Daftar Situs Jurnal Internasional yang Menjadi Rujukan

Umumnya jurnal internasional banyak dibutuhkan oleh pengguna yang sedang melakukan penyusunan terhadap tugas akhir ataupun karya ilmiah.

Tentunya sumber referensi yang digunakan harus bersifat relevan dan bisa dipercaya agar bisa memperkuat argumen penelitian.

Referensi ini bisa pengguna dapatkan dari sumber disertasi, buku, tesis, jurnal, skripsi, dan sebagainya.

Namun, sumber yang sering digunakan oleh banyak orang adalah jurnal. Alasan dipilih sumber ini dikarenakan memiliki alur serta pembahasan yang ringkas. Topik yang disajikan juga cukup beragam serta sering mengalami proses pembaruan.

Hal ini juga yang membuat Anda membutuhkan jurnal internasional untuk sumber referensi terbaik. Berikut ini daftar situs jurnal internasional yang terpercaya dan terpopuler.

Daftar Situs Jurnal Internasional

1. DOAJ atau Directory of Open Access Journals

DOAJ atau Directory of Open Access Journals

Directory of Open Access Journals atau disingkat DOAJ merupakan sebuah situs yang memuat berbagai direktori jurnal dan artikel ilmiah, seperti sains, medis, teknologi, humaniora, hingga ilmu sosial.

Situs ini didirikan pertama kali pada tahun 2003 di Universitas Lund, Swedia. Tidak hanya itu, DOAJ juga menyediakan database bersifat akses terbuka atau open access yang mencakup banyak kategori.

Semua jurnal yang ada di Directory of Open Access Journals sudah mengalami proses peer-reviewed agar jurnal tersebut memiliki isi yang berkualitas serta dapat dipercaya. P

ada saat ini, situs DOAJ telah memiliki koleksi artikel ilmiah sebanyak 4,8 juta atau sekitar 14.500 jurnal dari 137 negara yang bisa Anda akses secara bebas dan gratis sesuai dengan jurnal yang dipilih.

2. Sage Journal

Sage Journal

Situs jurnal internasional berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah Sage Journal. Pada situs ini terdapat lebih dari 1000 jurnal dengan berbagai ilmu. Mulai dari ilmu kesehatan, humaniora, teknologi, dan lain sebagainya.

Kelebihan dari situs ini, yaitu memiliki fitur SAGE Open yang bisa Anda gunakan untuk mengakses atau membuka jurnal internasional dengan gratis.

Semua jurnal yang dipublikasi oleh Sage Journal sudah mematuhi high production standards dan sesuai dengan ketentuan peer review policy yang ada di jurnal internasional. Hal ini bertujuan agar jurnal yang di publish memiliki kredibel dan bisa dipercayai oleh banyak orang.

3. JSTOR

JSTOR

JSTOR merupakan situs jurnal internasional yang memiliki bentuk seperti perpustakaan digital. Pada situs ini terdapat lebih dari 12 juta koleksi dengan 78 kategori ilmu.

Semua koleksi ini mencakup jurnal, seperti literatur, monografi akademik, laporan penelitian, sumber referensi primer dan lain sebagainya. Selain itu, koleksi-koleksi ini juga harus melewati proses peer-review sebelum ditampilkan pada situs JSTOR.

Hadir sebagai platform terbesar, membuat JSTOR menyediakan akses jurnal dengan harga yang cukup terjangkau. Terdapat juga beberapa jurnal yang diberikan secara gratis terhadap 1500 institusi yang ada di seluruh dunia.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk Anda dalam mencari sumber referensi, jika institusi yang ditempati melakukan afiliasi dengan platform JSTOR.

Namun, jika institusi Anda tidak melakukan afiliasi dengan JSTOR, maka bisa memilih paket Individual Account untuk bisa membaca 3 jurnal artikel secara gratis selama 30 hari.

Selain itu, JSTOR sering memberikan dukungan kepada pada peneliti dengan menambahkan akses gratis selama beberapa hari sesuai dengan ketentuan.

4. ScienceDirect

ScienceDirect

Situs berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mencari jurnal internasional adalah ScienceDirect. Situs ini menawarkan pengguna dengan online resources yang bisa digunakan sebagai keperluan riset.

Hingga saat ini sudah terdapat lebih dari 16 juta koleksi artikel ilmiah dan di antaranya terdapat artikel bersifat open access sebanyak 2500, serta jurnal full open access dengan jumlah 250.

