10 Rekomendasi Aplikasi Office Open Source Terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Office Open Source Terbaik untuk PC dan Laptop- Kalau sejauh ini, banyak yang beranggapan, bahwasanya laptop atau komputer hanya bisa digunakan untuk mengetik saja, atau mempersiapkan bahan presentasi. Ia kan? Dan biasanya, hal-hal tersebutlah yang dijadikan banyak orang ketika akan membeli laptop atau komputer.

Terlebih lagi oleh mereka yang statusnya masih mahasiswa, pelajar, atau yang pekerja kantoran. Yang ketika seluruh kegiatan dan kepentingan selesai, tidak sedikit yang memilih untuk menjual lisensi windows yang sudah digunakan. Agar mendapatkan penghasilan.

Namun tenang saja, karena anda tetap bisa melakukan banyak hal kok. Karena sudah ada yang namanya aplikasi office open source terbaik yang bisa anda gunakan 

Aplikasi office open source terbaik

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi dari kami: 

Google docs editor

Untuk aplikasi office open source terbaik pertama adalah google docs editor. Yang mana, ia merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer di berbagai kalangan. Dan merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak google, dari tahun 2006. Wah, sudah lumayan lama ya.

Di dalamnya, terdapat google docs yang seperti word, kemudian ada juga google sheet yang hampir sama dengan excel, dan terakhir, ada google slide, yang seperti power point.

Lengkap sekali bukan? Mungkin, ada segudang alasan mengapa pihak google lebih memilih untuk tidak melakukan persaingan secara terang terangan dengan pihak microsoft ya. Karena memang, microsoft telah menjadi pemain yang sangat handal dan besar.

Tentu, ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh pihak google lewat aplikasi satu ini. Yakni, nggak perlu lagi nyiapin ruang penyimpanan cuma untuk mendownloadnya. Karena bagaimanapun, anda bisa memanfaatkan browser saja ketika menggunakannya, dan memanfaatkan jaringan internet.

Untuk saat ini, cukup banyak kok masyarakat kita yang suka menggunakan google doc ketika menyelesaikan berbagai pekerjaannya. Salah satu keunggulan dari google doc adalah, anda nggak perlu takut kehilangan file yang sudah dibuat. Karena akan tersimpan secara otomatis.

Apache openoffice

Rekomendasi aplikasi office open source terbaik yang berikutnya adalah apache openoffice. Kalau dari namanya, mungkin sudah lumayan banyak di antara anda yang dikenal, dan sangat tahu dengan aplikasi ini ya. Yang mana, ia termasuk ke dalam aplikasi yang cukup populer, dan sudah ada dari tahun 2011 yang lalu. 

Kabar yang mengejutkannya adalah, apache ini termasuk aplikasi office gratis yang terbaik se dunia loh. Wah, penasaran kan dengan wujudnya? Jadi buat yang tertarik, bisa mencoba download aplikasinya sekarang.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Android Terbaik untuk Para Youtuber

Hal tersebut karena pihak perusahaan menawarkan yang namanya kapabilitas, stabilitas, dan ukuran yang sangat standar, nggak gede loh.

Aplikasi ini bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari untuk menulis, kemudian menggunakan excel, membuat presentasi, dan lain sebagainya. Dan kalau kita perhatikan, aplikasi apache punya ciri khas yang menarik loh. Yakni, format yang digunakannya adalah open document format.

Libre office

Aplikasi libre office sendiri nggak kalah menarik dan terkenalnya kok dengan aplikasi aplikasi sebelumnya. Bahkan, ia sudah digunakan oleh para pekerja kantoran sejak lama.  Ia merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh sun microsystems, yang mengakuisisi staroffice di tahun 1999.

Kemudian, beberapa tahun berikutnya, oracle melakukan pembelian saham mayoritas, dan mengambil alih. Kalau tertarik dengan aplikasi yang satu ini, bisa langsung berlangganan saja lewat kartu kredit ataupun paypal ya.

WPS Office

Bagi yang suka mengetik atau membuka dokumen lewat ponsel pasti sudah nggak asing dengan wps office. Karena ia merupakan salah satu aplikasi office open source terbaik yang sangat populer. Dan kalau kita perhatikan sih, fitur yang ditawarkan bahkan nggak kalah bagus dan menariknya dengan fitur yang ada di microsoft office loh.

