5 Doa Anak Sakit Supaya Cepat Sembuh Terbaik 

5 Doa Anak Sakit Supaya Cepat Sembuh Terbaik  – Sakit merupakan salah satu fase yang pasti dialami oleh setiap manusia. Mulai dari kalangan anak-anak sampai dengan orang tua. Dan pada umumnya penyakit yang menimpa seseorang tidak pernah diprediksi kapan akan datangnya.

Bahkan kadang tidak jarang sakit menimpa seseorang secara tiba-tiba. Termasuk yang dialami oleh anak-anak yang sakit. Ketika mendapati anak sedang sakit tentu kita sebagai orang tua merasa Iba dan menaruh rasa khawatir yang kadang sangat berlebihan.

Tapi sebagai seorang muslim yang baik tentu kita menyadari bahwasanya sakit datang dari Allah dan hanya Allah yang akan menyembuhkannya. Dan sebagai manusia kita hanya dituntut untuk berikhtiar dan berdoa. Tidak ada sakit yang tidak ada obatnya.

Maka dari itu ketika anak anda sedang dilanda rasa sakit untuk saat ini jangan terlalu panik berlebihan dan berprasangka buruk terhadap Tuhan. Melainkan tetaplah Tenangkan hati Anda kemudian berdoa kepada Allah supaya anak Anda diberikan kesehatan dan penyakitnya diangkat oleh Allah.

Kalau sudah berdoa dan berikhtiar maka ikhlaskan Apapun Yang Terjadi. Nah menariknya di dalam Islam sendiri terdapat banyak sekali doa-doa yang bisa dipanjatkan oleh setiap orang. Di mana doa-doa tersebut merupakan harapan dan permintaan kita kepada Allah Yang Maha Kuasa.

Termasuk doa untuk anak sakit. Beberapa diantara anda mungkin masih belum terlalu sering mendengar doa anak sakit. Itulah mengapa kali ini kami akan memberikan ulasan terkait dengan doa anak sakit agar diberikan kesembuhan kepadanya.

Berikut ini merupakan doa anak sakit supaya cepat sembuh yang bisa anda hafalkan. Dan jangan lupa juga untuk dipraktekkan ketika anak anda sedang sakit.

Doa Anak Sakit Supaya Cepat Sembuh

Sebagai seorang hamba kita dituntut untuk selalu bermohon dan berdoa hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Terutama ketika kita sedang berada di fase-fase yang sulit.

Termasuk di dalamnya saat anak sedang sakit. Dan sebenarnya selain ketika sakit dalam kondisi bahagia pun kita dituntut untuk terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ketika sedang dilanda sakit maka kita berharap diberikan kesembuhan kepada diri kita ataupun orang yang ada di sekitar kita.

Dan bagi seorang Muslim berdoa merupakan salah satu bentuk ikhtiar yang juga harus dibarengi dengan ikhtiar yang lainnya. Salah satunya ialah dengan pergi ke dokter. Dalam sebuah kisah yang dituliskan oleh Imam an-nawawi di dalam Kitab beliau yang berjudul kitab Al Adzkar.

Bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah menjenguk sahabatnya yang tengah sakit. Lalu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memanjatkan doa agar sahabatnya disembuhkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Dan ini merupakan salah satu contoh yang harus kita teladani dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dan doa tersebut juga bisa menjadi doa anak sakit yang bisa kita praktekkan nantinya. Doa anak sakit ini bisa diberikan kepada siapapun yang tengah mengalami kondisi sakit.

Nah kira-kira apa sih doa anak sakit yang bisa dibacakan? Dalam hal ini terdapat beberapa doa anak sakit yang bisa anda gunakan nantinya. Dan masing-masing doa tentu mempunyai harapan kesembuhan yang nantinya akan diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Doa Anak Sakit Pertama

Untuk doa anak sakit yang pertama, ialah doa yang terdapat di dalam kitab al-Adzkar karya imam al-Nawawi. Tepatnya, di dalam kitab beliau yang diterbitkan pada tahun 1391 H, ditulis atau diterbitkan di Damaskus, oleh Darul Millah, halaman 113. Bunyi doa anak sakit yang pertama ialah:

Baca Juga :  Aplikasi Kora TV Live Streaming Piala Dunia

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Artinya : Allahumma rabba al-naasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas al-syaafi. Laa syafiya illa anta syifaa an laa yughaadiru saqaman.

