5 Cara Membuat Kliping dengan Baik dan Benar

Cara Membuat Kliping dengan Baik dan Benar – Bagi anak 90 an, kliping merupakan salah satu hal yang sangat familiar. Hal ini karena dulu, mereka memang sering kali mendapatkan tugas untuk membuat kliping. Baik itu kliping yang dibuat dengan tulis tangan, ataupun dengan menggunakan word.

Menariknya, anak anak zaman dulu kerap mengerjakan tugas satu ini di warnet, sebab masih sedikitnya akses komputer pada masa itu. Nah untuk anak anak masa kini, mungkin masih belum begitu banyak yang tahu apa itu kliping, sehingga masih suka kesulitan dan bingung ketika mendapatkan tugas untuk membuat kliping. Iya kan?

Tapi tenang saja, buat anda yang saat ini masih bingung mau membuat kliping, bisa ikuti tutorial, atau cara membuat kliping dengan baik dan benar yang bakalan kami bahas berikut. Yang mana, cara membuat kliping yang kami bahas kali ini tergolong sangat mudah kok. 

Dari pada penasaran, mending langsung simak cara membuat kliping dan beberapa hal tentangnya berikut ini.

Tentang Kliping

Sebelum kita bahas tutorial cara membuat kliping yang baik dan benar, kita bakalan bahas dulu nih, apa sih sebenarnya kliping itu? Karena dengan mencari tahu pengertiannya, anda bakalan lebih mudah saat mau membuat kliping.

Tenang saja, karena pada dasarnya, proses pembuatannya sangat mudah kok. Oh ya, pembuatan kliping biasanya kerap didapatkan oleh anak anak yang duduk di bangku SMP. Dan saat itu, anda bakalan disibukkan dengan proses pembuatannya yang mengesankan.

Kliping sendiri merupakan salah satu bentuk pengarsipan dokumen, dan masih termasuk teknik yang tradisional, alias jadul, atau cara cara lama. Di dalam kliping, anda meski mengumpulkan berbagai macam data atau berita yang dibutuhkan, tergantung dengan tugas yang diberikan oleh guru anda.

Dan berita berita tersebut dapat anda temukan di media. Seperti koran, majalah, buku, atau yang lainnya. Nah dengan mengumpulkan segudang media cetak tersebut, anda akan lebih mudah memperoleh berbagai macam informasi, sesuai dengan tugas yang diberikan.

Secara sederhana, kliping mempunyai bentuk seperti buku, yang tiap lembarnya diisi dengan tempelan tempelan berita yang sudah anda kumpulkan.

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa isi dari kliping anda nanti disesuaikan dengan materi yang diminta oleh guru, dan tergantung tema, ataupun mata pelajaran yang anda dapatkan. Jika ingin mencoba belajar membuat kliping sendiri bisa kok.

Dalam hal ini, anda bisa menentukan tema sendiri, agar lebih mudah. Kayak, tema masakan, gaya hidup, atau yang lainnya. Namun yang pasti, dalam proses pembuatannya, anda pasti akan mendapatkan tema yang menantang dan menarik, sebba tema yang diberikan oleh guru  pasti nggak asal asalan.

Dan dalam proses pembuatannya, anda meski fokus ke dalam satu tema saja, tidak boleh dicampur banyak tema. Karena kalau sampai dicampur banyak tema, maka akan membuat kliping anda jadi acak acakan, nggak bagus, dan nggak sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan oleh guru.

Selain itu, tampilannya juga membuat nggak enak dipandang mata. Gimana, sudah punya gambaran tentang kliping? Pasti sudah ya. Dan nantinya, kita bakalan bahas kok gimana sih cara membuat kliping dengan baik dan benar, supaya nantinya, anda bisa membuat sendiri ketika mendapatkan tugas dari guru di sekolah.

