9 Barang Wajib Anak Kos yang Meski Ada di Kamar Anda

9 Barang Wajib Anak Kos yang Meski Ada di Kamar Anda – Sebelum mulai ngekost, anda meski tahu dulu nih apa saja sih barang wajib anak kost yang nantinya akan anda beli dan persiapkan.

Karena bagaimanapun, mempersiapkan semua keperluan barang barang di kost adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh siapapun.

Terutama oleh anda yang baru saja mau ngekos. Ketika menjadi anak kos, itu artinya anda sudah mulai harus belajar mandiri, melakukan semua keperluan sendiri, tanpa adanya bantuan dari orang lain.

Tentu, untuk menghadapi dunia kos yang notabenenya agak kejam, anda meski mempersiapkannya dengan matang, termasuk untuk urusan barang barang kost. Karena nantinya, dengan bantuan barang barang tersebut anda bisa hidup lebih aman, dan sudah pasti bisa mengurangi pengeluaran.

Barang barang tersebut jugalah yang akan membantu anda untuk bertahan hidup di tanah rantau. Maka dari itu, ngelis dan tahu barang wajib anak kos adalah hal penting buat anda.  Dan persiapan yang mesti dilakukan juga harus dari jauh jauh hari, biar bisa memilih barang barang yang berkualitas.

So, bagi yang pertama kali merantau, dan anda masih belum tahu apa saja yang mesti dibeli, bisa simak 8 barang wajib anak kos berikut ini. 

Barang Wajib Anak Kos

Berikut ini merupakan beberapa barang wajib anak kos yang bisa anda persiapkan sebelum akhirnya menjadi anak kos sungguhan, yang harus mengatur semuanya sendiri. 

Kasur

Untuk yang pertama adalah kasur. Dan ini bisa dikatakan sebagai barang yang bukan hanya wajib, tapi wajib banget. Sehingga harus anda persiapkan dengan sangat baik. Karena kasur akan menjadi tempat anda beristirahat setelah lelah melakukan segudang aktivitas di luar rumah.

Agar bisa beristirahat dengan nyaman, anda membutuhkan kasur yang sesuai dengan tipe tubuh anda. Nggak bisa asal pilih. Apalagi, kasur ini adalah obat yang sangat mujarab bagi tubuh yang lelah.

Kasur yang tepat dan nyaman bakalan membuat anda bisa beristirahat dengan sangat tenang, sehingga bisa bangun kembali dalam keadaan yang fresh. Setiap orang pasti punya model atau tipe kasur yang sesuai dengan tubuhnya. Maka dari itu, anda meski memperhatikan tipenya ketika akan membeli kasur. 

Lemari 

Barang wajib anak kos yang kedua adalah lemari. Yes, lemari ini merupakan tempat yang akan digunakan untuk meletakkan semua pakaian anda selama di kos kosan. Dengan adanya lemari, maka kondisi kos akan terlihat lebih rapi dan bersih.

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak sekali jenis lemari yang bisa anda temukan dna pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari yang paling murah sampai dengan yang paling mahal. Dan biasanya, harga tersebut disesuaikan dengan bahan lemari yang anda beli.

Ada yang dari kayu, dan ada juga yang dari plastik atau atom. Saran kami, jika anda ngekos hanya selama bekerja atau selama kuliah saja, maka belilah lemari yang terbuat dari plastik atau atom. Hal ini akan memudahkan anda ketika akan memindah mindahkan lemari saat lagi beres beres.

Selain itu lemari yang terbuat dari bahan ini juga bakalan lebih mudah dibawa ketika mau pindahan, karena memang bobotnya yang nggak berat.

Hal ini berbeda ketika anda membeli yang lemari kayu. Selain itu, kalau dari segi harga, lemari plastik juga lebih terjangkau loh. So, ini tergantung selera dan kebutuhan saja. Kalau mau beli yang plastik ya bisa, kalau mau menggunakan yang kayu juga nggak masalah.

Sapu

Jika sudah mempunyai kedua barang wajib anak kos di atas, maka barang lain yang juga nggak kalah pentingnya adalah sapu. Ya, barang satu ini dibandrol dengan harga yang terjangkau, dan sangat bervariasi. Keberadaannya mungkin terkesan agak sepele.

Namun ketahuilah, dengan adanya sapu, maka kondisi kos kosan anda akan menjadi lebih bersih, dan ini akan membuat anda lebih nyaman berada di dalamnya.

Baca Juga :  Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi pada Android

Nggak mungkinkan kos, yang notabenenya adalah rumah yang akan anda tinggali tidak dirawat, tidak disapu dan dibersihkan? So, anda juga harus membeli sapu untuk bagian kebersihan kamar.

Terminal Listrik

Pada umumnya, di kos kosan hanya tersedia satu stop kontak saja. Sementara sebagai anak kos, pasti ada beberapa barang yang mesti anda hubungkan ke listrik. Sehingga, satu stop kontak terbilang sangat sangat kurang, tidak sesuai dengan kebutuhan.

