Perbedaan Arti Wa Iyyaki Wa Iyyaka Wa Iyyakum Terbaik 2023

Perbedaan Arti Wa Iyyaki Wa Iyyaka Wa Iyyakum Terbaik 2023 – Makin ke sini, tampaknya semakin banyak umat Islam yang kerap menggunakan istilah dan doa doa dalam kehidupan sehari harinya.

Dan biasanya, istilah dan doa doa tersebut mulai menggantikan posisi istilah dalam bahasa indonesia yang biasanya digunakan mereka. Mulai dari mengganti kata terimakasih dengan jazakillah khairan, istilah hati hati di jalan dengan istilah fii amanillah. Dan yang lainnya.

Namun di artikel ini, kita nggak akan membahas semua istilah tersebut. Kita hanya akan membahas wa iyyaki wa iyyaka, dan juga wa iyyakum. Nah sebenarnya, apa sih perbedaan arti wa iyyaki wa iyyaka wa iyyakum?

Karena mungkin, masih ada nih beberapa di antara anda yang bingung perbedaan arti wa iyyaki wa iyyaka wa iyyaakum. Iya kan?

Nah tenang saja ya, karena setelah membaca artikel ini, anda akan menemukan jawabannya kok. Karena kami akan bahas untuk anda. Daripada penasaran, yuk simak perbedaan wa iyyaki waiyyaka wa iyyakum berikut. 

Perbedaan Arti Wa Iyyaki Wa Iyyaka Wa Iyyakum

Istilah wa iyyaka wa iyyaki wa iyyakum ini merupakan salah satu istilah dalam islam yang sudah mulai populer di berbagai kalangan. Bahkan munkgin, anda sering kali mendengar istilah tersebut kan?

Baik itu ketika sedang berselancar di media sosial, atau sedang ngobrol dengan beberapa orang, atau bahkan ketika sedang mengikuti sebuah forum, dan yang lainnya.

Nah sederhananya, wa iyyaki wa iyyaka dan wa iyyakum akan anda temukan dan dapatkan saat mendapatkan ucapan ‘jazakallah khair’ yang berarti semoga Allah membalas kamu dengan kebaikan. Yang mana, ungkapan ini merupakan salah satu ungkapan pengganti kata terimakasih.

Daripada hanya sekedar mengucapkan terimakasih sebagai bentuk hormat dan penghargaan, mending ucapkan jazakallah khair kan? Karena ia bukan hanya berisi tentang ungkapan terimakasih doang, atau ucapan penghargaan atas kebaikan seseorang.

Melainkan sebuah istilah yang di dalamnya berisi doa. Lantas, apa sih perbedaan arti wa iyyaki wa iyyaka wa iyyakum? Nah dalam bahasa Arab sendiri, ada yang namanya ilmu sharaf. Yang mana, dengan memahami ilmu satu ini akan mempermudah anda dalam mengartikan wa iyyaki wa iyyaka dan wa iyyakum.

Namun karena ini hanya sebatas ungkapan sehari hari, anda tidak perlu bingung, karena kami akan ulas sekilas kok. Sederhana, namun bisa dipahami dengan mudah. 

Wa Iyyaka

Sebelum kita bahas perbedaan arti wa iyyaki wa iyyaka wa iyyakum, tentu kita meski bedah satu persatu makna dari kata tersebut ya. Dan kalau sudah selesai dibedah, barulah kita bisa menemukan perbedaan arti wa iyyaki wa iyyaka wa iyyakum.

Karena bagaimanapun, mengartikan satu per satu adalah hal yang penting untuk memudahkan proses pemahaman perbedaan arti wa iyyaki wa iyyaka wa iyyakum nya nih. Dan yang pertama kita bahas adalah wa iyyaka.

Arti dari kata wa iyyaka adalah ‘dan kepadamu juga’. Kata satu ini bisa diucapkan ketika anda akan mengatakan kalimat tersebut kepada lawan bicara yang berjenis kelamin laki laki. Yes, kata wa artinya adalah dan. Sementara iyyaka adalah kepada kamu juga laki laki.

Bagaimana kita bisa tahu kalau kalimat wa iyyaka ini diperuntukkan bagi laki laki? Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, bahwa dalam ilmu sharaf itu ada yang namanya dhamir. Nah dhamir ini berarti kata ganti orang.

