10 Rekomendasi Aplikasi PDF PC Terbaik untuk Windows

Laptop Anda belum dilengkapi dengan aplikasi PDF PC? Anda pasti akan kesulitan mengakses data-data PDF. Padahal, data dengan format tersebut cukup banyak kita temui.

PDF menjadi satu dari sekian banyak format dokumen yang pasti sering Anda temui. Untuk Anda yang sering membaca buku secara online, format PDF-lah yang paling banyak digunakan. Majalah, brosur, e-book, hingga dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan lebih sering menggunakan format PDF.

Untuk Anda yang masih bingung memilih aplikasi PDF PC terbaik, ada 10 rekomendasi aplikasi PDF ringan yang bisa Anda coba. Langsung saja simak informasi lengkapnya berikut.

Rekomendasi Aplikasi PDF PC untuk Windows

Anda mungkin bisa menemukan banyak aplikasi PDF PC download. Banyak juga developer yang membuat aplikasi pembaca PDF. Namun, berikut ini adalah aplikasi PDF PC free yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Google PDF Viewer

 aplikasi pdf pc terbaik

Aplikasi pertama yang recommended untuk Anda gunakan adalah Google PDF Viewer. Seperti yang kita ketahui bersama, pengguna Windows sangat bersahabat dengan Google. Aplikasi pembaca PDF ini sudah terintegrasi dengan layanan dari Google.

Melalui beberapa review dari pelanggan, aplikasi ini lebih baik daripada aplikasi default yang ada pada Google Chrome. Fitur-fitur dasar seperti zoom in dan zoom out tersedia. Anda juga bisa langsung menge-print dokumen yang Anda lihat.

2. Adobe Acrobat Reader

Selanjutnya, ada aplikasi pembaca PDF terbaik yang juga sangat recommended untuk Anda. Aplikasi yang dimaksud adalah Adobe Acrobat Reader.

Baca Juga :  10 Aplikasi Alquran di HP Android dan Juga Komputer Terbaik

Ketika kita membicarakan tentang PDF, aplikasi buatan Adobe ini adalah yang terbaik. Untuk versi PC, Anda bisa menggunakannya di Windows 7, 8, 8.1, 10, atau 11 dengan 32-bit atau 64-bit. Ukurannya pun tidak terlalu besar, yakni sekitar 182,15 MB.

Selain membaca PDF, Adobe Acrobat Reader juga lengkap dengan fitur terbaik lainnya. Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa sekaligus menambahkan tanda tangan.

3. WPS Office

WPS Office ternyata tak hanya compatible untuk pengguna Android, lho. Jika Anda memang familier dengan aplikasi tersebut, Anda juga bisa menggunakan versi PC-nya. Untuk Pengguna Windows, aplikasi WPS PDF hanya berukuran 4.8 MB. Anda bisa mengunduh langsung aplikasi PDF PC full version melalui web resminya.

Kelebihan lain aplikasi ini adalah mempunyai sistem penyimpanan berbasis cloud. Jadi, ketika Anda menggunakan akun yang sama, Anda bisa membuka dokumen yang sama di ponsel maupun PC. Kelebihan ini membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.

4. Nitro PDF Reader

aplikasi pdf pc gratis

Kemudian, ada juga aplikasi pembaca PDF yang ringan dan gratis untuk PC dan laptop. Aplikasi yang dimaksud adalah Nitro PDF Reader. Nitro PDF Reader juga memiliki fitur QuickSign. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk membuat tanda tangan secara cepat.

Anda bisa membubuhkan tanda tangan dari file foto ke dokumen PDF. Lalu, yang paling unik lagi adalah tampilannya yang mirip seperti Microsoft Office sehingga membuat Anda lebih nyaman ketika membaca.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah Anda bisa mengonversi file dari Microsoft Word ke PDF dengan cepat, begitu juga sebaliknya.

5. Foxit Reader

Aplikasi pembaca PDF gratis selanjutnya adalah Foxit Reader. Melalui aplikasi ini, Anda tidak hanya bisa membaca PDF, tetapi juga membuat langsung file PDF. Aplikasi ini juga bisa Anda integrasikan dengan Microsoft Word.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Kamera Laptop Terbaik

Jadi, ketika Anda ingin mengubah langsung file Word menjadi PDF, prosesnya bisa lebih mudah. Anda pun bisa langsung membuka file PDF baru tersebut di aplikasi ini.