Ia adalah aplikasi yang dibuat atau diluncurkan oleh perusahaan asal Tionghoa, dan sudah mempunyai jam terbang yang sangat luar biasa. Kalau untuk nama wps sendiri, merupakan kependekan dari write, presentation, and spreadsheets. Pasti ada yang baru tahu kepanjangannya sekarang kan?

Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, tanpa harus membayar sepeserpun. Ada banyak keunggulan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi wps. Salah satunya adalah memungkinkan anda buat membaca dokumen yang berekstensi pdf.

Menarik sekali bukan? Sayanya, ketika menggunakan yang versi gratisan, anda akan dihadapkan dengan berbagai macam iklan yang cukup mengganggu.

Dan ini pasti sangat menjengkelkan. Maka dari itu, nggak ada salahnya untuk mencoba menggunakan yang versi berbayar saya. Karena pada dasarnya ketika menggunakan yang versi berbayar, akan ada segudang keunggulan dan manfaat yang dapat anda rasakan. 

Zoho docs

Kalau dari segi nama, aplikasi ini mungkin memang nggak sepopuler beberapa aplikasi di atas. Namun tetap saja, ia termasuk ke dalam salah satu aplikasi terbaik, yang juga patut buat dipertimbangkan kok. Aplikasi zoho sendiri, merupakan aplikasi office yang mengandalkan teknologi komputasi awan ya, alias cloud, seperti google docs suite.

Kalau untuk yang penggunaan pribadi atau personal, anda bisa menggunakannya secara gratis. Tapi, harus daftar, alias buat akun dulu. Kalau sudah selesai buat akun, langsung gunakan saja fitur fitur keren nan menarik yang sudah tersedia.

Mulai dari situs untuk mempersiapkan presentasi, kemudian mengolah kata, dan lain sebagainya. Pihak aplikasi memberikan penyimpanan awan, yang berkapasitas 5 GB. Lantas, kapan penggunaan akan dikenakan biaya? Yakni, ketika anda menggunakannya sebagai media manajemen, baik itu kelompok kerja, ataupun dokumen tim.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Brosur Terbaik

Kabar baiknya, karena aplikasi zoho ini basisnya adalah awan, maka ia memungkinkan untuk digunakan lintas platform. Anda hanya perlu perangkat komputer saja, dan koneksi internet. Kabar baiknya lagi, aplikasi ini juga sudah tersedia untuk sistem operasi yang lain kok.

Mulai dari android, kemudian ipados, sampai dengan ios. Kalau penasaran dengan fitur terbaik yang ditawarkan, bisa langsung download aja aplikasinya sekarang juga.

Softmaker freeoffice

Adapun rekomendasi aplikasi office open source terbaik yang berikutnya adalah softmaker freeoffice. Dan tampaknya, sudah cukup banyak yang kenal dengan aplikasi satu ini ya. Anda bisa menggunakannya secara gratis loh. Namanya juga aplikasi open source kan?

Ya, walaupun memungkinkan buat digunakan secara gratis, namun fitur yang mereka tawarkan nggak kalah menariknya dengan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi aplikasi berbayar sejenisnya. Bahkan, aplikasi ini mempunyai keamanan yang sangat keren, dan handal.

Ia merupakan aplikasi yang dikemnangkan oleh perusahaan yang berasal dari Jerman. Anda dapat menggunakan aplikasi dengan sangat mudah, sehingga cocok banget digunakan oleh siapapun. Terlebih lagi buat anda yang suka dan nggak asing dengan microsoft office.

Di dalamnya sudah tersedia berbagai macam fitur keren yang menarik. Mulai dari fitur untuk membuat bahan presentasi, kemudian membuat perencanaan, dan yang lainnya. Anda bisa menggunakan aplikasi satu ini tanpa harus bingung formatnya loh. 

Bukan hanya itu saja, pihak aplikasi bahkan juga memungkinkan anda buat membuka, kemudian mengedit, dan juga menyimpan file yang dengan beberapa ekstensi. Mulai dari docx, kemudian xlsx, dan lain sebagainya. Ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini.

Salah satunya adalah dari segi tampilan. Yang mana, pihak pengembang memberikan dua penawaran bentuk tampilan. Pertama ialah classic, dan yang kedua adalah ribbons.  Kalau untuk yang classic, agak mirip dengan yang microsoft office 2007 ke bawah. Sementara untuk yang ribbons, buat yang 2010 ke atas.

