuatannya semudah judul yang kami angkat. Nah buat yang sedang bingung, penasaran, dan ingin langsung membuatnya, bisa ikuti tutorial berikut ini. 

Keunggulan WordPress

Dalam proses pembuatan website, anda bakalan bertemu dengan berbagai macam istilah istilah yang tergolong asing. Dan inilah yang kerap membuat tiap orang bingung. Namun di balik banyaknya istilah istilah yang agak membingungkan, ada kok berbagai macam keunggulan wordpress yang meski dipahami.

Dan yang paling penting, setelah mengenal dan memahami istilah istilah tersebut, prosesnya bakalan lebih mudah kok. Hanya perlu pembiasaan saja. Nah berikut ini merupakan beberapa keunggulan yang akan anda temukan saat menggunakan wordpress ya.

Mudah diinstal

Untuk keunggulan yang pertama ialah mudah diinstall. Biasanya nih, tidak sedikit perusahaan perusahaan yang menyediakan layanan hosting memberikan pilihan cms wordpress, yang akan membuat proses instalasinya menjadi lebih mudah ketika akan membuat wordpress.

Dan bahkan, tidak sedikit pula yang menawarkan pendownloadan dengan sekali klik saja. Bayangkan saja, hanya dengan sekali klik, maka wordpressnya bakalan langsung terinstall. Mudah kan? Dan biasanya, pihak penyedia layanan akan memberikan rekomendasi wordpress yang populer. Sehingga tidak perlu khawatir deh.

Banyak fitur yang bisa digunakan

Keunggulan yang kedua, ialah mudah mendownload berbagai macam fitur lewat plugin. Yes, plugin sendiri bisa kita samakan dengan aplikasi google play store ataupun app store, yang isinya adalah berbagai macam aplikasi aplikasi yang bisa didownload dan dipasang.

Nah saat menggunakan wordpress, anda akan menemukan fitur plugin, kemudian mendownload beberapa alat yang kiranya dibutuhkan oleh wordpress anda nantinya. 

Open source dan komunitas yang sangat kuat

Sementara keunggulan yang lainnya ialah basisnya yang open source, dengan komunitas yang cukup kuat. Dan inilah yang membuat banyak sekali plugin yang bisa diinstall secara mudah dan gratis, sebagaimana sudah disinggung sedikit pada point sebelumnya.

Selain itu, ada juga beberapa tema gratis yang bisa anda download dan gunakan untuk mempercantik tampilan wordpress loh.

Cara Membuat Website WordPress

Setelah mengetahui apa saja keunggulan dari wordpress, maka yang akan kita bahas selanjutnya ialah masalah bagaimana sih cara membuat website wordpress? Karena pasti sudah banyak yang tidak sabar untuk membuatnya sendiri. Berikut ini merupakan beberapa cara membuat website wordpress yang bisa anda coba. 

Tentukan CMS

Cara pertama ialah dengan menentukan CMS. CMS sendiri adalah kependekan dari content management system. Yang mana, ia adalah sebuah sistem ataupun platform software mekanis ketika akan membuat konten, menerbitkannya, mengelola, atau yang lainnya.

Baca Juga :  Kiat Sukses Online dengan Membuat Website Ecommerce Sendiri

Dan tenang saja, karena CMS ini merupakan software yang sudah terinstall atau terunduh, terpasang pada server web hosting. Dan tidak perlu khawatir, karena ketika membuat web, provider bakalan memberikan informasi terkait gimana sih cara menginstall cms.

Nah kalau sudah selesai menginstalnya, maka anda bisa langsung login ke web yang sudah ada. Dan tambahkan berbagai macam konten, sesuai dengan tujuan awal pembuatan web. Bisa mengisinya dengan teks atau artikel, kemudian bisa juga foto foto, dan yang lainnya.

Selain itu, anda juga dapat memilih tema ataupun template sesuai kebutuhan, dan kecocokan terhadap jenis web yang anda bangun pastinya. Supaya makin jos, maka anda perlu menambahkan beberapa plugin.

Tentukan domain

Cara berikutnya adalah dengan menentukan domain. Cara ini dapat dilakukan ketika anda sudah selesai menentukan cms nya ya. Tidak dapat dipungkiri, bahwasanya domain juga punya peran yang sangat baik terhadap sebuah web.

Karena ia menentukan mudah tidaknya ia dikenali dan dihafal. Kalau bisa, gunakanlah nama yang memang menggambarkan isi web atau niche web yang sudah dipilih sejak awal.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membuat web, anda sudah harus punya gambaran, kira kira akan mengisi web tersebut dengan apa saja, dan temanya apa. Apakah akan mengisinya dengan hal hal yang berbau pendidikan, kuliner, sejarah, cerpen, tutorial, teknologi, atau yang lainnya.

Jika sudah, barulah anda dapat menentukan kira kira domain apa yang cocok dengan konten yang akan diisi nantinya. 

Menentukan ekstensi

Jika sudah menemukan nama yang tepat dan kiranya pas, langkah selanjutnya adalah dengan  memilih ekstensi. Saat ini banyak kok ekstensi web yang tersedia. Mulai dari yang paling murah, sampai dengan yang paling mahal.

Namun kali ini, kami merekomendasikan anda buat menggunakan yang ekstensinya TLD ya. Apa itu domain TLD? Untuk yang belum tahu, dapat mempelajarinya dahulu. Kalau anda pernah menemukan web atau blog dengan ekstensi .com, .id, maka itu adalah dua contoh ekstensi yang TLD.

Namun jika memang budget anda hanya mampu membeli domain yang non TLD juga tidak masalah kok. Yang penting, tetap konsisten dalam mengupload konten nantinya ya.

Menentukan Hosting Murah

Cara membuat website wordpress yang berikutnya adalah dengan menentukan hosting. Kalau sudah selesai pada urusan domain dan ekstensi domain, sekarang pilihlah hosting yang murah.

Dan kabar baiknya, saat ini sudah banyak banget kok perusahaan perusahaan yang memberikan layanan berupa hosting dengan harga yang terjangkau. Kalau mau yang murah meriah, maka silahkan gunakan saja yang cloud hosting, kemudian VPS, Shared hosting, dedicates server hosting. 

Tapi sebelum memilih salah satunya, jangan lupa buat mempelajari setiap maksud dari hosting hosting tersebut. Hal ini agar anda bisa mempunyai pemahaman yang utuh, dan dapat menentukan akan menggunakan hosting yang mana.

Karena pada dasarnya, tiap jenisnya punya keunggulan yang berbeda beda, lengkap dengan kekurangannya masing  masing.

Tapi kalau anda punya modal yang lumayan, mending cari yang lebih berkualitas. Jika bingung, minta saja saran dari teman teman anda yang notabenenya adalah seorang blogger handal, atau minta saran ke penyedia layanan. Karena mereka pasti tahu mana jenis hosting yang berkualitas, dan bisa digunakan. 

Lakukan konfigurasi pada WordPress

Sementara untuk cara yang terakhir ialah dengan melakukan konfigurasi di wordpress.

Nah bagaimana, cukup mudah sekali bukan? Cara cara di atas sebagai gambaran bagi siapapun yang tertarik pada dunia blog, dan ingin membuat website wordpressnya sendiri.

Dan kabar baiknya, anda bisa mulai mempraktekkannya, atau mulai mencari cari layanan penyedia hosting dan domain yang menawarkan layanan mereka dengan harga terjangkau. Oke, demikian pembahasan kita kali ini. Silahkan pahami penjelasan di atas, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba ya. Semoga membantu.

Baca Juga :  Duplicate Content Checker