Bacaan Ratib Al Haddad Lengkap dengan Artinya

Bacaan Ratib Al Haddad Lengkap dengan Artinya – Ada yang pernah mendengar nama kita Ratib al-Haddad? Tampaknya, sudah lumayan banyak di antara kita yang tahu kitab tersebut ya. Yang mana, kitab satu ini merupakan kitab yang isinya adalah doa doa dan wirid yang dapat diamalkan oleh umat Muslim.

Dalam hal ini, al-Habib Ahmad bin Zain al-Habsyi menyampaikan, bahwasanya ‘barangsiapa yang membaca Ratib al-Haddad dengan penuh keyakinan penuh, maka ia akan mendapatkan hal hal yang di luar apa yang ia duga. Nah sebenarnya, seperti apa, atau bagaimana sih bacaan Ratib al-Haddad?

Untuk anda yang penasaran, silahkan simak penjelasan berikut ya. Karena di artikel ini kami akan memberikan bacaan Ratib al-Haddad lengkap, yakni bacaan, versi arab juga artinya. Daripada penasaran, silahkan simak penjelasannya berikut. 

Sejarah Singkat Ratib Al Haddad 

Sebelum kita membahas bacaan Ratib al-Haddad lengkapnya, kita akan mengulas sejarahnya terlebih dahulu ya. Karena mungkin, masih ada beberapa di antara anda yang belum mengetahuinya. Jadi, nama kitab ini diambil dari nama penulisnya, yakni al-Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad al-Haddad.

Sebagaimana sudah kami katakan di atas, bahwasanya kitab ini adalah kitab yang berisi kumpulan doa doa dan juga zikir. Dan tidak bisa dipungkiri, bahwasanya Ratib al-Haddad termasuk salah satu kitab yang populer di berbagai kalangan.

Dalam pembahasan kitab, memang kurang afdhal jika kita nggak membahas banyak hal tentang kitab tersebut, salah satunya adalah terkait latar belakang penulisan kitab. Karena tiap kitab biasanya dilatarbelakangi oleh beberapa hal.

Nah untuk kitab satu ini sendiri, ditulis karena beliau, dalam hal ini penulis kitab memperoleh inspirasi ketika malam lailatul qadar yang terjadi pada 1071 H, tepatnya di tanggal 27 Ramadhan.

Adapun tujuan ditulisnya kitab ini adalah memenuhi permintaan atau request an dari salah satu muridnya, yang saat bermukim ke kampung Syiban, yakni di Hadramaut Yaman. Nama murid yang meminta dituliskan kitab tersebut adalah Amir Bani Sa’ad.

Ketika itu, murid beliau ingin ada banyak amalan zikir dan juga wirid di tempat tinggalnya. Hal ini supaya bisa mempertahankan diri dari berbagai hal hal buruk, dan bisa selamat dari banyaknya ajaran ajaran sesat yang tengah marak di Hadramaut, saat itu.

Menariknya, di awal awal, kitab atau bacaan Ratib al-Haddad ini hanya diamalkan di kampung murid beliau saya, yakni di kampungnya Amir Bani Sa’ad, namun ketika ia sudah mendapatkan ijazah atau izin, ia mulai menyebarkannya.

Dan sampai saat ini, bacaan Ratib al-Haddad mulai dikenal dan diamalkan di berbagai kalangan umat Muslim.

Bacaan Ratib Al Haddad Lengkap  

Untuk anda yang sudah tidak sabar ingin tahu bacaan Ratib al-Haddad lengkapnya, bisa simak bacaan berikut ya. Di mana, kami akan menuliskan bacaan Ratib al-Haddad hanya versi yang tulisan arab. Selain itu, kami juga menghadirkan terjemahannya.

Karena dengan mengetahui terjemah atau artinya akan membuat anda lebih bisa memahami makna yang dibaca. Dan ini menjadi salah satu yang penting loh. 