6. Slim PDF Reader

aplikasi pdf pc ringan

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi pembaca PDF yang paling ringan. Slim PDF Reader hanya berukuran 1,5 MB. Jika Anda sudah merasa PC Anda berat dan ingin aplikasi yang tidak semakin membebani laptop, Slim PDF Reader bisa menjadi solusinya.

Meskipun ukurannya yang mini, Slim PDF Reader layak disebut sebagai si kecil cabai rawit. Aplikasi ini juga mempunyai banyak fitur. Anda bisa membuat tanda tangan, berkomentar, dan mengonversikan file menjadi bentuk PDF.

7. Sumatra PDF

Nama aplikasi PDF yang satu ini mirip seperti nama salah satu pulau besar di Indonesia, yakni Sumatra. Sumatra PDF juga recommended untuk Anda yang tengah membutuhkan aplikasi pembaca PDF.

Kelebihan Sumatra PDF adalah ada banyak fitur canggih yang bisa Anda manfaatkan. Tak hanya membaca PDF, Anda juga bisa sekaligus membubuhkan tanda tangan, mengedit file, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga bisa dipakai mulai dari Windows XP hingga Windows 10.

8. Xodo

Sebenarnya, Xodo merupakan aplikasi UWP atau Universal Windows Platform. Artinya, aplikasi yang satu ini sudah tersedia di seluruh laptop yang menggunakan Windows 10. Tak hanya itu, aplikasi ini juga sudah tersedia di smartphone yang menggunakan OS Android atau iOS.

Sebagai aplikasi UWP, Xodo mempunyai banyak fitur. Anda bisa mengubah tampilan menjadi PDF, membaca PDF secara vertikal maupun horizontal, mengubah warna menjadi hitam/putih, dan fitur-fitur standar lainnya.

Lalu, aplikasi ini pun sangat ringan. Ketika Anda membuka PDF dengan ratusan halaman pun, aplikasi Xodo tetap bisa berjalan dengan lancar.  

Baca Juga :  7 Aplikasi Membuat Flowchart yang Mudah dan Praktis

9. STDU Viewer File PDF

aplikasi pdf pc offline

Selanjutnya, aplikasi PDF PC offline yang bisa Anda andalkan adalah STDU Viewer File PDF. Selain lazim digunakan untuk membaca file PDF, aplikasi ini juga mendukung berbagai format lain, seperti TIFF, XPS, WWF, DjVu, dan JBIG2.

Tak hanya itu, untuk Anda yang sering membaca buku komik offline, aplikasi ini juga mendukung format CBR atau CBZ. Tampilan antarmuka aplikasi ini pun sangat user friendly. Anda bisa menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu pilihan terbaik untuk membuka file PDF dan file dengan format lainnya.

10. Built-In PDF Reader

Terakhir, aplikasi pembaca PDF yang juga recommended untuk Anda coba adalah Built-In PDF Reader. Hampir sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Built-In PDF Reader juga termasuk aplikasi pembaca PDF yang ringan. Kemudian, aplikasi ini biasanya juga sudah default pada browser Google Chrome.

Apa yang menarik dari aplikasi ini? Anda bisa membuka file PDF layaknya halaman yang ada di web. Kemudian, akan ada toolbar yang muncul ketika Anda mengarahkan kursor. Lalu, ketika Anda membuka halaman website, Anda juga bisa langsung mengedit PDF, entah itu memberi warna sebagai tanda atau membubuhkan tanda tangan.

Aplikasi ini sudah langsung terinstal untuk pengguna Windows 10 hingga yang terbaru. Jadi, Anda tidak perlu mengunduh ulang.

Kesimpulan

Dari 10 daftar yang sudah dijelaskan di atas, sebagian besar aplikasi bisa Anda gunakan secara gratis. Aplikasi PDF gratis tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan standar Anda dalam mengakses dokumen PDF.

Kemudian, dari daftar di atas, Anda pun tidak perlu untuk mengunduh semuanya. Unduh saja salah satu aplikasi PDF PC yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.