Artinya : Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri. 

Doa ini merupakan pengharapan seorang hamba kepada Tuhannya, agar diberikan kesembuhan. Karena hanya Tuhan sajalah yang bisa menyembuhkan penyakit semua manusia. 

Doa Anak Sakit Kedua

Doa anak sakit yang kedua ini merupakan salah satu doa yang pernah dibacakan oleh Rasulullah tatkala beliau tengah mengobati salah satu sahabatnya yang tengah sakit. Adapun dia yang dibacakan oleh Rasulullah adalah:

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Latin : Imsahil ba’sa rabban naasi. Bi yadikas syifaa’u. Laa kaasyifa lahuu illa anta.

Artinya : Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau.

Sebagaimana halnya doa anak sakit yang pertama, doa ini juga merupakan doa yang dapat dibacakan untuk orang orang yang sedang sakit. Dengan harapan, Allah akan menyembuhkan penyakit orang tersebut. Karena hanya Dialah yang mahasa Syafi, yang menyembuhkan.

Doa Anak Sakit Ketiga

Selanjutnya, adalah doa yang juga sangat dianjurkan dibacakan, dengan memohonkan kesembuhan seseorang kepada Allah. Doa ini bisa dibacakan sebanyak banyaknya. 

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Latin : As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya : Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu. 

Doa Anak Sakit Keempat

Doa anak sakit yang selanjutnya, adalah doa yang dikisahkan oleh Imam Muslim. Yang mana, Rasulullah pernah menjenguk sahabatnya yang tengah sakit. Nama sahabat tersebut adalah Sa’ad bin Abi Waqqash. Rasulullah menggunakan doa ini untuk mendoakannya agar diberikan kesembuhan oleh Allah.

Dan nantinya, ketika ingin menggunakan doa anak sakit yang satu ini, yang perlu anda perhatikan hanyalah dengan mengganti kata ‘sa’ad’ atau nama Sa’ad dengan nama orang yang sedang sakit tersebut. Doa ini bisa ditemukan di dalam kitab al Adzkar karya imam al-Nawawi. 

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Latin : Allahumma Isyfi Sa‘dan. Allaahummasyfi Sa‘dan. Allaahummasyfi Sa‘dan

Artinya : Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar).

Doa Anak Sakit Ke Lima

Doa yang satu ini merupakan salah satu doa yang sangat singkat dan populer di berbagai kalangan. Dan ia bisa dibacakan kepada siapapun yang sedang sakit, dengan harapan diberikan kesembuhan oleh Allah.

Adapun doa anak sakit yang satu ini dibacakan oleh Rasulullah dahulu kala tatkala menjenguk orang badui yang tengah sakit. Sakit yang diderita oleh orang badui saat itu adalah demam. 

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Latin : Laa ba’sa thahuurun insyaa allah.

Artinya : (Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah

Gimana, anda pasti pernah mendengar doa anak sakit yang satu ini kan? Yes, karena memang sepopuler itu doanya.

Bahkan anda bisa menghafalkannya dan mengucapkannya hanya dalam hitungan beberapa detik saja. Dan doa ini merupakan pengingat kepada kita bahwasanya sakit yang diderita oleh seseorang bisa menghapuskan dosa dosanya. 

Oke gimana, gampang banget kan? Ya, anda bisa menggunakan doa manapun yang ingin anda pakai. Karena setiap doa itu baik.

Bahkan jika perlu, anda bisa memohon kepada Allah dengan menggunakan asmaul husna, atau nama namanya yang baik, yang berkenaan dengan keinginan atau hajat. Karena di 99 nama baiknya, ada banyak solusi kehidupan manusia.

Oke demikian pembahasan mengenai doa anak sakit supaya cepat sembuh kali ini, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan jangan lupa buat diamalkan ya.

Baca Juga :  Pemain Timnas Portugal Piala Dunia 2023

Jangan lupa juga untuk membagikannya kepada orang orang yang ada di sekitar anda. Hal ini agar mereka juga bisa menghafalkan dan mengamalkan doa anak sakit tersebut.