10+ Rekomendasi Aplikasi Android Terbaik untuk Para Siswa

10+ Rekomendasi aplikasi Android terbaik untuk para siswa – Semenjak pandemi, sistem pembelajaran yang diaplikasikan di tanah air merupakan sistem pembelajaran daring.

Alias sistem pembelajaran jarak jauh. Dan untuk melancarkan sistem pembelajaran ada beberapa aplikasi yang mesti anda download atau gunakan.

Baik itu untuk mengakses pelajaran atau materi yang diberikan oleh guru, ataupun aplikasi yang nantinya untuk digunakan ketika melakukan proses pembelajaran.

Nah untuk itu bagi Anda yang mungkin masih bingung kira-kira mau mendownload aplikasi apa saja, bisa langsung saja simak beberapa rekomendasi aplikasi Android terbaik untuk para siswa berikut ini.

Aplikasi Android terbaik untuk para siswa

Beberapa aplikasi Berikut ini merupakan aplikasi yang memang akan jauh lebih baik jika anda miliki. Karena akan sangat membantu proses pembelajaran nantinya.

WPS Office

Pernah mendengar nama aplikasi satu ini? Mungkin sudah ada beberapa diantara Anda yang kenal dan mendownload aplikasi WPS Office.

Karena sejauh ini aplikasi Android terbaik untuk para siswa yang satu ini merupakan aplikasi yang sudah sangat umum dan banyak digunakan oleh para pelajar.

Melihat berbagai macam fitur-fitur yang ditawarkan tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa WPS Office ini merupakan Windows versi ponselnya. Apalagi dengan tampilannya yang cukup sederhana.

Dengan bantuan aplikasi WPS Office ada banyak sekali keuntungan dan hal-hal yang dapat Anda lakukan. Mulai dari membuat PPT, membaca file PDF, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki anda tetap bisa mengakses aplikasi secara gratis.

Sayangnya, aplikasi yang diakses secara gratis tentu mengharuskan anda untuk siap-siap dengan iklan-iklan yang muncul. Kalau misalnya Anda nggak mau terganggu oleh iklan silakan gunakan saja yang versi berbayar.

Zoom

Sebenarnya, aplikasi Android terbaik untuk para siswa yang satu ini merupakan aplikasi yang sudah terkenal sejak beberapa tahun yang lalu.

Namun keberadaannya menjadi viral dikarenakan mulai banyak digunakan saat kondisi pandemi seperti ini. Aplikasi Zoom merupakan aplikasi untuk melakukan video call dengan orang-orang yang jaraknya berjauhan dengan anda.

Baca Juga :  7 Aplikasi Membuat Flowchart yang Mudah dan Praktis

Dan saat ini banyak sekali sekolah-sekolah ataupun kampus yang memanfaatkannya.

Selain bisa digunakan untuk perangkat komputer atau laptop, aplikasi Zoom juga sangat memungkinkan untuk digunakan menggunakan ponsel. Hanya saja ukurannya memang tergolong cukup besar.

Sehingga akan memakan ruang penyimpanan yang lumayan besar. Di dalam aplikasi terdapat berbagai macam fitur-fitur yang menarik. Salah satunya adalah fitur screen sharing.

Sebagaimana aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga bisa banget kok anda gunakan secara gratis. Namun dengan beberapa hal yang dibatasi. Misalnya adalah durasi melakukan video call lewat aplikasi.

Ketika menggunakan versi gratis maka durasi yang diberikan oleh pihak aplikasi adalah 40 menit. Jika melakukan video call lebih dari 40 menit maka anda meski menggunakan versi berbayar.

Adapun perbedaan lainnya ialah jumlah anggota yang ada di dalam video call. Ketika anda menggunakan versi gratis tentu jumlah orang yang bisa masuk sangat terbatas.

Berbeda halnya Ketika anda menggunakan versi yang premium. Hal inilah yang membuat banyak acara-acara seminar menggunakan aplikasi Zoom yang berbayar.

Adobe Acrobat Reader

Rekomendasi yang berikutnya adalah Adobe Acrobat Reader. Daerah gini, mungkin sudah lumayan banyak orang-orang yang beranggapan bahwa buku sudah nggak lagi menarik untuk digunakan.

Sehingga lebih memilih untuk beralih menggunakan ebook. Dan untuk membaca ebook tentu Anda membutuhkan aplikasi untuk mempermudahnya.

Dan salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah aplikasi Adobe Acrobat Reader ini. Ada banyak sekali keunggulan dari Adobe Reader.

Sebagai contoh kecil ialah memungkinkan anda untuk membuat catatan di bagian ebooknya. Bukan hanya itu saja, Anda Bahkan dapat membagikan ebook yang tengah anda baca kepada orang lain yang membutuhkan.

Ukurannya tidak begitu besar. Jadi masih cukup muat lah untuk digunakan di ponsel Anda.

Bagi yang suka membaca online wajib mendownload aplikasi yang satu ini. Apalagi biasanya nggak sedikit para guru yang membagikan materi-materi dengan ekstensi PDF kepada anda.

Cam scanner

Adapun aplikasi untuk belajar yang berikutnya adalah Cam Scanner. Cam scanner termasuk ke dalam salah satu aplikasi yang membuat Anda jauh lebih produktif loh.

Dan Ia merupakan aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh para siswa. Terutama buat mereka yang ingin melakukan scanning file dengan cukup mudah.

