100+ Contoh Pidato Persuasif Singkat Terbaik 2023

 Contoh Pidato Persuasif Singkat Terbaik 2023 – Pidato merupakan salah satu materi yang akan anda dapatkan ketika duduk di bangku sekolah. Baik itu di tingkat menengah pertama ataupun menengah atas. Dan nggak bisa dipungkiri, bahwasanya materi pidato ini termasuk salah satu materi yang menarik.

Tapi sayangnya, masih lumayan banyak banget nih para siswa dan siswi yang kesulitan ketika diminta untuk membuat pidato. Iya kan? Padahal sebenarnya, proses pembuatannya tergolong mudah kok. Yang terpenting adalah bagaimana usaha anda dalam membuatnya, dan pemahaman anda terhadap pidato itu sendiri.

Dan biasanya, membaca contoh pidato juga akan membuat anda lebih mudah loh dalam membuat pidato sendiri. Ada yang masih bingung, dan pengen tahu lebih banyak tentang pidato? Kalau ada, bisa simak ulasan berikut ya. Karena kami akan memberikan contoh pidato yang bisa anda pelajari. 

Pengertian Pidato Persuasif

Pidato adalah kegiatan menyampaikan sesuatu, atau maksud tertentu ke depan banyak orang. Nah, pidato sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis. Salah satunya adalah persuasif. Di mana, jenis ini merupakan salah satu jenis yang paling sering dilakukan.

Pidato persuasif sendiri merupakan sebuah pidato yang disampaikan dengan tujuan untuk mengajak para pendengar melakukan sebuah aksi. Tentu saja, anda sudah nggak asing lagi kan dengan yang namanya pidato persuasif?

Nah, ketika menyampaikan pidato, tentu saja ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Oke, kita bahas pelan pelan ya. Jadi, yang dimaksud dengan pidato persuasif adalah pidato yang berisi ajakan kepada para pendengar, supaya yang mendengarkan mau melakukan sesuatu, alias melakukan sebuah aksi.

Ketika menyampaikan pidato tersebut, maka anda mesti bisa mempengaruhi mereka, agar memahami apa yang anda maksud, dan menjalan sesuai dengan yang anda sampaikan.

Intinya, dalam pembuatan pidato persuasif, anda harus bisa menggunakan kalimat kalimat yang memang pas, dan harus ditambah dengan penyampaian yang baik dan bijak. 

Struktur Pidato Persuasif

Dalam proses pembuatannya, anda meski memperhatikan dulu nih struktur penulisan pidatonya. Hal ini agar semuanya runtut. Secara umum, strukturnya nggak berbeda jauh juga sih dengan karya yang lainnya. Kayak, ada bagian pembukaannya, kemudian masuk ke bagian isi, lalu bagian penutup.

Yang mana, di bagian bagian tersebut anda akan memasukkan kalimat kalimat ajakan atau persuasif agar lebih meyakinkan. Berikut ini merupakan struktur pidato persuasif yang mesti anda pahami. 

Pembukaan

Untuk bagian yang pertama ialah bagian pembukaan. Untuk bagian pembukaan ini berisi beberapa hal ya. Seperti salam, kemudian dilanjutkan dengan ucapan syukur, dan lain sebagainya.

Jika sudah, anda bisa melanjutkannya dengan memberikan salam penghormatan kepada para tamu yang ada di acara tersebut. Kalau sudah, anda juga bisa memberikan kata sambutan singkat, alias pengantar ataupun pengenalan kiranya topik pidato yang bakalan anda sampaikan kepada para pendengar.

Isi

Bagian yang kedua adalah isi. Setelah selesai menyampaikan bagian pembukaan, maka anda akan masuk ke bagian iis. Yang mana, isinya adalah gagasan, alasan, data data, fakta fakta, informasi, dan hal lainnya. Dan ini menjadi hal yang sangat penting bagi pidato persuasif.

Karena ini yang akan menjadi alasan mengapa orang orang tertarik mengikuti ajakan anda nantinya.  Dan harus diperhatikan juga data data yang diberikan ya. Anda meski menyampaikan data yang akurat dan aktual, sesuai dengan tema yang diambil.

Jangan sampai memberikan data data yang palsu, karena ini bakalan membuat orang orang tidak ingin mengikuti ajakan yang anda lakukan. Intinya, jangan sampai anda menghalalkan berbagai cara hanya untuk mengajak dan mendapatkan simpati dari para pendengar. 

Bagian Penutup Pidato

Sementara yang terakhir adalah bagian penutup. Di bagian penutup ini, anda bisa banget memberikan kesimpulan singkat, dan berikan ajakan atau persuasif sesuai dengan data data yang sudah anda paparkan tadinya.

