Cara Menggunakan Clean Master di Android

Anita Apprilia

Cara Menggunakan Clean Master di Android

Cara Menggunakan Clean Master di Android – Tahukah anda, bahwasanya, aplikasi Clean Master merupakan salah satu aplikasi yang wajib banget nih digunakan oleh para pengguna android.

Hal ini karena dengan menggunakannya, maka anda bisa membersihkan semua sampah yang ada di ponsel dengan mudah dan cepat, sehingga membuat performanya tetap maksimal. Terlebih lagi ketika mengerjakan perintah yang diberikan.

Clean Master sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile, dan merupakan salah satu aplikasi pembersih ponsel yang sangat terkenal, plus digandrungi oleh banyak orang. Yang menariknya lagi, aplikasi ini gampang banget digunakan, karena dibuat dengan tampilan yang sangat sederhana.

Meskipun demikian, tetap saja masih ada yang bingung gimana sih cara menggunakan Clean Master di android. Iya kan? Dan biasanya, yang mengalami hal ini adalah yang masih pemula. Oke, daripada penasaran, anda bisa langsung saja simak cara menggunakannya berikut ini ya. 

Cara Menggunakan Clean Master di Android

Secara umum, ada banyak hal yang bisa anda lakukan dengan menggunakan aplikasi ini. Kayak membersihkan sampah sampah yang ada, kemudian mendinginkan ponsel, dan yang lainnya. Dan masing masing penggunaan mempunyai cara yang berbeda.

Tapi sebelum pergi ke tutorial cara menggunakan Clean Master di android, anda meski mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Untuk mendownload aplikasi, anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Play Store yang ada di ponsel. Anda bisa mendownloadnya dengan sangat mudah, gratis pula.

Dan kami sarankan untuk menggunakan aplikasi antivirus yang satu ini saja. Karena dengannya, anda bisa mendapatkan banyak hal, dan ia merupakan aplikasi yang terpercaya karena kemampuannya yang sangat baik.

Yang pasti, usahakan untuk tidak menggunakan aplikasi yang tidak kredibel ya. Karena hal tersebut akan membuat ponsel anda terkena virus atau bermasalah. Oke, setelah selesai mendownload aplikasinya, baru deh ikuti tutorial berikut. 

Membersihkan File Sampah

Cara menggunakan Clean Master di android yang pertama adalah ketika anda ingin membersihkan file sampah yang sudah menumpuk di dalam ponsel. Tidak bisa dipungkiri, bahwasanya sampah sampah yang terlalu banyak akan membuat performanya menurun.

Nah kabar baiknya lagi, fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi ya fitur buat buat membersihkan file sampah. Untuk sedikit banyaknya file sampah tentu berbeda beda. Tergantung seberapa banyak aplikasi yang anda gunakan.

Dalam artian, makin banyak aplikasi yang tersimpan pada ponsel, maka akan semakin banyak pula sampah file yang ada di ponsel. Dan semua file sampah meski segera dibersihkan. Caranya bagaimana? Anda hanya perlu membuka aplikasi yang sudah terdownload di ponsel, kemudian masuk ke bagian opsi ‘junk files’. 

Dengan demikian, maka aplikasinya bakalan langsung membersihkan sampah sampah yang ada. Sesuai dengan perintah yang anda berikan. Pihak aplikasi akan melakukan yang namanya pemindaian untuk mencari semua file sampah yang ada di dalam ponsel.

Adapun sampah yang bisa diberikan, ialah system cache. Dan ini adalah jenis sampah atau file yang paling banyak. Jika sudah, maka anda bisa menunggu hingga proses pembersihan sampah filenya benar benar selesai. Kalau sudah, jangan lupa buat memeriksa kembali file file yang sudah ada di file sampah ya.

Hal ini untuk memastikan bahwa semuanya adalah file yang memang sudah nggak penting, dan nggak digunakan lagi.  Lantas kalau ternyata ada file yang masih berguna, gimana dong?

