10 Aplikasi Desain Grafis Android Gratis Terbaik

Aplikasi desain grafis umumnya dapat Anda operasikan pada komputer atau laptop. Namun seiring kebutuhan dan permintaan pasar akan foto atau gambar estetik yang kan masif, para developer pun menciptakan berbagai aplikasi desain grafis Android yang dapat beroperasi di smartphone atau tablet. 

Sebelum marak penggunaan smartphone Android, komputer atau laptop adalah alat yang biasa desainer gunakan. Namun dengan munculnya berbagai media sosial seperti Instagram dan Facebook, banyak orang ingin mengisi media sosial mereka secara estetik namun effortless. Jalan pintasnya ya, menggunakan aplikasi di HP.

Aplikasi Desain Grafis Android Terpopuler

Dari sekian banyak aplikasi desain grafis di HP, mungkin dapat membuat Anda mengalami decision fatigue alias bingung pilih aplikasi yang mana, sebab memang cukup bervariasi. Berikut kami rekomendasikan 10 aplikasi desain grafis yang paling banyak dipilih pengguna Android.

1. Infinite Design (21 MB)

aplikasi desain grafis hp android

Pada urutan pertama aplikasi desain grafis terbaik untuk Android adalah Infinite Design. Aplikasi garapan Infinite Studio LLC telah di-download lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Sementara itu, untuk ratingnya sendiri cukup memuaskan, yakni di atas 3.5 dalam skala 5. Apa yang membuat aplikasi ini menarik?

Keunggulan utama adalah interface aplikasinya yang tergolong mudah. Selain itu, dalam hal editing, Infinite Design memiliki beberapa fitur unggulan. Fitur tersebut adalah kemampuan layer yang tidak terbatas. 

2. Snapseed (23 MB)

aplikasi desain grafis Android gratis

Snapseed merupakan aplikasi desain grafis Android gratis yang lahir dari Google. Sejak kemunculannya di Google Play Store pada akhir 2012, hingga saat ini sudah lebih dari 100 juta pengguna smartphone yang telah mengunduh aplikasi ini. Minat akan aplikasi ini terus meningkat lantaran size aplikasinya ringan dan fiturnya yang lengkap.

Baca Juga :  Cara Download PPT di Slideshare

Untuk fitur unggulannya sendiri ada 29 tools dan filters, termasuk brush, pengaturan perspektif, HDR hingga healing. Apalagi dengan Adanya fitur blur yang dapat menyamarkan background. Anda tidak perlu lagi membeli kamera bokeh, bukan?

3. Canva (24 MB)

aplikasi desain grafis terbaik untuk android

Ingin membuat poster atau mengedit foto dan video? Semua dapat Anda lakukan melalui aplikasi desain grafis gratis bernama Canva. Meski belum memiliki pengalaman dalam bidang desain maupun editing, Anda tidak perlu khawatir. Canva memang dibuat untuk siapa saja yang ingin membuat desain dengan mudah, tools dan pilihan template-nya banyak.

Template untuk Instagram, IG Story, Mood Board, hingga yang lebih profesional seperti flyer dan undangan, semua ada di sini. Tak ayal, hingga saat ini, sudah lebih dari 100 juta orang yang mengunduh Canva.

4. GoDaddy Studio: Graphic Design (32 MB)

GoDaddy Studio merupakan aplikasi buatan GoDaddy Mobile, LLC. Dengan ukuran file yang moderate, GoDaddy menyita banyak pecinta desain grafis. GoDaddy Studio dapat Anda gunakan untuk membuat post media sosial, story Instagram, hingga membuat poster dan logo. 

Beberapa fitur unggulan lainnya adalah untuk membuat flyer, banner, hingga poster. Jika Anda memiliki brand atau usaha sendiri, tentu Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk meningkatkan branding usaha Anda. GoDaddy Studio telah di-download lebih dari 5 juta kali dengan rating 4.6.

5. Afterlight (36 MB)

Afterlight adalah aplikasi buatan Afterlight Collective, Inc. Aplikasi ini memiliki user interface yang mudah dan sederhana. Afterlight sangat cocok untuk Anda yang butuh mengedit foto dengan segera. Dengan sedikit sentuhan alat-alatnya, dalam beberapa detik Anda sudah mendapatkan desain yang menawan.