Format dalam Kliping

Setelah mengetahui pengertiannya, dan beberapa hal yang berkaitan dengan kliping, hal lain yang juga meski anda ketahui adalah formatnya. Yes, sebagaimana file atau pengarsipan yang lainnya, kliping juga punya format yang bisa digunakan dan harus menjadi perhatian para pembuatnya.

Dan pada umumnya, setiap dokumen pasti punya format yang berbeda.  Oke, bagi anda yang masih bingung dan penasaran seperti apa sih format kliping, bisa simak formatnya berikut ini ya. Nantinya, tinggal di sesuaikan saja dengan keinginan anda.

Sampul Kliping

Format pertama yang akan kita bahas adalah bagian sampul. Yes ini akan selalu menjadi format paling awal yang harus dibahas oleh mereka yang membahas kliping. Karena bagaimanapun, sampul mempunyai peranan yang sangat penting bagi sebuah kliping.

Apalagi sebenarnya, bagian sampul ini bakalan menjadi salah satu penentu menarik tidaknya kliping yang anda kerjakan atau anda buat. Ketika membuat kliping, anda dapat menentukan sendiri sampul seperti apa yang diinginkan.

Hal ini supaya orang yang melihatnya tertarik buat membaca dan membukanya. Karena bagaimanapun, bagian sampul akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembaca. Dalam artian, semakin menarik sampulnya anda desain atau anda buat, maka akan semakin banyak orang yang ingin membacanya.

Karena bagaimanapun, kesan pertama itu penting banget. Dalam pembuatan sampul, ada beberapa hal yang bisa anda cantumkan ya.

Kayak nama pembuat, kemudian judul, atau bahkan tema yang anda angkat di kliping tersebut. Hal ini bertujuan untuk membantu para calon pembaca mengetahui apa yang dibahas dalam kliping anda.

Kata Pengantar dari Kliping

Sebagaimana halnya karya karya ilmiah yang lainnya, di bagian kliping juga meski ada kata pengantarnya. Di bagian ini, anda bisa banget nih menuliskan kata pengantar, sebagaimana kata pengantar pada umumnya.

Tapi yang menjadi catatan, nggak semua kliping meski disertai kata pengantar, karena memang ada juga yang nggak membutuhkan kata pengantar.

Dan dalam hal ini, bisa disesuaikan saja ya. Tergantung pembuatannya nanti. Jika hanya tugas anak sekolah, biasanya nggak perlu ada tambahan kata pengantar. Namun jika sudah jenjang yang lebih tinggi, di dunia kampus misalnya, tentu akan lebih baik jika menggunakan kata pengantar ya.

Daftar Isi 

Salah satu hal yang membahagiakan para pembaca adalah bisa menemukan daftar isi pada bacaan yang mereka temukan. Iya kan?

Karena dengan adanya daftar isi, akan membuat mereka lebih mudah memahami apa saja sih yang ada di dalam karya tersebut, dan bisa dengan mudahnya menemukan bagian bagian yang ingin dibacanya. Karena nggak bisa dipungkiri, bahwasanya memang ada beberapa orang yang lebih suka membaca bagian bagian tertentu saja.

Nah jika anda sedang membuat kliping, kami rekomendasikan buat menambahkan daftar isi ke dalam kliping anda ya. Karena ini akan membantu para pembaca, baik itu ketika ingin tahu apa saja isi dalam kliping tersebut, ataupun memudahkan mereka ketika akan mencari informasi yang dibutuhkan.

Sehingga nggak perlu lagi yang namanya repot repot buat membuka semua hanya untuk mencari tahu beberapa informasi yang dibutuhkan.

Isi Kliping

Sementara untuk format yang berikutnya adalah bagian isi kliping. Salah satu bagian inti dalam sebuah kliping ya. Anda bisa menampilkan semua berita atau data yang sudah didapatkan ke dalam bagian isinya. Tempelkan serapi dan sebagus mungkin, supaya lebih mudah dan menarik.

Sebagaimana sudah kami singgung sebelumnya, anda meski membuat kliping sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Maka dari itu, usakana untuk mencari data data yang sesuai tema, jangan sampai salah ya. Jangan sampai dicampur, karena bakalan membuat klipingnya kurang menarik, dan nggak sesuai.