Baca Juga :  8 Aplikasi Presentasi Menarik dan Interaktif

Yang nantinya hasilnya bisa disimpan dengan format PDF ataupun gambar. Kabar baiknya lagi, aplikasi Android terbaik untuk para siswa yang satu ini memudahkan anda buat langsung ngeprint lewat aplikasi.

Jadi nggak usah repot-repot lagi buat download ataupun menginstal aplikasi yang lainnya.

Microsoft

Microsoft merupakan perusahaan yang mengembangkan office. Dan yang termasuk salah satu perusahaan yang sangat besar dan terkenal di seluruh dunia.

Bahkan menjadi salah satu perusahaan yang mempunyai produk yang dibutuhkan oleh semua orang. Terlebih lagi para pelajar.

Dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft, Anda dapat melakukan proses pembelajaran dengan sangat mudah.

Hanya saja aplikasinya terpisah-pisah sehingga mengharuskan anda untuk mendownload satu persatu. Seperti Word Excel, Powerpoint, one Drive, dan lain sebagainya.

Dictionary

Untuk saat ini yang membutuhkan kamus bahasa Inggris Indonesia Bukan Hanya mereka yang mengambil jurusan bahasa Inggris saja. Tapi juga dibutuhkan oleh semua orang.

Karena untuk saat ini belajar bahasa Inggris merupakan sebuah kebutuhan yang mungkin harus dipenuhi. Terutama untuk yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Dengan bantuan aplikasi dictionary Anda bisa mempelajari bahasa Inggris dengan cukup mudah cukup. Aplikasinya bisa digunakan secara gratis.

Google classroom

Google classroom bisa kita sebut sebagai aplikasi yang mungkin sangat terkenal di berbagai kalangan pelajar. Karena tidak sedikit para guru yang menggunakannya dan memaksa para siswa untuk mengakses aplikasi Google classroom.

Baik itu untuk melakukan diskusi, melakukan absensi, mengumpulkan tugas, atau bahkan mengakses materi-materi.

Aplikasi ini bukan hanya memudahkan para siswa ketika ingin belajar, tapi juga memudahkan para guru ketika ingin melakukan proses pembelajaran. Semenjak pandemi penggunanya terus meningkat.

Dan hingga akhirnya sudah ada lebih dari 100 juta orang yang mendownloadnya.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin menggunakan aplikasi Google classroom bisa langsung saja mendownload aplikasi lewat Google Play Store.

Squid take notes and markup pdfs

Untuk aplikasi yang lainnya adalah aplikasi squid. Nah aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan Buat mencatat banyak hal.

Sehingga ia sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai buku catatan asli. Apalagi nih tampilannya yang memang Mirip banget dengan buku asli.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi PDF PC Terbaik untuk Windows

Dengan aplikasi squid para penggunanya bisa menulis dengan beberapa mode. Pertama adalah mode tulisan tangan layaknya pulpen pada umumnya.

Dan Kalau mau hapus tinggal usapkan saja jari tangan anda. Di dalam aplikasi tersedia berbagai macam pilihan kertas yang berbeda-beda. Jadi Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Study Bunny

Buat yang susah fokus ketika belajar mungkin wajib download aplikasi studi bunny ini. Karena studi bunny siap membantu Anda agar tetap fokus ketika belajar.

Ia memungkinkan anda untuk mengatur waktu belajar sesuai dengan kebutuhan. Dan yang menariknya saat anda sudah selesai belajar anda akan diberikan poin.

Poin-poin yang sudah dikumpulkan nantinya bisa digunakan ketika ingin membeli beberapa item yang terdapat di dalam aplikasi.

Google Translate

Bagaimana aplikasi dictionary yang di atas, aplikasi satu ini juga sangat berguna untuk para siswa. Karena membantu anda untuk menerjemahkan bahasa.

Bedanya, kalau dictionary yang kami rekomendasikan sebelumnya merupakan aplikasi untuk bahasa Inggris Indonesia saja.

Maka Google Translate mempunyai cakupan bahasa yang jauh lebih luas. Bahkan hampir semua bahasa bisa anda Terjemahkan lewat aplikasi ini.

Ruang guru

Rekomendasi aplikasi yang terakhir adalah ruang guru. Dan tampaknya hampir semua kita sudah kenal dengan aplikasi ruang guru. Apa lagi nih aplikasi ruang guru memang sempat viral beberapa waktu yang lalu.

Karena menggandeng beberapa artis terlalu lama sebagai brand Ambassador mereka. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam keunggulan yang bisa menunjang proses pembelajaran Anda nantinya.

Hanya saja, biaya yang dibanderol mungkin tergolong cukup tinggi bayi sebagian orang. Tapi jika memang anda mempunyai anggaran untuk belajar online, aplikasi ruang guru mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Karena selain bisa membantu Anda belajar dimanapun dan kapanpun, ada segudang materi berbentuk video yang bisa diakses.

Nah itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi terbaik untuk para siswa yang patut untuk Anda pertimbangkan. Anda bisa menggunakan lebih dari satu aplikasi.

Sesuaikan saja dengan kebutuhan anda. Beberapa aplikasi di atas ada yang menyediakan penggunaan gratis dan juga berbayar.

Tapi sejauh ini, penggunaan gratisnya saja sudah cukup recommended untuk digunakan. Sekian informasi menarik dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga membantu ya.