10 Rekomendasi Aplikasi Jurnal Terbaik untuk Bisnis 

10 Rekomendasi Aplikasi Jurnal Terbaik untuk Bisnis  – Dalam menjalankan bisnis, ada banyak sekali hal-hal yang mesti dipelajari.

Salah satunya adalah, bagaimana sih cara membuat bisnis semakin lancar, dan bisa bertahan sepanjang waktu. Ia kan? Dan perlu diketahui, bahwasanya hal tersebut bukanlah perkara mudah.

Karena ada beberapa hal yang berkaitan dengannya. Salah satunya adalah masalah laporan keuangan. Karena memang, laporan keuangan adalah sesuatu yang penting dalam sebuah bisnis.

Laporan keuangan sendiri merupakan muara dari seluruh bisnis. Sehingga, sebaik apapun bisnisnya, bisa saja menjadi kurang baik ketika laporan keuangannya kurang baik.

Nah untuk saat ini, proses pengatur keuangan untuk bisnis sudah nggak sesulit beberapa tahun lalu kok. Hal ini karena sudah ada banyak aplikasi jurnal terbaik untuk bisnis anda nantinya.

Lewat aplikasi ini, anda dapat melihat progres bisnis dari waktu ke waktu, dan dapat pula memprediksi kondisi keuangannya seperti apa.

Selain itu, aplikasi model ini juga bakalan membantu anda dalam menyusun laporan keuangan. Bagi pebisnis pemula, mungkin masih bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud dengan aplikasi jurnal terbaik untuk bisnis?

Dan apa saja aplikasinya? Ia kan? Tenang saja, karena jawabannya bisa ditemukan pada pembahasan berikut. 

Pengertian aplikasi jurnal 

Bagi dunia bisnis, akuntansi mempunyai peran yang sangat penting kan? Dan keberadaannya tidak boleh diabaikan. Karena dengan adanya akuntansi, maka perhitungan dapat dilakukan dengan sangat baik.

Anda juga bahkan dapat mengukur kondisi keuangan bisnis saat itu. Sementara itu, aplikasi jurnal sendiri ialah software atau perangkat lunak untuk mengoperasikan keuangan.

Hanya saja, aplikasinya sudah didesain sesederhana mungkin. Supaya mempermudah anda dalam mengoperasikan keuangan.

Lewat aplikasi-aplikasi model ini, anda dapat membuat laporan keuangan dengan lebih mudah, cepat, dan juga efektif.

Hal tersebut dikarenakan sudah didukung dengan berbagai macam fitur fitur menarik di dalamnya. Secara umum, terdapat beberapa keuntungan menggunakan aplikasi jurnal terbaik untuk bisnis loh.

Seperti bisa memanfaatkan fitur fiturnya yang canggih, dapat mengurangi terjadinya kecurangan, membuat anda lebih produktif, dan yang lainnya.

Rekomendasi aplikasi jurnal terbaik

Setelah mengetahui pengertian aplikasi jurnal, sekarang kita bahas apa saja aplikasinya.

Nah nantinya, anda bisa dengan bebas menentukan mana kiranya aplikasi yang bakalan anda gunakan. Karena setiap orang mungkin akan memilih aplikasi yang berbeda kan? 

Jurnal

Aplikasi pertama adalah aplikasi jurnal. Anda bisa mencoba mengetikkan tulisan ‘jurnal’ pada kolom pencarian aplikasi google play store ya.

Nah, jurnal ini merupakan salah satu app jurnal yang dapat anda manfaatkan ketika akan melakukan pencatatan keuangan. Aplikasi satu ini basisnya adalah cloud, jadi bakalan ngebantu banget.

Baca Juga :  22 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik Untuk HP dan PC

Anda bahkan dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun anda mau. Menariknya, app jurnal bukan hanya sekedar aplikasi yang diperuntukkan bagi mereka para pebisnis kecil saja loh.

Tapi juga sangat memungkinkan buat digunakan oleh para pebisnis yang bisnisnya sudah dalam skala besar. Menarik sekali bukan?

Di dalamnya, sudah tersedia berbagai macam fitur menarik yang dijamin bakalan memudahkan proses pencatatan keuangan bisnis anda nantinya.

Adapun contoh fiturnya, seperti pencatatan biaya, pencatatan pemasukan, pengeluaran, manajemen aset, pembuatan faktur, dan lain sebagainya.

EQUIP

Kalau dibandingkan dengan aplikasi jurnal terbaik untuk bisnis yang lainnya, app equip mungkin memang masih tergolong sangat baru. Ia adalah perusahaan asal Singapura.

Dan kalau di Indonesia, aplikasi ini masuk sejak tahun 2008 yang lalu. Equip telah banyak digunakan oleh para pebisnis tanah air. Bahkan, sudah cukup banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Hal ini mungkin menjadi salah satu indikasi, bahwasanya Equip adalah aplikasi yang benar-benar recomended buat anda pertimbangkan.

Beberapa perusahaan ternama yang sudah menggunakannya seperti Yokohama, kemudian Hino Truck, dan yang lainnya.

Untuk fitur fitur yang tersedia, mulai dari manajemen nota debet, pembuatan catatan keuangan, rekonsiliasi rekening tabungan, sampai dengan catatan kredit.

Dan kabar baiknya, aplikasi ini juga sudah menyediakan fitur lainnya yang jauh lebih menarik.

Misal, untuk urusan pajak. Kalau anda ingin memperoleh sistem keuangan yang lengkap, equip mungkin bisa menjadi pilihan yang paling tepat ya. Karena fitur-fitur terbaik yang ada di dalamnya.

Wave

Kalau aplikasi jurnal yang sebelumnya berasal dari Singapura, maka aplikasi jurnal satu ini berasal dari negara yang berbeda. Yakni, dari Amerika Serikat. 

Dan sejauh ini, sudah cukup banyak pebisnis tanah air yang menggunakannya. Layaknya app yang lainnya, di dalam app Wave juga sudah tersedia banyak fitur yang dapat anda nikmati.

Seperti pencatatan keuangan, pengiriman invoice, pembuatan kwitansi online, dan yang lainnya.

Hanya saja, di dalam aplikasi belum tersedia fitur inventory dengan fitur stock ya. Padahal, fitur tersebut merupakan fitur yang paling dicari oleh banyak pebisnis. 

SAP

Untuk saat ini, sudah ada lebih dari 300 an ribu orang yang menggunakannya. Dan para pengguna SAP berasal dari berbagai negara. Ia merupakan aplikasi yang berasal dari Jerman ya. 

Aplikasi jurnal terbaik untuk bisnis satu ini basisnya juga cloud. Jadi, dijamin aman deh untuk proses bisnis anda ke depannya.

Di dalamnya, bukan hanya terdapat fitur untuk mengatur anggaran keuangan bisnis, tapi juga sudah ada fitur laporan keuangan secara real time. Yang dibantu pula dengan pelaporan akuntansi.

Bukankah hal tersebut menarik sekali? Secara umum, terdapat beberapa fitur menarik di dalamnya. Seperti fitur success factors.

Baca Juga :  Aplikasi Hotspot PC

Yang mana, fitur tersebut fokus kepada manajemen human resource yang dapat anda aktifkan secara otomatis.

Bagi anda yang penasaran dengan fitur tersebut, tentu bisa langusng mencoba mendownload dan menggunakannya ya. Nikmati berbagai macam keunggulan aplikasi. 

MYOB

MYOB merupakan aplikasi yang sudah ada sejak lama, dan tergolong sangat populer di tanah air. Menariknya, aplikasi jurnal terbaik untuk bisnis yang satu ini sudah ada dari tahun 1991 loh.

Waw, sudah lama banget kan?  Dan makin ke sini, dapat dilihat, bahwa aplikasi MYOB mengalami perkembangan yang sangat luar biasa.

Hal ini dapat dilihat dari mulai banyaknya perusahaan-perusahaan di berbagai negara yang menggunakannya. 

Meskipun MYOB memiliki tampilan yang sederhana, namun tetap saja, anda dapat menggunakannya dengan sangat mudah, terlebih lagi dalam urusan perhitungan laporan keuangan.

Ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi. Salah satunya adalah memungkinkan anda untuk mengekspor data ke excel. Sebenarnya, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur perpajakan ya.

Sayangnya, fitur tersebut adanya masih di Australia saja, belum ada di Indonesia. Tapi nggak masalah, karena anda masih dapat memanfaatkan fitur fitur keren lainnya kok. 

Freshbooks

Untuk aplikasi jurnal terbaik untuk bisnis yang berikutnya ada Freshbooks. Pernah mendengar nama aplikasi Freshbooks? Beberapa di antara anda mungkin sudah ada yang nggak asing lagi dengan Freshbooks ya.

Namun mungkin, sebagian yang lainnya juga masih ada yang ngerasa asing dengan aplikasi ini. Jadi, Freshbooks merupakan sebuah software keuangan yang dapat memudahkan pekerjaan para UMKM.

Yang mana, didalamnya terdapat berbagai macam fitur keren-keren yang siap memudahkan aktivitas bisnis anda. Mulai dari time tracking, kemudian reporting, sampai dengan invoice. 

Tampaknya, masih belum banyak aplikasi yang menghadirkan fitur untuk melacak pendapatan secara otomatis loh.