Maka dari itu, anda perlu membeli terminal listrik nih. Agar lebih mudah ketika mau mencolok sesuatu. Mulai dari ponsel, laptop, rice cooker, atau yang lainnya. 

Rice cooker

Barang wajib anak kos yang selanjutnya adalah rice cooker. Tahu dong, betapa pentingnya alat yang satu ini. Barang wajib yang satu ini tampaknya memang harus ada deh di setiap kamar anak kos. Karena nggak bisa dipungkiri, dengan membeli rice cooker, maka anda bakalan lebih hemat, meski sedikit.

Karena dengannya anda nggak perlu lagi repot repot beli nasi. Tinggal masak sendiri, kemudian beli lauk. Dan beberapa orang membuktikan, dengan cara ini mereka bisa lebih hemat loh. Dan anda juga bisa melakukannya sendiri di kos. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan rice cooker ketika akan memasak air kok.

Siapa tahu ingin memasak air, ntah itu ketika mau menyeduh teh atau kopi. Untuk membeli rice cookernya, bebas ya. Bisa beli di supermarket, atau di tempat tempat yang lainnya. 

Setrika

Selanjutnya ada setrika. Barang wajib anak kos satu ini berukuran sangat kecil. Dan bisa jadi alat atau barang yang paling kecil di antara barang barang wajib yang lainnya. Meskipun demikian, namun ia tetap menjadi benda yang sangat penting loh.

Hal ini karena dengan benda kecil ini anda bisa banget merapikan pakaian anda, bisa penampilan tetap rapi, kapanpun dan dimanapun.

Meskipun anda adalah tipikal yang lebih memilih laundry ketimbang mencuci atau menyetrika sendiri, namun menurut kami anda tetap harus membeli dan memiliki benda kecil ini. Karena bisa saja ada acara dadakan, dan semua pakaian anda ada di tempat laundry.

Kalau sudah demikian, mau tidak mau anda meski menggosok baju yang ada di lemari saja kan? So, nggak usah ragu deh kalau mau membeli barang yang saat ini. Karena harganya sangat bervariasi kok. Lagi pula, ada juga yang dibandrol dengan harga sangat sangat terjangkau. 

Galon

Barang wajib anak kos yang lainnya adalah galoon. Rasanya, semua anak kos pasti punya galon di kamar mereka. Dan sebagai calon anak kos, anda juga meski mempunyai galon nantinya. Karena ini akan membantu anda ketika akan minum di kala haus.

Harga galon sendiri masih tergolong murah kok. Dan dengan menggunakan galon, biaya pengeluaran anda untuk masalah minum akan lebih hemat. Karena satu galon air hanya dibanderol sekitar 6 ribu sampai dengan 15 ribuan saja.

Tergantung jenis air yang anda pesan, dan kota anda masing masing. Karena ada yang isi ulang, dan ada yang aqua asli atau asli. Jika anda adalah tipikal yang cocok cocok aja dengan semua jenis air, maka memilih air yang isi ulang adalah pilihan yang paling tepat, dikarenakan harganya yang sangat sangat terjangkau.

Hanya dengan modal 6 ribuan saja, anda sudah bisa mendapatkan air segalon, dan bisa dihabiskan dalam waktu yang lumayan lama, bisa sampai dua mingguan deh. 

Gantungan baju

Selanjutnya ada gantungan baju nih. Barang satu ini juga wajib banget loh dimiliki oleh anak kos. Karena memang fungsinya yang sangat krusial.

Dengan mempunyai gantungan baju, maka anda bakalan lebih mudah saat akan menggantungkan baju yang basah, kemudian bisa juga menggantung pakaian yang sudah disetrika ataupun pakaian yang bakalan dipakai. Dan dengan adanya alat ini, kamar akan terlihat lebih rapi loh.

Kipas angin

Yang selanjutnya adalah kipas angin. Kipas angin juga termasuk salah satu barang wajib anak kos yang meksi anda pertimbangkan. Terlebih lagi jika kondisi kost anda yang panas ya. 

Tips Membeli Barang Wajib Anak Kost

Beberapa di antara anda mungkin masih banyak yang khawatir, karena harga barang barang tersebut yang tergolong agak mahal. Tapi tenang saja, kami punya tips yang akan sangat membantu. Berdasarkan pengalaman penulis, akan lebih baik jika anda membeli barang second yang kualitasnya masih bagus.

Baca Juga :  Pemain Timnas Kroasia Piala Dunia 2023

Ya, nggak sedikit loh orang orang yang menjual barang barang tersebut dengan harga yang sangat terjangkau. Dan untuk mendapatkannya, anda bisa melakukan pembelian di marketplace facebook atau bisa juga dengan membelinya di grup grup jual beli barang bekas di kota anda.

Dijamin deh, biaya untuk membeli barang wajib anak kos anda bakalan lebih hemat. Oke itulah dia beberapa barang wajib yang meski anda pertimbangkan, plus tips yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat, dan semoga membantu ya.