Bacaan Ratib al Haddad Versi Arab

رَاتِبُ الْحَدَّادِ

 ِلْحَبِيْب عَبْدِ الله بْنِ عَلَوِي الْحَدَّاد

 

الْفَاتِحَة : أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. ماَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. إِيِّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ. رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ آمِيْنِ

اَللهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّموَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ

أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَآءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَؤدُه حِفْظُهُمَا وَهُوَ العَلِيُّ العَظِيْمُ. آمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّه وَالْمُؤْمِنُوْنَ كُلٌّ آمَنَ بِاللهِ وَمَلآئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْناَ وَأَطَعْناَ غُفْراَنَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرُ.

لاََ يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَآ إِنْ نَسِيْنَآ أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَالاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنآ أَنْتَ مَوْلاَنَا فَانْصُرْناَ عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

(x3) سٌبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اْللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحاَنَ اللهِ الْعَظِيْمِ (x3)

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ (x3)

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ، اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ (x3)

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّمَا خَلَقَ (x3)

بِسْمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي الْسَّمَآءِ وَهُوَ الْسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ (x3)

رَضِيْنَا بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا (x3)

بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّهِ وَالْخَيْرُ وَالشَّرُّ بِمَشِيْئَةِ اللهِ (x3)

يَا رَبَّنَا وَاعْفُ عَنَّا وَامْحُ الَّذِيْ كَانَ مِنَّا (x3)

ياَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْراَمِ أَمِتْناَ عَلَى دِيْنِ الإِسْلاَمِ (x7)

ياَ قَوِيُّ ياَ مَتِيْنُ اكْفِ شَرَّ الظَّالِمِيْنَ (x3)

أَصْلَحَ اللهُ أُمُوْرَ الْمُسْلِمِيْنَ صَرَفَ اللهُ شَرَّ الْمُؤْذِيْنَ (x3)

يَا عَلِيُّ يَا كَبِيْرُ يَا عَلِيْمُ يَا قَدِيْرُ يَا سَمِيعُ يَا بَصِيْرُ يَا لَطِيْفُ يَا خَبِيْرُ (x3

ياَ فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَّمِّ يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ (x3)

أَسْتَغْفِرُ اللهَ رَبَّ الْبَرَايَا أَسْتَغْفِرُ اللهَ مِنَ الْخَطَاياَ (x4)

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ (x25)

مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّفَ وَكَرَّمَ وَمَجَّدَ وَعَظَّمَ وَرَضِيَ اللهُ تَعاَلَى عَنْ اَهْلِ بَيْتِهِ الطَّيِّبِيِنَ الطَّاهِرِيْنَ وَأَصْحَابِهِ الأَكْرَمِيْنَ الْمُهْتَدِيْنَ. وَأَزْوَاجِهِ الطَّاهِرَاتِ أُمَّهَاتِ الْمُؤْمِنِيْنَ. وَالتَّابِعِيْنَ وَ التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَعَلَيْناَ مَعَهُمْ وَفِيْهِمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ. اَللهُ الصَّمَدُ. لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يٌوْلَدْ. وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (x25)

بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ. مِنْ شَرِّ ماَ خَلَقَ. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ. وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ. وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَد. بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ. مَلِكِ النَّاسِ. إِلهِ النَّاسِ. مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ.

اَلَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِي صُدُوْرِ النَّاسِ. مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ. اَلْفَاتِحَةَ إِلَى رُوحِ سَيِّدِنَا الشَّيْخِ الْكَبِيْرِ الْقُطْبِ الشَّهِيْرِ الْفَقِيْهِ الْمُقَدَّمِ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِي بَاعَلَوِي وَأُصُولِهِ وَفُرُوعِهِ وَجَمِيْعِ سَادَاتِنَا آلِ بَاعَلَوِي، أَنَّ اللهَ يُعْلِيْ دَرَجَاتِهِمْ فِي الْجَنَّةِ وَيُعِيْدُ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِهِمْ وَ أَسْرَارِهِمْ وَأَنْوَارِهِمْ وَ عُلُوْمِهِمْ وَ نَفَحَاتِهِمْ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالآخِرَةِ.

(بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. ماَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. إِيِّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ)

اَلْفَاتِحَةَ إِلَى أَرْوَاحِ ساَدَاتِنَا الصُّوْفِيَّةِ أَيْنَمَا كَانُوْا مِنْ مَشَارِقِ الأَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا أَنَّ اللهَ يَحْمِيْنَا بِحِمَايَتِهِمْ وَيُمِدُّنَا بِمَدَدِهِمْ وَيُعِيْدُ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِهِمْ وَ أَسْرَارِهِمْ وَأَنْوَارِهِمْ وَ عُلُوْمِهِمْ وَ نَفَحَاتِهِمْ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالآخِرَةِ.

(بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. ماَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. إِيِّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ)

اَلْفَاتِحَةَ إِلَى رُوْحِ سَيِّدِنَا الشَّيْخِ الْكَبِيْرِ الْقُطْبِ الشَّهِيْرِ الْحَبِيْبِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَلَوِي بْنِ مُحَمَّدٍ الْحَدَّادِ صَاحِبِ الرَّاتِبِ وَأُصُوْلِهِ وَفُرُوْعِهِ وَجَمِيْعِ سَادَاتِنَا آلِ بَاعَلَوِي أَنَّ اللهَ يُعْلِيْ دَرَجَاتِهِمْ فِي الْجَنَّة وَيُعِيْدُ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِهِمْ وَ أَسْرَارِهِمْ وَأَنْوَارِهِمْ وَ عُلُوْمِهِمْ وَ نَفَحَاتِهِمْ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالآخِرَةِِ.

(بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. ماَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. إِيِّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ)

اَلْفَاتِحَةَ أَنَّ اللهَ يُغِيْثُ الْمُسْلِمِيْنَ وَيَرْحَمُ الْمُسْلِمِيْنَ وَيُفَرِّجُ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ وَيَشْفِيْ أَمْرَاضَ الْمُسْلِمِيْنَ بِالْعَافِيَةِ وَيُغَزِّرُ أَمْطَارَهُمْ وَيُرَخِّصُ أَسْعَارَهُمْ وَيُصْلِحُ سَلاَطِيْنَهُمْ وَيَكْفِيْهِمْ شَرَّ الْفِتَنِ وَ الْبَلِيَّاتِ وَ الْمِحَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ،

وَ يَحْفَظُ الْحُجَّاجَ وَ الْمُسَافِرِيْنَ وَ الْغُزَاةِ وَ الْمُجَاهِدِيْنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ الْبَرِّ وَ الْبَحْرِ وَ الْجَوِّ أَجْمَعِيْنَ. أَنَّ اللهَ يُصْحِبُهُمُ السَّلاَمَةَ وَ يَرُدُّهُمْ إِلَى أَوْطَانِهِمْ سَالِمِيْنَ آمِنِيْنَ غَائِمِيْنَ وَ إِيَّانَا فِيْ خَيْرٍ وَ عَافِيَةٍ وَ إِلَى أَرْوَاحِ وَالِدِيْنَ وَ وَالِدِيْكُمْ وَ أَمْوَاتِنَا وَ أَمْوَاتِكُمْ وَ أَمْوَاتِ الْمُسْلِمِيْنَ أَجْمَعِيْنَ.