Dan kalah anda penasaran dengan fitur tersebut, tentu harus menggunakan aplikasi jurnal yang satu ini.

Menariknya lagi, di dalam aplikasi juga tersedia fitur reminder transaksi. Hal ini supaya anda nggak sampai lupa ketika waktu pembayaran tiba. 

TurboCASH

Aplikasi Turbo Cash juga termasuk ke dalam salah satu aplikasi jurnal terbaik untuk bisnis yang sudah lama adanya. Bahkan, aplikasi ini sudah ada sejak 1985 yang silam loh.

Dan kalau berbicara tentang kepopuleran aplikasi ini, dapat kita lihat, bahwa ia mempunyai popularitas yang sangat baik di berbagai negara. Mulai dari Amerika, Kanada, sampai dengan Eropa.

Kalau di tanah air kita, sudah cukup banyak juga yang menggunakannya. Terlebih lagi para pelaku UMKM. Karena aplikasi ini bakalan membantu para UMKM dalam mengatur laporan keuangan mereka.

Fitur fitur yang tersedia di dalamnya ialah, order, debitur, kreditur, dan lain sebagainya.

GnuCash

Aplikasi jurnal terbaik untuk bisnis yang lainnya ialah Gnucash. Kalau kita bandingkan dengan aplikasi yang sejenis, mungkin aplikasi termasuk ke dalam salah satu aplikasi yang namanya agak aneh ya.

Baca Juga :  10 Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik di HP Android

Meskipun demikian, GNUCash, tetap menjadi salah satu aplikasi yang sangat recomended buat anda gunakan kok.  Karena kiprahnya sudah dimulai sejak tahun 1990 an.

Itu artinya, aplikasi ini sudah ada sejak lama kan? Dan untuk saat ini, sudah banyak sekali para pebisnis yang menggunakannya.

Bahkan, yang menggunakan aplikasi bukan hanya para pebisnis dengan bisnis skala kecil, tapi juga skala besar loh.

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bakalan merasa terbantu banget ketika akan membuat nota kredit, kemudian hutang piutang, dan yang lainnya.

Memang, fitur yang terdapat di dalam aplikasi tergolong sangat sederhana. Namun, tetap sangat memudahkan setiap kegiatan bisnis anda loh.

Kalau anda mempunyai bisnis dengan skala kecil sampai menengah, nggak ada salahnya untuk mencoba menggunakan aplikasi GNUCash ya.

Quickfile

Aplikasi Quickfile merupakan aplikasi jurnal terbaik untuk bisnis yang paling ramai digunakan oleh para pelaku UMKM. Hal ini mungkin dikarenakan banyaknya fitur fitur menarik dari aplikasi.

Mulai dari fitur otomatis, kemudian faktur massal, manajemen struk pembelian, dan yang lainnya.

Aplikasi ini berbasis cloud atau penyimpanan awan, sehingga akan dijamin sangat aman ketika digunakan. Dengan demikian, anda juga bisa menggunakannya kapanpun dan dimanapun anda berada.

Adminsoft Account

Adapun aplikasi yang terakhir adalah Adminsoft Account. Beberapa di antara anda mungkin sudah ada yang nggak asing dengan aplikasi Adminsoft Account ini ya.

Karena memang, ia termasuk ke dalam salah satu aplikasi jurnal terbaik untuk bisnis yang sangat populer.

Bahkan saat ini, sudah ada ratusan ribu lebih orang yang menggunakannya, dan berasal dari berbagai belahan dunia.

Adminsoft Account bakalan membantu anda dalam proses pembuatan faktor, mulai dari faktur pesanan, stok barang, pembelian, dan yang lainnya.

Aplikasi ini dapat anda gunakan secara gratis loh. Dengan fitur fiturnya yang menarik, benar-benar akan ngebantu banget deh. 

Bagaimana, apakah anda sudah mempunyai gambaran akan menggunakan aplikasi jurnal terbaik mana untuk bisnis anda nantinya? Tentu, setiap aplikasi hadir dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Namun untuk menemukan aplikasi yang terbaik, mungkin anda bisa melakukan pengecekan secara sederhana saja lewat aplikasi google play store. Caranya sederhana.

Cukup perhatikan jumlah rating, jumlah pengguna, dan jangan lupa untuk membaca ulasan-ulasan yang ada di aplikasi tersebut.

Carilah aplikasi dengan ulasan yang memang banyak dikomentari secara positif oleh para pengguna.

Karena hal tersebut menunjukkan bahwasanya aplikasi tersebut benar-benar membuat para penggunanya merasa puas.

Oke, itu dia 10 rekomendasi aplikasi jurnal terbaik untuk bisnis yang dapat anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.