Cara Membuat Channel YouTube

Membuat Channel YouTube di Laptop

Deskripsi: Informasi cara membuat channel youtube lengkap dengan tips mengembangkannya. Cocok untuk kamu yang baru memulai menjadi youtuber & sulit mendapatkan subscriber.


Ingin menjadi youtuber tapi belum tahu cara membuat channel-nya? Jangan khawatir, di sini kami akan membantumu menjelaskan cara membuat channel Youtube secara detail. Caranya sangat mudah, kok.

Kamu cukup menyimak artikel ini hingga selesai. Dewasa ini, menjadi seorang youtuber menjadi salah satu cita-cita yang paling didambakan.

Hal tersebut dikarenakan hasil monetisasi dari platform tersebut terbilang sangat menggiurkan. Jika kamu tertarik menekuninya, mulailah membuat channel Youtube, dan mengembangkannya. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat Channel Youtube di Laptop/PC

Membuat Channel YouTube di Laptop

Ada dua cara membuat akun Youtube, pertama melalui laptop/PC, dan kedua menggunakan HP. Nah, pertama kami akan menjelaskan cara membuatnya melalui laptop/PC. Berikut langkah-langkahnya:

1. Membuat Akun Google

Bagi yang belum memiliki akun Google, silahkan buat terlebih dahulu. Untuk memilikinya, silahkan daftar di accounts.google.com/signup. Jika kamu sudah memilikinya, bisa melewati langkah pertama ini.

2. Membuat Akun Youtube Baru

Sebagai informasi, akun Youtube berbeda dengan channel Youtube. Akun adalah sebuah panel admin, fungsinya yaitu untuk login ke channel Youtube. Akun ini, sama dengan akun Google milikmu.

Sederhanya, akun Youtube sama dengan akun Google. Jadi, kamu bisa login ke akun Youtube menggunakan akun Google yang telah dibuat. Sedangkan channel, merupakan saluran yang berisi konten video milikmu.

3. Login ke Akun Youtube

Setelah memiliki akun Google, silahkan login ke Youtube. Buka halaman Youtube, kemudian klik login yang berada pada bagian kanan atas.

Masukkan alamat Gmail, atau akun Google yang sudah dibuat. Kemudian secara otomatis kamu sudah langsung login ke akun milikmu.

4. Membuat Channel

Setelah login, kamu sudah langsung memiliki channel baru, atau bawaan sesuai nama akun Google. Untuk membuat channel baru, kamu bisa langsung klik icon Channel di pojok kanan atas.

Selanjutnya silahkan klik add new channel, lalu kasih nama channel baru kamu. Nama channel bisa kamu sesuaikan dengan konsep masing-masing.

Misalnya, channel khusus untuk bisnis, review, gaming, dan jenis channel youtube lainnya. Nah, setelah mengikuti semua langkah-langkah di atas, berarti kamu sudah memiliki channel Youtube sendiri.

Baca Juga: Cara Download Lagu MP3 dari YouTube

Cara Membuat Channel Youtube di HP Android

Cara Membuat Channel YouTube di HP

Cara pembuatan channel Youtube melalui HP, tidak jauh berbeda dengan laptop/PC. Berikut kami jelaskan langkah-langkahnya secara singkat dan padat:

  1. Buat akun Google terlebih dahulu (lewati jika sudah memilikinya).
  2. Unduh dan pasang aplikasi Youtube di smartphone Android maupun iOS.
  3. Buka aplikasi Youtube, kemudian lakukan tindakan yang mengharuskan adanya sebuah channel.

Tindakan tersebut meliputi mengunggah maupun membuat playlist.

  1. Aplikasi akan menuntunmu untuk membuat channel melalui panduan yang lengkap dan jelas.
  2. Pastikan informasi channel lengkap, mulai dari nama, pengaturan privasi, dan deskripsi.
  3. Channel sudah siap digunakan.

