Cara Ngeprint Bolak-Balik di Word dengan Cepat

Cara Ngeprint Bolak-Balik di Word dengan Cepat – Secara umum ngeprint bolak-balik di Word adalah sesuatu yang cukup mudah untuk dilakukan. Terutama bagi Anda yang sudah terbiasa ngeprint bolak-balik.

Tentu hal ini berbeda dengan mereka yang baru pertama kali akan ngeprint bolak-balik di Word. Nah jika anda merupakan seorang pemula dan belum tahu gimana sih cara ngeprint bolak-balik di Word dengan cepat bisa banget nih simak penjelasan berikut.

Cara Ngeprint Bolak-Balik di Word dengan Cepat

Mungkin ada beberapa diantara Anda yang bertanya Mengapa sih harus dicetak bolak-balik? Nah sebenarnya salah satu alasannya yang paling kuat Mengapa orang memilih untuk mencetak bolak-balik ialah bentuk menghindari pemborosan.

Terutama ketika jumlah halaman yang akan anda print di atas ratusan halaman. Karena selain boros kertas ini juga kan membuat pengeluaran anda menjadi naik. Mengapa demikian?

Karena yang harusnya ketika dicetak awal menghabiskan kertas sebanyak 70 halaman, maka ketika Anda memilih untuk mencetaknya secara bolak-balik itu artinya anda hanya membutuhkan kertas sekitar 35 halaman saja.

Selain hemat buat kantong kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan yang sangat baik untuk menjaga kelestarian alam. Oleh karena itu untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana caranya bisa banget sih Ma penjelasan berikut ini.

Print Secara Otomatis

Cara ngeprint bolak-balik di Word dengan cepat yang satu ini merupakan cara yang bisa digunakan ketika printer yang Anda gunakan sudah didukung dengan percetakan duplex. Dan yang harus menjadi perhatian ada beberapa jenis printer yang memang menyediakan pengaturan otomatis.

Ada hanya perlu mengaktifkan fitur otomatisnya saja Yakni dengan cara mencentang pada menu double sided printing. Anda bisa menemukan menu tersebut di bagian bawah pada pengaturan printer.

Dengan mengaktifkan fitur ini maka anda sudah nggak perlu lagi repot-repot untuk mengatur tiap kali mencetak dokumen yang ukurannya cukup panjang.

Lantas Jika ternyata belum ada pengaturan otomatis bagaimana? Tentu Ketika anda tidak bisa menemukan pengaturan otomatis hal yang mesti dilakukan ialah dengan mengaturnya secara manual. Dan anda juga mesti mengubah pengaturan default supaya menjadi duplex printing setiap kali akan mencetak dokumen yang panjang.

Print Secara Manual

Nah kalau ternyata printer yang Anda gunakan belum mendukung pencetakan duplex, anda tidak perlu khawatir karena anda tetap bisa kok print bolak-balik. Adapun cara yang bisa anda lakukan ialah dengan masuk ke bagian dialog print yang terletak di bagian bawah aplikasi printer.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Perekam Suara Terbaik

Kemudian Anda akan menemukan menu dengan tulisan print on board side, lalu pilih saja yang Yes flip over. Kemudian Scroll ke bawah hingga Anda menemukan tulisan manual duplex. Pilih menu manual duplex tersebut, lalu simpan pengaturannya.

Sekarang anda bisa masuk ke dokumen word-nya lalu print dokumen tersebut maka dengan demikian word bakal meminta anda untuk memasukkan halaman yang bakalan dicetak. Oke itulah dia cara ngeprint bolak-balik di Word dengan cepat yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.