أَنَّ اللهَ يَتَغَشَّاهُمْ بِالرَّحْمَةِ وَ الْمَغْفِرَةِ وَ يُسْكِنُهُمُ الْجَنَّةَ وَ يَخْتِمُ لَنَا وَلَكُمْ بِالْحُسْنَى فِيْ خَيْرٍ وَ لُطْفٍ وَ عَافِيَةٍ وَ إِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّم. (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. ماَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. إِيِّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ)

بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ اللهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ، حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَسَلِّمْ. اَللّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ الْمُعَظَّمَةِ وَالسَّبْعِ الْمَثَانِيْ أَنْ تَفْتَحَ لَنَا بِكُلِّ خَيْرٍ. وَأَنْ تَتَفَضَّلَ عَلَيْنَا بِكُلِّ خَيْرٍ. وَأَنْ تُعَامِلَنَا مُعَامَلَتَكَ لأَهْلِ الْخَيْرِ. وَأَنْ تَجْعَلَنَا مِنْ أَهْلِ الْخَيْرِ،

وَأَنْ تَحْفَظَنَا فِي دِيْنِنَا وَأَنْفُسِنَا وَأَوْلاَدِنَا وَاَهْلِيْنَا وَأَصْحَابِنَا وَأَحْبَابِنَا مِنْ كُلِّ مِحْنَةٍ وَ فِتْنَةٍ وَبُؤْسٍ وَضَيْرٍ، إِنَّكَ وَلِيُّ كُلِّ خَيْرٍ، وَمُعْطٍ لِكُلِّ خَيْرٍ، وَمُتَفَضِّلٌ بِكُلِّ خَيْرٍ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن. وَ صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. وَ الْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

اَللّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ، وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ (x3)

يَا عَالِمَ السِّرِّ مِنَّا لاَ تَهْتِكِ السِّتْرَ عَنَّا وَ عَافِنَا وَاعْفُ عَنَّا وَ كُنْ لَنَا حَيْثُ كُنَّا (x3)

يَا الله بِهَا يَا الله بِهَا يَا الله بِحُسْنِ الخْاَتِمَةِ (x3)

يَا لَطِيْفًا بِخَلْقِهِ، يَا عَلِيْمًا بِخَلْقِهِ، يَا خَبِيْرًا بِخَلْقِهِ اُلْطُفِ بِنَا يَا لَطِيْفُ يَا عَلِيْمُ يَا خَبِيْرُ (x3)

يَا لَطِيْفًا لَمْ يَزَلْ اُلْطُفْ بِنَا فِيْمَا نَزَلَ، إِنَّكَ لَطِيْفٌ لَمْ تَزَلْ اُلْطُفْ بِنَا وَ الْمُسْلِمِيْنَ (x3)

جَزَى اللهُ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَنَّا خَيْرًا، جَزَى اللهُ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَنَّا مَا هُوَ أَهْلُهُ (x3)

الْحَمْدُ لِلّهِ عَلَى نِعْمَةِ الإِيْمَانِ وَ الإِسْلاَمِ وَ تَوْفِيْقِهِ وَكَفَى بِهَا مِنْ نِعْمَةٍ

Arti Bacaan Ratib Al-Haddad

Dengan nama Allah, Yang Maha pengasih, dan Maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan yang memelihara dan mentadbir sekalian alam. Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani. Yang Menguasai hari akhir. Hanya Engkau yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan.

Tunjukilah kami jalan yang lurus. Yakni jalan orang-orang yang Engkau berikan karunia nikmat kepada mereka, bukan (jalan) orang-orang yang Engkau murkai, dan bukan pula  orang-orang yang sesat.

Diriwayatkan oleh Abu Sa’id ibn al-Mu’lla r.a.: “Sukakah kamu jika aku ajarkan sebuah Surah yang belum pernah diturun dulunya, baik dalam Injil mahupun Zabur dan Taurat? Surat tersebut adalah Al-Fatihah.

Surah 15 Al-Hijr : Ayat 87: “Dan sesungguhnya Kami sudah memberi kepadamu (Muhammad) 7 ayat yang diulang-ulang bacaannya dan seluruh Al-Quran yang amat besar kemuliaan dan faedahnya.”