Baca Juga :  Aplikasi Pemotong Lagu

Afterlight memiliki 15 adjustment tools, 59 filters, dan 66 tekstur yang mendukung kebutuhan editing Anda. Setelah rilis di tahun 2014 lalu, sampai hari ini Afterlight telah mengumpulkan jumlah download lebih dari 10 juta di Google Play Store. Sementara untuk review-nya, Afterlight mendapat rating cukup bagus, yakni 3.8. 

6. PicsArt (43 MB)

 aplikasi desain grafis berbasis android

PicsArt merupakan aplikasi desain grafis gratis untuk Android yang tergolong muda. Pasalnya aplikasi terbitan PicsArt, Inc. ini muncul di awal 2017 di Google Play Store. Meski demikian, dengan kemudahan antarmuka dan kelengkapan fiturnya, PicsArt mampu menyaingi kompetitornya dengan mengantongi jumlah download hingga 50 juta.

Sementara itu, secara user experience, aplikasi ini memiliki desain yang membuat Anda berusaha membuat kreasi sendiri, alih-alih bingung mencari alat mana yang harus Anda pakai. Semua fiturnya cukup mudah digunakan bagi penggunanya, bahkan pemula sekalipun.

7. Adobe Express: Graphic Design (57 MB)

Aplikasi selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk membuat desain grafis adalah Adobe Express: Graphic Design. Aplikasi ini membantu Anda dalam membuat desain flyer, logo, poster hingga feed Instagram untuk meningkatkan engagement media sosial Anda. 

Adobe Express rilis di pertengahan tahun 2018 ini mengharuskan penggunanya memiliki Android minimal versi 8.0 atau Oreo. Untuk peminat aplikasi ini termasuk tinggi, sebab jika melihat jumlah download, Adobe Express telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Sementara itu, ratingnya juga cukup tinggi, yaitu 4.6. 

8. Photoshop Express (82 MB)

Photoshop Express merupakan salah satu produk Adobe untuk desain grafis dan editing foto yang cukup populer. 

Lebih dari 100 juta pengguna telah mengunduh aplikasi ini. Dengan fitur-fiturnya yang mudah diperasikan, pengalaman mengedit foto Anda akan lebih berkesan dan membuat ketagihan. Ini sebabnya aplikasi ini mendapat rating 4.3 di Google Play Store.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Brosur Terbaik

Beberapa fitur unggulan Photoshop Express adalah Spot Healing yang dapat menyamarkan titik-titik di wajah ketika selfie. Selain itu juga ada Quick Fixes yang dapat memperbaiki kontras, kecerahan, dan masih banyak lagi hanya dengan satu kali klik. 

9. Adobe Lightroom  (104 MB)

Rekomendasi aplikasi desain grafis lain yang dapat Anda gunakan di smartphone adalah Adobe Lightroom. Meski aplikasi desain grafis ini gratis, namun banyak fitur ‘mahal’ yang dapat Anda gunakan. Salah satunya adalah dengan adanya fitur rekomendasi preset. Preset adalah efek atau filter untuk foto.

Versi Android minimal untuk mengoperasikan aplikasi ini adalah 8.0 ke atas atau Oreo. Sejak peluncurannya di tahun 2015, lebih dari 100 juta pengguna smartphone Android telah mengunduh Adobe Lightroom. Dapat dikatakan mereka puas dengan aplikasi ini, terbukti dengan rating-nya yang lumayan tinggi, yakni 4.7 pada Google Play Store.

10. AirBrush (127 MB)

Di urutan terakhir untuk aplikasi desain grafis di HP adalah AirBrush. Aplikasi ini merupakan besutan pengembang asal Singapore, Pixocial Technology Pte. Ltd. AirBrush pada dasarnya merupakan aplikasi editing dan filtering foto hanya dengan menggunakan smartphone Anda. 

Dengan desain aplikasi yang user friendly, pengguna dimanjakan dengan kemudahan dalam mengoperasikannya. Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah retouch kulit pada foto dan membuatnya menjadi sempurna. Aplikasi yang rilis pada tahun 2015 ini telah mendapat jumlah download sebanyak 50 juta kali dengan rating 4.5. 

Kesimpulan

Itulah 10 rekomendasi aplikasi desain grafis Android yang patut Anda coba. Untuk memutuskan mana yang Anda suka, perlu mencoba mendalami setiap aplikasinya.

Dengan demikian, Anda bisa mengenal fitur mana yang lebih nyaman digunakan dan mana yang kurang Anda butuhkan. Semoga rekomendasi kami membantu.