Tidak hanya itu, tersedia juga beragam buku dengan varian kategori yang lengkap sebanyak 39.000.

Semua riset yang dicantumkan pada jurnal dan dipublish oleh ScienceDirect harus melewati terlebih dahulu proses peer-reviewed agar penelitian yang dilakukan memiliki unsur relevan dan bisa dipercaya.

5. ProQuest

ProQuest

ProQuest adalah platform yang menyajikan layanan akses dari berbagai sumber penelitian.

Tujuan dari situs ini, yaitu untuk membantu para akademis, institusi, ataupun sejenisnya dalam melakukan penelitian dari berbagai macam bidang yang ada di ilmu pengetahuan.

Koleksi dari ProQuest mencakup, jurnal ilmiah, tesis, disertasi, ebook, arsip surat kabar, koleksi sejarah, dan sebagainya.

Hingga saat ini tercatat lebih dari 6 miliar digital pages yang bisa Anda temukan pada situs ProQuest. Selain itu, situs ini juga menyediakan fitur open access atau disebut PQDT Open.

Hadirnya fitur ini, membuat Anda bisa mengakses berbagai jurnal atau tesis secara gratis dan bebas.

6. Taylor & Francis

Taylor Francis

Situs jurnal berikutnya yang bisa Anda akses adalah Taylor & Francis. Pada platform ini Anda menjumpai dua layanan, yaitu publikasi buka dan jurnal ilmiah yang bisa Anda manfaatkan fasilitasnya sebagai kebutuhan referensi sumber.

Selain itu, platform Taylor & Francis juga menyediakan akses buku digital dengan berbagai macam bidang ilmu pengetahuan.

Hadir sebagai situs jurnal berbentuk database, membuat Taylor & Francis melakukan berbagai tahapan agar jurnal yang dipublish dan ditampilkan memiliki kredibel yang bisa dipercaya.

Salah satunya, yaitu melakukan proses peer-review yang dibawahi secara langsung oleh Routledge dan Taylor & Francis. Selain itu, Anda juga bisa membuka beberapa jurnal dikarenakan terdapat fitur full open access.

7. Springer

Springer

Springer merupakan perusahaan terbesar yang berbasis sebagai penerbit global. Platform ini menyediakan berbagai buku digital serta jurnal ilmiah yang di dalamnya membahas berbagai bidang, seperti sains, teknologi, ilmu kesehatan, hingga ilmu sosial.

Situs ini support untuk diakses oleh pihak akademisi, institusi, korporasi, atau siapa saja yang membutuhkan sumber referensi berkualitas.

Springer juga menjadi salah satu penyedia layanan yang bergerak dibidang ebook dan arsip jurnal terbaik khususnya dibidang STM atau Science, Technology and Medicine.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan arsip terbaik dan terpercaya dari HHS atau Hospital for Special Surgery.

Hingga saat ini, tercatat bahwa koleksi dari situs Springer mencapai 2.940 jurnal dan 300.000 buku dalam berbagai bidang.

8. Wiley Online Library

Wiley Online Library

Daftar terakhir untuk situs jurnal internasional yang bisa Anda gunakan adalah Wiley Online Library.

Situs ini hadir untuk menyediakan akses database pada riset ilmiah, ebook, jurnal, dan publikasi lainnya agar memudahkan pengguna dalam membaca dan mendapatkan referensi yang penting.

Pada Wiley Online Library terdapat online resources yang mencakup hampir semua ilmu pengetahuan.

Tercatat hingga saat ini terdapat 1.600 jurnal dan 21.000 ebook serta online resources lainnya yang ada di situs Wiley Online Library. Selain itu, mereka juga melakukan kerja sama dengan 860 ilmuwan dari bidang sosial dan sains.

Anda juga akan mendapatkan fitur open access untuk memudahkan dalam mencari sumber referensi yang ada di situs tersebut.

Terdapat banyak situs alternatif lainnya yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan dalam mencari jurnal internasional.

Namun, tetap perhatikan tingkat kredibel dari situs yang dipilih agar informasi yang didapatkan bersifat akurat dan bisa dipercaya.

Hal ini mengingat banyaknya situs yang hanya mengumpulkan berbagai jurnal ilmiah tapi tidak memperhatikan isi dari artikel tersebut.

Baca Juga: