10 Aplikasi TV Android Gratis Terpopuler, Online dan Offline

Kebutuhan aplikasi TV Android semakin besar. Ini terjadi lantaran penggunaan Android pada smartphone maupun tablet lebih fleksibel. Tidak seperti televisi konvensional yang tidak bisa dibawa ke mana-mana, Anda dapat membawa perangkat Android ke mana pun Anda pergi.

Anda dapat mengakses live streaming dengan hanya sekali sentuhan pada ponsel pintar Anda. Selama Anda terhubung dengan Internet, Anda dapat mengakses. 

Khawatir tidak ada Internet? Banyak aplikasi yang bisa mendukung Anda mengakses televisi secara offline. 

Penasaran ada apa saja aplikasinya? 

1. Vidio

aplikasi TV android gratis

Video merupakan aplikasi TV Android gratis garapan PT Vidio Dot Com. Aplikasi dengan berat 18 MB ini telah di-download lebih dari 50 juta kali, menjadikannya salah satu aplikasi TV di Indonesia yang paling banyak penggunanya. 

Sementara, dengan review bintang 4.2 di Playstore, menunjukkan aplikasi ini cukup menjadi favorit pengguna.

Vidio menyediakan layanan TV nasional – SCTV, Indosiar, Trans TV, NET, Metro TV – hingga TV internasional seperti Aljazeera, NewsAsia, NHK World Japan, DW English dan yang lainnya. Selain itu, acara live streaming semacam English Premier League (EPL) dan FIFA World Cup pun dapat Anda nikmati menggunakan Vidio. 

2. MAXstream

Sebagai aplikasi dengan jumlah download lebih dari 10 juta kali, MAXstream merupakan aplikasi hasil karya salah satu anak perusahaan BUMN, Telkomsel, yang recommended. Dengan berat aplikasi sebesar 31 MB, aplikasi TV gratis ini menyediakan tontonan film, series, hingga TV show lokal di Indonesia.

Sementara itu, untuk acara atau channel internasional seperti Warner, Cartoon Network, HBO hingga VIU, tersedia semuanya di MAXstream. Tentu Aplikasi ini cocok untuk Anda yang memiliki si kecil, karena ada Cartoon Network. Aplikasi yang mendapat review bintang 3.6 ini baru rilis sejak pertengahan 2018 lalu. 

3. Mola TV

Aplikasi tv online

Mola TV adalah produk dari PT Global Media Visual yang rilis di Google Play Store sejak akhir 2020 lalu. Meski tergolong aplikasi TV online yang masih muda, namun sudah lebih dari 5 juta orang yang mengunduh Aplikasi ini dengan rating review sebanyak 3.2 dari skala bintang 5. 

Mola menawarkan layanan video streaming berbasis entertainment, olahraga, hingga program anak. Aplikasi dengan berat 34 MB ini membutuhkan spesifikasi Android 6.0 atau di atasnya. Mola merupakan layanan TV online yang semi gratis. Untuk beberapa produk yang advance, Anda diharuskan untuk membayar.

4. RCTI+

aplikasi streaming TV Android

Sebagai salah satu pionir jaringan televisi di Indonesia, RCTI tentu tidak mau ketinggalan. Dengan produk aplikasi streaming TV Android RCTI+ atau RCTI Plus, jaringan televisi swasta pertama di Indonesia ini siap bersaing melalui layanan online-nya. Dengan layanan gratis, RCTI+ telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Layanan yang dapat Anda dapatkan secara cuma-cuma di sini antara lain, streaming, nonton, dan download series TV, hingga membaca berita, mendengarkan radio dan podcast. Tak ayal jika aplikasi ini menyebut dirinya sebagai superapp. Dengan berat file 22 MB, aplikasi ini telah mendapat review positif dengan rating 4.1.

5. UseeTV GO

Jika MAXstream adalah produk dari Telkomsel, UseeTV GO adalah produk dari PT. Telkom Indonesia, Tbk. Dengan menggunakan aplikasi TV online yang telah terdownload lebih dari 5 juta kali ini, Anda dapat menemukan channel TV lokal seperti Trans TV, Trans 7, Net TV, Metro TV hingga Indosiar. 

Sementara itu, jika Anda tidak ingin ketinggalan berita internasional, Anda dapat mengakses channel berita seperti CNN International, CNBC Indonesia, TVBS News dan berbagai channel berita internasional lainnya. Tidak hanya berita, Anda juga bisa nonton channel Cartoon Network, Dreamworks, hingga Disney  Channel.  

