10 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point

Baik pekerja, pebisnis, anak sekolah, mahasiswa dan profesi lainnya seringkali harus melakukan presentasi untuk berbagai tujuan. Untuk mendukung presentasi materi agar lebih menarik dan rapi, kamu memerlukan aplikasi presentasi. 

Apa aplikasi yang selama ini kamu gunakan untuk mempresentasikan materi? Salah satu aplikasi yang paling umum ialah Microsoft Power Point yang merupakan aplikasi buatan Microsoft. 

Namun, ternyata banyak pilihan aplikasi lainnya yang membuat presentasi kamu menjadi berbeda. 

Apa saja aplikasi presentasi terbaik yang bisa kamu gunakan? Berikut ini ialah rekomendasi aplikasi yang perlu kamu ketahui

1. Prezi

Prezi

Aplikasi untuk presentasi di laptop yang pertama ialah Prezi. Apakah kamu sudah pernah menggunakan Prezi sebelumnya? 

Prezi termasuk salah satu aplikasi presentasi yang cukup populer karena mampu membuat presentasi materi menjadi lebih menarik. Jika kamu ingin mencoba menampilkan presentasi dengan unik dan tidak monoton, maka Prezi adalah pilihan terbaik. 

Prezi memiliki beberapa keunggulan yakni pilihan desain dan grafis. Terdapat pula pilihan layout yang membuat presentasi bisa berlangsung dengan lebih cepat. 

Prezi dapat kamu akses secara online dan memungkinkan kamu dan tim untuk berkolaborasi membuat presentasi. 

Sehingga, kamu tidak perlu saling mengirim dokumen apabila ada hal yang perlu diubah. 

Presentasi di Prezi tersimpan dalam cloud sehingga dapat kamu akses melalui berbagai perangkat. 

2. Google Slide 

Google Slide

Aplikasi lainnya yang memungkinkan kamu untuk berkolaborasi dengan tim dalam membuat presentasi ialah Google Slide. 

Kamu hanya perlu memiliki akun Google untuk membuat presentasi yang datanya akan tersimpan dalam cloud. 

Pilihan layout, tema dan jenis tulisan sangat beragam. Tampilan Google Slide serupa dengan Microsoft Power Point sehingga akan mudah bagi kamu untuk menggunakannya. 

Kamu bahkan juga bisa mengunduh berbagai tema presentasi untuk Google Slide lainnya secara online. 

Keunggulan dari Google Slide ialah sudah terintegrasi dengan Zapier yang memungkinkan kamu untuk memperbarui grafik dari tanggapan Google Form. 

Kamu juga bisa memasukan data dari Google Spreadsheet. Google Slide bisa kamu buka melalui perangkat komputer atau perangkat handphone. 

3. Apple Keynote 

Apple Keynote

Apakah kamu merupakan pengguna produk Apple dan sedang mencari aplikasi gratis dan terbaik untuk melakukan presentasi? 

Kamu bisa menggunakan Apple Keynote yang secara gratis bisa kamu gunakan pada berbagai produk Apple seperti iPad, Mac Mini, Macbook dan iMac. 

Tampilan dari aplikasi ini sederhana dan memperhatikan user experience. Sehingga akan sangat mudah bagi kamu untuk menggunakannya dalam membuat dan menampilkan berbagai presentasi. 

4. Visme

Visme

Pilihan aplikasi selanjutnya ialah Visme yang bisa membantu kamu untuk membuat presentasi yang lebih rapi dan terusun. Bagi kamu yang menyukai tampilan presentasi yang sederhana dan minimalis, maka Visme adalah pilihan terbaik. 

Visme menyediakan berbagai ikon, gambar hingga grafik yang bebas royalti untuk membuat presentasi kamu menjadi lebih eksklusif. 

Kamu juga bisa membagikan link kepada anggota kelompok atau rekan kerja untuk bersama sama membuat presentasi menjadi lebih menarik. 

Memang, untuk menikmati berbagai layanan ini kamu harus membayar keanggotaan. 

5. Canva 

Canva

Situs website Canva sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Dengan adanya situs ini, kamu bisa membuat logo, banner, dan produk desain lainnya secara mudah. 

Bahkan, apabila kamu tidak memiliki kemampuan mendesain, situs ini akan sangat membantu karena penggunaannya yang sangat sederhana dan mudah. 

Termasuk apabila kamu ingin membuat presentasi yang menarik. Canva merupakan aplikasi presentasi online yang bisa kamu gunakan baik secara berbayar maupun gratis. 