Tenang saja, karena kalau misalnya ada file berguna yang masuk ke dalam file sampah, anda bisa menghilangkan tanda centang yang terdapat di sampingnya. Kemudian, tinggal klik pada tombol ‘clean junk’.  Maka pihak aplikasinya bakalan menghapus semua file sampah tadi. 

Mendinginkan Android

Selain dapat membersihkan file sampah pada ponsel. Clean Master juga punya kemampuan buat mendinginkan android. Memang sih, saat ini nyaris semua ponsel telah dibekali dengan spek yang tergolong tinggi, sehingga performanya bagus banget.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, spek tersebut ternyata juga bisa membuat ponsel menjadi cepat panas. Terutama ketika anda gunakan buat main game, mengakses banyak aplikasi, dan yang lainnya.

So, jika anda adalah tipikal yang suka banget main game, dan sering mendapati ponsel mudah panas, mending cobain cara satu ini deh.  Anda bisa membuka aplikasi, kemudian pilih yang opsi Phone Boost. Pada halaman tersebut, anda bisa menemukan menu CPU Cooler, pilih saja opsi tersebut.

Maka pihak aplikasi belanja langsung melakukan pemindaian.  Tunggu saja hingga prosesnya selesai. Jika sudah, maka anda dapat melihat sendiri berapa suhunya sekarang. Lalu klik di menu cool down, agar aplikasi langsung mendinginkan ponsel, yakni dengan menutup beberapa aplikasi yang membuatnya bisa panas.

Dan jika sudah selesai, jangan lupa buat meletakkannya, alias tidak menggunakannya beberapa menit. Paling tidak, ya 5 menitan lah ya.

Membersihkan RAM

Cara menggunakan Clean Master di android yang berikutnya adalah saat anda mau membersihkan RAM. Nah biasnaya, kapasitas RAM yang sudah nyaris penuh akan sangat berpengaruh terhadap performa dari ponsel anda. Sehingga kadang, anda pasti menemukan yang namanya ponsel ngelag. Iya kan?

Baik itu saat menggunakan aplikasi, main game, atau yang lainnya. Maka dari itu, silahkan dibersihkan saja RAM nya dengan menggunakan aplikasi satu ini. Lantas, gimana sih caranya? Tenang saja, karena untuk membersihkan RAM, anda hanya perlu memanfaatkan menu atau fitur phone boost saja. 

Anda bisa menemukan fitur atau menu tersebut di bagian awal aplikasi, alias di halaman depannya. Kemudian, klik di tulisan boost yang terletak di bagian bawah. Hal ini agar aplikasi langsung membersihkan RAM anda. Gimana, gampang banget kan? 

Kabar baiknya, selain bisa digunakan untuk membersihkan file sampah, mendinginkan android, dan membersihkan RAM, aplikasi yang satu ini juga bisa banget kok anda gunakan untuk beberapa hal lainnya yang sudah pasti sangat berguna bagi ponsel.

Kalau penasaran, tinggal download aplikasinya, dan coba semua fitur yang ditawarkannya. Gampang sekali bukan?

Tips Menggunakan Clean Master

Oke, setelah kita ngebahas gimana sih cara menggunakan Clean Master di android, maka kali ini kita akan tutup pembahasan dengan tips menggunakan aplikasi. Tips ini akan jauh lebih baik jika anda lakukan ya. Secara sederhana, hanya ada beberapa tips saja kok yang bisa anda lakukan.

Yang pertama adalah dengan membersihkan RAM satu kali setiap harinya. Ini perlu banget dilakukan, terlebih lagi jika kapasitas RAM anda sudah menipis.  Kemudian, anda juga bisa membersihkan file sampah sekitar tiga kali dalam sebulan.

Hal ini agar sampah yang menumpuk nggak terlalu banyak. Atau, bisa juga kok seminggu sekali. Sebelum anda tidur, cobalah untuk memanfaatkan fitur CPU Cooler mereka. Hal ini supaya nantinya, suhu ponsel stabil ketika anda tidur semalaman.

Nah gimana, jelas kan? Oke demikian pembahasan mengenai cara menggunakan Clean Master di android kali ini, semoga bermanfaat, semoga membantu ya.

Artikel Terkait

Bagikan: