10 Rekomendasi Aplikasi Jual Beli Online Terbaik

Saat mengetikkan kata “Belanja onlinedi aplikasi Google Play Store maupun App Store, pasti akan muncul puluhan aplikasi jual beli online. Tidak jarang, ini justru membuat banyak pengguna bingung harus memilih salah satu dari puluhan aplikasi tersebut. 

Sebenarnya, memang tidak sedikit aplikasi belanja online yang cukup bagus dan layak untuk Anda pertimbanngkan. Ini terlihat berdasarkan jumlah rating aplikasi di Play Store maupun App Store. Namun, Agar Anda tidak terlalu bingung memilihnya, berikut ada beberapa rekomendasi aplikasinya untuk Anda.

Rekomendasi Aplikasi untuk Belanja Online

Dari banyaknya aplikasi belanja online yang beredar saat ini, berikut beberapa aplikasi belanja online yang sebaiknya Anda coba.

1. Tokopedia

Tokopedia

Aplikasi yang identik dengan gambar burung hantu hijau ini menjadi salah satu pilihan aplikasi belanja online terbaik. Tokopedia menyediakan berbagai fitur tambahan yang sangat menarik bagi para penggunanya. 

Setiap harinya, aplikasi belanja online termurah dan gratis ongkir Tokopedia mengadakan acara spesial. Misalnya seperti: event WIB (Waktu Indonesia Belanja) setiap hari Rabu, atau event diskon untuk barang elektronik. 

Selain event harian yang cukup menggiurkan, Tokopedia tentu tidak lupa untuk memberikan kepuasan tersendiri bagi para pengunjungnya melalui banyaknya pilihan voucher belanja yang bisa menghemat pengeluaran.

2. Shopee

Shopee

Shopee merupakan salah satu aplikasi belanja online yang pas untuk Anda pecinta sejuta promo. Bagaimana tidak? Setiap tanggal-tanggal tertentu, Shopee selalu mengadakan diskon besar-besaran untuk setiap produk yang ada.

Selain memberikan promo spesial untuk barang di beberapa toko online di Shopee, Shopee juga tidak pernah absen memberikan penawaran menggiurkan. Salah satunya voucher gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

Oh iya, Shopee juga memiliki salah satu fitur yang cukup menarik, yaitu fitur Shopee Paylater yang punya cara kerja seperti kartu kredit. Bedanya, ini tidak hanya untuk Anda yang sudah punya pekerjaan tetap, melainkan untuk semua kalangan yang telah memiliki KTP. Limitnya juga besar, lho!

Tak berhenti di situ, Shopee juga menyediakan fitur Shopee Food. Jadi, ini merupakan salah satu aplikasi untuk jualan makanan online di Indonesia yang sangat strategis. Apalagi untuk Anda yang punya niat untuk menjual berbagai olahan makanan.

3. Lazada

Lazada

Apakah Anda tahu? Ternyata Lazada merupakan anak perusahaan dari salah satu perusahaan terkemuka di dunia, Alibaba. Ekspansi aplikasi belanja online ini pun juga tidak mai-main, bahkan sampai beberapa negara di Asia seperti Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Tidak ketinggalan dari aplikasi belanja online lainnya, Lazada juga rajin memberikan berbagai promo menarik kepada para penggunanya. Mulai dari promo harga diskon, flash sale, sampai promo gratis ongkir.

Untuk Anda yang ingin merasakan belanja online aman dan terpercaya, Lazada juga memberikan salah satu fitur yang cukup menarik, yaitu fitur BLazMall. Fitur ini menyediakan jutaan barang ori. BLazMall sendiri merupakan hasil kolaborasi antara Lazada dan berbagai brand besar.

4. Bukalapak

Bukalapak

Anda mungkin sudah tahu jika Bukalapak merupakan salah satu aplikasi belanja online yang cukup melekat bagi UMKM Indonesia dan lapisan masyarakat yang lebih luas. 

Bukan tanpa sebab, Bukalapak memberikan fitur-fitur menarik yang bisa masyarakat manfaatkan. Misalnya seperti agen Bukalapak. Ini ditujukan khusus bagi masyarakat pedalaman yang tetap ingin disentuh dengan teknologi keuangan tanpa harus jauh-jauh ke kota-kota besar.

Di samping itu, Bukalapak juga merupakan perusahaan besar di Indonesia. Buktinya, beberapa waktu lalu bahkan Bukalapak melepaskan sahamnya ke pasar saham di Indonesia.

5. Blibli.com

BliBli

Rekomendasi aplikasi belanja online selanjutnya adalah Blibli.com. Blibli.com menjadi aplikasi belanja baju online dengan lebih dari 3,2 juta barang di tahun 2021 yang terbagi menjadi 15 kategori. Tidak heran, aplikasi toko online warna biru ini menjadi salah satu yang terbesar.

Blibli.com sendiri menawarkan keuntungan fitur cicilan bunga 0%. Selain itu juga ada berbagai fitur menarik lainnya, seperti fitur Blibli Mart. Fitur Blibli Mart menyediakan berbagai pilihan produk keperluan sehari-hari. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. 

Dengan fitur Blibli Mart, Anda dapat membeli produk kebutuhan sehari-hari secara grosir yang notabene harganya akan lebih terjangkau daripada membeli eceran.

6. Zalora

Zalora

Apakah Anda termasuk orang yang suka mengikuti trend fashion terkini dan ingin selalu up to date soal gaya? Zalora bisa jadi solusinya! 

Zalora merupakan aplikasi belanja online yang berfokus pada sektor fashion. Zalora sendiri memiliki tampilan aplikasi dan website yang user friendly sehingga lebih muda untuk Anda operasikan. 

Selain tampilannya yang sederhana, Anda harus tahu jika Zalora ternyata hanya menyediakan berbagai produk original. Sehingga, Anda akan terhindar dari produk KW.

7. JD.id

JDid

JD ID juga menjadi salah satu aplikasi belanja online terbaik yang bisa Anda pakai. Aplikasi belanja online ini menyediakan berbagai produk dengan harga yang relatif terjangkau dan kompetitif. 

JD ID merupakan salah satu aplikasi belanja online yang sangat memperhatikan konsumen. Ini bisa terbukti dengan banyaknya voucher dan event menarik pada waktu-waktu tertentu. 

Apa lagi dengan slogan JD ID yaitu “JD ID dijamin ori”, ini meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa produk yang Anda beli di JD ID sudah pasti barang ori.

8. AliExpress

AliExpress

AliExpress merupakan salah satu anak perusahaan dari raksasa teknologi Alibaba yang memiliki item produk super lengkap. AliExpress menawarkan ribuan item kebutuhan sehari-hari, termasuk menyediakan barang kebutuhan peliharaan sampai tanaman.

AliExpress juga menjadi salah satu solusi bagi Anda yang kesulitan menemukan produk yang Anda inginkan di dalam negeri. Meski ini adalah aplikasi belanja skala internasional, tapi Anda tetap bisa memanfaatkan fitur gratis ongkir, lho.

9. Amazon.com

Amazon

Apakah Anda suka belanja produk-produk luar negeri? Jika iya, Anda bisa memanfaatkan salah satu aplikasi belanja online terbaik di dunia, Amazon. Selain menjual berbagai produk fisik, Amazon juga menjadi salah satu toko online skala global yang menjual berbagai produk digital resmi. 

Amazon sendiri merupakan software yang tidak hanya kompatibel pada ponsel, melainkan juga kompatibel dengan perangkat lain. Misalnya seperti tablet, laptop sampai komputer. Sehingga, Anda memiliki kebebasan untuk memilih perangkat yang akan Anda gunakan untuk berbelanja. 

10. eBay

Ebay

Selain aplikasi belanja Amazon.com, ada lagi satu aplikasi untuk belanja online skala internasional yang bisa Anda gunakan dan ini juga cukup terpercaya. eBay sendiri merupakan platform yang sudah cukup lama bertarung di dunia perdagangan, yaitu sejak tahun 1955.

Dahulu, eBay hanyalah sebuah situs untuk lelang barang-barang. Namun, eBay lambat laun berubah menjadi aplikasi belanja online luar negeri yang sangat populer. 

Tahukah Anda? belanja online di eBay bahkan bisa menggunakan bank lokal Indonesia, lho. Seperti Mandiri, BCA dan beberapa bank lainnya. 

Penutup

Aplikasi belanja online memang semakin banyak. Mereka terus berlomba-lomba memberikan penawaran yang lebih baik untuk calon pengguna. Namun, dari semua pertarungan ini, siapa yang akan untung? Tentu saja kita sebagai konsumennya karena punya kesempatan memilih yang terbaik.

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi untuk belanja online yang bisa Anda pertimbangkan. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi lainnya yang juga tidak kalah menarik. Sebagai catatan, Anda sebagai calon konsumen sebaiknya tetap dan selalu bijak dalam menggunakan aplikasi belanja online.

Tinggalkan komentar