Cara Membuat Blog WordPress SEO Friendly

Cara Membuat Blog WordPress SEO Friendly – Ada banyak sekali alasan, mengapa seorang blogger perlu menciptakan sebuah blog yang SEO Friendly. Salah satunya adalah agar lebih mudah keterima saat mengajukan Google Adsense.

Nah yang perlu diperhatikan, membuat blog WordPress agar bisa SEO Friendly bukanlah perkara yang mudah. Hal ini karena dibutuhkan yang namanya keseriusan dan ketelitian. Tidak semudah yang ada di bayangan deh.

Karena bukan hanya sekedar membeli hosting saja, kemudian beli domain, lalu menginstall tema, dan menginstall plugin, bukan, bukan hanya sekedar itu. Ada banyak hal lain yang juga harus diperhatikan. Sebagai pemula, anda tentu bertanya tanya, lantas bagaimana cara membuat blog wordpress seo friendly?

Iya kan? Oleh karena itu, untuk yang masih pemula, dapat mengikuti cara atau tutorial yang akan kami jelaskan berikut. Namun kami garis bawahi bahwasanya artikel yang satu ini merupakan artikel yang cocok bagi para blogger yang menggunakan wordpress, atau akan beralih ke wordpress. 

Cara membuat blog wordpress SEO Friendly

Berikut ini merupakan beberapa cara yang meski diperhatikan dan diterapkan:

Tentukan niche

Apa itu niche? Secara sederhana, niche bisa diartikan sebagai bidang. Dalam dunia blogging, niche bisa kita sebut sebagai bidang yang akan dijadikan konten. Dalam dunia blogging, menentukan niche adalah hal yang sangat penting dilakukan dan diperhatikan.

Memang sih, pihak google adsense sendiri tidak memberikan ketentuan, bahwa sebuah blog meski memiliki niche. Namun memang akan lebih baik jika anda menentukan niche sedari awal. Karena ketika menentukan sebuah niche, dan konsen di bidang tersebut, maka blog anda akan dianggap kompeten pada bidang tersebut.

Gimana, paham ya? Adapun contoh niche yang bisa diambil ialah, wisata, kuliner, teknologi, pendidikan, dan yang lainnya. Kita ambil contoh, ketika anda mengambil topik atau bidang teknologi. Itu artinya, wordpress anda bakalan membahas tentang teknologi saja. Tidak ada yang lain selain itu. 

Pilih domain dan hosting yang tepat

Cara membuat blog wordpress SEO Friendly yang kedua adalah dengan menentukan dan memilih domain serta hosting yang tepat. Kita semua tahu, bahwasanya memilih hosting dengan domain merupakan langkah paling awal ketika anda akan membangun sebuah blog.

Maka, dalam hal ini, tidak boleh asal asalan memilih. Pilihlah domain yang kiranya tepat, dan bisa memberikan kesan baik kepada para pengunjung. Dan jangan lupa juga untuk memilih nama yang simpel dan mudah diingat.

Dan yang tidak kalah pentingnya lagi, usahakan untuk memberikan nama yang masih berkaitan dengan niche yang anda ambil, tidak terlalu panjang, dan nggak menggunakan angka serta spasi. Untuk saat ini, sudah tersedia banyak sekali ekstensi blog yang bisa digunakan.

Kami sarankan untuk menggunakan ekstensi yang sudah TLD ya. Seperti .com, kemudian .net, dan yang lainnya. Nah kalau untuk pemilihan hosting, carilah dengan baik. Bukan hanya sekedar memilih yang murah saja.

Karena bagaimanapun, yang namanya hosting berkualitas juga perlu menjadi bahan pertimbangan. Yang menjadi pertanyaannya adalah, gimana sih menentukan kualitas sebuah hosting?

Caranya sederhana, yakni dengan mencari review dari para penggunanya lewat forum forum web atau hosting. Salah satunya adalah lewat grup yang ada di facebook. Dengan demikian, anda bakalan bisa melihat mana yang paling bagus. 

