Kiat Sukses Online dengan Membuat Website Ecommerce Sendiri

Membuat Website Ecommerce

Tren berjualan di marketplace memang sedang hangat-hangatnya. Namun, bukan berarti jualan dengan website sendiri Anda akan kalah bersaing. Hal ini justru akan memberikan banyak kelebihan jika Anda mengetahui kiat sukses yang bisa dilakukan agar produk laku keras.

Memiliki website e-commerce sendiri akan membuat Anda lebih leluasa melakukan berbagai promosi. Selain itu, Anda bisa melakukan branding sesuai keinginan dan tidak bergantung pada aturan marketplace tertentu.

Kiat Membangun Website E-commerce Sendiri

Tidak sedikit orang yang yang enggan menginvestasikan modalnya untuk membangun website e-commerce sendiri. Padahal ada banyak keuntungan yang siap menanti Anda. Berikut beberapa tips membuat website e-commerce yang bisa diikuti.

1. Tentukan Produk yang Sesuai Target Pasar

Menentukan produk apa yang hendak dijual merupakan salah satu inti proses membangun sebuah bisnis. Tentunya, Anda harus sudah memiliki bayangan mengenai produk apa yang hendak dijual.

Jika masih bingung, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan mengenai barang yang sedang hype saat ini. Namun, Anda juga perlu menyesuaikan hal ini dengan kebutuhan dan relevansi pasar. Jangan hanya menjual barang yang trendy, Anda juga bisa memilih produk yang lebih variatif.

Setelah menentukan produk yang sesuai, Anda bisa memilih distributor terpercaya yang bisa diajak bekerja sama. Selain itu, memilih sistem penjualan dengan dropship juga bisa menjadi pilihan yang tepat ketika minim modal.

Baca Juga: 12 Peluang Usaha Online Modal Kecil

2. Pilih Hosting dan Domain yang Tepat

Melakukan langkah awal dengan membeli domain merupakan langkah awal yang bisa dilakukan. Anda bisa menghemat biaya dengan memilih server hosting dan domain murah namun tetap berkualitas.

Selain itu, menentukan nama domain pun tidak bisa sembarangan. Apalagi domain yang ditujukan untuk bisnis.

Anda perlu mempertimbangkan segala halnya secara jangka panjang. Mengingat membangun reputasi website bisnis memang cukup menyita waktu. Oleh karena itu, tentukanlah domain yang unik, menarik, dan tentunya relevan dengan tema bisnis Anda.

Baca Juga:

3. Lakukan Setting Woocommerce

Setting woocommerce penting dilakukan dan menjadi salah satu kiat utama agar e-commerce Anda tampil lebih baik. Anda bisa menambahkan produk dan detail informasi lainnya. Anda bisa melihatnya di panduan membuat website e-commerce untuk lebih mudah memahaminya.

4. Buat Desain Website Unik dan Menarik

Tampilan website e-commerce yang user friendly merupakan suatu keharusan jika Anda ingin membangun bisnis online yang sukses. Membuat desain website menarik tidak selalu harus disertai banyak elemen yang justru tampak rumit.

Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan tema bisnis agar website e-commerce lebih unik dan enak dipandang.

Baca Juga: Pengertian Website

5. Gencar Melakukan Promosi

Maksimalkanlah website e-commerce yang telah dibuat agar menarik banyak calon pelanggan. Anda perlu gencar melakukan promosi di berbagai sosial media. Selain itu, buatlah konten deskripsi barang yang menarik dan informatif.

Anda juga bisa menambahkan konten SEO berkualitas agar website berpeluang besar muncul di halaman utama mesin pencari. Jika Anda memiliki dana lebih, memasang iklan lewat IG Ads, Google Ads, Facebook Ads dan lainnya bisa menjadi pilihan.

6. Fast Respon dan Ramah pada Customer

Rasanya kiat ini memang salah satu trik dasar yang perlu diketahui setiap pebisnis. Apalagi di bidang bisnis online yang memungkinkan Anda berhadapan dengan banyak customer sekaligus.

Sama seperti pelanggan di marketplace, calon konsumen Anda tentunya mengharapkan fast respon dari seller. Tidak hanya itu, bersikap ramah pada setiap customer juga merupakan keharusan karena akan berpengaruh terhadap reputasi bisnis online Anda.

Beberapa kiat sukes di atas bisa Anda terapkan untuk membangun website e-commerce yang berkualitas. Memiliki situs e-commerce sendiri memungkinkan Anda mengembangkan bisnis lebih leluasa dan sesuai keinginan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Duplicate Content Checker

Duplicate Content Checker

Tidak ada yang dapat merusak reputasi seorang penulis selain dituduh melakukan plagiarisme. Bahkan tuduhan semacam itu juga dapat memberikan catatan buruk bagi Anda di tempat kerja. Oleh karena itu, sangat…
Selengkapnya

Mengenal Pengertian Domain

Deskripsi: Pengertian Domain / Jenis-jenis Domain dan Fungsinya untuk Sebuah Website / Ekstensi Domain untuk Jenis Website / Cara Registrasi Domain. Bagi yang masih baru terjun ke dunia website dan…
Selengkapnya
Website

Mengenal Pengertian Website

Deskripsi: Pengertian Website Secara Umum. Jenis-jenis Website Berdasarkan Sifat dan Fungsinya. Website Statis / Website Dinamis. Sejak internet semakin berkembang di Indonesia, semakin banyak orang yang mengenal website. Bahkan, tidak…
Selengkapnya