Allah, tidak ada Tuhan selain Dia, Yang hidup, Yang Kekal selamanya. Yang tidak mengantuk dan tidak tidur. Yang mempunyai apa apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada siapapun yang bisa memberi syafaat di sisi-Nya kecuali dengan izin-Nya.

Yang mengetahui apa apa yang terdapat di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka, sementara mereka tidak tahu sesuatu pun dari ilmu Allah kecuali apa yang dikehendaki Nya.

Luasnya Kursi Allah meliputi langit dan bumi; dan Allah tidak merasa berat dalam menjaga serta memelihara keduanya. Dan Dialah Allah, Yang Maha Tinggi, lagi Maha Besar (Surah 2 al-Baqarah Ayat 255 Ayat-al-Kursi).

Ayat Kursi mengandungi khasiat yang sangat besar. Ada 99 buah hadits yang menjelaskan akan keutamaannya. Di antaranya adalah menolak syaitan, benteng pertahanan, melapangkan pikiran dan menambah iman.

Rasulullah beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya dari Allah, dan juga orang-orang yang beriman; seluruhnya beriman kepada Allah, dan Malaikat-malaikat Nya, dan Kitab-kitab Nya, dan Rasul-rasul Nya. (Katakan):

“Kami tidak membedakan antara seorang rasul dengan rasul-rasul yang lain”. Mereka berkata lagi: Kami dengar dan kami taat (kami pohonkan) keampunan Mu wahai Tuhan kami, dan kepada Mu lah tempat kembali (Surah 2: Al Baqarah Ayat 285).

Diriwayatkan dari Abu Mas’ud al-Badri r.a ia berkata: Rasulullah S. A.W. telah bersabda: Dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah, memadai kepada seseorang yang membacanya pada malam hari sebagai pelindung dirinya.

Allah tidak memberati seseorang melainkan apa yang terdaya olehnya. Ia mendapat pahala atas kebaikan yang dilakukannya, dan ia juga menanggung dosa atas kejahatan yang dilakukannya. (Mereka berdoa dan berkata): “Wahai Tuhan kami! Janganlah Engkau mengirakan kami salah apabila kami lupa atau kami tersalah.

Wahai Tuhan kami! Janganlah Engkau bebankan kepada kami bebanan yang berat sebagaimana yang sudah Engkau bebankan kepada orang-orang terdahulu. Wahai Tuhan kami! Janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang kami tidak kuat memikulnya.

Dan maafkanlah kesalahan kami, serta ampunkanlah dosa kami, dan berilah rahmat kepada kami. Engkaulah Penolong kami; oleh karena itu, tolonglah kami agar bisa mendapatkan kemenangan atas kaum-kaum yang kafir (Surah 2: al-Baqarah Ayat 286).

Dari Imam Muslim, diriwayatkan dari Abdullah ibn Abbas r.a.: Jika Jibril sedang duduk dengan Rasulullah S. A.W., dia mendengar bunyi pintu di atasnya. Dia mengangkat kepalanya seraya berkata: “Ini adalah bunyi sebuah pintu di surga yang tidak pernah dibuka.

” Lalu satu malaikat pun turun, dan Jibril berkata lagi, “Ia malaikat yang tidak pernah turun ke bumi” Malaikat itu memberi salam lalu berkata,

“Bersyukurlah atas dua cahaya yang diberi kepadamu yang tidak pernah diberi kepada rasul-rasul sebelummu-“Fatihat al-Kitab dan ayat penghabisan Surah al-Baqarah”. Kamu akan mendapat manfaat setiap kali membacanya.

Tiada Tuhan selain Allah, Yang tunggal dan tiada ada sekutu bagi- Nya. Bagi-Allah segala kekuasaan, dan bagi- Allah segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan yang mematikan, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu (3X). Dari Bukhari, Muslim dan Malik, diriwayatkan dari Abu Hurairah; Rasulullah S.A.W berkata,

“Barangsiapa yang membaca ayat ini seratus kali dalam sehari, maka pahalanya seperti memerdekakan sepuluh orang hamba, Seratus kebajikan dituliskan untuknya dan seratus keburukan dibuang darinya, dan menjadi benteng dari gangguan syaitan sepanjang hari.”

Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah dan Allah Tuhan Yang Maha Besar (3X). Dari Muslim, diriwayatkan oleh Samurah ibn Jundah: Rasulullah S. A. W. bersabda:

Zikir-zikir yang paling dekat di sisi Allah ada empat, yaitu tasbih, takbir, tahmid dan tahlil, tidak berbeda yang mana aturannya apabila engkau berzikirullah. Maha suci Allah segala puji bagi-Nya, Maha suci Allah Yang Maha Agung (3X).

Dari Bukhari, diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah S.A.W. bersabda: Dua zikir yang mudah di atas lidah tapi berat pahalanya dan disukai oleh Allah adalah:

‘SubhanAllah al-Azim dan ‘SubhanAllah wa bihamdihi.’” Ya Allah ampunilah dosaku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang (3X).

Surah 4: Al-Nisa’; Ayat 106: “Dan hendaklah engkau memohon ampun kepada Allah; kerana sesungguhnya Allah Maha Pengampun, Maha Mengasihani. Silahkan buka juga Surah 11: Hud; Ayat 90.

Ya Allah, cucurkan selawat ke atas Muhammad, Ya Allah, cucurkan selawat ke atasnya dan kesejahteraan-Mu (3X).

Surah 33; Al-Ahzab, Ayat 56: Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawatlah ke atas Nabi; wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kamu kepadanya dan ucapkanlah salam sebagai dan dengan penghormatan sepenuhnya.

Dari Muslim, diriwayatkan dari Abdullah bin Amr: Rasulullah S.A.W. bersabda: “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.

Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya (3X). Dari Abu Dawud dan Tirmidzi, Rasulullah S.A.W. bersabda: “Barangsiapa yang membaca doa ini tiga kali, tidak ada apa-apa malapetaka akan terjatuh atasnya.”

Dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada suatu pun, baik di bumi mahupun di langit bisa memberi bencana, dan Dia Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui (3X).

Dari Ibn Hibban; Nabi Muhammad S.A.W bersabda: “Hamba-hamba Allah yang membaca doa ini di waktu pagi dan sore sebanyak tiga kali, tidak ada kesulitan akan dialaminya.”

Kami ridha Allah sebagai Tuhan kami, Islam sebagai Agama kami dan Muhammad sebagai Nabi kami (3X). Surah 3: Ali-Imran Ayat 19: Sesungguhnya agama yang benar di sisi Allah ialah Islam.

Dari Abu Dawud dan Tirmidzi; Nabi Muhammad S.A.W. bersabda: “Barangsiapa membaca ayat ini di pagi dan sore hari akan masuk ke surga.”

Dengan Nama Allah, segala pujian hanya untuk-Nya, dan segala kebaikan dan kejahatan merupakan kehendak Nya (3X).

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah: Rasulullah S.A.W. bersabda: Wahai Abu Hurairah, jika kamu keluar negeri untuk berdagang, bacakan ayat ini agar ia membawa kamu ke jalan yang benar. Dan setiap perbuatan harus dimulai dengan ‘Bismillah’ dan penutupnya adalah “Alhamdulillah”.

Kami beriman kepada Allah dan Hari Akhir, kami bertaubat kepada Allah batin dan zahir (3X). Surah at-Tahrim Ayat 8: Wahai orang-orang yang beriman! Bertaubatlah kamu kepada Allah dengan “Taubat yang sebenar benarnya”.

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah: Rasulullah bersabda: Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah. Dan orang yang bertaubat itu adalah ibaratkan orang yang tidak mempunyai dosa.” Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan hapuskanlah dosa kami (3X).

