Barakallah Fii Umrik Artinya dan Jawabannya

Barakallah Fii Umrik Artinya, Tulisan Arab, Latin dan Juga Jawabannya – Di dalam Islam, ada banyak sekali ungkapan ungkapan yang berisi doa untuk saudaranya. Dan makin ke sini, kita makin mendapati banyak sekali umat Islam yang menggunakan kalimat kalimat tersebut.

Salah satu ungkapan yang paling populer adalah barakallah fii umrik. Iya kan? Dan sebagian besar di antara anda pasti banyak yang nggak asing lagi dengan kalimat tersebut. Nah sebenarnya, Barakallah Fii Umrik Artinya apa sih?

Tentu, meskipun sering mendengar kalimat tersebut, bukan jaminan seseorang mengetahui artinya. Maka dari itu, kali ini kita akan bahas Barakallah Fii Umrik Artinya. Hal ini agar anda nggak bingung lagi ketika suatu hari nanti mendapatkan ungkapan tersebut.

Selain membahas Barakallah Fii Umrik Artinya, kita juga akan bahas jawaban apa yang bisa anda sampaikan. Karena akan jauh lebih baik jika membalas ungkapan baik orang lain ketimbang hanya mengucapkan terima kasih saja kan?

Oke, daripada penasaran, berikut adalah Barakallah Fii Umrik Artinya dan juga jawabannya yang meski anda perhatikan. 

Barakallah Fii Umrik Artinya

Bagi anda yang bisa berkomunikasi atau paling tidak punya basic bahasa Arab, pasti tahu, bahkan menganggap bahwa ungkapan ini adalah ungkapan yang paling sederhana. Berbeda halnya anggapan mereka yang tidak punya basic bahasa Arab sama sekali. 

Nah ungkapan barakallah fii umrik ini akan anda dapati ketika ada orang yang berulang tahun, alias kedatangan hari kelahirannya.

Yang mana, hari kelahiran merupakan salah satu momen dimana waktu hidup atau jatah hidup kita berkurang. Dan daripada hanya sekedar dirayakan mewah mewahan, menghabiskan uang, tentu akan lebih baik jika diisi dengan doa doa, dan melakukan kegiatan kegiatan yang bermanfaat bagi banyak orang.

Hal ini agar usia yang anda miliki lebih berkah mungkin. Jika anda mempunyai orang orang terdekat yang berulang tahun, maka anda bisa memberikan ungkapan barakallah fii umrik. Yang mana, ia merupakan sebuah doa ataupun ungkapan yang bisa diucapkan ketika ada seseorang yang berulang tahun.

Tentu saja, dengan harapan, yang berulang tahun diberikan keberkahan oleh Allah. Barakallah Fii Umrik Artinya bisa semoga Allah memberikan keberkahan atas usiamu, semoga Allah memberikan keberkahan atas umurmu, semoga Allah memberikan keberkahan atas kelahiranmu, dan semoga Allah memberkahi kehidupanmu.

So, itulah Barakallah Fii Umrik Artinya. Sederhana, tapi sangat bermakna kan? Maka dari itu, jika anda menemukan ada orang yang sedang berulang tahun, bisa ucapkan saja barakallah fii umrik ya. Di dalam sebuah hadis, disebutkan:

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Yang artinya : “Doa seorang muslim untuk saudaranya sesama muslim tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajab. Di atas kepalanya orang yang berdoa ada malaikat yang sudah diutus. Hingga tiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan, ‘Amin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu.”

Dengan landasan hadits tersebut, tentu tidak ada salahnya mendoakan teman kita ketika mereka berulang tahun. Karena memang mendoakan orang lain yang seiman dengan kita merupakan salah satu hal yang sangat baik. Apalagi dengan menilik Barakallah Fii Umrik Artinya yang sangat sangat baik. 

Baca Juga :  Soal UAS MTK Kelas 9 Semester 1

Dan secara umum, mendoakan seseorang yang berulang tahun dengan kalimat barakallah fii umrik adalah hal yang boleh, atau mubah. Namun, kami sarankan anda untuk mengucapkannya tidak kepada semua orang.

Dalam artian, orang yang akan anda ucapkan tersebut adalah orang yang memiliki pemahaman sama dengan anda. Yakni, mereka yang juga beranggapan bahwasanya mendoakan orang yang berulang tahun dengan kalimat barakallah fii umrik adalah hal yang diperbolehkan, bukan sebaliknya.

Karena akan repot urusannya jika ternyata orang yang anda ucapkan berpemahaman yang berbeda, alias menganggapnya sebagai sesuatu yang haram.

Jawaban Barakallah Fii Umrik

Nah, itu tadi kan kalimat yang bisa anda ucapkan ketika ada yang berulang tahun. Lantas, gimana nih kalau misalnya anda yang mendapatkan ungkapan tersebut? Tentu saja ungkapan tersebut, yang notabenenya adalah sebuah doa meski dijawab.

Dan setelah membahas Barakallah Fii Umrik Artinya, sekarang kita akan bahas apa sih jawaban dari barakallah fii umrik itu sendiri? Sebagai umat Islam, kita pasti sadar dan tahu, bahwasanya akan lebih afdhal jika kita memberikan jawaban atas doa yang diberikan oleh orang lain kepada kita.

Termasuk ketika diberikan ucapan Barakallah Fii Umrik Artinya. Nah sejauh ini, apakah anda sudah tahu harus menjawab apa? Kalau belum, kita bahas dulu ya.

Jadi, ketika ada yang mengucapkan kalimat barakallah fii umrik, maka anda bisa memberikan jawaban wa fiik barakallah. Adapun jawaban dari kalimat tersebut adalah ‘dan semoga Allah juga memberikan keberkahan kepada kamu’. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

المُسلِمُ أَخُو المُسلِمِ لاَ يَظلِمُهُ وَلَا يَخذُلُهُ وَلَا يَحقِرُهُ التَقوَى هَاهُنَا وَ يُشِيرُ إِلَى صَدرِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ بِحَسبِ امرِىءٍ مِنَ الشَّرِّ أَن يَحقِرَ أَخَاهُ المُسلِمَ كُلُّ المُسلِمِ عَلَى المُسلِمِ حَرَامٌ دَمُهُ وَ مَالُهُ وَ عِرضُهُ . رَوَاهُ مُسْلِم

Artinya : “Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya; Tidak boleh menzalimi atau menghinakan atau mencelanya. Ketakwaan ada di sini –sambil menunjuk ke arah dada tiga kali. Cukuplah seorang muslim itu menjadi jelek hanya dengan mencela saudaranya sesama muslim. Setiap muslim terhadap muslim yang lain diharamkan darahnya, harta, serta kehormatannya.” (H.R. Muslim)

Penutup

Oke, itulah dia sekilas tentang Barakallah Fii Umrik Artinya, dan juga jawaban yang bisa anda berikan ketika mendapatkan doa di hari baik, yakni di hari ulang tahun anda.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan semoga bisa diamalkan ya. Jangan lupa juga memberitahukannya kepada orang orang, atau kepada teman teman anda yang belum tahu Barakallah Fii Umrik Artinya, dan jawabannya.