Yang mana, kata ka di bagian akhir kalimat mengacu kepada jenis kelamin laki laki. Gimana, paham kan ya? So, jika ada seorang laki laki yang mengatakan jazakallah khair, atau jazakillah khair kepada anda, maka anda bisa menjawabnya dengan kalimat wa iyyaka. Sesederhana itu loh. 

Wa Iyyaki

Setelah kalimat wa iyyaka, sekarang ada juga nih kalimat wa iyyaki. Nah, kalau wa iyyaka kan buat yang berjenis kelamin laki laki, lantas kalau yang wa iyyaki untuk siapa?

Kalau dhamir atau kata ganti orang ‘ka’ di bagian belakang istilah atau kalimat tersebut berarti laki laki, maka kata ki pada kalimat satu ini diperuntukkan bagi perempuan. Artinya adalah kamu perempuan. Maka, arti lengkap dari wa iyyaki adalah dan kamu juga perempuan.

Oleh karena itu, ketika ada seorang perempuan yang mengatakan jazakillah khair atau jazakallah khair, jawaban yang bisa anda berikan adalah wa iyyaki, bukan wa iyyaka ya. Sesederhana itu.

Wa Iyyakum

Sementara yang terakhir adalah wa iyyakum. Dan arti dari wa iyyakum sebenernya nggak berbeda jauh kok dengan istilah istilah yang sebelumnya. Di mana, makna dari wa iyyakum ini ialah dan kepada kalian juga. Yang namanya kata kalian, itu berarti lebih dari dua orang kan?

So, ini bisa disebutkan bagi anda yang mau mengatakannya kepada lebih dari dua orang. Atau, kalau dalam bahasa kita biasanya disebut dengan jamak. 

Gimana, sekarang sudah paham perbedaan arti wa iyyaki wa iyyaka wa iyyakum? Kalau belum, kami akan sederhanakan ya. Jadi, kalimat tersebut sebenarnya mempunyai makna yang sama.

Yakni mendoakan kembali orang yang mengucapkan terimakasih dengan mengucapkan jazakallah khair. Hanya saja, anda meski menjawab ucapan tersebut berdasarkan jenis kelamin yang menyebutkan.

Jika yang mengucapkannya adalah wanita, maka anda bisa membalasnya dengan wa iyyaki, jika laki laki, anda bisa menjawab dengan wa iyyaka, dan sementara kalau untuk banyak orang, sebutkan atau doakan dengan wa iyyakum. Gimana, paham banget kan?

Nah maraknya penggunaan istilah ini dalam menjawab doa orang lain sebenarnya adalah sesuatu yang sangat sangat baik, dan tampaknya harus menjadi kebiasaan, atau kita jadikan sebagai sebuah habit. Karena ini adalah salah satu kebiasaan yang bener bener sudah harus dilestarikan deh.

Apalagi, sebagai sesama muslim kan memang kita dianjurkan untuk selalu mendoakan saudara kita. Daripada hanya sekedar mengucapkan terimakasih sebagai penghargaan, tentu akan lebih baik jika kita mengucapkannya dengan memberikan doa doa baik kepada saudara kita kan?

Dan nantinya, ia juga akan mendoakan kebaikan kepada kita. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam hadis, yang bunyinya:

Rasulullah SAW bersabda :

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Artinya : “Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, ‘Dan bagimu juga kebaikan yang sama.’” (HR. Muslim)

Hadits lain yang juga masih sangat berkaitan dengan mendoakan sesama muslim ialah

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Artinya : “Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama muslim) tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajab. Di atas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang telah diutus. Sehingga setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan, ‘Amin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu.’

Nah itulah dia pembahasan kita seputar perbedaan arti wa iyyaki wa iyyaka wa iyyakum yang mesti dipahami. Mulai sekarang, yuk mulai mengucapkan kata jazakallah khair atau jazakillah khair, atau jazakumullah khair ketika mendapatkan kebaikan, dan jangan lupa juga untuk membalasnya dengan wa iyyaka waiyyaki, ataupun wa iyyakum ketika mendapatkan ucapan jazakilah khair.

Demikian ulasan kali ini, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat belajar dan menggunakan ilmu sederhana ini ya.

sumber gambar: pixabay