Dari Tirmidzi dan Ibnu Majah: Rasulullah S.A.W. berada di atas mimbar dan menangis lalu Rasulullah bersabda: Mintalah kemaafan dan kesehatan kepada Allah, karena setelah kita yakin, tidak ada yang lebih baik ketimbang kesehatan.

Surah 4: An-Nisa’: Ayat 106: “Dan hendaklah engkau memohon ampun kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun, Maha Mengasihani.” Wahai Tuhan yang mempunyai sifat Keagungan dan Pemurah, matikanlah kami dalam keadaan Islam (7X).

Silahkan buka ke no. 12. Semoga  kita mati dalam keadaan Islam. Dan dari Tirmidzi, Rasulullah S.A.W. menyatakan di dalam sebuah hadits bahwasanya barangsiapa yang berdoa dengan menggunakan asmaul husna dengan yakin, maka doanya pasti dikabulkan. 

Wahai Tuhan yang Maha Kuat dan Maha Gagah, jauhkanlah kami dari kejahatan orang-orang zalim (3X). Seperti di atas); Berdasarkan hadits Rasulullah S. A. W., barangsiapa yang tidak boleh mengalahkan musuhnya, dan mengulangi Nama ini dengan niat tidak ingin dicederakan akan bebas dari dicederakan musuhnya.

Semoga Allah memperbaiki urusan kaum muslimin dan menghindarkan mereka dari kejahatan orang-orang yang mengganggu (3X).

Diriwayatkan oleh Abu Darda’ bahawasanya Rasulullah S.A.W. bersabda: “Tidak ada seorang mukmin pun yang berdoa untuk kaumnya yang tidak bersamanya, melainkan akan didoakan oleh Malaikat, “Begitupun juga untukmu”.

Wahai Tuhan Yang Mulia, Maha Besar, Maha Mengetahui dan Sentiasa Sanggup, Yang Maha Mendengar dan Maha  Melihat. Yang Maha Lemah-Lembut dan Maha Mengetahui (3X).

Surah 17: Al Israil: Ayat 110: “Katakanlah Muhammad: “Ucapkanlah nama “Allah” atau “Ar-Rahman”, yang mana saja yang kamu mau; kerana Allah mempunyai memiliki banyak nama yang baik dan mulia.

Dan janganlah engkau nyaringkan bacaan doa atau shalatmu, dan janganlah engkau perlahankannya, dan gunakan saja satu cara yang sederhana antara itu.” …………. Sampai akhir. Karena terlalu panjang, kami hanya menerjemahkan sampai bagian ini saja ya. 

Untuk sumber dari bacaan ratib al Haddad ini ialah situs ayo vaksin. Dan jika ingin mendapatkan bacaan Ratib al Haddad, akan lebih baik jika anda membeli kitab Ratib al Haddad nya saja ya. Karena dengan demikian, pasti akan memudahkan anda saat mau wirid dengan menggunakan bacaan yang ada di dalam Ratib al Haddad ini.

Kabar baiknya, saat ini sudah cukup banyak kok yang menjual kitab Ratib al Haddad. Dalam hal ini, anda bisa banget membeli kitab Ratib al Haddad secara online, atau bisa juga membeli kitab Ratib al Haddad secara offline. Tapi yang jelas, kitab Ratib al Hadda ini super mudah ditemukan.

Untuk harga kitab Ratib al Haddad nya sendiri juga masih tergolong ramah kantong kok. Maka dari itu, buat anda yang penasaran dan ingin segera memiliki kitab Ratib al Haddad kami sarankan untuk langsung ke toko buku terdekat, atau bisa juga degan membuka marketplace yang terinstall di ponsel, lalu mencari kitab tersebut.

 

Penutup

Oke, itulah dia bacaan Ratib al-Haddad yang bisa anda pelajari, pahami, resapi, dan juga amalkan. Semoga bermanfaat, dan semoga membantu ya.