Contoh Teks Negosiasi Singkat Jual Beli dan Strukturnya

Contoh Teks Negosiasi Singkat Jual Beli dan Strukturnya – Kegiatan jual beli sangat erat kaitannya dengan proses tawar menawar, antara dua belah pihak. Yakni, dari pihak pembeli dengan pihak pedagang. Dan pada umumnya, banyak sekali masyarakat kita yang suka menawar ketika membeli sesuatu di sebuah tempat.

Namun yang menjadi catatannya, tidak semua tempat yang menjual barang bisa dilakukan praktek tawar menawar ini. Misalnya, ketika anda memilih untuk berbelanja di minimarket ataupun di supermarket.

Nah, sebelum melakukan kegiatan tawar menawar ini, akan lebih baik loh jika anda mengetahui dulu contoh teks negosiasi. Yes, karena yang namanya kegiatan tawar menawar ini adalah kegiatan negosiasi dua pihak. 

Bagi yang suka berbelanja dan suka nawar, tampaknya memang akan bagus banget sih kalau belajar dari contoh teks negosiasi. Hal ini agar kegiatan tawar menawar yang anda lakukan bisa berjalan sesuai dengan keinginan.

Dan kabar baiknya, saat ini sudah banyak banget kok teks ataupun contoh teks negosiasi yang bisa anda temukan di berbagai tempat dan media. Termasuk di situs kami.

Selain itu, masih banyak juga situs situs lainnya yang juga memberikan beberapa contoh teks negosiasi yang mungkin anda butuhkan nantinya.

Karena saat ini media sudah berkembang sangat pesat, itu artinya kalau mencari contoh teks negosiasi, anda sudah nggak meski lagi beli buku yang notabenenya pasti bakalan memakan sejumlah uang. Iya kan? So, kalau ada yang penasaran, langsung saja deh simak conoth teks negosiasi berikut ini.

Pengertian Teks Negosiasi

Sebelum lari ke contoh teks negosiasi, tentu akan lebih bijak kalau kita bahas apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan teks negosiasi itu sendiri. Iya kan? Karena bagaimanapun, dengan mengetahui makna dari teks negosiasi, bakalan memudahkan anda deh dalam membuat teks sendiri nantinya. 

Oke, yang dimaksud dengan teks negosiasi adalah salah satu teks yang berguna untuk mencapai tujuan bersama, dan nggak akan ada pihak yang merasa dirugikan. Sehingga, di dalamnya bakalan ada pihak yang meminta keputusan, dengan yang memberikan keputusan.

Karena yang namanya proses negosiasi kan kegiatan yang melibatkan dua belah pihak. Sebagaimana yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Kegiatan jual beli adalah salah satu contoh konkrit yang ada di sekitar kita. Dan ini merupakan contoh yang sangat real, karena kita sendiri mengalaminya.

Di dalam teks ini, anda bakalan memperoleh sebuah hal yang diputuskan sesuai dengan kesepakatan anda dengan pihak pembeli atau penjual. Tergantung, posisinya anda menjadi pihak yang mana. Hal ini bertujuan supaya mengurangi adanya perbedaan antara keduanya.

Pada umumnya, materi negosiasi ini sudah anda dapatkan ketika belajar di bangku kelas 10, alias ketika masih duduk di bangku sekolah menengah atas loh. Yap, tepatnya di mata pelajaran bahasa indonesia. Untuk yang sudah lupa, nggak papa, karena kita akan ulas kembali, agar anda bisa mengingatnya kembali.

Struktur dalam Teks Negosiasi

Setiap jenis teks punya strukturturnya masing masing. Dan tiap jenis biasanya berbeda beda ya. Dan sebagai calon pembuat sebuah teks, anda dituntut untuk mengetahui struktur teksnya. Hal ini agar teks yang dibuat sesuai dengan kebutuhan, dan tepat sasaran.

Ini juga berlaku ketika anda akan membuat teks negosiasi. Dalam proses pembuatannya, anda harus tahu struktur teksnya seperti apa. Nggak boleh asal asalan, dan mengabaikan strukturnya ya. Adapun struktur teks negosiasi adalah:

Orientasi

Untuk struktur pertama adalah bagian orientasi. Yang namanya orientasi itu pengenalan. Nah dalam hal ini, anda meski memperkenalkan.

Nantinya, bagian orientasi ini berisi salam pembuka, kemudian ada kata pembukaan, yang memang bisa memperkenalkan apa sih maksud dari teks negosiasi yang anda buat kepada para pembacanya penawaran anda. Bagian yang satu ini nggak boleh sampai diabaikan, apalagi sampai dilewatkan deh. 

Baca Juga :  10 Rekomendasi Mouse Murah Terbaik, Fiungsional dan Andal

Permintaan

Bagian teks negosiasi yang kedua adalah permintaan. Kalau sudah selesai membuat bagian orientasi, maka yang berikutnya adalah bagian permintaan.

Yes, bagian ini juga merupakan bagian yang sangat penting, dan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Karena nantinya bakalan ada pengadaan barangnya, anda akan menunjukkan harga, atau sesuatu yang memang disepakati oleh kedua belah pihak.

Pemenuhan

Sementara struktur yang berikutnya ialah pemenuhan. Bagian yang ini bakalan sesuai dengan yang sudah anda minta, apakah memang barangnya tersedia atau nggak.

Untuk proses pemenuhan barang, tentu akan menjadi tanggung jawab pihak yang mengadakan barang ya. Kalau misalnya anda adalah pihak pembeli, maka pihak yang memenuhinya tentu pihak penjualnya. Sehingga, nantinya tinggal lihat saja stok yang sesuai dengan permintaan.

Penawaran

Struktur pada teks negosiasi yang berikutnya adalah bagian penawaran. Nah, kalau misalnya sudah selesai dengan penyanggupan pemenuhan, nanti bakalan terjadilah kegiatan negosiasi atau penawaran. Dan dalam hal ini, yang akan menjadi negosiasi adalah bagian harganya ya.

Atau, bis ajuga yang lainnya kok. Yang mana, nantinya anda bisa banget mencari yang sesuai dengan budget pastinya.

Hal ini agar anda bisa menyetujui, dan juga mengambil barang sesuai dengan penawaran yang tadi sudah diberikan. Intinya, ini akan berisi kegiatan negosiasinya, dan menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan. Kalau sama sama merasa cocok, barulah akan ada kegiatan yang berikutnya.

Persetujuan

Jika sudah melakukan proses negosiasi atau tawar menawar, maka yang berikutnya ialah ke tahap yang terakhir adalah bagian persetujuan. Hanya saja, kegiatan ini hanya bisa berjalan saat kedua belah pihaknya sudah sama sama oke dan setuju ya.

Misalnya ada salah satu pihak yang kurang setuju, maka kegiatan persetujuan tidak akan dilakukan. Karena dengan persetujuan kedua belah pihak, nantinya prosesnya akan lebih enak.

Yang pasti, jangan terlalu dipaksakan, jika memang ada salah satu pihak yang kurang setuju. Jangan ada proses pemaksaan deh. Karena ini bakalan membuat salah satu pihak ada yang merasa dirugikan.

Pembelian

Kalau keduanya setuju, maka dilakukanlah proses pembelian. Anda bisa membeli barang atau sesuatu sesuai dengan yang sudah disepakati sejak awal. 

Penutup

Jika ada bagian pembuka, maka yang terakhir juga harus ada bagian penutup ya. 

Contoh Teks Negosiasi

Oke, sebagaimana yang sudah kami sebutkan sebelumnya, bahwa selain memberikan informasi seputar apa yang dimaksud dengan teks negosiasi, kami juga akan memberikan contoh teks negosiasi yang meski menjadi perhatian bagi anda.

Siap tahu, ada beberapa di antara anda yang tertarik dan sedang belajar untuk melakukan negosiasi saat akan membeli sebuah barang. 

Pembeli : Halo, selamat sore, pak.

Penjual : Pagi pak, apakah ada yang bisa dibantu?

Pembeli: Apakah saya bisa memesan kasur yang berukuran paling besar, di sini?

Penjual : Bisa pak, kira-kira mau memesan yang warna apa ya?

Pembeli : Saya ingin memesan yang berwarna hijau saja dengan motif batik kalau bisa, bisa nggak ya?

Penjual : Kalau untuk jenis yang bapak inginkan, untuk motif batik belum ada pak. Kalau sesuai dengan yang bapak inginkan, hanya ada motif polosan saja. Atau, ada yang motif batik, tapi sayang ukurannya tidak yang paling besar bapak. 

Pembeli : Yasudah, kalau demikian, saya tetap beli yang paling besar saja. Tidak masalah kalah yang ada hanya motif polosan. 

Penjual : Baik pak. Sesuai dengan keinginan bapak di awal, hanya saja motifnya polosan jadinya ya. Untuk ukuran paling besar sesuai dengan keinginan bapak itu harganya 50 jutaan bapak. Kalau yang ukuran besar biasa 35 juta. 

Pembeli: Oh iya pak, saya tetap mau yang paling besar. Tapi kira kira ada diskonnya nggak ya pak? Karena kalau dapat diskon, saya bakalan rekomendasikan deh tempat bapak ke teman teman saya. 

Penjual : Boleh, kalau begitu pak, saya kasih diskon 120 persen ya, dari harga yang tadi sudah kami berikan.

Baca Juga :  Bacaan Ratib Al Haddad Lengkap dengan Artinya

Pembeli: Kalau begitu, deal ya pak. Pesanannya kapan bisa diantarkan pak? Apakah bisa dianta 2 hari lagi?

Penjual: Bisa pak.

Pembeli: Baik kalau demikian, saya tunggu pesanannya sampai di rumah ya. Nanti akan saya kirimkan google maps alamat saya. Terimakasih.

Penjual : Sama-sama kak, pesanan akan segera kami persiapkan, ya.

Nah itulah dia sekilas tentang pengertian teks negosiasi dan juga contoh singkatnya. Semoga membantu ya.

sumber gambar: pixabay