Kesimpulan dan Saran

Sementara bagian yang terakhir adalah bagian kesimpulan dan juga saran. Sebagaimana bagian kata pengantar, untuk kliping anak sekolahan, biasanya bagian ini juga tidak begitu perlu, alias nggak harus dicantumkan kok. Namun bagi tingkatan mahasiswa, tentu ini menjadi salah satu bagian yang juga penting buat dimasukkan.

Di bagian ini, anda bisa memasukkan kesimpulan dari berbagai informasi yang sudah dimasukkan ke dalam kliping, lengkap dengan saran yang anda miliki. 

Daftar Pustaka

Jika ingin menambahkan bagian daftar pustaka, bisa juga ya. Dan bagian ini bisa anda masukkan setelah bagian kesimpulan dan saran. Adapun isi dari daftar pustaka adalah sumber informasi yang anda dapatkan. Untuk proses pembuatannya, mengikuti panduan yang baku dan resmi ya. Nggak boleh asal asalan. 

Cara Membuat Kliping dengan Baik Dan Benar

Pembahasan terakhir kita adalah proses, alias cara membuat kliping yang baik dan benar. Sebenarnya, ketika anda sudah mengetahui pengertian kliping dan juga formatnya, maka anda akan menganggap bahwa cara membuat kliping ini sangat memudahkan anda kok.

Maka dari itu, jangan lupa buat memperhatikan dan memahami pengertian serta format yang sudah dijelaskan di atas ya. Usahakan untuk menggunakan format yang sudah ada. Tapi sebelum ke tutorialnya, anda meski mempersiapkan alat alat yang dibutuhkan ya.

Dalam hal ini, anda bisa mempersiapkan HVS, kemudian lem, gunting, dan yang lainnya. Kalau semua sudah lengkap, barulah ikuti cara berikut. Adapun cara pertama dalam proses pembuatan kliping yang baik dan benar adalah dengan menentukan tema.

Penentuan tema menjadi salah satu hal yang penting buat diperhatikan. Dan ini adalah langkah paling dasar. Menentukan tema kliping ini berlaku bagi anda yang diminta menentukan tema sendiri. Karena pada dasarnya, para guru sudah memberikan tema kok ke masing masing muridnya.

Saran kami carilah tema tema yang sekiranya mudah, dan informasinya bisa ditemukan di berbagai media dengan cepat. Cara membuat kliping berikutnya, kumpulkan seluruh data data yang anda butuhkan.

Sebagaimana sudah kami sebutkan sebelumnya, bahwa data data yang bisa anda dapatkan, bisa diperoleh dari media cetak yang tersebar. Mulai dari tabloid, koran, majalah, dan yang lainnya. Kalau sudah, anda bisa menggunting bagian bagian yang sesuai dengan tema.

Hal ini agar memudahkan proses menempelkan nantinya. Jika sudah selesai menggunting semua data yang ada, anda bisa mulai menempelkannya ke bagian isi kliping. Tempelkan serapi mungkin. Supaya lebih keren dan menarik. Cara berikutnya, adalah dengan membuat cover.

Covernya harus dibuat dengan bagus ya. Jangan asal asalan, karena bakalan menjadi penentu menarik tidaknya kliping anda nantinya. Dan yang terakhir, tinggal isi format yang kurang, lalu jilid deh. Gimana, gampang banget kan? 

Nah itulah dia beberapa informasi menarik mengenai cara membuat kliping dan beberapa informasi lainnya yang mesti diperhatikan. Selamat mencoba ya, jangan lupa mencari tema tema sederhana yang mudah bagi anda.

Semoga bermanfaat, semoga membantu, dan semangat mengerjakan kliping ya. Yuk share informasi ini tentang cara membuat kliping dengan baik dan benar ini ke teman teman anda yang juga sedang belajar membuat kliping.