Baca Juga: Cara Download Video Youtube

Cara Mengembangkan Channel Youtube

Setelah membuatnya, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara membangun channel Youtube. Tujuannya tentu saja agar channel milikmu ditonton dan diikuti oleh banyak orang. Yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pilih Niche yang Cocok dengan Passion

YouTube Gaming

Niche atau tema channel harus kamu siapkan di awal. Usahakan untuk tidak mencampur adukan tema. Misalnya, tema video cover musik dengan bermain game.

Pilih salah satunya saja, tujuannya agar channel kamu berkualitas dan mudah ditemukan. Tema general, atau campur aduk, akan sulit menemukan subscriber.

Itu artinya, semakin niche kamu terarah, maka akan semakin kaya channel milikmu.

2. Buat Video yang Informatif dan Bermanfaat

Windows 10 Game Bar

Konten adalah raja. Salah satu cara mendapatkan 10.000 view Youtube adalah dengan membuat konten yang bagus. Arti bagus di sini bermakna luas.

Konten video yang kamu buat harus memiliki value. Isinya harus bermanfaat, informatif, edukatif, juga menghibur. Memang tidak mudah membuat konten berkualitas.

Kamu harus terus mengasah kemampuan dan mengisi pengetahuan agar menjadi lebih baik. Kamu juga bisa membuat konten seru-seruan, seperti bermain game.

Cara membangun channel Youtube gaming tergolong mudah. Sebab kamu hanya perlu bermain game dengan cukup handal kemudian rekam layar PCnya dengan software screen recorder PC.

3. Buatlah Judul Semenarik Mungkin

Judul yang bagus mampu menarik perhatian banyak orang untuk mengklik video. Buatlah judul yang mengandung unsur keyword yang dicari melalui search engine. Tujuannya agar video mudah ditemukan.

Contohnya, daripada kamu membuat judul “Sekarang Gue Kurusan”, lebih baik ganti menjadi “Cara Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu”. Selain judulnya mudah ditemukan, juga menarik perhatian orang yang sedang menurunkan berat badan.

4. Buat Thumbnail yang Menarik

Membuat Thumbnail YouTube

Pada dasarnya, thumbnail atau gambar sampul, secara acak akan ditentukan oleh Youtube. Sampul ini menjadi gambar utama videomu di beranda. Namun, kamu juga bebas untuk membuatnya.

Nah, buatlah thumbnail yang menarik. Masukkan gambar yang bagus. Lengkapi juga sampul dengan tulisan. Tulisan pada thumbnail bisa menggunakan judul video.

Dan hal terpenting dalam membuat Thumbnail YouTube adalah menyesuaikan ukurannya. Silahkan kunjungi Ukuran Thumbnail YouTube dan tipsnya membuat Thumbnail yang menarik.

5. Buat Gambar Header

Hal ini juga tidak boleh kamu lewatkan. Header sangat penting agar channel-mu tampak lebih serius dan profesional. Gunakan gambar yang pas dengan niche. Gambar header bisa berupa logo, maupun foto wajah.

Seperti halnya Thumbnail, membuat gambar header juga ada ukuran dan triknya. Silahkan kunjungi Ukuran Header YouTube dan pelajari trik membuat header yang menarik.

6. Konsisten

Salah satu cara agar channel youtube terkenal adalah dengan konsisten membuat dan mengunggah konten. Jika tidak bisa tiap hari, upload minimal 1 kali dalam seminggu.

Terus lakukan secara konsisten agar channel-mu tumbuh besar dan dikenal oleh banyak orang. Banyak sekali youtuber yang menyerah di tengah jalan karena tidak konsisten.

Jangan berhenti karena alasan subscriber tidak bertambah setiap hari. Semua membutuhkan proses. Yang penting, tetap konsisten membuat konten berkualitas.

Cara membuat channel Youtube di atas, sedikit banyaknya akan membantumu untuk memulainya. Terlebih jika kamu mengikuti langkah-langkah cara mengembangkannya.

Tips tersebut, cocok sekali untuk pemula yang baru berencana terjun untuk menjadi seorang youtuber. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Cara Menghapus Akun Instagram

Pusat Bantuan Instagram / Cara Menghapus Akun Instagram / Hapus Secara Permanen atau Sementara. Menonaktifkan Instagram Lewat HP / Laptop dengan Mudah. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang…
Selengkapnya