10 Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Online Terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Online – Dewasa ini, setiap orang harus dapat memaksimalkan ponsel di tangan mereka untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Bukan lagi hanya sekedar menonton, atau bermain game. Dan sebenarnya, hal tersebut sudah didukung kok dengan berbagai macam aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi baca buku online.

Dan perlu diketahui, bahwasanya membaca buku adalah sebuah kebiasaan yang sangat baik, yang sudah seharusnya dilakukan oleh semua orang.

Apalagi nih, sekarang bisa kok membaca buku tanpa harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Yakni, dengan memanfaatkan aplikasi baca buku online tersebut.

Aplikasi baca buku online

Berikut ini merupakan 10 rekomendasi aplikasi baca buku online terbaik yang patut untuk anda pertimbangkan. 

Kobo

Kobo, ada yang sudah pernah tahu dan menggunakan aplikasi Kobo? Mungkin, masih belum begitu banyak yang kenal dengan aplikasi ini ya.

Jadi, di dalam aplikasi, tersedia banyak sekali judul buku yang dapat anda baca. Bahkan, jumlahnya sudah mencapai 6 jutaan loh. Wah, banyak banget kan?

Dan judul buku yang ada, terdiri dari berbagai macam bahasa. Kobo menawarkan berbagai macam fitur menarik yang dapat anda eksplor satu persatu.

Kayak, memungkinkan anda buat mengatur ukuran hurufnya, mengubah jenis huruf yang digunakan, sampai dengan mengganti mode baca. Bebas deh.

Selain itu, di dalam kobo juga ada fitur kamus built-in serta tools, yang dapat anda gunakan ketika akan membuat catatan pada buku yang dibaca. 

Google play books

Sejauh ini, google play books tampaknya masih menjadi salah satu aplikasi baca buku online terbaik deh. Karena memang ada banyak sekali orang-orang yang menggunakannya.

Dari namanya, sudah kelihatan, kalau google play books ini merupakan apk besutan google ya. Di dalam google play books, anda bakalan menemukan banyak e book yang populer. 

Wajar kalau kemudian google play books bisa disebut sebagai surganya para pecinta buku.

Untuk jenis bacaannya sendiri beragam ya. Mulai dari novel, komik, dan yang lainnya. Saat ini, sudah ada lebih dari dua juta orang yang menggunakannya, yang berasal dari berbagai negara belahan dunia.

ipusnas

Pernah tahu aplikasi ini? Ya, aplikasi ipusnas merupakan aplikasi membaca buku online terbaik yang dihadirkan oleh pihak perpustakaan nasional Indonesia.

Semua penggunanya bisa menemukan dan mengakses bacaan-bacaan yang sangat beragam. Mulai dari non fiksi, fiksi, budaya, agama, dan yang lainnya.

Sistem aplikasi nggak berbeda jauh dengan sistem yang diterapkan oleh aplikasi bacaan online terbaik lainnya kok. Dan yang menariknya lagi, anda dapat meminjam buku layaknya peminjaman buku offline pada umumnya.

Adapun waktu peminjamannya ialah 5 hari. Dan anda bisa meminjam buku dengan sangat mudah. Gratis pula.

Wattpad

Aplikasi yang lainnya ialah wattpad. Sama seperti aplikasi-aplikasi yang lain, bahwa aplikasi wattpad juga termasuk aplikasi yang sangat populer, dan sudah banyak digunakan oleh orang-orang.

Hanya saja, wattpad tampaknya hanya populer dan banyak digunakan oleh orang dewasa ya. Dan cocok banget untuk siapapun yang suka membaca novel berbagai genre.

Mulai dari aksi, horor, sampai yang lainnya. Dan di dalam wattpad, anda bakalan menemukan banyak penulis handal dari berbagai negara loh.

Wattpad merupakan sebuah software yang bisa dikatakan mudah digunakan ya. Wajar sih kalau kemudian banyak masyarakat kita yang memilih untuk menggunakannya.

Kabar baiknya lagi, ia bukan hanya dapat anda jadikan sebagai aplikasi membaca, tapi juga memungkinkan sekali kalau dijadikan sebagai apk berkarya.

Ketika anda mempunyai tulisan-tulisan, bisa nih di upload atau diunggah ke wattpad.  Dan dapatkan uang dari sana. 

Amazon Kindle

Selain ada aplikasi baca buku online yang terbitan Google, ternyata ada juga aplikasi terbitan perusahaan besar lainnya, yakni Amazon, dengan nama Amazon Kindle.

Amazon Kindle merupakan sebuah software yang pas untuk kalangan anak-anak, dan bisa anda download lewat Google play store. Ataupun lewat app store.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi untuk Membaca Komik Terbaik

Bahkan, bisa juga anda install lewat PC dan Mac loh. Di dalam aplikasi, tersedia berbagai macam fitur menarik.

Mulai dari pemberian highlight, kemudian penulisan catatan, kamus, dan yang lainnya. Dan ia bisa anda hubungkan ke sosmed yang ada. 

iJakarta

iJakarta merupakan sumber bacaaan online yang diterbitkan oleh perpustakaan Jakarta, tepatnya, oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI. 

Sebagaimana aplikasi yang lainnya, anda juga akan menemukan banyak fitur-fitur menarik di dalamnya.

