Cara Menggunakan Snapchat Bagi Pemula

Cara Menggunakan Snapchat Bagi Pemula – Snapchat merupakan salah satu aplikasi yang populer di tanah air. Bahkan, sudah jutaan orang yang menggunakannya. Apakah anda salah satunya? Jika bukan, kami sarankan buat mendownload dan menggunakannya deh.

Jadi, snapchat ini adalah aplikasi untuk mengirimkan pesan instan. Dan sudah viral dari beberapa waktu yang lalu. Ia hadir dengan menawarkan segudang keunggulan yang menarik nih. Salah satunya adalah memberikan penawaran model interaksi yang unik banget.

Yakni, memunskinkan anda buat berintekais dengan foto ataupun video, tapi nggak bakalan memakan ruang penyimpanan yang besar. Dalam hal ini, anda bisa banget mengirimkan video dan juga foto secara langsung dengan menggunakan kamera pada ponsel, kemudian langsung mengirimkannya ke orang yang anda inginkan.

Bahkan yang paling menariknya lagi, agar interaksi jadi lebih seru, anda bisa banget nambahin filter ke foto dan video sesuai dengan yang ditawarkan oleh aplikasi, kemudian nambahin caption, dan yang lainnya. Sudah kebayang dong gimana kerennya aplikasi ini?

Nah buat yang sudah terbiasa menggunakan snapchat pasti sudah tahu gimana cara menggunakan snapchat. Tapi buat yang belum pernah menggunakannya pasti masih bingung.

Oleh karena itu, kali ini kita akan bahas cara menggunakan snapchat bagi pemula ya. Dan nantinya, anda tinggal praktek saja saat akan menggunakan aplikasi ini. 

Profil Aplikasi Snapchat

Sesuai yang sudah disinggung sebelumnya, bahwasanya aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan buat mengirimkan pesan secara instan ke orang lain. Sistem chattingan yang ditawarkan juga menarik.

Karena memungkinkan anda buat mengirimkan foto dengan video dengan sangat mudah, hanya mengandalkan kamera yang ada di ponsel saja. Kemudian, pihak developernya menawarkan segudang dan sejumlah fitur fitur yang keren dan menarik. Salah satunya adalah memunkginkan anda buat memposting story.

Dan story atau cerita tersebut bakalan bertahan selama sehari semalam, yakni selama 24 jam. Kalau misalnya sudah lebih dari 24 jam, maka aplikasinya bakalan menghapus story tadi secara langsung. Dan yang bisa melihat story anda adalah ialah semua orang yang berteman dengan anda di aplikasi.

Cara Menggunakan Snapchat Bagi Pemula

Nah setelah kenalan sekilas dengan aplikasi, sekarang kita bakalan ngebahas cara menggunakan Snapchat bagi pemula. Untuk anda yang masih pemula banget, belum pernah menggunakan aplikasi satu ini, maka bisa banget ikuti tutorial yang kami jelaskan ya.

Namun sebelumnya, pastikan bahwa anda sudah mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir, karena untuk mendownloadnya masih tergolong sangat mudah kok.

Karena anda cuma perlu mendownloadnya lewat aplikasi Google Play Store, dengan cara mendownload yang sama saja seperti ketika mendownload aplikasi aplikasi yang lain. Jika sudah, yuk lanjutkan dengan tutorial berikut. 

Daftar Akun Snapchat

Setelah mendownload aplikasi, maka langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat akun. Perlu dicatat, siapapun yang ingin menggunakan aplikasi, maka ia mesti membuat akun terlebih dahulu.

Karena kalau tidak, maka anda nggak bakalan bisa menggunakannya untuk berkirim pesan dengan teman teman yang lain. Untuk mendaftar akun gampang. Anda bisa buka aplikasi yang sudah terdownload di ponsel.  Kemudian, klik menu sign up ya.

Ini berlaku buat anda yang belum punya akun. Kalau sudah punya, tinggal masuk ke menu login. Kalau sudah masuk ke menu sign un tersebut, maka anda bakalan langsung diarahkan buat ngisi data ya. Yakni, nama anda. Dalam hal ini, tinggal ketik saja nama anda di kolom yang tersedia.

Kalau sudah selesai menginput nama, lanjutkan dengan mengklik sign up & accept.  Berikutnya, masukkan tanggal lahir anda, lengkap dengan bulan dan tahunnya ya.

Dalam pengisian tanggal, tinggal gulir saja sesuai dengan tanggal lahir anda. Kemudian, klik menu continue. Dan sebagai catatan, aplikasi satu ini hanya bisa digunakan untuk orang orang yang usianya sudah di atas 13 tahun.

Membuat Username

Berikutnya, anda bisa mulai membuat username. Sebagaimana halnya aplikasi berkirim pesan instan yang lainnya. Anda membutuhkan yang namanya username.

Karena inilah yang bakalan membedakan akun anda dengan akun orang lain. Pilih saja username yang kiranya sesuai dengan anda. Kalau misalnya sudah selesai memilih username, dan mengetikkannya di bagian kolom yang tersedia, anda bisa mengklik menu continue.

Membuat Password

Lanjutkan dengan membuat password. Kalau bisa, buatlah password yang agak rumit, dan hanya anda saja yang tahu. Sejauh ini, hindarilah pembuatan password yang menggunakan nama anda dan juga tanggal lahir.

