Contoh Soal Bahasa Indonesia SD Kelas 6

Contoh Soal Bahasa Indonesia SD Kelas 6 – Ujian merupakan salah satu proses belajar yang meski dilewati dan dihadapi oleh setiap siswa. Termasuk siswa yang duduk di kelas 6 sekolah dasar ya.

Nah menariknya, setiap siswa wajib mengikuti semua ujian yang ada di sekolahnya, tanpa bisa memilih pelajaran apa saja yang akan diikutinya. Salah satu mata pelajaran yang harus dihadapi adalah bahasa Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri sih, meskipun bahasa Indonesia merupakan bahasa sehari hari kita, namun tetap saja, setiap orang mesti belajar bahasa Indonesia. Karena ternyata, bahasa Indonesia yang lisan dengan bahasa yang tulisan itu berbeda.

Bahkan, nggak sedikit orang orang yang bisa menggunakan bahasa Indonesia lisan dengan baik, tapi tetap gagap, alis kesulitan ketika menghadapi ujian bahasa Indonesia. Oke, karena sebentar lagi anak SD kelas 6 bakalan menghadapi ujian, kami akan memberikan beberapa contoh soal bahasa Indonesia SD Kelas 6.

Bagi anda yang saat ini duduk di bangku kelas 6, wajib sih memperhatikan beberapa contoh soal bahasa Indonesia SD kelas 6 yang bakalan kami bahas kali ini. Berikut adalah beberapa di antaranya. 

Contoh Soal Bahasa Indonesia SD Kelas 6

Di akhir tahun seperti ini, pembahasan seputar contoh soal bahasa Indonesia SD kelas 6 merupakan salah satu pembahasan yang sangat sering dicari oleh siswa yang duduk di bangku SD ya. Hal ini karena memang akhir tahun sangat identik dengan yang namanya ujian.

Baik itu ujian yang dilaksanakan di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, menengah ke atas, sampai dengan yang duduk di bangku perkuliahan.

Maka dari itu, kalau anda masih bingung nih mau belajar apa untuk menghadapi ujian bahasa Indonesia, langsung saja simak beberapa contoh soal bahasa Indonesia SD kelas 6 berikut ini. 

Contoh 1

Untuk contoh soal bahasa Indonesia SD kelas 6 yang pertama ialah Tingkat pendidikan rendah merupakan salah kendala kemajuan sebuah negara. Antonim kata kendala dalam kalimat tersebut adalah. 

  1. Pendukung
  2. Penghambat
  3. Pelopor
  4. Masalah. 

Oke, jadi, pada contoh soal bahasa Indonesia SD kelas 6 yang pertama ini yang ditanya adalah bagian antonim. Sebelum menjawab, anda harus bisa mendeteksi maksud soalnya terlebih dahulu. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan antonim itu sendiri?

Antonim merupakan lawan kata. So, maksud dari soal adalah, apa sih lawan kata dari kendala? Dengan mengetahui maksud soal, akan memudahkan anda dalam menjawab soal loh. Karena itu, lawan kata dari kendala adalah pendukung. Maka jawabannya adalah 1, pendukung.

Contoh 2

Untuk contoh soal bahasa Indonesia SD kelas 6 yang kedua adalah Linda adalah anak yang …. Karena Lind tidak pernah mendengarkan nasihat orang tuanya. Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah. 

  1. Kepala dua
  2. Kepala udang
  3. Kepala dingin
  4. Kepala batu. 

Pada contoh soal yang satu ini, anda diminta buat mengisi kata yang masih kosong, yakni kata yang dituliskan dengan tanda titik titik. Tentu, pertanyaan yang satu ini merupakan salah satu contoh soal yang sangat mudah untuk dijawab.

Karena yang perlu anda lakukan adalah membandingkan antara kalimat yang pertama dengan kalimat kedua. Hal ini agar anda bisa menjawab pertanyaan yang ada, yakni mengisi bagian yang kosong.

Di kalimat pertama, disebutkan bahwasanya linda adalah seorang anak, kemudian dipisahkan dengan tanda titik yang mesti anda isi. Kemudian dilanjutkan dengan kalimat yang menunjukkan bahwa ia adalah anak yang nggak pernah mendengarkan nasihat.

Kira kira, kata atau istilah yang pas untuk menggambarkan seorang anak yang tidak mau mendengarkan nasihat adalah?

