5 Perbedaan Webinar dan Meeting Online yang Wajib Diketahui

Kamu tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan aktivitas webinar dan meeting online ? Sayangnya banyak orang yang masih belum tahu perbedaan webinar dan meeting online. Banyak orang yang masih mengira webinar dan meeting online adalah aktivitas yang sama.

Istilah meeting online dan webinar adalah dua istilah yang berbeda dengan kegiatan yang hampir sama. Keduanya sama-sama menggunakan teleconference dengan tatap muka yang dilakukan secara virtual. Siapa saja bisa mengikuti kegiatan ini di mana saja tanpa harus hadir untuk bertemu langsung.

Antara webinar dan meeting online mempunyai perbedaan yang masih jarang diketahui. Ada 5 hal mendasar yang menjadi pembeda antara webinar dan meeting online, kelima hal tersebut yaitu:

1. Esensi dan Tujuan

Meeting Online

Perbedaan antara meeting online dan webinar yang paling mendasar adalah esensi dan tujuannya. Esensi atau isi dari webinar adalah memberikan informasi tertentu dengan tujuan melakukan edukasi kepada banyak orang.

Webinar sama halnya dengan seminar offline, hanya saja pelaksanaannya secara virtual tanpa pertemuan langsung. Kegiatan selama webinar sama halnya dengan seminar di mana ada pembicara atau pemateri dan moderator. Pada saat webinar juga ada sesi tanya jawab antar peserta dengan pemateri.

Baca Juga :  Ukuran Foto 5R dan Bingkai yang Cocok Untuk Foto 5R

Salah satu contoh webinar adalah kuliah online, sekolah online, talk show, dan lain sebagainya. Pada intinya tujuan dari webinar adalah memberikan edukasi tertentu kepada audiens.

Sedangkan esensi atau tujuan dari meeting online sangat berbeda dengan webinar. Meeting online dilaksanakan secara terbatas dan tertutup dengan tujuan untuk membahas suatu hal. Jika webinar sama dengan seminar maka meeting online sama dengan rapat atau meeting secara offline.

Biasanya meeting online dilaksanakan oleh perusahaan untuk membahas suatu hal. Meeting online juga bisa dilakukan antara perusahaan dengan klien untuk membahas produk atau proyek tertentu. Pada intinya meeting online lebih bersifat tertutup dan terbatas.

2. Jumlah Peserta

Zoom Meeting

Perbedaan lainnya antara webinar dan meeting online adalah jumlah peserta yang hadir di dalamnya. Sebuah meeting online bisa dilakukan minimal 2 orang. Sedangkan webinar jumlah pesertanya minimal adalah 50 orang.

Peserta meeting online memang sangat terbatas sesuai dengan kepentingan meeting yang akan dilakukan. Berbeda dengan webinar, peserta webinar lebih banyak tergantung dari target pelaksananya. Biasanya peserta webinar bisa mencapai ratusan bahkan ribuan orang.

Baca Juga :  6 Cara Cek Tagihan Listrik Termudah Melalui HP

Peserta webinar bisa saja tidak terbatas jika webinar bersifat terbuka tanpa harus melakukan pendaftaran. Jika ingin membatasi jumlah peserta biasanya pelaksana membuka pendaftaran. Jadi hanya peserta yang sudah terdaftar saja yang bisa mengikuti webinar tersebut.

3. Interaksi Antar Peserta

Interaksi Antar Peserta Meeting

Perbedaan meeting online dan webinar yang selanjutnya ada pada interaksi antar peserta. Dalam webinar interaksi peserta hanya satu arah saja, artinya hanya pemateri yang bisa mengakses tools penunjang pada saat webinar. Para peserta atau audiens hanya bisa mendengarkan saja.

Pada webinar materi yang diberikan hanya dari satu orang ke banyak orang atau one to many. Jadi hanya pemateri atau moderator saja yang bisa melakukan akses share layar dan sebagainya.

Di dalam webinar peserta juga bisa mengajukan pertanyaan kepada pemateri, hanya saja pertanyaan disampaikan melalui jendela chat yang sudah tersedia. Antar peserta juga bisa menanggapi pertanyaan.

Berbeda dengan meeting online, semua peserta meeting online mempunyai hak yang sama untuk menyampaikan pendapat maupun aspirasinya. Dengan kata lain semua peserta meeting mempunyai akses untuk share layar dan menggunakan tools host pada saat meeting.

Penyampaian materi dalam meeting online dilakukan many to many atau untuk banyak orang. Jadi siapa saja dalam meeting tersebut bisa menyampaikan materi.

Baca Juga :  Standar Ukuran KTP Indonesia dan Dunia

4. Waktu Pelaksanaan

Google Meet

Perbedaan lainnya antara webinar dan meeting online adalah waktu pelaksanaan. Waktu pelaksanaan webinar biasanya sudah ditentukan dengan durasi tertentu. Pada umumnya pelaksanaan webinar maksimal 2 jam.

Berbeda dengan meeting online, waktu pelaksanaannya memang sudah ditentukan namun durasinya tidak terbatas. Artinya meeting online bisa saja selesai dalam 5 jam atau lebih bahkan bisa seharian. Tentu saja hal ini tergantung dari pembahasan dalam meeting tersebut.

5. Aplikasi dan Fitur yang Digunakan

Aplikasi Meeting Online

Antara webinar dan meeting online juga ada perbedaan dalam penggunaan aplikasi dan fitur yang ada di dalamnya. Webinar dan meeting online bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi gratis maupun berbayar. Namun dalam pelaksanaannya ada perbedaan fitur yang digunakan.

Misalnya saja jika menggunakan aplikasi Zoom, fitur yang digunakan pada saat meeting online dan webinar sangat berbeda. Perbedaan webinar dan meeting online Zoom biasanya ada pada akses untuk share layar dan sejenisnya. Kontrol tools pada saat pelaksanaan juga berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Sudah jelas bukan perbedaan webinar dan meeting online? Sekarang jangan samakan lagi antara webinar dan meeting online. Keduanya adalah dua aktivitas yang serupa tapi tidak sama.