Calligra suite

Ada yang suka bekerja secara multitasking di sini? Yakni, menangani dokumen yang cukup banyak sekaligus. Kalau anda termasuk di dalamnya, mungkin harus nyobain menggunakan aplikasi office open source terbaik satu ini deh.

Karena ia termasuk aplikasi yang sangat mudah digunakan, dan pihak pengembang aplikasi nggak cuma nyediain tools perkantoran doang. Tapi juga sudah tersedia tool ketika anda mau membuat flowchart, kemudian vector, atau mau menggambar secara online, alias digital.

Kalau untuk tools tools pengolah kata, disebut dengan words, ada juga spreadsheet, dan dan stage.  Stage adalah aplikasi keren yang dikembangkan oleh komunitas KDE. Yang menggunakan opendocument format bawaan, layaknya apache openoffice. 

Baca Juga :  Cara Top Up Gopay

Hanya saja, anda dapat ngebuka komen dengan format yang lainnya, layaknya microsoft office. Aplikasinya sudah bisa digunakan oleh microsoft, linux, dan juga mac ya.

Polaris office

Pernah tahu aplikasi polaris office? Mungkin, sudah ada beberapa di antara anda yang tahu dan kenal dengan polaris ya. Jadi, polaris ini merupakan aplikasi yang juga bisa digunakan untuk anda yang mau menggunakan aplikasi office open source.

Aplikasi ini bisa anda gunakan lewat berbagai perangkat. Mulai dari komputer windows, sampai dengan macos.  Polaris ini basisnya awan, atau cloud ya. Dan anda bisa menggunakannya secara gratis, layaknya aplikasi open source yang lainnya.

Hanya saja, sebelum menggunakan polaris ini, anda meski membuat akun dahulu, kemudian login menggunakan akun yang sudah dibuat. Lalu, gunakan aplikasinya. Kabar baiknya, anda mendapatkan kuota transfer data hingga 60 MB, dan juga penyimpanan awan 1 GB. Menarik sekali bukan? Oleh karena itu, gunakan semaksimal mungkin. 

iwork

iwork, dari namanya sih, kita sudah tahu, kalau iwork ini merupakan aplikasi yang hanya bisa digunakan untuk perangkat apple ya. Dan kita juga sudah tahu, bahwasanya apple memang mempunyai standar yang cukup tinggi untuk software software mereka.

Bahkan, nggak jarang pihak apple menolak permohonan pihak pengembang aplikasi ketika mengajukan software mereka ke dalam mac app.

Menarik sekali bukan? Tentu, hal ini  dilakukan oleh pihak apple karena banyak pertimbangkan. Salah satunya adalah ingin menjamin keamanan akun para penggunanya, kemudian ingin memberikan pengalaman terbaik bagi semua penggunanya, dan lain sebagainya.

Namun alasan yang paling menonjol adalah, ingin memberikan keamanan bagi ponsel pengguna mereka. Ini sih keren banget ya. Sehingga, nggak semua aplikasi bisa masuk ke aplikasi app store.  Aplikasi iwork sudah ada dari tahun 2005 yang lalu.

Dan untuk menggunakannya, pihak pengguna meski membayar sejumlah nominal.  Iwork mempunyai 3 komponen penting.

Yang pertama adalah pengolahan data, kemudian membuat presentasi, dan yang terakhir adalah spreadsheet. Ada banyak sekali keunggulan yang dimilikinya. Salah satunya adalah, tampilan yang sederhana, minimalis, dan sangat mudah digunakan. Aplikasi ini memungkinkan anda buat ngedit dokumen dari ms office loh. 

Ashampoo office free

Adapun rekomendasi yang terakhir adalah ashampoo office free. Ashampoo sendiri merupakan perusahaan Jerman yang sangat terkenal.

Dan kini, mereka mempunyai produk yang bisa anda gunakan secara gratis. Yakni, aplikasi yang bisa digunakan untuk mengolah kata, kemudian membuat presentasi yang menarik, dan juga spreadsheet. Semua dokumen bisa anda buka lewat aplikasi ini.

Bagaimana, apakah anda merasa tertarik dengan beberapa aplikasi yang sudah kami rekomendasikan? Jika tertarik, bisa langsung download aja aplikasinya, dan langsung nikmati berbagai fitur menarik yang ditawarkan. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.