Karena password tersebut terlalu mudah, dan membuat orang lain bisa membobolnya dengan mudah. Kalau sudah, klik lagi di menu continue.

Masukkan Alamat Email

Langkah berikutnya, anda meski memasukkan alamat email di kolom yang sudah tersedia. Kemudian, klik menu continue kembali. 

Masukkan Nomor Ponsel

Sekarang, sudah saatnya memasukkan nomor ponsel anda. Dan nomor yang harus dimasukkan adalah nomor yang aktif ya. Dan pastikan bahwa nomor yang anda masukkan adalah nomor anda sendiri. Jika sudah, lanjutkan lagi dengan mengklik tombol continue.

Untuk kegunaan nomor ponselnya sendiri, adalah sebagai tahap verifikasi. Karena pihak aplikasi bakalan mengirimkan kode verifikasi kepada anda. Yang mana, kode itu bisa anda masukkan ke dalam aplikasi, sesuai dengan kolom yang ada, dan klik continue jika sudah memasukkan kode. 

Menambahkan Kontak

Cara menggunakan Snapchat bagi pemula yang berikutnya adalah menambahkan kontak.  Kalau semua proses pendaftarannya sudah selesai, maka anda bakalan disarankan oleh pihak aplikasi buat mencari teman. Yakni teman teman di kontak anda yang juga menggunakan aplikasi satu ini.

Dalam hal ini, tinggal klik saja di bagian menu stories yang letaknya ada di sebelah kanan bagian bawah. Hanya dengan cara mudah tersebut, anda bakalan menemukan siapa saja kontak anda yang sudah mempunyai akun di Snapchat, dan menggunakannya.

Tambahkan saja teman yang anda inginkan, yakni dengan cara mengklik di bagian tombol +add yang terletak di sebelah kanan. Menariknya, anda nggak cuma bisa nambah teman cuma lewat kontak yang ada. Tapi juga bisa banget nih nambahin kontak cuma dengan menggunakan username saja.

Hal Ini karena di dalam aplikasi anda bisa menemukan fitur pencarian. Dan fitur inilah yang memungkinkan anda buat mencari orang lain hanya dengan modal username saja.

Caranya, adalah dengan mengklik di menu pencarian yang berlambang kaca pembesar, letaknya ada di bagian atas ya. Lalu, ketikkan saja username yang anda cari. Selesai deh.

Membuat Snap

Cara menggunakan Snapchat bagi pemula yang berikutnya adalah ketika anda akan membuat snap. Yaitu membuat video maupun foto. Caranya gampang banget kok. Karena nantinya, pihak aplikasi bakalan secara langsung merekam video maupun foto dengan menggunakan kamera depan ponsel anda.

Kalau misalnya mau mengambil foto, maka anda bisa meng klik pada ikon yang bulat, terletak di bagian bawah layar.  Sementara kalau mau ngerekam video, anda bisa mengklik, dan juga menahan tombol yang sama. Untuk durasi video yang diambil sangat singkat ya.

Karena cuma 10 detik saja. Maka dari itu, jangan lupa buat memaksimalkan waktu tersebut dengan baik, ketika ada hal penting yang mesti disampaikan. Menariknya, para pengguna bisa banget ngatur sendiri fokus kameranya. Yakni dengan cara mengetuk pada bagian yang ingin anda fokuskan saja.

Selain itu, anda juga bisa kok membuat snap dengan menggunakan kamera belakang. Yakni dengan cara mengklik di ikon kamera yang letaknya ada di sebelah kanan bagian atas. Sementara kalau mau mengaktifkan lampu flashnya, bisa klik di ikon flash yang terletak di bagian atas sebelah kiri.

Buat Caption

Setelah selesai membuat snap, rasanya kurang afdol jika anda nggak nambah keterangan ataupun caption. Maka dari itu, jangan lupa untuk membuat caption dahulu ya. Nantinya, captionnya bakalan terlihat di bagian atas snap anda. 

Untuk menambah captionnya gampang banget. Tinggal klik di menu yang ada ikon bertuliskan huruf T. Letaknya ada di bagian kanan atas ya. Lalu ketikkan sesuai dengan keterangan yang anda inginkan. Menariknya, anda juga bisa banget nih mengatur warnanya, sesuai kebutuhan.

Mengedit Snap

Jadi, agar penggunaan aplikasi makin seru, pihak developernya menyediakan berbagai macam fitur yang bisa digunakan.

Maka dari itu, sebelum akhirnya mengirimkan snap tersebut, anda bisa menggunakan fitur editing snap yang sudah ditawarkan oleh pihak aplikasi. Kayak menggambar di snapnya, kemudian menambahkan efek dan filter kalau perlu, mengatur limit waktu, dan kalau perlu, menyimpannya.

Mengirimkan Snap

Cara menggunakan Snapchat bagi pemula yang selanjutnya adalah dengan mengirimkan snapnya ke orang lain. Yang mana, ini bisa dilakukan kalau anda sudah puas mengedit mengedit snapnya ya. Caranya gampang. Anda bisa mengklik di tombol panah yang terletak di sebelah kanan bagian bawah. 

Dengan demikian, maka aplikasinya bakalan memberikan daftar pertemanan anda. Dan pilih orang orang yang mau dikirimi snap tersebut. Kemudian klik pada tombol send yang ada di sebelah kanan bagian bawah. Selesai deh. 

Gimana, gampang banget kan? Oke itulah dia tutorial menggunakan Snapchat yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat ya.