Baca Juga :  10 Aplikasi Karaoke Android, Bernyanyi Jadi Lebih Mudah

Jika Anda tertinggal live streaming acara televisi kesukaan Anda, tidak perlu khawatir. Karena Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat TV a hingga 7 hari ke belakang. Tak ayal, dengan berat aplikasi sebesar 21 MB, aplikasi UseeTV GO mendapat banyak review positif dengan rating 3.8 pada Google Play Store.

6. WeTV

WeTV adalah salah satu aplikasi TV Android yang dapat Anda akses tanpa internet. Namun bukan sama sekali tidak menggunakan internet. Anda dapat mengunduh tontonan yang Anda inginkan selagi online, kemudian dapat menontonnya kembali ketika offline. Dengan interface yang sederhana, penggunaan aplikasi ini jadi mudah.

Dengan kapasitas file sebesar 35 MB, WeTV memberi layanan yang beragam pula. Aplikasi asal Tiongkok ini menyediakan konten berupa series, film, hingga show yang terbagi berdasarkan kategori masing-masing. Sejak rilis di Google Play Store di tahun 2019, WeTV telah ter-download lebih dari 50 juta kali dengan rating 4.1

7. Vision+

Aplikasi TV Android offline

Vision+ atau Vision Plus adalah aplikasi TV Android yang juga dapat Anda putar secara online maupun offline. Selain menyediakan layanan live streaming channel nasional maupun internasional, aplikasi keluaran MNC ini juga menyediakan lebih dari 19,000 jam film dan series. 

Channel nasional yang dapat Anda saksikan di sini antara lain RCTI, iNews, TVOne, dan sebagainya. Sementara itu, untuk layanan channel internasional, yang dapat Anda akses antara lain AXN, Animax hingga Cartoon Network. Dengan berat file sebesar 21 MB, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5 juta kali dengan rating 3.9.

8. PadTV HD

Aplikasi TV Android tanpa internet

PadTV HD adalah salah satu aplikasi TV Android tanpa internet sama sekali. Produk besutan Geniatech Inc., LTD ini telah didownload lebih dari 1 juta kali sejak pertama kali rilis di Google Play Store di tahun 2014. Namun perlu Anda pahami, bahwa aplikasi TV jenis ini membutuhkan alat berupa tuner. 

Tuner merupakan perangkat keras atau hardware yang mampu membuat perangkat Android, dalam hal ini, untuk memproses sinyal televisi. Meski begitu, ada banyak layanan free-to-air (FTA) TV atau siaran gratis yang dapat Anda akses. Dengan kapasitas file sebesar 23 MB, Anda tidak perlu ruang yang banyak untuk menginstal.

9. Air DTV

Seperti halnya PadTV HD, Air DTV juga merupakan salah satu aplikasi nonton TV yang tidak mengharuskan Anda terhubung dengan Internet. Untuk bisa menonton, Anda hanya perlu melengkapi dengan TV tuner yang terhubung dengan perangkat Android Anda. Dengan begitu, Anda bisa nonton TV tanpa internet.

Aplikasi yang rilis di tahun 2014 ini, seperti PadTV HD, berhasil menarik lebih dari 500 ribu pengguna Android untuk mengunduhnya. Dengan file yang tergolong kecil, yakni 11 MB, aplikasi ini termasuk aplikasi TV Android paling ringan. Menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu menyiapkan ruang kosong terlalu banyak.

10. TV Indonesia

TV Indonesia adalah aplikasi hasil karya Sritech. Aplikasi TV Android yang juga tergolong paling ringan ini hanya memiliki berat 12 MB. Meski baru rilis di Play Store pada awal Juli 2021 lalu, aplikasi ini berhasil menarik perhatian lebih dari 1 juta pengguna untuk men-download

Meski memiliki keunggulan berupa layanan gratis melalui smartphone, pengguna TV Indonesia tidak akan terganggu dengan berbagai kendala. Karena aplikasi ini bebas iklan dan buffering. Ditambah lagi banyak kategori tontonan seperti sport, luar negeri, Korea, hingga lokal. Tak ayal aplikasi ini mendapat rating Play Store hingga 4.7.

Kesimpulan

Aplikasi TV Android semakin banyak peminatnya karena kemudahan akses dan fleksibilitas untuk pengguna.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Kompres PDF Terbaik

Mulai dari platform streaming online hingga offline, semua kembali pada kebutuhan dan kenyamanan Anda. Semoga informasi ini membantu.