Cara Membuat Banner di Photoshop

Tips dan cara membuat banner di Photoshop agar menarik. Cocok untuk pembuatan banner promosi maupun pemasaran. Langkah-langkahnya mudah bagi pemula.


Bingung bagaimana cara membuat banner di Photoshop? Ingin tahu caranya? Jangan khawatir. Di sini kami akan menjelaskan langkah-langkah pembuatan banner dengan software tersebut. Cocok untuk kebutuhan promosi, branding, hingga pemasaran.

Sebagai informasi, Photoshop sendiri merupakan salah satu software terbaik untuk kebutuhan desain grafis. Berbeda dengan cara membuat banner di Word, di Photoshop tersedia banyak tools yang akan memudahkanmu saat membuatnya.

Apa Itu Banner dan Fungsinya?

cara buat banner potoshop

Menurut para ahli, ada beberapa pengertian terkait banner ini. Namun, kami tarik secara garis besarnya saja, bahwa banner merupakan media informasi untuk khalayak. Tujuan dibuatnya yaitu sebagai media promosi untuk berdagang yang akan menarik minat customer.

Itulah kenapa banner selalu dikemas semenarik mungkin. Selain itu, isi dari media tersebut tidak hanya memuat informasi berupa tulisan, juga berupa gambar. Adapun fungsinya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai media promosi yang ditempatkan di tempat yang strategis.
  2. Menjadi ciri khas atau identitas suatu website/blog. Tujuannya agar pengunjung mengingat website yang pernah dikunjunginya.
  3. Sebagai media promosi yang sangat efektif untuk informasi kepada masyarakat umum. Dibuat untuk kebutuhan informasi bersifat offline maupun online.

Kelebihan Membuat Banner Melalui Photoshop

Berbeda dengan cara membuat banner di Corel, kebanyakan orang lebih memilih Photoshop karena mudah digunakan. Selain itu, Photoshop sendiri memiliki banyak sekali kelebihan sebagai berikut:

  1. Cara membuat banner di Photoshop cs3 dan seri lainnya tergolong mudah. Karena memiliki beragam tools desain yang lengkap.

Tools-nya mudah digunakan untuk mengedit foto atau gambar agar menarik.

  1. Banyak menyediakan material dan tekstur yang beragam.
  2. Cocok untuk membuat banner karena bisa digunakan untuk manipulasi foto.

Dengan begitu, banner akan semakin unik dan sesuai dengan tujuan pemasaran maupun promosi.

  1. Banyak effect yang bisa digunakan. Bahkan, bisa efeknya bisa dikatakan tidak terbatas.
  2. Mampu mempercantik gambar atau foto.
  3. Hasil olahan dari Photoshop tergolong bagus. Bisa menghasilkan gambar yang tidak pecah jika diperbesar.
  4. Memiliki banyak efek tulisan yang menarik dan font yang beragam.
  5. Bisa digunakan memproduksi gambar untuk kebutuhan website.

Cara Membuat Banner di Photoshop

Yang akan kami bagikan di sini, bukan cara membuat banner di Photoshop Android, ya. Tapi, Photoshop khusus komputer. Bagi yang sudah penasaran, yuk, langsung simak saja langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Photoshop yang ada di PC atau laptop kamu.
  2. Kemudian kamu buka menu File>New. Tujuannya untuk membuat lembar kerja baru.
  3. Di lembar kerja baru, silahkan beri nama file, pilih width menjadi 1000 pixels, height 338 pixels, resolution 72 pixels/inch, kemudian klik Ok. Lembar kerja sudah siap digunakan.
  4. Silahkan ambil gambar yang akan ditambahkan sebagai bahan banner. Contohnya cara membuat banner makanan dengan Photoshop.

Silahkan ambil gambar makanan yang akan digunakan. Cara mengambilnya bisa langsung di-drag atau diseret saja ke aplikasi.

  1. Untuk mengecilkan gambar atau mengatur ukuran, tekan tombol Shift. Sesuaikan ukuran dengan kebutuhan. Setelah sesuai, tekan Enter. Kamu juga bisa memasukkan beberapa gambar sekaligus.

Silahkan tata letaknya secara bagus. Kamu juga bisa menempatkan gambar sebagai background.

  1. Silahkan sisipkan tulisan. Gunakan font yang menurut kamu pas dan sesuai konsep.

Buat kata-kata yang menarik agar pembaca mudah mengingat informasi yang kamu sampaikan. Jangan lupa juga pilih warna font yang cocok.

  1. Setelah banner selesai dibuat, kamu bisa langsung menyimpannya. Cara menyimpan file sangat mudah, cukup mengakses menu File>Save as> Save as type>JPG.
  2. Banner pun sudah siap digunakan atau dicetak.

Tips Membuat Banner Agar Menarik

Agar banner yang kamu buat tampak menarik, ternyata ada triknya, loh. Nah, berikut akan kami bagikan tips dan triknya agar banner yang kamu buat semakin jempolan:

 

  • Tempatkan Logo di Lokasi Strategis

 

Jangan sembarangan memasang logo perusahaan. Pastikan posisinya berada di atas, atau sejajar dengan mata manusia. Tujuannya agar memiliki peluang tinggi untuk menarik perhatian khalayak.

Logo perusahaan menjadi elemen yang wajib hadir dalam sebuah banner. Pastikan kamu menempatkannya di lokasi banner yang strategis. Selain itu, pilih juga ukuran yang ideal.

 

  • Gunakan Kata-Kata yang Menghipnotis

 

Tidak hanya sisi visual yang harus menarik perhatian. Tulisan yang ada pada banner juga, wajib menarik. Buatlah kata-kata yang mampu menggugah rasa penasaran orang yang melihat.

Untuk membuat kata-kata menarik, memang tidak semudah yang dibayangkan. Kamu harus sering belajar. Atau, bisa mencari referensi dari tulisan lain, tapi bukan berarti menconteknya. Selain itu, bisa juga meminta bantuan ahli untuk membuatnya.

 

  • Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi

 

Sebelum kamu memasukkan file gambar, cek terlebih dahulu ukurannya. Pastikan gambar yang digunakan memiliki kualitas tinggi. Terutama jika kamu membuat banner yang bertujuan untuk pemasaran.

Gambar berkualitas rendah akan pecah jika dicetak. Gambar pecah dan kurang bagus, tidak akan mampu menarik perhatian pengunjung. Orang yang melihatnya tidak akan tertarik untuk membeli produk kamu. Jadi, pastikan ukurannya besar sebelum digunakan, ya.

 

  • Jangan Terlalu Banyak Memuat Tulisan

 

Banner tetap mengutamakan segi visual dalam pembuatannya. Artinya, informasi tulisan yang kamu gunakan, tidak boleh terlalu panjang. Pastikan orang yang melihat sekilas sudah paham maksud dan tujuannya.

Gunakan tulisan yang singkat, padat, dan menarik. Tulisan yang terlalu panjang, umumnya akan membuat pembaca merasa bosan.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat banner di Photoshop yang kami bagikan di atas? Silahkan ikuti langkah-langkah dan tipsnya agar kamu bisa membuat banner yang menarik untuk pemasaran maupun promosi.