Perbedaan Processor Intel dan AMD: Kelebihan & Kekurangannya

Berbicara mengenai processor, ada dua merek yang sekarang merajai pasar, yaitu Intel dan AMD. Namun, apa sih perbedaan processor Intel dan AMD? Antara kedua processor ini mana yang lebih baik?

Pada dasarnya, processor Intel dan AMD memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri. Persamaan prosesor AMD dan Intel terletak pada negara asalnya, yaitu Amerika Serikat. 

Mungkin ada yang lebih menyukai Intel dan mungkin ada juga yang lebih menyukai AMD. Balik lagi, ini tergantung dari selera dan kebutuhan.

Namun, agar Anda tidak bingung harus memilih processor dengan merek dagang apa, berikut kami berikan beberapa perbedaan antara processor Intel dan AMD. Kami juga akan memberikan kelebihan dan kekurangan masing-masing mereknya.

Ternyata Ini Perbedaan Processor Intel dan AMD!

Dari segi sejarahnya, kehadiran processor Intel memang lebih dulu ada daripada processor AMD. Tak heran jika processor Intel lebih populer. 

Bahkan, Intel digadang-gadang menjadi pelopor penggunaan processor pada berbagai perangkat elektronik seperti komputer.

Meski Intel lebih dulu hadir, bukan berarti AMD ini kalah bagus. Keduanya sama-sama memiliki performa yang mumpuni.

Nah, berikut perbedaan antara prosesor jenis Intel dan prosesor jenis AMD dilihat dari beberapa aspek.

Kecepatan

Kecepatan memang menjadi salah aspek yang menjadi pertimbangan saat membeli laptop. Umumnya, pembeli akan memilih laptop dengan kecepatan tinggi karena sistem kerjanya juga cepat. Dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk membuka aplikasi atau mengerjakan tugas.

Antara Intel dan AMD, ternyata kecepatan yang Intel hadirkan lebih tinggi daripada AMD. Ini berdasarkan tes benchmark. Namun, meski kecepatan AMD di bawah Intel, kecepatan AMD tidak jauh berbeda dengan Intel.

Grafis game

Buat Anda pecinta game, kini sudah banyak jenis game yang dapat dimainkan melalui laptop maupun PC. Namun, tentu ini membutuhkan processor yang kuat karena akan sangat mengganggu jika laptop atau komputer lemot. 

Jika Intel lebih cepat, AMD justru lebih mendukung untuk laptop gaming. Grafis game pada AMD terbukti jauh lebih kuat dari Intel. Tak hanya itu, AMD juga tetap dapat bertahan meski komputer mulai panas karena sudah terlalu lama dipakai.

Multimedia

Dari segi multimedia, terlihat bahwa processor Intel jauh lebih baik daripada AMD. Ini terlihat dari gambar yang dihasilkan processor Intel akan jauh lebih jelas dan tajam. 

Hal ini juga sudah terbukti dalam dunia game bahwa segi multimedia prosesor AMD masih cukup tertinggal dari Intel.

Manajemen Suhu

Umumnya, saat kita mengoperasikan komputer atau laptop dalam waktu lama, lambat laun suhu laptop atau komputer akan semakin meningkat. Ini juga menjadi tugas processor untuk mengatur suhu perangkat meski sudah ada kipas bawaan.

Agar manajemen suhu pada perangkat dapat tertangani dengan baik, sebaiknya pilih processor yang menawarkan hal ini. Dari kedua merek, ternyata Intel memiliki manajemen yang lebih baik dari AMD. Maka dari itu, Intel jauh lebih tenang dan tidak mudah panas.

Pendeteksi Virus

Kehadiran virus tentu sangat meresahkan karena dapat memberikan efek yang buruk pada kinerja laptop atau komputer. 

Beruntungnya, kini processor AMD memiliki sebuah teknologi yang dapat mendeteksi kehadiran virus. Sebelum virus menyebar dalam perangkat Anda, processor AMD akan mendeteksinya terlebih dahulu.

Namun sayangnya, kemampuan ini tidak dimiliki oleh processor Intel. Processor Intel belum memiliki teknologi canggih layaknya processor AMD.

Harga

Perbedaan antara prosesor Intel dan AMD dalam soal harga cukup signifikan. Laptop dengan processor Intel memiliki harga yang cenderung lebih mahal daripada laptop dengan processor AMD. 

Harga Prosesor AMD dan Intel

Tak hanya memiliki harga jual yang mahal, biaya perawatan dan perbaikan laptop dengan processor Intel juga cenderung membutuhkan kocek lebih banyak. Jadi, jika Anda ingin mencari laptop dengan harga murah tapi spesifikasi masih oke, sebaiknya pilih laptop dengan processor AMD saja.

Kelebihan dan Kekurangan Processor Intel dan AMD

Agar Anda semakin mantap akan memilih processor merek apa, berikut kami berikan tabel kelebihan dan kekurangan dari masing-masing merek.

Processor Intel

Kelebihan Kekurangan
Tidak mudah panas Harga jualnya mahal
Tidak mengeluarkan suara berisik saat bekerja Biaya perawatannya juga mahal
Lebih bagus dalam segi multimedia Dalam segi grafis kurang unggul
Di pasaran lebih populer

Processor AMD

Kelebihan Kekurangan
Harga lebih murah Kurang populer
Lebih unggul dalam segi grafis Dalam segi multimedia masih kalah dengan Intel
Dapat mendeteksi kehadiran virus atau malware Lebih mudah panas
Lebih baik saat menggunakan aplikasi berbasis 64 bit

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, jelas terlihat antara perbedaan processor Intel dan AMD. Secara keseluruhan, tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Semuanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika itu Anda, processor merek apakah yang akan Anda pilih setelah melihat beberapa perbedaan processor Intel dan AMD di atas? Apapun pilihannya, usahakan Anda memilihnya sesuai dengan kebutuhan ya!

Tinggalkan komentar