4 Strategi Bisnis Go Online, Ekspansi Produkmu Lintas Batas

Bisnis go online

Dunia maya adalah pasar raksasa tempat berkumpulnya target market potensial. Terjun ke ranah digital akan memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan pasar konvensional. Kalau ingin memulai bisnis go online, pelajari dulu strategi dan tantangannya.

Bisnis digital menawarkan peluang profit tak terbatas. Ini berkaitan dengan cakupan pasar yang mencapai level nasional bahkan internasional. Peluang sebesar ini ternyata bisa dieksekusi dengan modal yang sangat kecil.

Agar sukses menjalankan transformasi digital, siapkan 4 hal berikut ini.

Persiapan Bisnis Go Online

Saat ini untuk bisa membuat bisnis jadi sukses di dunia online memang butuh banyak persiapan. Berikut persiapannya:

1. Mental untuk Tumbuh dan Berkembang

Tujuan bisnis go online tidak hanya untuk survive. Jangan terkungkung dalam pola pikir lama. Alih-alih sekedar bertahan hidup, pasang target tinggi untuk menjadi jutawan.

Dalam prosesnya, Anda akan mengalami banyak kendala. Bagi pebisnis sejati, masalah adalah peluang yang bisa dikonversi jadi ladang penghasilan. Bukankah nilai jual pokok dari barang dan jasa adalah mengatasi masalah konsumen?

Siapkan diri Anda untuk menjajal pengalaman bisnis online, lengkap dengan lika-liku dan naik-turunnya.

2. Social Media Marketing

Sosial media adalah tempat jutaan orang berinteraksi secara online. Jumlah pengguna yang begitu besar menjadi peluang yang tak boleh dilewatkan. Kalau ingin bisnis go online, mempelajari social media marketing (SMM) adalah hal yang wajib.

Sosial media yang menjadi target marketing terbaik adalah Instagram, Facebook, dan TikTok. Sosmed lain juga tidak kalah ampuh jika dieksekusi dengan strategi yang tepat. Kalau ingin berhasil, berlatihlah membuat konten marketing sesuai tipe platform yang ingin Anda masuki.

3. Google My Business

Ada layanan menarik buat para pelaku bisnis go online. Google My Business (GMB) adalah platform yang disediakan bagi para pebisnis untuk menampilkan profil bisnisnya di internet.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari GMB adalah:

  • Bisnis Anda lebih tampil di internet (Google Maps dan Google Search)
  • Unggah foto dan penawaran ke profil bisnis
  • Interaksi dengan konsumen via telepon, SMS, dan ulasan

Menariknya, semua manfaat di atas bisa Anda dapatkan secara gratis.

Pelajari juga 12 Peluang Usaha Online & Bisnis Online Modal Kecil Paling Laris

4. Website Bisnis

Bisnis yang punya website dinilai lebih profesional dan terpercaya. Jangan hanya mengandalkan SMM, buat juga website bisnis untuk mengundang pembeli. Bisnis go online perlu usaha ekstra untuk bisa mengungguli pesaing.

Website unggul secara fleksibilitas karena bisa didesain sesuai kebutuhan dan keinginan. Tidak seperti sosial media yang terkesan kaku dan kurang leluasa untuk dioptimasi. Lagi pula, kompetitor Anda pasti juga sudah ‘main’ di sosial media.

Memiliki website bisnis akan meningkatkan kepercayaan pengunjung. Mungkin selama ini Anda ragu untuk membuat website karena kurangnya skill dan wawasan teknis di bidang pengembangan web. Jangan khawatir, website masa kini tidaklah serumit dulu.

Manfaatkan WordPress, platform blogging gratis yang bisa digunakan siapa saja. Soal desain, Anda bisa mengambil template gratis yang bisa dikustomisasi hanya dengan drag and drop. Tidak perlu lagi susah-susah belajar bahasa pemrograman yang rumit.

Soal biaya, yang perlu Anda beli hanyalah hosting dan domain. Harganya dijamin tidak akan menguras kantong. Kalau ingin lebih hemat, Anda bisa memanfaatkan hosting gratis Indonesia dari Niagahoster.

Riset Pasar: Satu Langkah Menuju Bisnis Go Online

Riset pasar menuju bisnis go online

Sama seperti pasar fisik, bisnis online juga punya segmentasi market. Anda perlu tahu siapa yang akan membeli produk Anda dan di mana Anda bisa menjangkau mereka. Wawasan pasar akan sangat diperlukan dalam strategi ‘jemput bola’.

Kalau sudah dapat insight tentang calon pembeli, arahkan semua strategi untuk membidik mereka. Gunakan desain visual, teks, video, dan audio sesuai karakter dan selera calon konsumen. Tujuannya agar pemasaran Anda tepat sasaran dan persuasif.

Berarti urutannya adalah riset pasar, persiapan, kemudian eksekusi. Sudah siap mencoba bisnis go online?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Ukuran Kertas A2

Ukuran Kertas A2

Panjang dan lebar setiap kertas tentu berbeda-beda, salah satunya yaitu ukuran kertas A2 yang biasa digunakan dalam industri percetakan. Perbedaan tersebut bisa Anda temukan dengan melihat ketebalan masing-masing kertas. Perbedaan…
Selengkapnya
Ukuran 2R

Ukuran Foto 2R dan Penggunaannya

Ukuran 2R merupakan jenis ukuran yang biasanya digunakan untuk mencetak sebuah foto. Di dunia percetakan, foto memang memiliki ukuran yang berbeda dari percetakan lainnya. Ulasan singkat di bawah ini akan…
Selengkapnya