Kamu bisa menggunakan template presentasi gratis yang memudahkan pembuatan file presentasi. Canva bisa kamu akses melalui perangkat komputer maupun handphone secara online maupun menggunakan aplikasi presentasi di HP.

6. Adobe Spark

Adobe Spark

Apakah kamu adalah orang yang sering melakukan presentasi? Melakukan presentasi adalah hal yang penting untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah? 

Kamu bisa menggunakan aplikasi presentasi yang premium karena telah memiliki banyak fitur yang unggul. Adobe Spark merupakan aplikasi yang mendukung keperluan kamu dalam membuat file presentasi. 

Terdapat video grafis yang membuat presentasi menjadi tidak monoton dan lebih interaktif. Sehingga, tampilan presentasi kamu tidak hanya dipenuhi dengan kata kata dan gambar yang statis saja. 

Beberapa fitur unggulan pada Adobe Spark ialah template presentasi yang professional, pilihan jenis huruf yang beragam hingga slide yang elegan. 

Kamu perlu membayar biaya bulanan untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik dan profesional. 

7. FlowVella 

FlowVella

Harus membuat presentasi yang unik dan berbeda untuk menarik perhatian klien? FlowVella adalah aplikasi terbaik khususnya bagi kamu yang menggunakan tablet. 

Aplikasi ini sudah memiliki desain dan dikembangkan untuk menggunakan tablet. Tentu saja, kamu tetap bisa menggunakan aplikasi ini di perangkat komputer maupun handphone. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengintegrasikan grafik, bagan serta analitik dengan lebih mudah. 

Terdapat template yang menarik untuk membuat presentasi menjadi lebih interaktif. Tak perlu khawatir, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengedit dokumen presentasi dengan lebih mudah. 

8. Ludus

Ludus

Membuat presentasi terkadang sama seperti membuat karya seni, kamu bisa menuangkan berbagai kreativitas untuk menyampaikan presentasi. 

Ludus adalah aplikasi yang memiliki tampilan desain dan template yang memiliki nilai seni. Aplikasi presentasi ini juga sudah terintegrasi dengan Youtube, GIPHY, Figma hingga Google Fonts. 

Kamu bahkan bisa menempelkan file dari Sketch dan Adobe Illustrator untuk memperkaya tampilan presentasi. 

Bahkan, sekalipun kamu tidak memiliki kemampuan desain grafis yang mumpuni kamu tidak perlu khawatir. Terdapat berbagai fitur dengan panduan lengkap untuk membantumu mempercantik tampilan presentasi. 

9. Infogram 

Infogram

Apakah kamu perlu melakukan presentasi mengenai grafik dan angka? Untuk membuat presentasi menjadi lebih sederhana dan tetap informatif, gunakanlah aplikasi Infogram. 

Infogram memungkinkan kamu untuk membuat diagram dan menjelaskan data statistik dalam bentuk yang lebih menarik. 

Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai animasi dan transisi yang membuat proses penjelasan materi presentasi menjadi lebih mudah. 

Menggunakan layanan penyimpanan cloud, kamu bisa mengakses materi aplikasi dengan mudah dimanapun dan kapanpun. 

10. Slidedog

SlideDog

Slidedog merupakan aplikasi presentasi yang memiliki berbagai layanan lengkap dan gratis digunakan. Banyak pengguna yang mengatakan bahwa Slidedog merupakan salah satu aplikasi presentasi selain powerpoint terbaik yang pernah ada. 

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuat konten dan menyajikan informasi dengan cara yang menarik. 

Jika selama ini kamu merasa file presentasi tidak terlalu menarik dan terkesan hambar, maka Slidedog akan mengubah cara membuat presentasi menjadi lebih unik. 

Hasilnya, dengan menggunakan perspektif yang berbeda bukan tidak mungkin penyajian presentasi juga menjadi lebih baik. 

Sayangnya, aplikasi Slidedog ini hanya bisa kamu akses menggunakan perangkat komputer berbasis Windows dan tidak memiliki penyimpanan cloud, 

Bagaimana, apakah kini kamu sudah menemukan pilihan lain untuk membuat presentasi menjadi lebih kekinian dan menarik? 

Jangan hanya terfokus pada Microsoft Power Point untuk membuat aplikasi baik untuk keperluan tugas sekolah, kuliah ataupun pekerjaan. 

Gunakan berbagai aplikasi presentasi lainnya yang memiliki keunggulan dan fitur yang lebih memenuhi kebutuhan kamu. Selamat memilih aplikasi presentasi terbaik demi mendukung presentasi lebih lancar.

Tinggalkan komentar