Dan salah satu keunggulan atau kelebihan Jakarta daripada yang lainnya ialah, setiap pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna yang lainnya.

Selain itu, penggunanya juga bisa memberikan rekomendasi bacaan yang bagus, sampai dengan mengulas buku yang telah dibaca. Menarik sekali bukan?

Ada juga fitur lain, kayak koleksi buku, rak buku, ereader, dan epustaka.

Nook

Nook, merupakan salah satu software membaca buku secara online yang sangat terkenal di berbagai kalangan. Terutama di kalangan para pengguna android ya.

Di dalamnya tersedia lebih dari 4 jutaan buku yang dapat anda akses. Mulai dari majalah, buku best seller, komik, dan yang lainnya.

Kalau kita perhatikan, tampilannya super sederhana, namun tetap nyaman digunakan. Karena tampilannya yang sederhana itulah aplikasi ini dapat diakses dengan sangat mudah oleh semua penggunanya.

Storial

Storial sempat viral beberapa waktu lalu ya. Karena mereka menerima berbagai macam jenis tulisan. Yang sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Di dalam apk Storial, anda bisa mencari novel dengan berbagai genre. Bahkan, ada puisi juga loh. Yang mana, seluruh bacaan yang tersedia bisa anda dapatkan secara gratis, alias cuma-cuma.

Salah satu keunggulan dari storial ialah, sudah tersedia fitur audio story. Yakni, sebuah fitur yang dapat anda gunakan ketika ingin  membaca buku, namun dengan cara yang unik dan tergolong berbeda.

Yaitu, lewat audio atau suara. Menyangkan sekali bukan? Dan tampaknya, fitur ini merupakan sebuah fitur yang belum begitu banyak dimiliki oleh aplikasi-aplikasi sejenisnya.

Bagi anda yang seorang penulis juga, mungkin bisa menerbitkan karya di sini. Hitung hitung, mengasah kemampuan kan?

Tampilan aplikasinya masih terbilang sangat sederhana, tapi tetap memberikan kesan nyaman kepada semua penggunanya kok.

Dan lewat aplikasi ini, anda bisa mengupload tulisan dengan fitur atau menu yang sudah tersedia di dalamnya.

Untuk mengetahui model tulisan yang diterima di storial, tentu akan jauh lebih baik kalau anda banyak banyak membaca tulisan-tulisan yang ada di dalamnya.

Ya untuk sekedar mengetahui model penulisan atau sistematikanya. Kalau sudah paham, baru deh mulai menulis di sana. 

Libby, by overdrive

Aplikasi yang selanjutnya adalah Libby, by overdrive. Lewat aplikasi ini, setiap pengguna dapat meminjam berbagai macam jenis ebook, dan audiobook. Gratis loh.

Cara menggunakannya juga terbilang sangat simpel. Karena anda hanya perlu membuat akun perpus sendiri, kemudian langsung membaca saja karya karya yang ada di aplikasi satu ini.

Libby ini sudah dapat digunakan di berbagai macam sistem operasi. Mulai dari android sampai dengan ios. Itu artinya, anda dapat langsung mendownloadnya lewat aplikasi google play store ataupun app store.

Gramedia digital

Adapun rekomendasi aplikasi baca online terbaik yang terakhir adalah aplikasi gramedia digital. Dewasa ini, tampaknya nyaris semua kita pasti kenal dengan gramedia kan?

Hanya saja, masih belum begitu banyak yang tahu, kalau ternyata, gramedia itu mempunyai versi digitalnya loh. Yang mana, lewat aplikasi ini semua orang dapat menemukan bahan bacaan yang menarik.

Terutama anak-anak ya. Karena mereka dapat menemukan majalah, kemudian koran, sampai dengan cerita anak. Pkonya, koleksi koleksi gramedia dapat anda temukan di aplikasi ini deh.

Hanya saja, sistem yang diterapkan oleh pihak aplikasi mengharuskan anda untuk membayar sejumlah uang ya. Dan biasanya, biaya yang mesti dikeluarkan disesuaikan dengan kapasitas dan juga kebutuhan.

Baik itu yang paketan atau per bukunya. Bahan bahan bacaan yang beragam membuat aplikasi gramedia digital sangat mungkin untuk digunakan oleh seluruh usia ya.

Jadi, kalau memang anda suka membaca, dan dari kemarin kemarin belum menemukan aplikasi yang tepat, mungkin sudah waktunya anda menggunakan gramedia ya.

Baca Juga :  Cara Daftar Grab

Dan temukan semua koleksi koleksi menarik mereka, lalu baca sepuas mungkin. 

Nah gimana, sudah tahukah apa saja aplikasi baca online terbaik yang ada? Kalau sudah, anda tinggal memilih saja, mana kiranya aplikasi yang cocok untuk anda.

Karena pada dasarnya, setiap orang pasti mempunyai keinginan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga, cenderung memilih aplikasi yang berbeda pula.

Dalam menggunakan aplikasi, nggak ada salahnya untuk mencari tahu lebih jauh tentang aplikasi yang akan anda gunakan.

Dalam hal ini, bisa banget kok mencari tahu komentar komentar para pengguna lewat google play store ataupun app store. Kemudian, membandingkan satu per satu.

Kalau kiranya sudah mempunyai gambaran akan menggunakan yang mana, tinggal download, dan gunakan saja deh. Oke, demikian rekomendasi dari kami, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.