Tentu saja, anda meski memahami makna dari peribahasa yang ada pada bagian opsi. Dalam hal ini, jawabannya adalah 4, kepala batu. Karena peribahasa atau istilah ini merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang yang susah diberi nasehat, sebagaimana perilaku Linda. 

Contoh 3

Adapun contoh soal bahasa Indonesia SD kelas 6 yang selanjutnya ialah Ilham merupakan anak pandai di sekolahnya. Namun, ia tidak dapat memperoleh nilai yang tinggi di mata pelajaran IPA. Apabila diibaratkan peribahasa, maka peribahasa yang tepat untuk menggambarkan sosok Ilham adalah…

  1. Tidak ada gading yang tidak retak
  2. Tiada rotan akar pun jadi 
  3. Tak ada biduk karam sebelah 
  4. Tiada raja menolak sembah. 

Soal tentang peribahasa memang sangat identik dengan sekolah dasar ya. Apalagi untuk anak yang duduk di bangku kelas 6. Sehingga, saat sudah menginjak ujian, atau mendekati ujian, pasti sudah banyak sekali peribahasa yang anda dapatkan.

Dan siapa sangka, jika pengetahuan peribahasa anda merupakan salah satu modal yang berharga untuk menghadapi ujian. Karena memang, nggak sedikit soal yang membahas peribahasa. Termasuk contoh soal bahasa Indonesia SD kelas 6 yang satu ini.

Di soal tersebut, disebutkan bahwasanya Ilham ini adalah anak yang cerdas, tapi sangat disayangkan ia punya kelemahan di mata pelajaran IPA. Soal tersebut mengharuskan anda untuk memilih peribahasa yang cocok untuk Ilham.

Untuk menjawabnya, anda meksi memahami maksud dari masing masing peribahasa yang terdapat pada opsi. Makna masing masing peribahasa, barulah anda bisa memilih mana yang cocok untuk Ilham. Iya kan?

Dan pada persoalan kali ini, peribahasa yang cocok untuk menggambarkan Ilham adalah 1, tidak ada gading yang tak retak.

Yang mana, peribahasa yang satu ini merupakan peribahasa yang digunakan untuk menggambarkan, bahwasanya nggak ada satupun manusia tanpa kelemahan. Begitupun Ilham, dan orang orang di luaran sana. So, jika anda mendapati kasus yang serupa, gunakan saja peribahasa yang satu ini. 

Contoh 4

Sebagai seorang siswa, dan sudah belajar bahasa Indonesia dari kelas 1 sampai dengan 6, anda diharapkan bisa banget nih membuat sebuah kalimat yang padu, yakni kalimat yang runtut. Dan pada umumnya, soal soal seperti ini akan sangat identik dengan soal ujian loh.

Adapun salah satu contoh soal bahasa Indonesia SD kelas 6 yang berbau penyusunan kalimat atau paragraf padu adalah. Perhatikan kalimat-kalimat berikut! 

(1) Meja dan kursi tersusun rapi. 

(2) Selain itu, lantai kantin bebas sampah. 

(3) SD Lima Belas mempunyai kantin yang bersih dan nyaman. 

(4) Kipas angin membuat suasana kantin menjadi lebih sejuk. 

Urutan yang benar supaya kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf padu adalah …. 

Contoh soal bahasa Indonesia SD kelas 6 kali ini mengharuskan anda untuk membuat sebuah kalimat yang padu, dengan cara menyusun kalimat yang sudah tersedia pada nomor nomor tersebut.

Dalam menyusunnya, anda meski mencari mana kalimat yang pas, karena masing masing kalimat akan berkaitan satu dengan yang lain, sehingga jadilah paragraf yang padu. 

Oke, itulah dia contoh soal bahasa Indonesia SD kelas 6 yang meski anda pahami. Anda bisa mempelajari beberapa materi di atas. Dan sebenarnya, masih banyak materi lainnya yang juga masuk ke dalam soal bahasa Indonesia yang nantinya akan anda hadapi.

Tapi paling tidak, pahami maksud contoh di atas, maka anda sudah bisa menjawab beberapa soal. Iya kan? Kunci mengerjakan soal bahasa Indonesia sendiri adalah dengan memahami soal soal yang ada dengan baik dan tepat. Karena nggak sedikit loh soal soal yang justru menjebak.

Dan anda meski berhati hati ketika mendapati soal soal yang tampaknya agak mirip tersebut. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan semoga ujiannya lancar ya.