Sejauh ini, tersedia banyak sekali layanan penyedia hosting dan domain. Adapun beberapa yang terbaik, adalah niagahoster dan juga dewabiz. Jika anda sudah pernah mencari cari penyedia hosting di internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan dua layanan penyedia hosting ini kan?

Baca Juga :  Cara Verifikasi Domain ke Google Search Console

So, niagahoster dengan dewabiz bisa menjadi pilihannya. Kita akan review sedikit terkait dengan dua layanan tersebut. 

Niagahoster

Niagahoster adalah salah satu layanan yang menyediakan harga hosting dengan cpanel sera server yang cukup terjangkau. Dan sampai saat ini sangat banyak masyarakat indonesia yang menggunakan layanan di niagahoster. Termasuk perusahaan perusahaan ternama.

Dan yang paling menariknya lagi, layanan yang ditawarkan oleh pihak niagahoster ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau loh.

Dewabiz

Yang berikutnya adalah dewabiz, yang sudah beroperasi dari tahun 2016. Mereka juga menyediakan banyak sekali layanan dengan harga terjangkau. Pihak dewabiz juga kerap memberikan banyak kupon loh. Sehingga harga yang didapatkan bisa makin murah. 

Pilih tema

Untuk cara membuat blog wordpress SEO Friendly yang selanjutnya adalah dengan memilih tema. Bagaimanapun, tema menjadi hal yang penting juga diperhatikan. Karena erat kaitannya dengan kenyamanan para pengunjung blog.

Selama ini mungkin banyak yang mengira bahwasanya pemilihan tema adalah hal yang mudah. Padahal sebenarnya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena memang agak gampang gampang susah. Terlebih lagi untuk yang masih baru dalam dunia blogging.

Wajar kalau kemudian tidak sedikit para blogger yang gonta ganti tema. Dan yang mesti diperhatikan, tema bukan hanya berbicara soal tampilan saja. Melainkan banyak hal hal lain. Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam memilih tema ialah fast loadingnya.

Kemudian, hal lain, seperti responsivenya, dan yang lainnya. Sejauh ini, pihak wordpress memang sudah menyediakan banyak sekali tema yang gratisan, dan bisa digunakan oleh semua penggunanya.

Dan jika ingin menggunakan yang gratisan tersebut, anda meski pandai pandai dalam memilih mana yang kiranya cocok atau sesuai dengan niche blog anda. Jika memang memungkinkan, tidak ada salahnya juga untuk menggunakan yang tema berbayar. 

Install plugin SEO dengan plugin caching

Sementara untuk cara membuat blog wordpress SEO Friendly berikutnya ialah dengan menginstall plugin SEO dengan plugin caching. Hal ini bertujuan supaya blog anda bisa bersaing dengan blog blog yang lain di bagian mesin pencariannya Google.

Dengan menggunakan plugin SEO, makan anda bakalan ngerasa terbantu, gimana sih caranya menulis konten yang memang sesuai dengan kaidah kaidah yang sudah ditetapkan oleh pihak SEO nya.

Sementara untuk membuat blognya lebih fast loading saat diakses oleh para pengunjung, maka anda perlu mendownload plugin caching.

Plugin cachingnya sendiri, ada yang berbayar, dan ada pula yang gratisan. Tentu, akan lebih baik jika anda menggunakan yang berbayar ya. Karena memungkinkan anda buat menggunakan banyak fitur dan layanan yang sudah tersedia di dalamnya.

Daftarkan blog ke google search console

Kalau blognya sudah selesai, atau sudah jadi, tahap berikutnya adalah mendaftarkannya ke google search console. Yang mana, google search console ini merupakan sebuah tools atau alat yang bisa digunakan untuk memantau kondisi blog anda.

Sehingga bakalan lebih mudah buat dianalisis performanya. Di dalamnya, tersedia berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan. So, jangan lupa untuk mempelajari penggunaan google search console dengan baik ya. Tenang saja, karena saat ini sudah banyak sekali kok konten konten yang membahas hal tersebut. 

Demikian beberapa cara membuat blog wordpress SEO Friendly yang bisa digunakan. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Oh ya, yang terakhir, usahakan juga untuk memasang google analytic ya.