USB Device Not Recognized

Halaman ini akan memberikan solusi bagi anda yang mengalami USB Device Not Recognized atau Flashdisk yang tidak terbaca dan tidak dikenal, baik yang terjadi di Windows 10 / 8 / 7 atau Windows XP.

Jika Anda mengalami kesalahan ini dan menerima pesan kesalahan berupa “USB terakhir yang Anda hubungkan ke komputer ini tidak berfungsi, Windows tidak mengenalinya”. Tidak usah khawatir, karena di bawah ini kami punya solusi untuk mengatasinya hanya dengan 7 langkah mudah.

Flashdisk tidak terbaca adalah kesalahan yang biasanya terjadi pada Windows 10 / 8 / 7 / XP / Vista saat Anda mencolokkan USB ke PC. Perangkat USB ini bisa berupa hard drive USB atau flash drive.

Ketika Windows memiliki kesalahan seperti itu, USB tidak terbaca di laptop dan akibatnya tidak dapat membuka akses data. Untuk mengatasinya, ikuti beberapa langkah di bawah ini:

7 Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

1. Restart Perangkat

Terkadang, reboot sederhana bisa memperbaiki perangkat USB Device Not Recognized. Coba restart atau matikan PC anda beberapa saat, kemudian coba nyalakan kembali.

Selanjutnya coba sambungkan kembali perangkat USB Anda dan lihat hasilnya. Jika masih belum berhasil, coba langkah berikutnya di bawah ini.

2. Coba di Komputer Lain

Coba pasangkan perangkat Flashdisk Anda di komputer lain. Jika masih tidak berfungsi pada PC lain, berarti USB anda memang bermasalah. Selanjutnya hanya ada dua pilihan bagi anda, membeli lagi yang baru atau coba memperbaikinya.

Jika anda memutuskan untuk membeli lagi yang baru, pastikan kenali kapasitas dan kualitas Flashdisk yang akan anda pilih. Sebagai referensi, silahkan kunjungi Flashdisk Terbaik.

3. Lepas USB Lain

Terlalu banyak USB pada komputer yang sama juga dapat menimbulkan konflik yang dapat menghambat jalannya fungsi perangkat.

Untuk menghindari kemungkinan konflik di antara perangkat tersebut, disarankan agar Anda melepaskan perangkat USB lain yang dipasang secara bersamaan dan lihat apakah USB yang ingin Anda gunakan berfungsi.

4. Perbaiki USB Root Hub

1). Tekan tombol logo Windows dan R secara bersamaan. Selanjutnya ketik devmgmt.msc.

devmgmt.msc

2). Klik panah bawah untuk membuka pengontrol Universal Serial Bus. Klik kanan pada opsi USB Root Hub dan klik Properties.

usb device not recognized

3). Buka tab Power Management dan hapus centang pada Izinkan komputer mematikan perangkat ini untuk menghemat daya. Klik OK.

usb root hub properties

Jika Anda memiliki lebih banyak USB Root Hubs, Anda perlu mengulangi operasi ini beberapa kali. Harap ingat untuk mengklik OK setelah setiap kinerja.

Setelah pengaturan, pasang kembali Flashdisk Anda untuk melihat apakah komputer Anda sudah dapat membacanya.

Jika Flashdisk Anda masih tidak terbaca setelah ini, silakan periksa Izinkan komputer untuk mematikan perangkat ini untuk menghemat daya kembali.

5. Perbarui Driver Port USB

Jika metode di atas tidak berhasil menyelesaikan masalah Anda, sangat mungkin Anda menggunakan driver USB yang salah sama sekali.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memperbarui driver port USB, yaitu: Cara manual dan otomatis.

– Pembaruan Driver Manual
Anda dapat memperbarui driver port USB secara manual dengan mengunjungi situs web produsen PC Anda, dan mencari driver terbaru yang tepat dan sesuai dengan milik Anda.

Pastikan untuk memilih satu-satunya driver yang kompatibel dengan varian Windows milik Anda.

– Pembaruan Driver Otomatis
Jika Anda tidak cukup memiliki waktu atau keterampilan komputer untuk memperbarui driver secara manual, Anda dapat melakukannya secara otomatis dengan Driver Easy.

Driver Easy secara otomatis akan mengenali sistem milik Anda dan menemukan driver yang tepat dan sesuai dengan Anda miliki. Anda tidak perlu tahu persis sistem apa yang dijalankan komputer Anda.

Anda juga tidak perlu mengambil risiko mengunduh dan menginstal driver yang salah, dan Anda tidak perlu khawatir membuat kesalahan saat menginstal, berikut adalah caranya:

1). Unduh dan instal Driver Easy di situs resminya.

2). Jalankan Driver Easy dan klik tombol Scan Now. Driver Easy kemudian akan memindai komputer Anda dan mendeteksi driver yang bermasalah.

driver easy

3). Selanjutnya klik tombol Update di sebelah driver yang ditandai dengan anak panah merah untuk mengunduh secara otomatis dan menginstal versi yang tepat dari driver tersebut (Anda dapat melakukan ini dengan versi GRATIS).

Atau alternatifnya klik Update All untuk mengunduh otomatis dan menginstal versi yang tepat dari semua driver yang hilang atau telah usang di sistem Anda (Langkah ini membutuhkan versi Pro)

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memutakhirkan ketika Anda mengklik Update All.

driver easy pro

6. Ubah Pengaturan USB

1). Ikuti langkah ini: Control Panel > Hardware and Sound > Power Options.

Control Panel

2). Klik Choose what the power button does.

power button does

3). Klik Change settings that are currently unavailable.

Change settings that are currently unavailable.

4). Hapus centang pada Turn on fast startup dan Save changes.

Turn on fast startup

5). Selanjutnya Restart komputer Anda dan coba colokkan kembali USB Anda untuk melihat apakah sudah berfungsi atau belum.

Jika perangkat USB Anda masih belum berfungsi setelah pengaturan ini, silahkan ubah pengaturan kembali dan ikuti metode selanjutnya di bawah ini.

7. Ubah USB Selective Suspend Settings

1). Buka Control Panel dan klik Power Options.

Power Options

2). Klik Change plan settings.

Change plan settings

3). Klik Change advanced power settings.

Change advanced power settings

4). Buka pengaturan USB dan pengaturan suspend selektif USB.

USB selective suspend settings

5). Nonaktifkan Power Buttons dan Plugged in Setting.

Disable both On battery

Klik OK dan Apply.

Sebagai tambahan pengetahuan mengenai software komputer, silahkan pelajari Apa Itu HDD?

Pemulihan Data USB yang Hilang

Di atas adalah cara yang bisa anda manfaatkan untuk memperbaiki dan mengatasi USB Device Not Recognized. Jika salah satu metode di atas berhasil, Anda dapat mengakses USB dan kembali menggunakan data yang tersimpan di dalamnya.

Namun terkadang, meskipun USB Drive bisa dibuka namun tidak menemukan suatu data apapun di dalamnya, alias semua data yang tersimpan di dalamnya hilang. Bagaimana cara mengatasinya?

Di panduan ini, pemulihan data USB dapat dilakukan dengan menggunakan EaseUS. Bahkan ketika perangkat USB Anda terdaftar dalam manajemen disk namun tidak muncul di komputer Anda.

Program EaseUS ini bisa berfungsi dengan baik di Windows 10 / 8 / 7 / XP dan versi lainnya. Silahkan download lebih dulu:

Download EaseUS for PC
Download EaseUS for Mac

Referensi Lain: Aktivasi Windows 10 Pro

Langkah 1: Jalankan Software Pemulihan Data USB

Hubungkan USB flash drive ke komputer Anda dan jalankan software pemulihan data EaseUS USB pada PC Anda. Pilih drive USB Anda yang ditandai sebagai removable disk, dan klik “Pindai” untuk mulai menemukan file Anda yang hilang.

Run USB data recovery software

Langkah 2: Pindai Semua file yang hilang dari USB

EaseUS Data Recovery Wizard akan memindai flash drive USB Anda secara menyeluruh dan menemukan semua data Anda yang hilang di dalamnya.

Setelah proses pemindaian, gunakan fitur Filter untuk memfilter jenis file tertentu. Anda dapat memeriksa dan melihat pratinjau file USB yang ditemukan dalam program ini.

Scan all lost files from USB

Langkah 3: Kembalikan Semua file yang Hilang dari USB

Klik dua kali akan memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau hasil file. Pilih file target dan klik “Pulihkan” untuk menyimpannya ke lokasi yang aman di PC Anda atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya.

Restore all lost files from USB

Untuk mengambil data dari perangkat USB, kami sarankan Anda menyimpan file yang diambil ke lokasi lain yang aman jika ada masalah lain lebih lanjut.

Format USB ke NTFS / FAT32 dan Buat Ulang Partisi pada USB

Beberapa orang mengalami masalah yang cukup serius lebih dari sekali. Di antara mereka ada yang mengalami masalah USB Device Not Recognized lagi setelah dilakukan perbaikan.

Jika hal itu terjadi, anda dapat memformat dan membuat ulang partisi baru lagi, caranya adalah:

  • Hubungkan USB ke PC, klik kanan pada My Computer => pilih Kelola.
  • Masukkan Device Manager, pilih Manajemen Disk, cari dan klik kanan pada USB Anda yang tidak berfungsi dan pilih Format volume.
  • Selesaikan proses Format dan atur sistem file ke NTFS atau FAT32.

Sekarang Anda dapat memeriksa apakah Flashdisk sudah terbaca di laptop Anda atau belum, jika belum, lanjutkan dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Manajemen Disk, klik kanan pada USB dan pilih Hapus Volume, selesaikan prosesnya.
  • Ketika USB menunjukkan tidak teralokasi, klik kanan dan pilih New Simple Volume, atur huruf drive dan sistem file (NTFS / FAT32), dan selesaikan prosesnya.

Setelah proses ini, seharusnya masalah Flashdisk tidak terbaca yang anda alami sudah dapat terselesaikan dan anda dapat menyimpan data lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cek RAM Laptop dengan Speccy

5 Cara Cek RAM Laptop

Deskripsi: Informasi berbagai macam cara cek RAM laptop. Caranya mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain kapasitas, juga mengetahui jenis yang digunakan. Random Acces Memory, atau yang biasa dikenal…
Selengkapnya

2 Cara Mengatasi Laptop Hang

Belajar Cara Mengatasi Laptop Hang dan Lemot. Mengatasi Laptop yang Hang saat Proses Booting. Mengatasi Laptop yang Hang dengan Task Manager. Jika laptop sudah terlalu lama dan mengalami keadaan hang,…
Selengkapnya
DXDIAG

Cara Mengetahui Bit Laptop

Deskripsi: Perangkat komputer atau laptop yang dijual di pasaran terdiri dari 2 jenis sistem bit, berikut cara mengetahui bit laptop yang bisa kamu praktekkan! Sudah menjadi rahasia umum bahwa perangkat…
Selengkapnya