Baca Juga :  Cara Menghapus Halaman di PDF

Dan jangan lupa juga untuk mengucapkan maaf jika memang ada salah kata yang anda sampaikan, lalu akhirilah dengan salam.

Contoh Pidato Persuasif 

Nah setelah mempelajari pengertian dari pidato persuasif dan juga struktur penulisannya, sekarang kita akan bahas contoh pidato persuasif. Yang mana, dalam proses pembuatan pidatonya anda pasti membutuhkan contoh pidato persuasif kan?

Hal ini agar anda bisa membuat pidato lebih mudah dan juga lebih cepat. Oke, berikut ini merupakan contoh pidato persuasif yang bisa anda jadikan sebagai bahan pelajaran ketika akan membuat pidato nantinya. 

Contoh Pidato Persuasif Tentang Pandemi Covid-19

Untuk contoh pidato persuasif pertama yang akan kami berikan adalah yang berkenaan dengan pandemi yang sudah terjadi selama dua tahun ini. Dan hingga saat ini ia masih menjadi salah satu tema yang sangat aktual buat diangkat kok. Penasaran gimana contoh pidato persuasif nya? Simak berikut. 

Pembukaan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi pagi, dan salam sejahtera untuk kita semua. Marilah kita bersyukur atas semua karunia yang telah diberikan oleh Tuhan sehingga sampai saat ini kita masih diberikan kesempatan menghadiri acara yang berbahagia ini.

Yang terhormat, bapak A selaku pembimbing, Bapak B selaku pembina, dll. Di luaran sana, masih banyak sekali saudara saudara kita yang mesti mendapatkan penanganan intens di rumah sakit, dikarenakan terkena virus covid 19.

Sehingga, kita yang masih sehat seperti ini sudah sepatutnya bersyukur, sebab masih memiliki kondisi yang sangat baik. 

Isi

Hadirin, sebagaimana kita tahu, bahwasanya kini sudah nyaris lebih dari 2 tahunan kita hidup dalam kondisi yang mengerikan.

Disebabkan oleh pandemi yang menakutkan. Dan sampai saat ini, pandemi belum sepenuhnya hilang, sehingga membuat kita bisa bersantai dan abai terhadap protokol kesehatan yang ada. Sampai saat ini, bisa saja masih banyak virus yang tersebar di sekitar kita.

Bahkan di bulan November tahun ini saja, kasusnya meningkat dari angka yang terkena covid di bulan sebelumnya. Hanya dalam waktu beberapa hari saja, kasus covid melonjak tajam.

Meningkat cukup banyak. Maka dari itu, kita mesti menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang sudah ditentukan, yakni dengan menggunakan masker kemanapun, mencuci tangan dengan menggunakan air yang bersih dan mengalir, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Kita tidak boleh lengah, karena jika sampai saja kita lengah, ini akan membuat kondisi semakin memburuk. Sehingga membuat angkanya justru semakin meningkat. 

Penutup

Maka dari itu, mari sama sama kita menerapkan protokol kesehatan, demi kebaikan kita bersama. Tetap berusaha melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita dengan lebih peduli, dan lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Karena kita memang harus menerapkan agar virus benar benar hilang, dan kita terbebas dari pandemi yang sudah merusak banyak hal selama beberapa tahun ini. Sekian dari saya, mohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan.

Saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya, semoga bumi kita segera pulih, dan kita diberikan kesehatan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Nah itulah dia contoh pidato persuasif yang bisa anda pelajari. Tergolong sangat sederhana kan? Yes, karena sebenarnya kan ini sama saja dengan pidato yang lainnya. Yang membedakan antara contoh pidato persuasif dengan pidato yang lainnya adalah ajakannya.

Jika pidato biasanya mungkin tidak ada ajakannya, maka pidato yang satu ini ada. Dan anda bisa menemukan ajakan tersebut di bagian isi dan juga penutup ya. Maka nantinya, jika anda juga tertarik membuat contoh pidato persuasif sendiri, bisa memberikan kalimat ajakan di bagian isi ataupun di bagian penutup.

Demikian sekilas contoh pidato persuasif kali ini. Silahkan baca dan paham lagi struktur pidato persuasif nya. Kemudian, pahami maksud dari masing masing struktur pada contoh pidato persuasif.

Baca Juga :  Cara Menggunakan FaceTime di Perangkat iOS

Hal ini yang akan membuat anda lebih mudah saat diminta untuk membuat contoh pidato persuasif sendiri nantinya. Semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba ya.